Home » » Pengertian Kebugaran Jasmani, Physical Fitness.

Pengertian Kebugaran Jasmani, Physical Fitness.

Posted by berbagaireviews.com on 25 Mei 2016

Pengertian Kebugaran Jasmani.

berbagaireviews.com

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh untuk melakukan penyesuaian (adaptasi) terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan yang berarti (Muhajir 2: 2004).

Sedangkan menurut Direktorat Jendral olahraga dari pemuda dalam seminar tanggal 16 – 20 – Maret 1971 di Jakarta bahwa kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan untuk melakukan pekerjaan dengan efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti. 

Sehingga dengan memiliki kebugaran jasmani yang lebih baik maka seseorang dapat melakukan pekerjaan sehari-hari dengan ringan tanpa merasakan kelelahan yang berarti dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain. Agar kita mendapatkan kebugaran jasmani yang baik, kita perlu melatih semua komponen yang menjadi dasar kebugaran jasmani.

Hal Penting Dalam Kebugaran Jasmani. 

Fisik.
Fisik, yaitu bersangkutan dengan tulang, otot beserta bagian tubuh yang lain untuk menyongsong kebugaran jasmani.

Fungsi organ.
Peranan organ, yaitu bersangkutan dengan efisiensi pada jantung, pernafasan, serta pembuluh darah dan peranan dari organ besar tubuh yang lain yang cukup berperan dalam membuat kebugaran jasmani.

Respons otot (kelenturan, kekuatan, kecepatan dan ketahanan).
Respon otot, merupakan bagian yang ketiga dari kebugaran jasmani dan menjadi perhatian khusus dikarenakan hal ini cukup berperan penting dan memiliki hubungan antara kegiatan-kegiatan dari otot halus dan otot rangka dengan bagian lainnya dalam membuat kebugaran jasmani.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani.
  • Genetik (keturunan).
  • Umur
  • Jenis kelamin
  • Kegiatan fisik
  • Kebiasaan merokok
Hakikat Dilakukan Latihan Kebugaran Jasmani.

Latihan kebugaran jasmani memiliki peranan yang sangat penting untuk mempertahankan serta meningkatkan derajat kesegaran jasmani. Kesegaran akan jasmani seseorang sangat menentukan bagaimana kemampuan fisiknya dalam hal melaksanakan kegiatan dan tugas pada kehidupan yang ada sehari-hari.

Semakin tinggi derajat akan kesegaran jasmani seseorang, maka semakin tinggi pula sebuah kemampuan kerja fisik orang itu. Dengan kata lain bila kesegaran jasmani seseorang meningkat maka hasil kerjanya akan menjadi kian produktif (semakin bagus/baik).

Kurangnya daya tahan tubuh, kekuatan otot, kelentukan persendian, serta kelincahan adalah penyebab utama timbulnya sebuah cidera. Hal ini dikarenakan latihan pemanasan sebelum terjun untuk olahraga atau kondisi fisik yang dibuat oleh seseorang untuk memicu organ agar sedikit bekerja sebelum bekerja keras tidak terjadi secara sempurna (kurang).

Program latihan kebugaran jasmani ini sangat perlu direncanakan secara sistematis agar nantinya tubuh menjadi lebih bugar, sehat serta tidak mudah terkena cidera. Jika suatu proses latihan kebugaran jasmani dapat dilakukan secara cermat dan benar-benar, kemudian ditambah berulang-ulang dengan semakin hari semakin meningkat beban latihannya, maka dengan demikian kemungkinan besar kebugaran jasmani akan lebih mudah untuk meningkat dengan sendirinya. Selain itu hal ini akan menyebabkan seseorang untuk menjadi kian terampil dan efisien pada gerakannya. 

Para ahli olahraga ada yang berpandapat bahwa seorang atlet yang mengikuti program latihan kebugaran jasmani secara intensif kurang lebih selama 6 sampai 8 minggu sebelum musim pertandingan berlangsung, maka dia akan memiliki kelentukan, kekuatan, dan juga daya tahan yang jauh lebih baik selama musim pertandingan sedang berlangsung.
Pada perkembangan kebugaran jasmani yang baik, ini juga dapat membantu seorang atlet untuk bisa membantu dirinya agar mampu dalam mengikuti dan menyelesaikan latihan berikutnya dalam usaha untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.

Kaidah Kebugaran Jasmani.

Kebugaran jasmani menurut kaidah di bagi menjadi dua kategori yang antara lain adalah:

1. Kebugaran jasmani yang bersangkutan dengan kesehatan
  • Kekuatan otot
  • Daya tahan otot
  • Daya tahan aeorobik (daya tahan paru-paru serta jantung)
  • Fleksibilitas (kelentukan)
Unsur-unsur tersebut ada ketersangkutannya dengan pencapaian derajat sehat serta dinamis. Yang artinya, ketiga unsur tersebut penting untuk mendukung sebuah kemampuan seseorang dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari tanpa merasa kelelahan yang berlebihan, sehingga masih tersisa energi yang ada untuk melakukan tugas pada berikutnya.

2. Kebugaran yang berkaitan dengan performa (kekuatan) atau kebugaran motori
  • Kecepatan
  • Koordinasi
  • Agility (kelincahan)
  • Power
  • Keseimbangan
Pengaruh Kebugaran Jasmani.

Pada umumnya kebugaran jasmani dipengaruhi oleh beberapa faktor, yang antara lain adalah :
  • Keteraturan dalam berlatih
  • Faktor genetik
  • Kecukupan gizi
Antara kebugaran dan kesehatan jasmani memiliki kaitan yang dapat dibiling cukup erat. Seseorang yang memiliki kebugaran jasmani yang baik, sudah pasti kebanyakan dari mereka tentu juga memiliki kesehatan yang baik pula.

Seseorang yang memiliki Kondisi Fisik yang baik.
  • Peningkatan dalam kemampuan system sirkulasi dan kerja jantung.
  • Peningkatan dalam kekuatan, kelentukan, stamina, kecepatan, dan lain-lain yang merupakan komponen kondisi fisik.
  • Efisien gerakan yang lebih baik pada waktu latihan.
  • Pemulihan yang lebih cepat dalam organ-organ tubuh setelah latihan.
  • Respons yang cepat dari organ tubuh kita apabila sewaktu-waktu diperlukan.
Unsur-unsur Kebugaran Jasmani.

Dalam pembinaan kondisi fisik untuk meningkatkan kebugaran jasmani, kita perlu
mengenal unsur-unsur kebugaran jasmani yang perlu dilatih. Unsur-unsur kebugara jasmani tersebut, antara lain; kekuatan,daya tahan otot jantung dan paru-paru, kelincahan, daya ledak (power), dan kelentukan. Unsur-unsur kebugaran jasmani tersebut dapat dilatih dalam bentuk, seperti; circuit training, interval training, kalestenik, jogging, dan aerobic.


Untuk melihat artikel tentang Latihan Kebugaran Jasmani, silahkan klik http://www.berbagaireviews.com/2016/05/latihan-kebugaran-jasmani-physical.html

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.