Perkembangbiakan Ovipar (Bertelur), Pengertian, Ciri - Ciri dan Contoh - Contoh Hewan Ovipar (Bertelur). | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

16 Agustus 2019

Perkembangbiakan Ovipar (Bertelur), Pengertian, Ciri - Ciri dan Contoh - Contoh Hewan Ovipar (Bertelur).

| 16 Agustus 2019
Perkembangbiakan ovipar merupakan embrio yang berkembang dalam telur dan dilindungi oleh cangkang. Embrio mendapat makanan dari cadangan makanan yang ada di dalam telur. Telur dikeluarkan dari tubuh induk betina lalu dierami hingga menetas menjadi anak. Ovipar terjadi pada burung dan beberapa jenis reptil. 


Pengertian Hewan Ovipar (Bertelur)

Menurut Kamus besar bahasa Indonesia Ovipar adalah jenis reproduksi yg mengakibatkan telur yg dikeluarkan berkembang dan menetas di luar badan induknya. Ovipar adalah salah satu cara berkembang biakkan hewan dengan cara bertelur, yang pada umumnya mempunyai ciri-ciri telurnya dierami sampai menetas. Contoh hewan ovipar antara lain Serangga, Ayam, Angsa, Burung, Ikan, Katak, dan Serangga. Kelompok burung merupakan hewan ovipar juga. Walaupun kelompok burung tidak memiliki alat kelamin luar, fertilisasi tetap terjadi di dalam tubuh.[4] Hal ini dilakukan dengan cara saling menempelkan kloaka.

Pada burung betina hanya ada satu ovarium, yaitu ovarium kiri. Ovarium kanan tidak tumbuh sempurna dan tetap kecil yang disebut rudimenter. Ovarium dilekati oleh suatu corong penerima ovum yang dilanjutkan oleh oviduk. Ujung oviduk membesar menjadi uterus yang bermuara pada kloaka. Pada burung jantan terdapat sepasang testis yang berhimpit dengan ureter dan bermuara di kloaka. Fertilisasi akan berlangsung di daerah ujung oviduk pada saat sperma masuk ke dalam oviduk. Ovum yang telah dibuahi akan bergerak mendekati kloaka. Saat perjalanan menuju kloaka di daerah oviduk, ovum yang telah dibuahi sperma akan dikelilingi oleh materi cangkang berupa zat kapur. Telur dapat menetas apabila dierami oleh induknya.
Kelompok burung termasuk ke dalam hewan ovipar, walaupun kelompok burung tak mempunyai alat kelamin luar, namun fertilisasi tetap terjadi di dalam tubuh. Caranya, dilakukan dengan saling menempelkan kloaka.


Ciri - ciri Hewan Ovipar (Bertelur)
  • Tidak memiliki daun telinga.
  • Tidak memiliki kelenjar susu.
  • Tidak menyusui anaknya.

Contoh Hewan Ovipar (Bertelur).


1. Angsa.


Angsa dan ciri - ciri angsa - berbagaireviews.com


Angsa ini termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur.
Pada umumnya, jika kita lihat, telur angsa ini sendiri mempunyai ukuran yang lebih besar, dibandingkan dengan telur unggas yang lain.
Biasanya, telur ini akan menetas pada hari ke-21, setelah induk betina mengeluarkan telur itu dari tubuhnya.

Ciri - ciri angsa
  • Angsa merupakan anggota terbesar yang ada di famili Anatidae, dan menjadi salah satu burung air terbesar yang bisa terbang.
  • Spesies terbesar dari angsa itu sendiri adalah Angsa Putih, Angsa Trompet, dan juga Angsa Whooper yang panjangnya bisa mencapai hingga 60 inch serta memiliki berat sebesar 50 pound. Bentangan sayap mereka bisa mencapai panjangnya hingga 3 (tiga) meter.
  • Pada umumnya, angsa ini sendiri terdapat di daerah yang mempunyai iklim sedang, dan jarang terdapat pada daerah yang mempunyai iklim tropis.
  • 5 (lima) spesies angsa terdapat di belahan bumi bagian utaram, sementara 1 (satu) spesies yang lain ditemukan di Australia dan juga Selandia Baru, sisanya tersebar di Amerika Selatan.
  • Angsa ini sendiri hampir selalu mempunyai sifat herbivora, walaupun sejumlah hewan akuatik kecil juga menjadi mangsa mereka.Rata-rata, ukuran telur angsa adalah (tinggi x diameter) 113 x 74 mm, dan mempunyai berat hingga 340 gram. Masa inkubasi akan berlangsung selama sekitar 34 hingga 45 hari.
2. Ayam


Ayam dan ciri - ciri ayam - berbagaireviews.com

 
Ciri - ciri ayam
  • Ayam ini termasuk hewan golongan ovipar yang berasal dari kelas burung (aves).
    Perkembangbiakan ayam ini dilakukan dengan cara bertelur, dimulai dengan proses terjadinya pembuahan yang ada di dalam organ reproduksi ayam betina.
  • Ayam betina akan menghasilkan telur, yang selanjutnya akan dikeluarkan oleh ayam betina melalui anus dan tak lupa untuk dierami.
  • Pengeraman telur ayam yang dilakukan oleh induk betina ini, akan dilakukan selama kurang lebih antara 20 hingga 21 hari. Pengeraman dilakukan, untuk bisa menjaga suhu yang ada di sekitar telur, sehingga telur bisa tetap hangat.
  • Tidak hanya dierami oleh induk betina, sekarang ini, dengan penggunaan inkubator dalam menggantikan induk ayam betina dalam proses pengeraman sudah kian marak dilakukan. Hal ini memiliki tujuan untuk bisa mempercepat terjadinya proses perkembangbiakan dalam skala yang besar.

3. Burung


Burung dan ciri - ciri burung - berbagaireviews.com


Semua jenis burung yang ada di dunia ini, akan melakukan perkembangbiakannya dengan cara bertelur.
Namun, untuk masing-masing jenis burung yang ada, mempunyai periode perkembangbiakan yang tidak sama, alias berbeda-beda. Salah satu contohnya adalah burung merak, burung merak akan berkembang biak dengan terbatas. Maka dari itu, keberadaan burung merak yang kian menyusut, terlebih karena adanya faktor perburuan.

Ciri - ciri burung
  • Burung atau unggas ini merupakan anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang mempunyai bulu dan juga sayap.
  • Fosil tertua dari burung ini telah ditemukan di Jerman, dan dikenal dengan nama Archaeopteryx.
  • Diperkirakan jika ada sekitar sebanyak 8.800 hingga 10.200 spesies burung yang terdapat di seluruh dunia; dan sekitar 1.500 jenis diantaranya, ada dan ditemukan di Indonesia.
  • Indonesia berhasil menempati negara ke-5 terbesar di dunia, dari sebanyak 10.000 jenis satwa, yang sekarang ini berkembang biak.
  • Sekarang ini, sebanyak 50% jenis burung yang ada di dunia terancam punah, karena habitat burung sudah mulai terusik kegiatannya oleh manusia.

4. Ikan
 

Ikan dan ciri - ciri ikan - berbagaireviews.com


Ciri - ciri ikan
  • Berbeda dengan contoh hewan yang bertelur dari kelas unggas, di mana melakukan pembuahan yang ada pada tubuh betina mereka, berbeda dengan ikan yang hanya bisa melakukan pembuahan di luar tubuh. Betina ikan dewasa ini nantinya akan mengeluarkan suatu sel telur ke perairan, lalu bagi sang jantan akan menyemprotkan sel telur tersebut dengan sel protozoa. Nantinya, kedua sel ini akan bertemu dan selanjutnya menciptakan suatu individu yang baru melalui proses pertumbuhan yang lamanya itu berbeda-beda, tergantung dari jenis ikannya.
  • Ikan adalah anggota vertebrata pikilotermik atau berdarah dingin, di mana salah satu binatang ini hidup di dalam air dan juga bernapas dengan menggunakan insang.
  • Ikan termasuk dalam kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam jenisnya, dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 yang ada di seluruh dunia.

5. Katak


Katak dan ciri - ciri katak - berbagaireviews.com

 
Katak juga sama halnya dengan ikan, hewan amfibi yang satu ini juga termasuk ke dalam hewan ovipar, di mana akan melakukan pembuahannya yang ada di luar tubuh dari sang betina. 

Ciri - ciri katak
  • Yang menjadi perbedaannya adalah, telur katak ini nantinya akan mengalami pertumbuhan dengan melalui proses metamorfosis.Telur katak tidak akan menetas, melainkan nanti akan langsung berubah menjadi zigot, lalu berudu atau disebut juga dengan nama kecebong, lalu katak muda, dan terakhir beranjak menjadi katak dewasa.
  • Katak, atau dalam bahasa inggris disebut dengan nama frog, merupakan salah satu binatang amfibi pemakan serangga, yang hidup di air tawar atau di darat, memiliki kulit yang licin, berwarna hijau atau merah kecokelat-cokelatan, kaki belakang yang lebih panjang, pandai melompat dan berenang.
  • Saat sekali bertelur, katak bisa menghasilkan sebanyak 5000 hingga 20.000 telur, tergantung dari kualitas induk dan juga hanya berlangsung sebanyak 3x dalam setahun.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.


Perkembangbiakan Hewan Secara Vegetatif 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar