20 Juli 2020

Pengertian Olahraga Beserta Tujuan, Manfaat, Dan Jenis - Jenis Olahraga.

| 20 Juli 2020

pengertian olahraga


Aktivitas olahraga merupakan upaya seseorang untuk meningkatkan derajat kesehatannya. Namun, tentu saja kesehatan manusia tidak hanya tergantung pada aktivitas olahraga tapi juga pada pola makan dan kebiasaan hidup sehari-hari. Olahraga biasanya sering dilakukan saat memiliki waktu senggang atau pun kebiasaan aktivitas yang harus dilakukan, baik di rumah maupun di sekolah.

Olahraga merupakan aktivitas yang memiliki tujuan tertentu, seperti halnya melatih tubuh untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Sehingga olahraga yang rutin dapat memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Dikarenakan metabolisme dalam tubuh dapat berjalan lancar.

Pengertian Olahraga.

Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani (misalkan catur). Olahraga dapat dilakukan bersama-sama. Pendapat lain mengatakan pengertian olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang dilakukan secara terencana dan terstruktur dimana dalam pelaksanaannya melibatkan gerakan tubuh secara berulang-ulang untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani.

olahraga adalah suatu aktivitas yang melibatkan pengerahan tenaga fisik dan pikiran yang dilakukan untuk melatih tubuh manusia, baik secara jasmani maupun secara rohani. Dengan begitu, penyerapan serta distribusi nutrisi dapat bekerja dengan efektif dan efisien. Sehingga pengertian Olahraga secara umum adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur, yang dimana melibatkan gerakan tubuh secara berulang-ulang demi mendapatkan hasil yang baik.


Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli.

Agar lebih memahami apa itu olahraga, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Edward.

Pengertian Olahraga menurut Edward adalah olahraga harus dilakukan dengan spontan dan melalui konsep yang diterapkannya. Melalui cara bermain, games maupun sport.

2. Dewan Olah Raga Eropa.

Aktivitas spontan yang dilakukan secara bebas. Dengan mencari waktu luang untuk pergerakan tubuh demi menjaga kesehatan jasmani dan rohani tiap manusia. Yang nantinya tubuh akan terasa ringan dan fresh. Dengan bantuan suplai oksigen menuju otak tidak terhambat.

3. Jessika Doland.

Pengertian Olahraga menurut Jessika Doland adalah media pereda stres terbaik yang ada di Dunia. Yang bisa mengalirkan pikiran manusia dari rasa khawatir. Dengan adanya olahraga ini, ketegangan otot pada tubuh bisa relaks kembali.

4. Hans Tandra.

Olahraga merupakan gerakan tubuh yang teratur dengan irama yang ditujukan untuk memperbaiki kebugaran tubuh. Dan berguna juga sebagai meningkatkan imunitas tubuh agar terjaga kesehatannya.

5. Cholik Mutoir.

Menurut Cholik Mutoir, juga memberikan pengertian olahraga sebagai proses sistematik yang terdiri atas setiap kegiatan dapat membantu perkembangan yang membina potensi jasmaniah dan rohaniah. Olahraga juga memiliki idiologi yang utuh dan berkualitas untuk mengembangkan prestasi manusia berupa permainan dan pertandingan yang didasarkan pada dasar negara dan pancasila.

6. Seno Gumira Ajidarma

Pengertian Olahraga selanjutnya merupakan sarana atau ajang kompetisi untuk menjadikan seseorang nomer satu. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga bertujuan sebagai pencarian bakat disetiap cabangnya.

7. Suryanto Rukmono, S, Si

Olahraga merupakan kegiatan untuk melatih tubuh manusia agar terlihat sehat dan kuat. Secara jasmani maupun rohani. Dari adanya olahraga yang teratur dan terencana biasanya akan menjadi suatu objek terbaik dalam proses pembentukan tubuh.

8. Kathryn Marsden

Kathryn Marsden berpendapat bahwa pengertian olahraga adalah salah saty saraba pengusir stres yang sangat mudah dilakukan oleh manusia. Tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal.


Tujuan Olahraga.


olahraga
 

Tujuan dari Olahraga sendiri sangat beragam. Hingga mengeluarkan berbagai pengertian olahraga yang sangat luas. Serta banyak yang menganggap bahwa olahraga hanya sebagai hobi, mempercepat proses diet, atau keinginan membentuk otot tubuh. Dan juga sekedar bermain. Namun, olahraga sendiri akan berbuah manis jika seseorang melakukannya dengan rutin dan dalam terarah untuk mengikuti PORKAB, PORPROV, PON, SEA GAMES, dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang, aktivitas olahraga tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesehatannya. Banyak orang yang melakukan aktivitas olahraga untuk tujuan hobi atau untuk mengurangi stres akibat rutinitas dan beban pekerjaan sehari-hari.


Jenis - J enis Olahraga

Ada banyak sekali jenis olahraga yang dilakukan oleh manusia sebagai sarana untuk meningkatkan kesehatan dan juga sebagai hobi. Mengacu pada definisi olahraga, adapun jenis-jenis olahraga adalah sebagai berikut:

1. Olahraga Modern.

Definisi olahraga modern adalah segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong, mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang dengan proses sistematik, baik sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan/ pertandingan olahraga yang telah mengalami perubahan dan peraturan permainan mengikuti perkembangan zaman serta teknologi yang berkembang di dunia.

Cabang olahraga modern
  • Airsoftgun
  • Aeromodeling
  • Anggar
  • Angkat besi
  • Atletik
  • Balap motor
  • Balap mobil
  • Balap sepeda
  • Binaraga
  • Biliar
  • Bisbol
  • Bola basket (5v5/3v3)
  • Bola jaring
  • Bola lantai
  • Bola tangan (lapangan/pantai)
  • Bola voli (lapangan/pantai)
  • Boling
  • Bridge
  • Bulu tangkis
  • Catur
  • Futsal
  • Golf
  • Dan lainnya.

Rekor cabang olahraga modern
  • Daftar Rekor dunia
  • Daftar Rekor nasional
  • Daftar Rekor daerah

2. Olahraga tradisional Indonesia

Tidak banyak jenis olahraga tradisional Indonesia yang muncul di permukaan. Beberapa olahraga tradisional yang sudah diketahui secara umum adalah Pencak Silat, Egrang, Bakiak/Terompah, Tarik Tambang, Balap Karung, Karapan Sapi, Kelereng, Gasing, dan Sumpit. Sementara yang lain, seperti Benteng, Galah Asin, Benjang, Langga, Manggurebe, Pacu Jalur, Pathol, dan Zawo-Zawo, hanya dikenal oleh kalangan terbatas, terutama di daerah tempat olahraga itu berasal.

Olahraga tradisional adalah permainan asli rakyat sebagai aset budaya bangsa yang memiliki unsur olah fisik tradisional. Meskipun tidak sepopuler olahraga modern, hingga saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang tetap melakukan olahraga tradisional.

Manfaat dari mengembangkan olahraga tradisional Indonesia adalah agar:
  • Olahraga tersebut dapat terus diwariskan kepada generasi selanjutnya sebagai warisan kekayaan budaya bangsa, jangan sampai hilang dan musnah. #olahraga tersebut terdokumentasi dan tersosialisasikannya sehingga akan dikenal sebagai olahraga yang berasal dari Indonesia. Hal tersebut menjadi semakin penting karena UNESCO (Organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu dan Budaya) mulai mendokumentasikan kebudayaan seluruh negara di dunia sebagai warisan kebudayaan dunia (world heritage).
  • Harapan bahwa beberapa olahraga tradisional Indonesia akan dipertandingkan di ajang Olimpiade Internasional (Olympic Games).

Lompat Batu (Nias).

Menurut sejarahnya, dahulu suku-suku di Pulau Nias sering berperang karena terprovokasi dendam, perbatasan tanah, atau masalah perbudakan. Masing-masing desa kemudian membentengi wilayahnya dengan batu atau bambu setinggi 2 meter. Oleh karena itu, tradisi lompat batu lahir dan dilakukan sebagai sebuah persiapan sebelum berperang. Biasanya sebelum melakukan tradisi lombat batu dibuka dengan tari-tarian perang khas Nias.

Kini tradisi lompat batu menjadi ritual dan simbol budaya masyarakat Nias. Pemuda Nias yang berhasil melakukan tradisi ini akan dianggap dewasa dan matang secara fisik sehingga dapat menikah. Atraksi hombo batu tidak hanya memberikan kebanggaan bagi seorang pemuda Nias, tetapi juga untuk keluarga mereka. Keluarga yang anaknya telah berhasil dalam hombo batu akan mengadakan pesta dengan menyembelih beberapa ekor ternak.

Pencak silat.

Nama Pencak dikenal di Jawa Timur dan Silat dikenal di Sumatra dan Kalimantan. Olahraga bela diri ini dahulu digunakan untuk menjaga diri dan digunakan di kerajaan-kerajaan seperti Majapahit dan Sriwijaya. Pada zaman kerajaan-kerajaan di indonesia, Sriwijaya terkenal akan silatnya karena mereka berhasil memperluas daerahnya sampai tanah Jawa.

Tarung derajat.

Tarung Derajat adalah bela diri yang di ciptakan oleh Achmad. Ia mengembangkan teknik melalui pengalamannya dari setiap pertarungan di jalanan pada tahun 1960-an di Bandung. Tarung Derajat secara resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai pelatihan dasar oleh TNI Angkatan Darat. Semboyan Tarung Derajat adalah: "Aku Ramah Bukan Berarti Takut, Aku Tunduk Bukan Berarti Takluk".

"BOX!" adalah salam persaudaraan di antara anggota Tarung Derajat. Tarung Derajat menekankan pada agresivitas serangan dalam memukul dan menendang. Namun tidak terbatas pada teknik itu saja, bantingan, kuncian, dan sapuan kaki juga termasuk dalam metode pelatihannya. Tarung Derajat dijuluki sebagai "BOXER". Praktisi Tarung Derajat disebut "Petarung".

Sejak 1990-an, Tarung Derajat telah disempurnakan untuk olahraga. Pada tahun 1998, Tarung Derajat resmi menjadi anggota KONI. Sejak itu, Tarung Derajat memiliki tempat di Pekan Olahraga Nasional, sebuah kompetisi multi-olahraga nasional diselenggarakan setiap 4 (empat) tahun. Tarung Derajat utama asosiasi kodrat (Keluarga Olahraga Tarung Derajat) sekarang memiliki sub-organisasi di 22 provinsi di Indonesia.


Manfaat Olahraga.


olahraga
 

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien. Kombinasi diet, olahraga dan tidur merupakan kunci yang penting untuk kesehatan total. Oleh karena itulah olahraga sangat digemari banyak orang.

Olahraga juga mampu membantu seseorang untuk lebih percaya diri, memperlancar peredaran darah, meningkatkan kinerja otak secara maksimal untuk mendapat hasil konsentrasi yang baik. Karena suplai oksigen menuju otak dapat beredar secara lancar.

Selain meningkatkan kebugaran fisik, olahraga juga bisa memperbaiki dan meningkatakan kinerja otak manusia sehingga dapat bekerja lebih maksimal. Dengan kondisi fisik yang lebih bugar dan daya pikir yang lebih baik, tentu saja pada akhirnya akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang.


Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang " Pengertian Olahraga Beserta Tujuan, Manfaat  Dan Jenis - Jenis Cabang Olahraga". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar