Home » » Kelebihan dan Kekurangan Produk Layanan IndiHOME.

Kelebihan dan Kekurangan Produk Layanan IndiHOME.

Posted by berbagaireviews.com on 15 Desember 2016

Mungkin sudah lebih dari setahun layanan IndiHOME, cuma saja belum begitu menarik dan ada juga keluhan dari para konsumen. Belum lagi masalah Jaringan Speedy yang putus - putus atau ping yang begitu gede. Bukannya diperbaiki Jaringan Speedysupaya lebih baik, nah sekarang malah mengeluarrkan produk lain, dan konsumen sendiri terasa seakan dipaksa atau juga tidak untuk pindah atau migrasi ke layanan IndiHOME
berbagaireviews.com

Berbagai beritaterakhir ini kita dihebohkan dengan berbagai macam pemberitaan mengenai IndiHome. Layanan jaringan fiber yang disediakan oleh salah satu BUMN bernama Telkom ini menuai amarah dari penggunanya akibat perubahan tarif dan paket yang dinilai sepihak tanpa pemberitaan lebih lanjut.

Kelebihan IndiHOME dan Kekurangan IndiHOME.

Kelebihan Indihome Fiber

Internet Fiber

Layanan Internet yang sangat cepat dan stabil menggunakan media penghantar kabel Fiber Optik dari Telkom Indonesia, yang memiliki beberapa keunggulan:

1.Internet Super Cepat

berbagaireviews.com

Kabel fiber optik yang mampu mentransfer data (bandwith) hingga ratusan Mbps baik     Upload/Download.

2. Internet yang Stabil.

berbagaireviews.com

Dibandingkan dengan media penghantar yang lain, kabel optik jauh lebih unggul dalam hal kestabilan jaringan internet. Saat dilakukan sharing internet atau di gunakan secara bersamaan jaringan internet menggunakan fiber optik sangat stabil, jaringan seperti ini yang diidamkan oleh para gamers dan pemilik warnet. Test ping Indihome paket 10mbps, rata-rata ping dibawah 30 walaupun internet sedang di guanakan oleh lebih dari satu user.

Contoh :
Test speed Indihome paket 10mbps, perlu di ingat bahwasanya paket reguler Indihome memberikan perbandingan speed Download 10 mbps dan Upload : 1,5mbps.

3. Internet Handal.

berbagaireviews.com

Media penghantar Fiber Optik merupakan teknologin paling canggih saat ini selain mampu memberikan kecepatan dan kestabilan dalam ber internet, kabel fiber optik juga mempu bertahan dalam kondisi cuaca apapun seperti serangan petir dan gangguan elekromagnet.  Sehingga perangkat elektronik yang terhubung dengan jaringan Indihome lebih aman.

Interactive Tv ( UseeTv ).

berbagaireviews.com

Layanan useetv adalah layanan tv cable yang berbasis IPTV ( internet protocol television ). Berikut Kelebihan UseeTv :
1. UseeTv menggunakan teknologi adaptive streaming yang mana kualitas gambar video disesuaikan dengan kecepatan internet. Dengan kecepatan Internet Fiber 10mbps memungkinkan untuk menampilkan video dengan resolusi Full HD.
2. Layanan TV on Demand, dimana pelanggan dapat memutar acara yang telah tayang 7 hari yang lalu.
3. Useetv juga dapat di nikmati oleh berbagai perangkat lainya ( dapat di bagi menjadi beberapa tv )
4. Pause and rewind , dimana pelanggan dapat menghentikan dan melanjutkan kembali acara yang sedang berjalan, baik acara tersebut live.
5. Karaoke on Demand , fitur yang memungkin pelanggan untuk memutar lagu yang berisi teks lirik lagu tersebut dan berkaraoke ria.
6. Video recorder , dimana pelanggan dapat menyimpan berbagai program pilihan dari semua channel yang ada.

Telepon Rumah.

Dalam paket bundling Indihome Fiber telkom juga menyertakan fitur telepon rumah, kelebihan dari telepon rumah dalam paket bundling Indihome Fiber :
1. Kualitas suara jernih
2. Gratis nelpon 1000 menit/bulan baik lokal maupun interlokal
3. Salah satu syarat untuk mengajukan kredit ke bank

Kekurangan IndiHOME.

Dengan segala keunggulanya dari produk Indihome Fiber, bukan tidak memungkin produk tersebut memiliki banyak kekurangan lainya. 

Bahan kabel fiber optick.

berbagaireviews.com

Kabel fiber optik adalah kabel tercanggih saat ini yang mampu menghantarkan data sampai lebih dari 100Mpbs, namun kabel ini memiliki kelemahan dari bahan yang di gunakan dalam membuat kabel fiber optik. Kabel Fiber Optik terbuat dari serat kaca yang mana kabel jenis ini sangat sensitif terhadapat tekukan ( lipatan ), jangan sekali-sekali untuk menekuk (melipat) dan jangan sampai terhimpit benda berat agar serat kaca kabel tidak pecah.

Untuk menyambung kabel fiber optik di butuhkan sebuah alat khusus yang harganya lumayan mahal ( Splicing Fiber Optik yang paling murah seharga 1 unit motor). Jadi kabel fiber optik tidak dapat disambung layaknya menyambung kabel tembaga. Mungkin di karenakan harga alat-alat operasional nya yang mahal pihak Telkom sedikit lama dalam menangani keluhan dari pelanggan.
Intinya kabel fiber optik yang di gunakan oleh Telkom sangatlah sensitif dan mudah rusak jika terjadi kontak fisik yang kuat.

Masalah redaman pada kabel fiber optick.

berbagaireviews.com

Jika penarikan kabel terlalu jauh dari central telkom terdekat ke rumah pelanggan akan menciptakan redaman yang tinggi pada kabel fiber optik sehingga jaringan internet menjadi tidak layak untuk di gunakan. Maksimum redaman untuk kabel fiber optik telkom -32 dbm ( lebih kecil       lebih bagus ) jika lebih besar dari -32dbm mengakibatkan internet bakal terputus-putus.

FUP ( Fair Usage Policy ). 
berbagaireviews.com

FUP ( Fair Usage Policy ) telkom telah memberlakukan sistem FUP di Indihome Fiber saat kasus kenaikan tarif secara tiba-tiba di waktu yang lalu.

Sistem FUP Indihome akan berlaku jika pengguna telah melewati batas kuota 300Gb setiap bulan untuk paket 10Mbps. Jika kuota 300Gb telah habis maka speed internet 10Mbps di downgrade menjadi 7,5 Mbps dengan kuota 400Gb, jika kuota 400Gb juga telah dilewati maka speed internet di downgrade lagi menjadi 4 Mbps ( 40% dari 10 Mbps).

Yang mana sistem FUP ini sangat merugikan bagi kalangan dunia usaha yang menggunakan bandwith dalam jumlah besar contohnya warnet. Kita tahu layanan UseeTv adalah layanan yang berbasis streaming, jadi setiap Useetv menyala akan terus menyedot kuota.

JanganTertipu Promo.

Jangan tertipu dengan promo gratis nelpon 1000 menit/bulan lokal dan interlokal,promo tersebut hanya berlaku untuk sesama telpon rumah, jangan menggunakan telepon rumah telkom untuk menghubungi nomor gsm karna dapat di pastikan tagihan bulanan depan dapat membengkak.

IndiHome mengubah harga dan paket.

Selama satu bulan pertama setelah IndiHome melakukan promosi secara besar-besaran mengenai paket mereka, ada banyak sekali masyarakat yang bergabung. Sayang sekali menjelang akhir bulan Januari dan awal bulan Februari ini, akhirnya para pengguna IndiHome mulai melayangkan beragam komplain akibat mereka merasa bahwa pihak Telkom mengubah harga dan paket dari IndiHome secara sepihak.

Perubahan Sepihak dari IndiHome.

Salah satu pengguna bernama Katsuo Ono membuat sebuah petisi online di website berjudul Telkom yang semena-mena terhadap pelanggan, merubah kebijakan Promo dengan sebelah pihak, memunculkan bara api yang semakin panas di antara netizen. Perubahan tersebut meliputi perubahan paket internet unlimited tanpa FUP menjadi unlimited dengan FUP. Selain itu, ia juga menyayangkan hilangnya beberapa stasiun TV yang sebelumnya sudah dijanjikan oleh pihak Telkom.

Sebenarnya, bukindihome-3an Telkom saja yang memanfaatkan situasi seperti ini. Dari dulu sudah banyak kasus perubahan peraturan oleh pihak penyedia karena memang mereka sudah menyertakan peraturan tersebut pada FAQ dan EULA yang diberikan kepada pengguna. Biasanya, pengembang akan mencantumkan sebuah poin di peraturan tersebut yang menyatakan bahwa user setuju untuk memberikan penyedia jasa kewenangan untuk mengubah setiap paket dan fitur yang ada secara sepihak.

Kebijakan Berlangganan Indihome.

Banyak pelanggan yang tidak menyadari bahwa Telkom memberikan peraturan yang sebenarnya jelas mengenai siapa saja yang ingin behenti menggunakan layanan fiber tersebut. Melalui FAQ yang dikeluarkan di situs resmi IndiHome, mereka berkata bahwa “Bila pelanggan memutuskan berhenti berlangganan, maka perangkat Telkom yang terdapat di pelanggan akan diambil kembali oleh pihak Telkom”. Semua itu termasuk router, kabel, dan segala hal yang berhubungan dengan koneksi IndiHome. Tapi apakah tidak bisa dikembalikan ke jaringan semula sebelum terkoneksi IndiHome?

Kurang Teredukasi Atau Kurang Transparan?

Apakah memang benar mereka kurang teredukasi mengenai sistem IndiHome yang terpasang di rumah mereka, atau kasus ini muncul akibat tim marketing yang menjual jasa IndiHome tanpa informasi yang jelas dan transparan? Karena banyak sekali pelanggan yang komplain akibat pada awalnya mereka tidak diberitahu tentang adanya aturan ini oleh para tim marketing yang bergerilya pada saat waktu promo.

Perlu diketahui setiap featured yang ditawarkan pasti memiliki sisi kelemahan dan kelebihan namun akan lebih baik lagi kalo kita tidak hanya terfokus pada kelemahannya saja lihat kelebihannya dan kegunaannya dan pertimbangkanlah apapun yang akan kita lakukan.

Begitulah kelebihan dan kekurangan dari layanan Indihome Fiber, jadi buat kalian yang belum menggunakan Layanan Indihome Fiber dan masih ragu menggunakannya, silahkan pertimbangkan kembali karena setiap hal pasti ada kelebihan dan kekurangannya, semoga bermanfaat

NB: mungkin tidak semua pelanggan mengalami hal ini. Mungkin tidak semua telemarketing dan salesnya seperti ini namun demikian ada yang merasa dirugikan atau ada juga yang tidak.


Apa itu IndiHOME layanan dari Telkom, silahkan click  http://www.berbagaireviews.com/2016/12/indonesia-digital-home-indihome-apa-itu.html

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. mau nyetak tapi gak bisa ndesain ?
    atau lagi nyari tempat untuk keperluan cetak anda ?
    selamat !
    Anda menemukan solusinya, percayakan kepada kami "JOGJA OFFSET KREASINDO"
    membantu urusan cetakan Anda
    cetak Undangan, Kalender, Nota, Buku, majalah, brosur, Poster dll
    Dengan Mesin sendiri, Harga berasni bersaing

    kunjungi
    https://bit.ly/2OJ69zj
    WhatsAPP 0813-2541-1253

    BalasHapus

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.