Various Reviews Knowledge and Education

16 Agustus 2019

Perkembangbiakan Hewan Ovovivipar (Bertelur dan Beranak), Pengertian, Ciri - Ciri, dan Contoh - Contoh Hewan Ovovivipar.

| 16 Agustus 2019
Perkembangbiakan hewan ovovivipar (bertelur dan beranak) - berbagaireviews.com


Perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur (ovipar) dan juga beranak/melahirkan (vivipar). Contoh kecil dari hewan/binatang yang termasuk ke dalam jenis Ovovivipar ini, seperti, ikan hiu, kadal, hingga ular.


Pengertian Hewan Ovovivipar (Bertelur dan Beranak)

Ovovivipar merupakan salah satu cara berkembang biak suatu hewan, dengan cara bertelur dan juga beranak/melahirkan. Embrio akan berkembang di dalam telur, dan telur tetap berada di dalam tubuh dari sang induk hingga telur tersebut benar-benar menetas.
Ciri khusus dari hewan atau binatang yang termasuk dalam kelompok ovovivipar ini adalah pada embrio yang berkembang biak dan juga tumbuh di dalam telur. Kemudian, setelah telur tersebut sudah cukup umur, akan menetas anak hewan yang keluar dari tubuh sang induk.

Ciri - Ciri Hewan Ovovivipar (Bertelur dan Beranak)
  • Pembuahan terjadi di dalam tubuh dari sang induk.
  • Setelah pembuahan, maka terjadilah telur.
  • Zigot tumbuh menjadi embrio yang berada di dalam telur.
  • Telur yang dikeluarkan langsung menetas
  • Contoh Hewan Ovovivipar (Bertelur dan Beranak)

Contoh Hewan Ovovivipar (Bertelur dan Beranak)

Ikan Pari.


Ikan pari beranak dan bertelur (Ovovivipar) - berbagaireviews.com
 

Ikan pari juga salah satu contoh hewan ovovivipar yang mempunyai ekosistem yang ada di perairan. Ikan pari ini akan melakukan perkembangbiakannya dengan cara bertelur. Akan tetapi, telur ini nantinya tak akan dikeluarkan sebelum bisa menetas. Embrio akan tumbuh dan berkembang dengan cara menyerap nutrisi yang terdapat di dalam kuning telur. Induk sang betina baru akan melahirkan apabila pertumbuhannya sudah mencapai tingkat yang optimum. Pada setiap periode hamilnya, ikan pari bisa mengandung hingga sebanyak 5 (lima) sampai dengan 13 (tiga belas) anak.

Ciri - ciri ikan Pari
  • Ikan pari atau ikan peh ini merupakan jenis ikan laut yang diketahui mempunyai sebanyak 560 spesies dan tergolong ke dalam 13 famili.
  • Ikan pari ini memiliki bentuk yang pipih dan juga bentuk yang datar, serta dirinya tidak mempunyai tulang.
  • Ikan pari manta (Manta Birostris) menjadi salah satu spesies ikan pari terbesar yang ada di dunia. Lebar tubuh yang dimilikinya dari ujung sirip dada hingga ujung sirip yang lain mencapai hingga hampir 7 (tujuh) meter.
  • Bobot dari ikan pari manta ini sendiri yang pernah diukur, mencapai hingga 3 (tiga) ton beratnya.
  • Jenis spesies ini sendiri bisa ditemukan di lautan tropis yang ada di seluruh dunia. Kurang lebih antara 35 derajat lintang utara hingga 35 derajat lintang selatan.

Bunglon


Bunglon bertelur dan beranak (Ovovivipar) - berbagaireviews.com


Bunglon, secara umumnya juga berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar). Akan tetapi, ada juga beberapa jenis bunglon yang di dunia ini berkembang biak dengan cara menyimpan telur di dalam tubuh dari sang induk. Sang induk nantinya akan melahirkan bayi bunglon, di mana akan menetas pada kemudian hari, sehingga hewan ini termasuk ke dalam kelompok hewan ovovivipar.

Ciri - ciri Bunglon
  • Bunglon ini memang unik karena ia bisa mengubah warna kulitnya. Biasanya akan berubah dari warna yang cerah (abu-abu terang, hijau, kuning) menjadi warna yang lebih gelap (kecokelatan dan kehitaman).
  • Pada umumnya, bunglon kerap kali ditemukan di semak-semak, perdu, dan juga pohon-pohon peneduh yang ada di kebun dan juga yang ada di pekarangan.
  • Bahkan, tidak jarang juga didapati bunglon terjatuh dari pohon atau perdu saat sedang mengejar mangsanya. Dengan sesegera mungkin berlari menuju ke pohon terdekat.
  • Biasanya, reptil ini memangsa berbagai macam serangga yang ia jumpai, seperti contohnya, capung, kupu-kupu, lalat, ngengat, dan yang lain.
  • Cukup unik, untuk bisa menipu mangsanya, maka, bunglon ini seringkali berdiam diri pada pucuk peohonan atau bergoyang-goyang dengan pelan, seolah-olah sedang tertiup oleh angin.

Iguana


Iguana bertelur dan beranak (Ovovivipar) - berbagaireviews.com


Tidak lepas dari hewan-hewan lain yang sudah disebutkan, iguana ini sejenis kadal yang hidup di daerah tropis di Amerika Tengah, Amerika Selatan dan juga Karibia. Hewan ini melakukan perkembangbiakannya dengan cara ovovivipar.

Ciri - ciri Iguana
  • Iguana mempunyai penglihatan yang sangat baik dan juga bisa melihat bentuk, bayangan, warna dan juga gerakan yang ada di jarak yang cukup jauh.
  • Dengan matanya atau penglihatan yang baik, dimanfaatkan iguana untuk bisa mengarungi hutan yang lebat, dan juga menemukan makanan.
  • Tidak hanya untuk menemukan makanan saja, matanya ini juga bisa ia gunakan untuk berkomunikasi dengan anggota spesies yang sama.
  • Warna hijau alami dari iguana sangat membantu dirinya dalam menyembunyikan dari sang predator yang siap memangsa.

Ular Kadut


Ular kadut bertelur dan beranak (Ovovivipar) - berbagaireviews.com


Ada beberapa spesies atau jenis ular yang melahirkan dengan cara ovovivipar, salah satu contohnya ular kadut. Ular-ular yang seperti ini tidak akan melahirkan seperti halnya mamalia, melainkan akan berkembang biak dan juga menetas di dalam tubuh dari sang induk. Lalu, nantinya akan keluar sebagai ular yang berbentuk kecil-kecil.

Ciri - ciri ular Kadut
  • Ular ini mempunyai warna abu-abu dengan warna belang yang putih. Biasanya hidup di daerah air tawar atau air payau.
  • Ular ini sama sekali tak akan bisa berdaya jika di tanah, karena kulit mereka yang tipis menjadi mudah untuk robek.
  • Biasanya, ular-ular yang seperti ini mudah ditemukan di dalam kolam kecil, rawa-rawa, dan juga di muara. Akan tetapi, beberapa dari mereka juga pernah ditemui di laut.

Ikan Hiu


Ikan hiu bertelur dan beranak (Ovovivipar) - berbagaireviews.com


Ikan hiu termasuk ke dalam contoh hewan ovovivipar, di mana ikan ini memiliki ekosistemnya di perairan. Perkembangbiakannya itu sendiri dilakukan dengan cara menyimpan telur yang merupakan hasil dari pembuahan yang ada di dalam tubuhnya. Telur tersebut nantinya akan menetas, dan sang hiu lantas melahirkan bayinya apabila pertumbuhan dari embrio tersebut sudah mencapai titik yang optimum. Embrionya sendiri tidak mempunyai ari-ari, sehingga ia nantinya bisa tumbuh dengan ditopang dari cadangan makanan yang ada di dalam telur.

Ciri -ciri ikan Hiu
  • Ikan hiu ini bernapas dengan menggunakan 5 (lima) insang, bahkan terkadang hingga 6 (enam) atau 7 (tujuh), tergantung pada spesies dari ikan hiu itu sendiri.
  • Deret gigi dari ikan hiu bisa diganti.
  • Biasanya, hiu akan menghasilkan sangat sedikit keturunan, dibandingkan dengan ikan lain yang dipanen.
  • Inilah yang menimbulkan suatu keprihatinan di antara para biologiwan karena meningkatnya usaha oknum-oknum nakal untuk menangkap ikan hiu selama ini. Bahlan, tidak sedikit spesies dari ikan hiu yang sekarang ini terancam punah.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.


 Perkembangbiakan Hewan Secara Vivipar (Melahirkan)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar