Home » » Senam Irama (Senam Ritmik), Rhythmic Gymnastics.

Senam Irama (Senam Ritmik), Rhythmic Gymnastics.

Posted by berbagaireviews.com on 25 Mei 2016

Pengertian Senam Ritmik.

berbagaireviews.com

Senam ritmik disebut juga dengan senam irama yang merupakan salah satu jenis senam yang didiringi musik dan mengandung suatu unsur keindahan gerakan sehingga senam ritmik. Secara sederhananya, senam irama diartikan sebagai suatu rangkaian gerakan senam yang diiringi dengan alunan irama musik. Senam yang juga dikenal dengan nama senam ritmik ini pada dasarnya memiliki gerakan yang kurang lebih sama dengan jenis senam biasa. Gerakan pada senam ritmik membutuhkan kelenturan, keseimbangan, keluwesan, kontuinitas, fleksibelitas dan ketepatan dengan irama musik pengiring senam.

Letak perbedaannya hanya pada penambahan fitur music yang bagi beberapa orang semakin membuat semangat untuk melakukan senam menjadi-jadi. Gerakan yang ada pada senam irama ini memerlukan kelenturan tubuh serta kontinuitas. Senam irama ini biasa dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan alat dan tanpa tambahan alat apapun. 

Melakukan senam irama secara rutin akan memilik tubuh yang lebih sehat dan juga daya tahan tubuh yang lebih kuat. Selain itu, senam irama juga akan melatih tubuh untuk lebih lentur, lebih seimbang, lebih luwes, lebih fleksibel, dan juga dapat memahami ritmik irama dengan benar.

Prinsip Senam Ritmik (Senam Irama).

Untuk dapat melakukan senam ritmik dengan baik tentu harus menguasai setiap gerakan sehingga menghasilkan rangkaian gerakan yang indah dan bermanfaat bagi kesehatan jasmani. Dalam melakukan senam ritmik terdapat prinsip-prinsip yang digunakan sebagai dasar untuk melakukan gerakan.

Prinsip-prinsip senam ritmik di antaranya :

Irama.
Setiap gerakan senam irama selalu diiringi dengan irama musik, sehingga setiap gerakan yang kita lakukan harus mengikuti irama musik pengiringnya agar menghasilkan gerakan yang lentur dan luwes sesuai irama. Umumnya musik yang digunakan sebagai pengiringnya menggunakan irama 2/3, 4/4 dan sebagainya.

Fleksibelitas.
Fleksibelitas atau kelenturan tubuh diperoleh dengan rajin berlatih senam ritmik. Kelenturan tubuh diperoleh dalam waktu yang cukup
lama sehingga anda disarankan untuk rajin berlatih.

Kontuinitas Gerakan.
Kontuinitas gerakan ini merupakan rangkaian gerakan yang terdapat dalam senam ritmik. Kontinuitas gerakan sudah disusun atau dirancang sebelum senam dilaksanakan. Untuk memperoleh kontuinitas gerakan ini diperlukan ketekunan dalam berlatih.

Gerakan Dasar Senam Irama (Senam Ritmik).

Dalam senam irama, terdapat berbagai varian gerakan. Akan tetapi bagi mereka pemula, sebaiknya menguasai gerakan dasar terlebih dahulu, antara lain:

Gerakan Langkah Kaki.

berbagaireviews.com

Gerakan ini terdiri atas gerakan biasa, langkah biasa dan juga langkah keseimbangan. Gerakan biasa dilakukan dengan awalak tubuh dalam kondisi berdiri dan tegak, kemudian kaki melangkah ke arah kiri, selanjutnya langkahkan kaki kanan dan usahakan jatuh pada bagian tumit. Gerakan ini dilanjutkan dengan langkah kaki kanan dan kiri yang bergantian. Gerakan selanjutnya adalah “langkah biasa”. Caranya dengan memulai berdiri tegak kemudian kaki kanan dilangkahkan ke arah depan sedangkan kaki kikir ke belakang. Penutupnya adalah kaki yang merapat. Gerakan terakhir adalah “langkah keseimbangan”. Adapun caranya adalah dengan berdiri tegak kemudian menghitung 1 dengan lengkah kaki kiri ke arah depan dan hitungan ke dua dengan kaki kanan yang menyusul juga ke arah depan.

Gerakan Ayunan Tangan.

berbagaireviews.com

Gerakan dalam senam irama ini terbagi atas beberapa jenis yakni ayunan satu lengan tangan depan dan belakang. Caranya cukup mudah, pertama beridi tegak dan melangkah ke kiri. Kedua tangan Anda usahakan lurus ke depan, begitu pula pandangan. Selanjutnya, ayunkan tangan anda satu per satu ke arah depan. Pada saat mengayun lengan, lutut Anda juga ikut mengeper. gerakan ini dilaksanakan dengan ketukan irama 4/4. Kemudian pada bagian penutup, kembali berdiri tegak dengan langkah kiri. Kedua tangan Anda diluruskan ke arah depan.

Gerakan selanjutnya adalah ayunan satu lengan tangan dari depan kemudian ke samping. Gerakan ini dimulai dengan badan yang tegak dan langkah ke kiri. Kemudian pandangan juga tangan lurus ke depan. Gerakan dimulai dengan mengayunkan lengat satu per satu. Pada saat gerakan ayunan dilakukan, kedua lutuut Anda harus mengeper. Gerakan ini diakhiri dengan kembali berdiri tegak dan tangan serta pandangan lurus ke depan.

Gerakan terakhir adalah ayunan satu lengan ke arah samping dengan memindahkan berat badan Anda pada tumpuan lain. Gerakan dalam senam irama ini dimulai dengan berdiri tegak, kaki Anda dibuka dengan tangan yang terlentang. Adapun pandangan tetap menghadap ke depan. Gerakan dimulai dengan mengayun lengan bagian kanan juga kiri ke arahnya masing-masing. Saat Anda mengayunkan lengan, harus diikuti dengan lutut yang juga mengeper. Gerakan ini diakhiri dengan kaki yang tegak. 

Alat digunakan dalam Senam Irama.

berbagaireviews.com

Jika dalam melakukan senam irama dengan menggunakan alat berupa tali maka ada beberapa gerakan khusus yang harus dikuasai antara lain gerakan melingkar tangan, gerakan melingkar badan mengeper, gerakan melingkar duduk, melingkar di atas kepala, melingkar dan berpindah serta masih banyak lagi lainnya. Senam irama dengan menggunakan alat tali atau pita ini sangat menarik disimak sebab kombinasi pita yang bergerak mengikuti tubuh membentuk gerakan yang artistik dan lebih tampak seperti sebuah tarian ketimbang gerakan olahraga. 

Senam ritmik dilakukan dengan menggunakan alat maupun tanpa menggunakan alat. Beberapa alat yang biasa digunakan dalam melakukan senam ritmik, antara lain :
  • Bola, bola yang biasanya digunakan dalam senam ritmik biasanya terbuat dari bahan plastik dan karet dan berukuran sedang agar dapat dipegang dan dikuasai oleh jari-jari tangan serta tidak terjatuh.
  • Tali, tali yang biasa digunakan pada senam ritmik terbuat dari bahan yang halus dan tidak mempunyai pegangan yang khusus sehingga dapat dipegang dibagian mana saja. Tali yang digunakan disesuaikan dengan tinggi badan peserta senam. Cara mengukur tali dengan menginjak tali pada bagian tengah kemudian kedua ujung tali dipegang dan diletakkan di depan bahu pesenam.
  • Simpai, simpai yang biasa digunakan pada senam ritmik umumnya terbuat dari bahan plastik atau yang berasal dari kayu. Peserta senam dapat memilih warna simpai sesuai dengan selera masing-masing. Berat simpai yang digunakan untuk senam ritmik tidak boleh melebihi 300 gram.
  • Pita, pita yang biasa digunakan untuk senam ritmik umumnya terbuat dari kain saten yang dilengkapi dengan stick atau pegangan tongkat
  • Gada, gada merupakan alat yang bentuknya seperti botol dan biasanya terbuat dari kayu atau plastik.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. terimakasih, sangat membantu
    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, film dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.