Macam - Macam Potongan Sayuran dan Gambar Potongan Sayuran, Cut Vegetables. | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

5 September 2019

Macam - Macam Potongan Sayuran dan Gambar Potongan Sayuran, Cut Vegetables.

| 5 September 2019
Potoangan sayuran (Cut Vegetables) - berbagireviews.com


Bagi yang baru belajar masak, pasti kamu ingin mempelajari banyak sekali hal. Mulai dari nama - nama peralatan, bahan - bahan, bumbu dan rempah, sampai potongan sayuran. Saking banyaknya, kamu sering terbalik menyebutkan jenis potongan sayuran dengan istilah masakan yang lain. Berikut jenis potongan sayuran yang wajib diketahui. Selain mudah kita temui di olahan masakan sehari-hari, mudah juga untuk di ingat.


Brunoise.


Potongan sayuran brunoise - berbagaireviews.com


Brunoise adalah potongan sayuran berbentuk kubus kecil dengan ukuran 1 x 1 x 1 mm. Potongan ini sering digunakan untuk sayuran seperti kentang, wortel, lobak, dan sayuran akar lainnya. Dengan mudah kamu bisa menjumpai potongan sayuran ini dalam isian risoles dan gorengan-gorengan lainnya.


Macedoine.


Potongan sayuran macedoine - berbagaireviews.com


Yaitu potongan sayur yang dipotong kubus dengan ukuran 1cm x 1cm x 1cm. Sayuran yang biasanya dipotong seperti ini yaitu ada wortel, lobak, kentang, dsb.


Jardiniere.


Potongan sayuran jardiniere - berbagaireviews.com


Kamu pasti familiar dengan potongan yang satu ini. Jardiniere adalah potongan sayuran berbentuk balok dengan ukuran 3 cm x 1 cm x 1 cm. Panjang ukuran potongan ini bisa disesuaikan dengan keinginan kamu. Biasanya potongan ini digunakan untuk sayuran akar seperti kentang, wortel, lobak, ubi, dan lain-lain. Jardiniere juga digunakan untuk olahan makanan seperti nugget dan masih banyak lagi.


Julienne.


Potongan sayuran julienne - berbagaireviews.com


Julienne adalah potongan sayuran yang berbentuk seperti batang korek api dengan ukuran 3 cm x 1 mm x 1mm. Sama halnya dengan potongan jardiniere, panjang potongan sayurannya bisa disesuaikan dengan selera kamu, kok. Potongan ini sering kita jumpai dalam olahan makanan seperti salad, bihun goreng, bahkan bakwan. 


Slice


Potongan sayuran slice - berbagaireviews.com


Slice adalah potongan berbentuk irisan. Potongan ini berbentuk irisan, baik itu tebal maupun tipis. Biasanya potongan ini digunakan untuk tomato, sucini, carrot.


Dice.


Potongan sayuran dice - berbagaireviews.com


Dice adalah potongan sayuran berbentuk kubus. Pada umumnya potongan sayuran ini memiliki ukuran 1 cm x 1 cm x 1cm. Tapi tidak sedikit juga makanan yang menggunakan potongan dice dengan ukuran yang jauh lebih besar atau lebih kecil dari ukuran tersebut. Potongan ini sering sekali digunakan dalam banyak olahan makanan seperti sup, salad, bahkan kolak.


Chiffonade.


Potongan sayuran chiffonade - berbagaireviews.com


Chiffonade adalah jenis potongan sayuran yang di iris tipis dan memiliki ketebalan 1-2 mm. Potongan ini sering digunakan untuk sayuran seperti kol, daun selada, sawi putih, kailan, seledri, dan yang lainnya.

Kamu biasa menggunakan potongan sayuran yang satu ini saat akan membuat bakwan, soto, bahkan salad.


Minced.


Potongan sayuran Minced - berbagaireviews.com


Minced lebih halus dari chopped. Jika dilihat sekilas, minced hampir mirip seperti bumbu halus. Biasanya minced digunakan untuk memotong bumbu dapur seperti bawang putih, jahe, bawang bombay, bawang merah, dan masih banyak lagi. Potongan minced biasanya dipakai dalam olahan makanan western, seperti pelengkap saus pasta, pelengkap saus steak atau olahan daging lainnya, dan lain-lain.


Chopped.


Potongan sayur Chopped - berbagaireviews.com


Chopped artinya cincang. Chopped sendiri tidak mempunyai bentuk yang pasti. Biasanya chopped berupa cincangan halus dan cincangan kasar, tergantung makanan yang akan kamu olah. Kamu sering melihat atau bahkan menggunakan potongan chopped dalam masakan sehari-hari. Mulai dari nasi goreng sampai taburan kacang di atas es krim favorit kamu.


Turning.


Potongan sayur turning - berbagaireviews.com


Potongan turning biasa digunakan untuk soup contohnya potato, labu siam.


Allumete.


Potongan sayuran allumete - berbagaireviews.com


Potongan sayuran seperti julienne, tapi lebih panjang. Dengan ukuran 4cm x 1mm x 1mm.


Vichy.


Potongan sayur vichy - berbagaireviews.com


Potongan ini hampir sama dengan slice yaitu potongan asli dari bentuk sayuran tersebut contohnya carrot vichy.

Wedges.


Potongan sayuran wedges - berbagaireviews.com


Potongan sayuran berbentuk menjuring (seperti memotong semangka).


Paysane.


Potongan sayur paysane - berbagaireviews.com


Potongan ini biasanya digunakan untuk isian soup dengan ukuran 1cm x 1cm.


Lozenge.


Potongan sayur lozenge - berbagaireviews.com


Lozenge adalah potongan sayur berbentuk belah ketupat dengan ukuran 1 cm x 1 cm x 2 mm.
Sayuran yang biasanya dipotong seperti ini yaitu ada wortel, kentang , bawang bombay, dsb.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih. 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar