Various Reviews Knowledge and Education

2 September 2019

Penyakit atau Gangguan pada Sistem Gerak Manusia, Cara Pencegahan dan Pengobatan.

| 2 September 2019
 
Penyakit (Gangguan / Kelaianan) pada Sistem Gerak Manusia - berbagaireviews.com
 
 
Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, terkadang kita sering merasakan sakit pada bagian-bagian persendian atau bagian tulang kita. Penyakit dan kelainan tulang biasanya disebabkan oleh massa tulang yang rendah serta kerusakan struktur tulang. Massa tulang dikatakan rendah ketika kehilangan mineral pendukungnya, seperti kalsium, sehingga tulang mudah patah dan sulit menyangga beban tubuh.


Pengertian Sistem Gerak

Sistem gerak manusia merupakan kerja sama antara organ-organ gerak sehingga bisa menciptakan gerakan yang dapat membantu aktivitas manusia. Gerak yang dilakukan oleh manusia terjadi sebab adanya sistem gerak yang saling berkoordinasi membentuk gerakan yang diinginkan manusia. Salah satu anggota gerak manusia meliputi tulang. Tulang adalah anggota gerak pasif sebab tidak bisa bergerak sendiri tulang juga melibatkan peran otot dan persendian.

Gangguan atau penyakit pada sistem gerak manusia antara lain, yaitu riketsia, osteoporosis, artritis, fraktura, kifosis, lordosis, skoliosis, osteoathritis, sklerosis lateral amiotrofik (ALS), dan tendonitis dan lainnya sebagai berikut :


Osteoporosis.


Osteoporosis (penyakit kekurangan kalsium pada tulang) - berbagaireviews.com


Osteoporosis adalah penyakit pada sistem gerak manusia yang disebabkan karena kekurangan kalsium pada tulang. Tulang yang kekurangan kalsium akan menjadi rapuh dan mudah patah. Osteoporosis umumnya terjadi pada orang tua, sehingga penyakit osteoporosis tidak dapat disembuhkan karena orangtua biasanya menghasilkan lebih sedikit hormon, sehingga osteoblas sebagai pembentuk tulang kurang aktif.


Riketsia.
 
 
Riketsia (penyakit kekurangan vitamin D) - berbagaireviews.com


Riketsia adalah gangguan pada sistem gerak manusia yang disebabkan karena kekurangan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor sehingga proses pengerasan tulang terganggu. Penyembuhan dan pencegahan dari penyakit riketsia adalah dengan penambahan kalsium, fosfor, dan vitamin D ke dalam menu makanan. Penambahan vitamin D dapat juga diperoleh dengan berjemur di panas matahari pagi.


Artritis.


Artritis (kerusakan tulang rawan sendi) - berbagaireviews.com


Artritis adalah penyakit pada sistem gerak manusia khususnya pada bagian sendi karena kerusakan tulang rawan sendi. Artritis disebabkan oleh metabolisme asam urat yang terganggu, sehingga asam urat tertimbun pada sendi dan menyebabkan sakit terutama pada jari-jari tangan maupun kaki, penumpukan kapur di antara dua tulang mengakibatkan sendi sulit digerakkan dan kaku. Penyakit artritis dapat menimbulkan rasa sakit yang sangat dan kerusakan yang diakibatkannya dapat bersifat permanen. Penyakit ini belum dapat disembuhkan, dalam arti, tidak dapat pulih seperti sediakala. Pengobatan umumnya hanya untuk menghilangkan rasa sakit. Upaya untuk mengurangi terjadinya artritis yaitu dengan mengonsumsi makanan yang seimbang.


Fraktura.
 
 
Fraktura (patah tulang) - berbagaireviews.com


Fraktura disebut juga dengan patah tulang. Fraktura dapat disebabkan karenan tulang mengalami benturan yang keras, misalnya pada saat kecelakaan atau jatuh dari tempat yang tinggi. Untuk menyambung tulang yang patah terkadang perlu operasi dan pemberian pelat platina untuk menyatukan kembali tulang yang patah.


Kifosis.


Kifosis (melengkungnya tulang belakang di bagian dada ke arah belakang) - berbagaireviews.com


Kifosis adalah kelainan pada sistem gerak manusia dengan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan di bagian dada ke arah belakang. Kifosis dapat disebabkan karena penyakit (misalnya TBC dan riketsia) atau kebiasaan duduk yang salah. Kifosis parah dapat menyebabkan nyeri dan merusak bentuk punggung. Pengobatan kifosis dapat dilakukan dengan cara pemberian obat-obatan untuk menghilangkan rasa nyeri, terapi fisik, dan operasi.


Lordosis.


Lardosis (melengkungnya tulang belakang ke depan) - berbagaireviews.com

Lordosis adalah kelainan pada sistem gerak manusia dengan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan ke arah depan di bagian pinggang. Orang yang mengalami penyakit lordosis memiliki pinggang yang terlihat lebih menonjol ke depan. Penyakit lordosis dapat disebabkan karena perut penderita yang terlalu besar, riketsia, atau karena kebiasaan duduk yang salah. Penyakit lordosis yang menimpa anak-anak dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, orang dewasa yang mengalami lordosis memerlukan terapi fisik.


Skoliosis.


Skoliosis (melengkungnya tulang belakang ke samping) - berbagaireviews.com


Skoliosis adalah kelainan pada sistem gerak manusia karena melengkungnya tulang belakang ke arah samping. Penyakit skoliosis dapat disebabkan oleh polio atau kebiasaan duduk yang salah. Pengobatan skoliosis dapat dilakukan dengan cara terapi fisik dan operasi.


Osteoathritis.


Osteoathritis (penurunan fungsi tulang persendian) - berbagaireviews.com

Osteoathritis adalah penyakit penurunan fungsi tulang pada persendian yang disebabkan karena pada ujung tulang mengalami keausan. Umumnya osteoarthritis terjadi pada orang dewasa pada usia di atas empat puluh tahun, terutama pada orang yang badannya gemuk. Osteoathritis jarang berkembang menjadi penyakit yang akut. Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan pengobatan untuk mengurangi nyeri, terapi fisik, dan terkadang operasi untuk mempertahankan pergerakan sendi.


Sklerosis Lateral Amiotrofik (ALS).
 
 
Sklerosis Lateral Amiotrofi - berbagaireviews.com
 

Sklerosis lateral amiotrofik (ALS) adalah penyakit degeneratif yang memengaruhi fungsi otak dan saraf tulang belakang. Akibatnya, penderita sklerosis lateral amiotrofik kesulitan dalam melakukan beberapa aktivitas, seperti berbicara, menelan, dan menggerakkan organ-organ tubuh. Untuk saat ini belum ditemukan pengobatan untuk mengatasi penyakit sklerosis lateral amiotrofik.


Tendonitis.
 
 
Tendonitis (peradangan tendon) - berbagaireviews.com
 

Tendonitis adalah penyakit sistem gerak pada manusia yang disebabkan karena tendon mengalami peradangan. Gangguan yang umum terjadi di bahu, pergelangan tangan, tumit, lutu dan siku. Tendonitis biasanya menimbulkan gejala berupa nyeri di persendian. Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan pemberian obat pereda rasa sakit, penyuntikan plasma darah kaya trombosit, dan fisioterapi.


Stiff atau kaku leher.
 
 
Stiff (kaku leher) - berbagaireviews.com
 

Stif atau kaku leher merupakan keadaan dimana otot leher yang mengalami peradangan akibat gerakan atau hentakan yang salah sehingga leher terasa sangat kaku. Sakit leher atau kaku leher bisa terjadi sebab banyak hal.


Dislokasi.
 
 
Dislokasi pergeseran kedudukan sendi - berbagaireviews.com
 

Dislokasi merupakan pergeseran kedudukan sendi sebab perubahan ligamen. Dislokasi adalah cedera pada kaki. Cedera dislokasi ini terjadi pada saat tulang bergeser dan keluar dari posisi normalnya pada sendi. Sebagian besar kasus dislokasi terjadi sebab benturan yang dialami oleh sendi. Contohnya seperti saat bermain basket atau jatuh dari sepeda. Diskolasi pada umumnya terjadi pada jari dan bahu.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar