Pengertian Dan Jenis Pasar | Berbagai Reviews

1 Februari 2024

Pengertian Dan Jenis Pasar

| 1 Februari 2024
jenis - jenis pasar

Sahabat berbagai reviews, tentunya sudah tahu pasar merupakan tempat terjadinya jual beli barang. Pasar menjadi salah satu tempat berkumpulnya para pembeli dan penjual yang hendak berbelanja untuk menghidangkan makanan atau memenuhi kebutuhan sehari - hari. Pasar yang ada di Indonesia sangat beragam, mulai dari pasar yang buka hanya pada hari tertentu, pasar yang khusus menjual satu barang dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya barang kebutuhan pokok yang diperjualbelikan, pasar di era sekarang tidak sekadar tempat bertemunya pembeli dan penjual. Apalagi dengan kemajuan teknologi menciptakan transaksi jual - beli bisa dilakukan dalam jarak jauh.

Pengertian Pasar 

Pasar menjadi salah satu tempat terjadinya jual beli barang maupun jasa. Selain itu di dalam pasar terjadi hubungan sosial antara pedagang dan pembeli. Penjual dan pembeli dapat bertransaksi atau sepakat dalam akad jual beli. Transaksi yang disepakati meliputi barang, penjual, pembeli, dan harga barang. Selain itu, di pasar juga bisa melakukan tawar menawar yang tujuannya agar harga dari barang yang diinginkan bisa sepakat baik pihak penjual maupun pihak pembeli. Dari bentuknya, pasar dibagi menjadi dua yaitu tradisional dan modern. Kemajuan zaman dan teknologi membuat interaksi penjual dan pembeli lebih mudah dilakukan.

Pengertian pasar adalah sarana bertemunya penjual dan pembeli secara langsung maupun tidak sehingga terjadi interaksi untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah barang atau jasa yang diperjualbelikan.

Ada sejumlah unsur yang harus dipenuhi dalam membentuk pasar. Yaitu barang yang diperjualbelikan, penjual dan pembeli meskipun tidak bertemu langsung, kesepakatan antara penjual dan pembeli, serta media komunikasi antara penjual dan pembeli.

Pasar menurut beberapa ahli

Selain pengertian di atas, berikut pengertian pasar menurut beberapa para ahli:

Pengertian pasar jika dikutip dari Modul Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMP, secara umum pasar diartikan sebagai tempat berlangsungnya jual beli antara penjual dan pembeli.

Kotler (1997)

Kotler berpendapat bahwa pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan yang sama. Di pasar dapat terjadinya pertukaran untuk memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan lainnya.

Ehrenberg et al (2003)

Pasar dalam artian yang luas yaitu tempat perjumpaan antara pembeli dan penjual. Barang atau jasa sebagai produk yang dipertukarkan oleh pembeli dan penjual. Dalam pertukaran itu muncul harga atas barang atau jasa yang dipertukarkan.

Kuntowijoyo (1994)

Menurut Kuntowijoyo pasar bukan hanya sekedar tempat, tetapi juga sebagai mekanisme yang bisa menata kepentingan pembeli dan penjual.

William J. Stanton

Menurut William berpendapat bahwa pasar merupakan sekumpulan orang yang memiliki suatu kepentingan yang puas, yaitu uang yang digunakan untuk belanja. Selain itu pasar juga sebagai tempat yang memiliki kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.

Ciri - Ciri Pasar

Suatu tempat yang dikatakan pasar adalah tempat untuk jual beli barang atau jasa. Pasar memiliki beberapa ciri-ciri, ciri-ciri inilah yang menjadikan suatu tempat disebut sebagai pasar, berikut ciri-cirinya:

1. Memiliki penjual dan calon pembeli

Di pasar pastinya terdapat banyak penjual atau produsen barang dan jasa, selain itu di pasar juga memiliki konsumen atau pembeli barang-barang tersebut.

2. Terdapat banyak barang dan juga jasa

Segala kebutuhan bisa terpenuhi di pasar. Pasar menyediakan berbagai macam jenis, merk, ukuran serta warna dari suatu barang tersebut.

3. Terdapat tawar menawar

Apabila barang yang Anda inginkan memiliki harga yang tidak sesuai, maka Anda bisa menawarnya secara baik-baik. Pastikan dalam tawar-menawar penjual dan pembeli memiliki kesepakatan yang baik dan tidak memberatkan salah satu. Pasar adalah tempatnya berbagai macam kebutuhan pokok, elektronik dan lain sebagainya.

Fungsi Pasar

Terdapat tiga fungsi utama pasar, yaitu sebagai sarana distribusi, pembentuk harga, dan promosi. Berikut penjelasannya.

a. Fungsi distribusi

Pasar bertujuan untuk melancarkan distribusi barang dari produsen ke konsumen. Distribusi merupakan penyaluran atau pengiriman kepada beberapa orang atau tempat. Produsen dapat memasarkan barangnya secara langsung atau lewat perantara dalam praktik jual beli. Distribusi barang dan jasa yang lancar menunjukkan berfungsinya pasar dengan baik.

b. Fungsi pembentuk harga

Pasar mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Dalam proses ini terjadi tawar-menawar harga hingga mencapai kesepakatan. Artinya, penjual tetap mendapatkan keuntungan dan konsumen memperoleh harga yang diinginkan.

c. Fungsi promosi

Promosi artinya memperkenalkan hasil produksi ke masyarakat. Hal tersebut bisa dilakukan dalam pasar. Fungsi promosi sangat menentukan omzet penjualan terlebih ditunjang dengan kualitas dan harga.

Jenis - Jenis Pasar

Jenis pasar terbagi ke dalam beberapa kategori, hal ini karena setiap pasar di daerah tertentu terdapat kebutuhan yang juga berbeda-beda. Pasar dibedakan berdasarkan bentuk kegiatannya, pasar menurut cara transaksinya, serta pasar menurut barang-barangnya. Berikut jenis-jenis pasar beserta penjelasannya:

1. Pasar menurut bentuk kegiatan

a. Pasar Nyata

Pasar nyata merupakan pasar yang menyediakan berbagai macam barang yang bisa diperjual belikan. Contoh dari pasar nyata adalah pasar swalayan dan pasar tradisional.

b. Pasar Abstrak

Pasar abstrak merupakan pasar yang kecil kemungkinan dalam hal tawar menawar. Dalam pasar abstrak penjual dan pembeli tidak bertemu langsung, melainkan melalui aplikasi atau surat dagangan. Yang dimaksud dalam pasar abstrak adalah pasar online, pasar modal, pasar valuta asing dan pasar saham.

2. Pasar menurut transaksi

a. Pasar tradisional

Pasar tradisional merupakan pasar yang sifatnya tradisional. Jadi dalam pasar ini penjual dan pembeli bisa bertemu langsung. Barang yang terdapat pada pasar tradisional beragam, akan tetapi barang yang sering diperjual belikan adalah bahan pokok kebutuhan sehari-hari.

Berikut ciri-ciri pasar tradisional:

  • Dikelola oleh pemerintah setempat atau daerah
  • Adanya sistem tawar menawar
  • Barang-barang yang dijual beragam, serta dengan tempat yang sama
  • Sebagian besar barang-barang serta jasa yang dijual merupakan hasil lokal

b. Pasar modern

Pasar modern merupakan pasar yang sifatnya modern. Jadi dalam pasar modern terdapat berbagai macam barang diperjualbelikan dengan harga yang sudah pas dan dengan layanan sendiri. Pasar modern memiliki tempat sendiri untuk berlangsungnya jual beli. Tempat pasar modern, seperti plaza, mal dan tempat-tempat lainnya. Pasar modern tidak banyak bedanya dari pasar tradisional. Tetapi pasar jenis modern ini penjual dan pembeli tidak perlu bertransaksi secara langsung, melainkan pembeli hanya melihat label harga yang tercantum dalam barang atau barcode.

Selain itu pasar modern berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri, swalayan atau dilayani oleh pramuniaga. Barang-barang yang dijual juga beragam, seperti barang elektronik dan masih banyak lagi. Selain itu pasar modern juga menjual bahan makanan seperti; buah, sayuran, daging. Sebagian besar barang yang dijual adalah barang yang dapat bertahan lama. Contoh dari pasar modern, seperti pasar swalayan, hypermarket, supermarket dan juga minimarket.

3. Pasar menurut jenis barang:

a. Pasar barang konsumsi

Pasar barang konsumsi merupakan sebuah pasar yang menjual ataupun membeli berbagai macam jenis barang yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Biasanya pasar barang konsumsi menjual berbagai macam kebutuhan pokok, seperti sayuran, daging, buah-buahan. Lalu ada pasar yang khusu menjual satu bahan pokok saja, seperti pasar ikan, pasar sapi, dan masih banyak lagi.

b. Pasar Sumber Daya Produksi

Pasar sumber daya produksi merupakan pasar yang menjual atau membeli mengenai produksi. Pasar sumber daya produksi menjual, seperti tenaga kerja, mesin-mesin, alat-alat berat dan masih banyak lagi.

4. Pasar menurut waktu

a. Pasar Harian

Pasar harian merupakan sebuah pasar yang menjual kebutuhan pokok. Pasar harian mempertemukan penjual dan pembeli setiap hari, artinya pasar harian buka setiap hari.

b. Pasar mingguan

Pasar mingguan merupakan sebuah pasar yang biasanya hanya buka dalam seminggu satu kali. Pasar mingguan biasanya terdapat di pedesaan. Serta pasar mingguan juga menjual berbagai macam hewan ternak yang memang hanya dibuka pada hari-hari tertentu saja.

c. Pasar bulanan

Pasar bulanan merupakan pasar yang bukanya sebulan sekali. Pasar bulanan terdapat di daerah-daerah tertentu. Pasar bulanan terdapat pembeli yang membeli barang-barang tertentu dan dapat dijual kembali.

d. Pasar temporer

Pasar temporer merupakan pasar yang diselenggarakan pada waktu tertentu serta tidak dapat diprediksi atau hanya tertentu saja. Pasar temporer buka apabila hanya ada perayaan tertentu saja. Contoh dari pasar temporer adalah bazar.

5. Pasar menurut keleluasaan distribusi

a. Pasar daerah

Pasar daerah merupakan sebuah pasar yang dapat membeli serta menjual produk dalam satu daerah, yang dimana produk tersebut dihasilkan. Pasar daerah bisa juga dikatakan sebagai pasar daerah yang melayani permintaan dan penawaran hanya dalam satu daerah itu saja.

b. Pasar lokal

Pasar lokal merupakan sebuah pasar yang dapat melakukan transaksi jual beli produk dalam satu kota, yang dimana tempat produk tersebut dihasilkan. Pasar lokal bisa juga diartikan sebagai pasar lokal yang melayani permintaan dan penawaran hanya dalam satu kota itu saja.

c. Pasar nasional

Pasar nasional merupakan sebuah pasar yang dapat membeli dan menjual suatu produk di dalam satu negara dan juga tempat produk tersebut dihasilkan. Pasar nasional bisa juga diartikan sebagai pasar nasional yang melayani permintaan serta penjualan dari dalam Negeri.

d. Pasar Internasional

Pasar internasional merupakan sebuah pasar yang dapat transaksi membeli dan menjual suatu produk dari berbagai negara. Selain itu, pasar internasional dapat dikatakan lebih luas jangkauan karena pasar tersebut dapat jangkauan dari seluruh dunia. Contoh pasar Internasional seperti Pasar kopi di Santos, Brazil.

6. Pasar menurut jenis dagangan

a. Pasar umum

Pasar umum merupakan suatu pasar yang dapat menjual dan membeli barang-barang yang beraneka ragam. 

b. Pasar khusus

Pasar khusus adalah suatu pasar yang bisa melakukan jual beli satu jenis barang dagangan saja. Contoh dari pasar khusus, seperti pasar hewan, pasar rombengan, pasar bunga, pasar sepeda dan lainnya. 

c. Pasar tempel

Pasar tempel merupakan jenis pasar umum yang secara formal tidak dikelola atau diakui oleh pemerintah daerah. Tetapi secara fungsional pasar tempel berperan sebagai pasar dengan wilayah pelayanan tertentu.

7. Menurut organisasi atau struktur

a. Pasar persaingan sempurna

Pasar persaingan sempurna, yakni:

Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli yang mengetahui situasi pasar, barangnya homogen dan harga ditentukan kekuatan pasar. Selain itu, pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar. Contoh: pasar sayur-mayur, pasar buah dan pasar tekstil Tanah Abang.

b. Pasar persaingan tidak sempurna 

Pasar persaingan tidak sempurna adalah penjual dan pembeli bebas menentukan harga dan jumlah barang. Harga dipengaruhi oleh penjual dan pembeli.

Macam-macam pasar persaingan tidak sempurna terdiri atas:

  • Pasar monopoli adalah pasar yang terdiri atas seorang penjual.
  • Pasar oligopoli adalah pasar yang dikuasai beberapa penjual besar.
  • Pasar persaingan monopolistik adalah pasar campuran antara pasar persaingan dan monopoli.
  • Pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai oleh seorang pembeli.
  • Pasar oligopsoni adalah pasar yang dikuasai beberapa pembeli besar.

Demikianlah artikel yang berjudul Pengertian Dan Jenis Pasar. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Berbagai Reviews mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Pustaka Pengetahuan

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm
 
Media sosial silahkan klik facebook

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar