Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan, How to Maintain Healthy Respiratory Organs. | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

13 September 2019

Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan, How to Maintain Healthy Respiratory Organs.

| 13 September 2019
Cara menjaga kesehatan organ pernapasan - berbagaireviews.com


Paru-paru memiliki peran penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Ketika paru-paru bermasalah, pernapasan kita juga ikut bermasalah karena organ yang berperan untuk memompa oksigen ke seluruh pembuluh darah tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Pernapasan adalah aktivitas penting dalam kehidupan. Semua makhluk hidup pasti bernapas. Orang dewasa rata-rata bernapas 20.000 kali sehari. Organ-organ pernapasan manusia terdiri dari hidung, faring, laring, trakea, dan paru-paru. Sistem pernapasan pada manusia adalah menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.

Sistem pernapasan sangat rentan terserang penyakit karena udara keluar masuk secara langsung dan bebas. Udara yang mengandung bakteri dan virus berbahaya mudah masuk ke dalam tubuh. Penyakit yang menyerang organ pernapasan, antara lain Asma, TBC, Bronchitis, Sinusitis, Batuk, Sesak napas, dan Pneumonia.

Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan organ pernapasan:  

Menghindari segala sesuatu yang berbau tajam.


Menghindari segala sesuatu yang berbau tajam - berbagaireviews.com


Barang-barang yang memiliki bau tajam, seperti bau busuk atau bau basi dapat menyebabkan kinerja paru-paru terganggu. Karena pada saat bau tersebut masuk ke hidung, bulu hidung tidak dapat bekerja maksimal untuk menyaring bau. Alhasil, bau tersebut langsung masuk ke saluran pernapasan dan melemahkan kinerja saluran pernapasan.

Memperbanyak ventilasi udara.


Memperbanyak ventilasi udara di dalam ruangan - berbagaireviews.com


Ventilasi udara sangat penting dalam pertukaran udara di dalam ruangan, karena apabila pertukaran udara sangat sedikit maka udara segar yang kita hirup pun akan semakin sedikit.

Berolahraga dengan teratur. 


Berolahraga dengan teratur - berbagaireviews.com


Kurang berolahraga dapat menyebabkan aliran darah tidak lancar sehingga nutrisi bagi sel-sel, jaringan, dan organ tubuh sangat kurang. Joging, senam, bersepeda, atau berenang bisa membantu meningkatkan kapasitas paru-paru untuk menghirup dan menahan udara lebih lama.

Biasakan diri untuk menarik napas dalam - dalam. 


Biasakan diri untuk menarik napas dalam - dalam - berbagaireviews.com


Hal ini membuat paru-paru tidak kekurangan udara bersih untuk dialirkan pada seluruh jaringan tubuh. Cobalah untuk tarik napas dalam-dalam, lalu tahan sebentar, dan keluarkan. Lakukan selama 1 menit, maka paru-paru dapat menerima pasokan udara lebih banyak dari biasanya.

Mengkonsumsi makanan antioksidan.


Mengkonsumsi makanan antioksidan - berbagaireviews.com


Makan sayur dan buah, karena sayur dan buah merupakan sumber antioksidan terbesar yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat membuat jaringan tubuh menjadi rusak. Dengan mengonsumsi jeruk, apel, tomat, brokoli, kol dapat mencegah radikal bebas yang dapat memicu radang paru-paru.

Istirahat yang cukup.


Istirahat yang cukup - berbagaireviews.com


Tidur 7-8 jam, istirahat yang cukup sangat penting agar sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Saat tidur, tubuh akan mengembalikan dan merehabilitasi kerja semua sel-sel tubuh, termasuk jaringan yang menghasilkan sel-sel kekebalan tubuh.

Menggunakan masker.


Menggunakan masker - berbagaireviews.com


Menggunakan masker/ penutup hidung di saat berpergian menggunakan sepeda motor merupakan salah satu pencegahan terbaik agar udara kotor tidak masuk ke dalam paru-paru, yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada paru-paru.

Menghindari merokok.


Menghindari merokok - berbagaireviews.com


Tidak merokok, karena merokok merupakan salah satu pemicu utama timbulnya berbagai macam penyakit pada paru-paru. Ada ribuan toksin dalam rokok yang bisa tertinggal dalam paru-paru. Dampak yang ditimbulkan rokok tidak hanya terjadi bagi perokok aktif, akan tetapi juga berdampak bagi orang-orang yang berada di sekitarnya (perokok pasif).

Menghindari minimum alkohol.


Menghindari minimum alkohol - berbagaireviews.com


Menghindari minuman yang beralkohol, karena mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan sesak napas, mabuk, bahkan kehilangan kesadaran. Melakukan pemeriksaan medis yang teratur untuk membantu mendeteksi masalah paru-paru sejak awal. 

Pemeriksaan dini pada organ pernapasan.


Pemeriksaan dini pada organ pernapasan - berbagaireviews.com


Pemeriksaan dini ini sebagai upaya pencegahan/preventif, yang sebenarnya jauh lebih murah jika dibandingkan upaya pengobatan ketika mengalami sakit paru-paru. Dengan pemeriksaan ini, kita bisa mendeteksi dini dan mengetahui tingkat resiko terkena penyakit paru-paru.

Menjaga kebersihan udara lingkungan.


Menjaga kebersihan udara lingkungan - berbagaireviews.com


Mengingat jumlah polusi udara di Indonesia terlalu banyak, Anda perlu lebih memperhatikan kebersihan udara di sekitar agar penyakit paru-paru tidak bertambah parah. Sebelum beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan masker untuk menghalangi masuknya polusi udara ke hidung. Menjaga lingkungan tetap bersih dan bebas dari polusi udara wajib dilakukan, karena lingkungan yang bersih sangat mempengaruhi nilai kesehatan yang terkandung dalam udara yang kita hirup setiap hari.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar