8 Mei 2020

Cara Budidaya Ikan Papuyu / Ikan Betok dan Tips Sukses Budidaya Ikan Betok.

| 8 Mei 2020
Cara budidaya ikan papuyu/betok/betik


Budidaya ikan papuyu merupakan salah satu jenis ikan yang cukup banyak penggemarnya. Ikan papuyu meupakan ikan primadona yang banyak dikonsumsi. Rasa dari ikan papuyu ini sangat nikmat dan lezat yang sering membuat orang ketagihan untuk menyantapnya. Tampilan ikan papuyu dengan bentuk agak lonjong dan pipih ini memang sangat khas.

Ikan bethik bisa bertahan di air yang minim oksigen. Ia juga bisa beradaptasi di dataran tinggi meski sebenarnya ia lebih cocok dan akan cepat besar jika dipelihara di dataran rendah terutama dekat laut. Keuntungan budidaya ikan Betok yang lain adalah minimnya resiko ikan mati serta ikan Betok tidak memiliki sifat kanibal seperti ikan lele. Hal ini membuat proses budidaya dan perawatan ikan Bethok sangatlah mudah. Pangsa pasar ikan Betok juga sangat bagus karena banyak peminatnya.

Permintaan ikan papuyu di pasaran memang terbilang besar. Sehingga tak heran jika peluang usaha budidaya ikan papuyu kini menjanjikan. Dimana bisnis budidaya ikan papuyu ini menjanjikan keuntungan yang besar. Untung yang diberikan dalam bisnis budidaya ikan papuyu ini terbilang besar. Sehingga tak heran jika bisnis budidaya ikan papuyu ini banyak yang menjalankannya.

Memang potensi dalam bisnis budidaya ikan papuyu terbilang sangat bagus. Sehingga tak heran jika bisnis budidaya ikan papuyu kini banyak dijalankan dan dikembangkan. Memang keuntungan yang didapatkan dari bisnis budidaya ikan papuyu bukan main-main. Mungkin Anda tertarik untuk menjalankan bisnis budidaya ikan papuyu! Jika iya tentunya bisnis budidaya ikan papuyu ini bisa Anda jalankan dengan mudah. Ulasan mengenai bisnis budidaya ikan papuyu juga kami bahas di bawah ini. Silahkan mengetahui lebih dalam tentang bisnis budidaya ikan papuyu mulai dari peluang hingga analisa bisnisnya berikut ini :

Memulai bisnis budidaya ikan papuyu

Bisnis peternakan ikan papuyu memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis budidaya ikan papuyu yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis budidaya ikan papuyu ini tidak sulit. Bisa di mulai dengan mudah dengan modal yang kecil. Anda dapat memulai bisnis budidaya ikan papuyu di lahan kecil atau sekitar pekarangan rumah.

Pelaku bisnis budidaya ikan papuyu

Bisnis budidaya ikan papuyu ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang. Anda yang kini bingung mencari pilihan bisnis yang tepat. Dengan kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis budidaya ikan papuyu ini dapat Anda jalankan dengan mudah.

Konsumen bisnis budidaya ikan papuyu

Konsumen budidaya ikan papuyu memang tidaklah sulit, konsumen budidaya ikan papuyu cukup besar mulai dari konsumsi rumah tangga hingga berbagai usaha kuliner.

Peralatan bisnis budidaya ikan papuyu

Dalam bisnis budidaya ikan papuyu membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya wadah dan jerigen, pompa air, pengadaan bibit ikan papuyu, selang dan paralon, timba, jaring, terpal,  pembuatan kolam ikan papuyu, peralatan pembersih kolam, sewa lahan, drum,  dan lainnya. Dengan adanya peralatan tersebut maka bisnis budidaya ikan papuyu makin maksimal.

Pemasaran budidaya ikan papuyu

Dalam berjualan budidaya ikan papuyu, Anda bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar, rumah makan, restoran atau hotel. Juga dapat memasarkannya ikan papuyu bagus ke swalayan atau supermarket.

Karyawan bisnis budidaya ikan papuyu

Karyawan dalam menjalankan bisnis budidaya ikan papuyu bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan.

Harga jual budidaya ikan papuyu

Patokan harga untuk budidaya ikan papuyu dapat Anda buat dalam hitungan per kg dimana harga mulai Rp 25.000 hingga Rp 30.000. Ini tergantung dari harga ikan papuyu yang ada di pasaran.

Keuntungan dalam menjalankan bisnis budidaya ikan papuyu

Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis budidaya ikan papuyu ini yakni merupakan bisnis peternakan ikan papuyu yang paling menguntungkan. Sebab pemasaran ikan papuyu terbilang mudah.

Kekurangan bisnis budidaya ikan papuyu

Segi kekurangan bisnis budidaya ikan papuyu ialah budidaya ikan papuyu memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat.


Cara Budidaya Ikan Papuyu.

Ikan Betok merupakan ikan air tawar yang memiliki daya tahan serta kemampuan adaptasi yang bagus. Ikan ini sangat terkenal akan kemampuannya bertahan hidup pada lokasi yang hanya terdapat sedikit air. Di alam liar, ikan ini bahkan sering naik kedarat dengan bantuan kopengnya (sirip insang). Berikut langkah - langkah budidaya ikan betok atau betik

1. Persiapan kolam budidaya ikan betok.


Kolam ikan papuyu/betok/betik


Ikan Betok bisa dibudiyakan di kolam tanah maupun kolam terpal dan semen. Namun akan lebih baik jika menggunakan kolam tanah dengan sistem sirkulasi air. Keunggulan kolam tanah untuk budidaya ikan Betok adalah mudahnya menumbuhkan pakan alami seperti plankton, ganggang, cacing dll. Selain itu juga lebih hemat biaya pembuatan kolam.

Ikan Betok ini tidak mudah sakit atau terinfeksi penyakit seperti ikan lele jadi pemeliharaan di kolam tanah pun tidak masalah. Agar muat banyak ikan sebaiknya buat ukuran kolam yang cukup besar. Anda bisa membuatnya didekat sumber mata air, ditepi sawah atau ditepi sungai. Baca juga Cara Budidaya Cacing Sutra/ Untuk membuat air dalam kolam kaya unsur renik maka isikan pupuk kandang dalam karung kemudian karung tersebut direndam  dalam kolam selama 1 minggu. Untuk mempercepat proses tumbuhnya plankton anda bisa menambahkan probiotik khusus kolam. Air yang sudah berdegradasi hijau berarti siap untuk ditebar ikan.

2. Menyiapkan induk ikan papuyu jantan dan betina


Cara membedakan induk jantan dan betina ikan papuyu


Untuk membedakan Ikan Papuyu jantan dan betina, dapat dilihat dari tanda tubuhnya. Untuk tanda betina, tubuh memanjang, perut agak gendut, warna agak kusam, gerakan lamban, lubang kelaminnya membulat dan berukuran 100 gram. Sedangkan untuk tanda jantan, tubuh membulat, gerakan lincah, warna cerah, lubang kelamin memanjang dan berukuran antara 100 gram.

3. Pemijahan ikan papuyu.


Teknik pemijahan ikan betok


Pemijahan dari Ikan Papuyu ini dilakukan dengan cara semi buatan, yakni induced spawning. Dengan cara, siapkan akuarium yang berukuran 60 x 50 x 45 cm, dan keringkan selama waktu 3 hari, setelah itu isi air setinggi 30 cm, dan hidupkan 2 titik aerasi dan biarkan hidup saat selama pemijahan, suntuk 2 ekot induk betina disore hari dengan menggunakan ovaprim dosis 0,5 ml/kg dan masukkan kedalam akuarium, sedangkan untuk jantan, suntik 8 ekor dan satukan dengan betina, biarkan memijah. Perbandingan antara keduanya jantan dan betina ialah 4 : 1. Pemijahan yang akan terjadi saat tengah malam sampai pagi hari dan telur hasil pemijahan menempel di dinding akuarium.

4. Penetasan dan pemeliharaan larva ikan papuyu.


Pemeliharaan larva ikan papuyu/betok


Penetasan yang akan dilakukan diakuarium pemijahan yakni dengan memindahkan induk kekolam pematangan gonad. Di suhu 29-30 derajat Celcius, telur akan menetas sekitar 20-24 jam. Larva dipelihara selama 3 hari penuh sampai kuat untuk berenang. Untuk pakan sendiri, diberi artemia atau adlibitum. Setiap induk betina dapat menghasilkan larva sekitar 14.500 ekor.

5. Pendederan ikan papuyu.


Cara pendederan ikan betok


Pendederan I dilakukan didalam hapa yang terpasang dikolam dengan cara menyiapkan kolam yang memiliki ukuran 200 m2, dan keringkan selama 4-6 hari dan isi air setinggi 40-60 cm, tebarkan 4 karung kotoran ayam atau bisa juga puyuh dan biarkan selama 4-5 hari, kemudian pasang 4-10 hapa yang ukurannya 200 x 100 x 80 cm dengan tiang - tiang bambu. masukkan sekitar 2000 ekot larva dan beri pakan tambahan seperti pelet halus dalam waktu seminggu. Saat itu larva telah berukuran 0,5 cm.

Pendederan II seperti pendederan I, bedanya hanya pada penebaran benih yang berasal dari pendederan I dengan kepadatan 200-300 ekor/m2 dan beri pakan tambahan pelet halus sebanyak kurang lebih 500 g/hari diawal, 750 g/hari minggu kedua, 1000 g/hari diminggu ketiga atau juga bisa sesuai kebutuhan dengan jangka waktu pendederan II selama 1 bulan dan saat itu benih telah mencapai ukuran 1-3 cm. Untuk pendederan III sendiri sama seperti pendederan I yang dilakukan selama 30 hari dan benih telah mencapai ukuran 3 hingga 5 cm.

6. Pembesaran ikan papuyu.


Pembesaran ikan papuyu


pembesaran sendiri dilakukan dikolam dengan cara menyiapkan kolam yang ukurannya 500 m2, keringkan 4-6 hari dan isi air setinggi sekitar 40-60 cm dan tebarkan 6 karung dari kotoran ayam atau puyuh serta dibiarkan selama 4-5 hari, kemudian tebarkan benih yang asalnya dari pendederan II dengan kepadatan 50 ekor/m2 lalu diberi pakan berupa pelet 5%/hari. Pembesaran sendiri dilakukan selama waktu 6 bulan dan selama itu pula berat Ikan Papuyu mencapai 60-75 gram.

Pembesaran Ikan Papuyu sendiri dapat dilakuan di jaring tancap dengan cara memilih lokasi dipinggir perairan yang mempunyai kedalam 1-1,5 m, dan siapkan sejumlah jaring yang ukuran panjangnya 4 x 3 x 1 dengan mess 0,5 cm. Pasang jaring yang mengikat ditiang -tiang yang tahan terhadap air, seperti halnya kayu ulin, tebarkan benih Ikan Papuyu yang asalnya dari tahapan pendederan III dengan memiliki kepadatan 50 hingga 100 ekor/m2, beri pakan tambahan yakni pelet sebanyak 5%/harinya dan frekuensi 4x. Pembesaran di jaring tancap juga berlangsung selama 6 bulan yang mana pada saat itu Ikan Papuyu telah berukuran 65 hingga 75 gram.

7. Pemberian pakan


Pemberian pakan alternatif ikan papuyu


Cacahan keong sebagai pakan alternatif ikanAturan pemberian pakan pada ikan Betok hampir sama dengan ikan Nila yakni bisa 2-3 kali sehari. Yang terpenting total pakan yang diberikan dalam sehari adalah 4-6% berat tubuhnya. Jumlah itu dibagi 2 atau 3 kali pemberian.

Jika lokasi kolam jauh dari rumah anda bisa memberikan pakan 2 kali sehari yakni pagi pukul 9 dan pukul 4 sore. Jika lokasinya ada disamping rumah maka sebaiknya pakan diberikan 3 kali yakni pagi jam 9 lalu siang jam 2 dan malam jam 8.

Hindari memberikan pakan di pagi hari karena nafsu makan ikan dipagi hari belum terlalu kuat. Untuk bahan pakan sendiri sebaiknya dipilih bahan yang mengandung kadar protein tinggi. Tentu yang paling bagus adalah pelet. Namun harga pelet sangat mahal. Ikan bethok sendiri termasuk jenis omnivora sehingga mudah untuk mencarikan pakan alternatifnya. Baca juga Cara Budidaya Keong Mas. Keong emas, cacing tanah, cacing sutra, magot, dan jangkrik merupakan contoh pakan alternatif yang mengandung protein tinggi. Pakan alternatif tersebut bisa diberikan bersama pakan nabati seperti nasi sisa, bekatul, ampas kelapa, sisa sayur, atau ampas tahu.

8. Panen ikan betok


Panen ikan betok


Ikan Betok bisa dipanen jika sudah berumur sekitar 4 Bulan. Namun jika anda menghendaki untuk panen umur 3 bulan pun tak masalah. Bobot ikan Betok dewasa di usia 4 bulan sekitar 100-200 gram/ekor. Cara pemanenan bisa dengan cara sekaligus (jika bibit berasal dari pendederan) atau dengan panen selektif menggunakan jaring jika penebaran awal menggunakan bibit dari alam bebas yang tidak seragam ukurannya.


Tips Sukses Budidaya Ikan Betok.

Beberapa tips sukses cara budidaya ikan Betok bagi pemula berikut mampu memberikan hasil optimal untuk usaha budidaya ikan betokmu.
  • Lindungi kolam dari serangan predator menggunakan pagar waring (kelambu)
  • Secara rutin menambahkan prebiotik setiap 1 atau 2 minggu sekali
  • Porsi pakan pelet dicampur dengan pakan alternatif dengan perbandingan 40% pelet – 60% pakan alternatif hingga 20% pelet – 80% pakan alternatif agar semakin hemat biaya pakan
  • Untuk aerator anda bisa memanfaatkan aliran air dari sungai atau mata air yang dialirkan melalui selang agar mengucur kedalam kolam.
  • Mulailah belajar melakukan pemijahan benih ikan Betok agar lebih mudah memperoleh bibit awal
  • Peliharalah ikan Betok yang berwarna hijau gelap karena terbukti mampu mencapai ukuran optimal yang lebih besar daripada Betok hijau kekuningan.


Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai "Budidaya Ikan Papuyu atau Betok". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar