Pengertian Ringkasan, Tujuan, Ciri - Ciri Ringkasan, Cara Membuat Ringkasan, Contoh Ringkasan, Summary. | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

4 Agustus 2018

Pengertian Ringkasan, Tujuan, Ciri - Ciri Ringkasan, Cara Membuat Ringkasan, Contoh Ringkasan, Summary.

| 4 Agustus 2018

Pengertian Ringkasan atau Rangkuman dan Cara membuat ringkasan - berbagaireviews.com



Pengertian Ringkasan.

Ringkasan adalah dalah sebuah penyajian peristiwa atau kejadian yang panjang di sajikan secara singkat. atau juga, cara yang baik untuk memotong atau memangkas sajian sebuah hasil karangan yang panjang dan di sajikan dalam bentuk sajian yang singkat.

 Ringkasan merupakan penyajian singkat dari suatu karangan asli, tetapi dengan tetap mempertahankan usrutan isi dan sudut pandang pengarang asli. Perbandingan bagian atau bab dari karangan asli secara proposional tetap dipertahankan dalam bentuknya yang singkat.

Ringkasan memiliki perbedaan dengan ikhtisar, meskipun sering ke dua istilah itu disampaikan , tapi sebenarnya kedua istilah itu bebeda. Sebab ringksan merupakan hasil dari karangan yang asli tetapi dalam penyajiannya harus tetapi mempertahankan urutan dan rumusan yang sali dari pengarangnya.

Ikhtisar adalah kebalikannya, ikhtisar tidak memerlukan susunan atau sistematika atau tidak perlu sesuai dengan karangan aslinya dan tidak perlu secara proposional atau tidak memerlukan sajian isi dari semua hasil karangan itu.


Bentuk - Bentuk Ringkasan.

Ada beberapa macam bentuk  ringkasan, seperti yang dinyatakan Olivia (2009: 29) bahwa bentuk-bentuk ringkasan di antaranya dapat berupa abstrak, sinopsis dan kesimpulan yang dijelaskan di bawah ini:

Ringkasan dalam bentuk abstrakAbstrak atau ringkasan dimaksudkan untuk uraian yang sesingkat-singkatnya tentang segala pokok yang dibahas.

Ringkasan dalam bentuk sinopsis.

Ringkasan dalam bentuk sinopsis bisa dilakukan pada buku seperti karya fiksi atau non fiksi. Bentuk synopsis merupakan salah satu bentuk ringkasan suatu karya yang kiranya dapat memberikan dorongan kepada orang lain untuk membaca secara utuh.

Ringkasan dalam bentuk simpulan.

Bentuk ringkasan yang lain adalah simpulan, merupakan bentuk ringkasan yang mengungkapkan gagasan utama dari suatu uraian atau pembicaraan dengan memberikan penekanan pada ide sentral serta penyelasaian dari permasalahan yang diungkapkan.


Tujuan Ringkasan.

Tujuan ringkasan adalah membantu seseorang memahami dan mengetahui isi sebuah buku atau karangan. Dengan membuat ringkasan, seseorang dibimbing dan dituntun untuk membaca karangan asil dengan cermat dan menuliskan kembali dengan tepat.

Untuk membuat ringkasan yang baik, kita perlu membaca buku atau karangan asli dengan cermat. Dengan membaca secara cermat, kita dapat menangkap dan membedakan gagasan utama dengan gagasan tambahan.


Ciri - Ciri Ringkasan.
  • Harus memiliki kerangka dasar yang jelas
  • Harus memiliki inti yang tidak menghilangkan hasil karangan asli
  • Dalam memangkas gagasan harus terperinci
  • Memiliki tujuan untuk memangkas hasil gagsan.

Cara Membuat Ringkasan.

Ada dua bentuk dalam membuat ringkasan, yaitu bentuk uraian atau paragraf (verba) dan bentuk berupa bagan atau skema (non-verba). Ringkasan dalam bentuk sekema atau bagan harus memiliki mencerminkan gagasan yang ada di dalam teks sumbernya.

Sebelum membuat sekema atau bagan, harus dicatat terlebih dahulu inti-inti dari sumber informsi sebelum membentuk unsur-nsur bagan atau skema. Dalam  membuat ringkasan ada beberapa cara yang bisa dijadikan sebuah pegangan  atau panduan yang baik dan teratur, yaitu:
  • Membaca naskah asli
  • Mencatat gagasan utama
  • Mengadakan reproduksi
  • Membaca naskah asli
Yang  harus dilakukan sebelum membuat ringkasan adalah dengan melakukan pembacaan naskah asli setidaknya satu sampai dua kali untuk mendapatkan atau mengetahui kesan umum dan sudut pandang dari pengarang aslinya.
  • Mencatat gagasan utama.
Setelah membaca naskah asli, msenulis atau menagkap masud, kesan umum, dan sudut pandang pengarang asli, lalu langkah selanjutnya ialah memcatat gagasan utama atau mencatat gagasan yang penting.
  • Mengadakan reproduksi.
Setelah melakukan catatan yang dilakukan dalam langkah ke dua dan mendapatkan kesan umum yang didapatkan pada langkah pertama, maka seorang penulis sudah siap untuk membuat sebuah ringkasan. Dan yang harus diperhatikan oleh seorang penulis ringkasan adalah seseorang penulis harus membuat sebuah kalimat yang baru, dan merangkai semua gagasan menjadi sebuah wacana yang teratur atau jelas dan yang penting harus bisa di terima oleh akal sehat.


Manfaat ringkasan/rangkuman.

Manfaat ringkasan maupun rangkuman yaitu sebagai sarana untuk membantu kita dalam mengingat isi sebuah buku atau uraian yang begitu panjang. Ringkasan membuat ide-ide pokok yang mewakili setiap bagian bacaan aslinya. Dengan membaca ringkasan, kita seakan-akan memahami keseluruhan buku secara utuh.


Contoh Ringkasan.

Akuntansi

Tetaplah Sederhana

Sebagai Akuntan bersertifikat dengan pengalaman 5 tahun bekerja untuk perusahaan multinasional, misi saya sederhana: mengenalkan sistem dan proses baru yang menyederhanakan alur kerja setiap hari untuk efisiensi dan akurasi yang lebih tinggi. Intinya adalah meminimalkan (bukan menghilangkan) kesalahan-kesalahan akuntansi terkecil dapat memiliki efek pada keseluruhan buku organisasi.

Keuangan

Gambaran besar

Pengalaman 10 tahun saya sebagai Perencana Keuangan telah mengajarkan saya bahwa kunci pengelolaan keuangan yang efektif terletak pada satu prinsip sederhana: memperhatikan pada gambaran besarnya. Akan mudah dipahami untuk fokus pada pemotongan biaya selama kemerosotan ekonomi, daripada mempertahankan, mungkin lebih bijaksana untuk melakukan diversifikasi dan ekspansi pada area yang baru. Itulah yang saya percaya: mengambil risiko yang diperhitungkan sangat penting untuk kemajuan.

Teknologi Informasi

Memberdayakan Hidup dengan Teknologi

Pengalaman saya yang beragam di bidang TI (misalnya pemrograman, arsitektur perangkat lunak, perancang pengalaman pengguna, pengembang web, dll) berasal dari keinginan sederhana untuk memberdayakan kehidupan manusia dengan teknologi komputasi. Dunia menjadi kecil dan semakin kecil dari hari ke hari. Batas geografis menghilang; Perbedaan budaya memudar. Umat manusia akan datang bersama. Itulah yang mendorong saya: membantu membuka jalan menuju masyarakat global yang diberdayakan.

Teknik

Membentuk Dunia yang Lebih Hijau

Setelah bekerja di bidang rekayasa selama dekade terakhir, saya telah menemukan bahwa gairah saya terletak pada menciptakan produk dan solusi yang berkontribusi pada dunia yang lebih hijau dan lebih bersih. Ini adalah tantangan berguna yang menawarkan kesempatan untuk membuat perbedaan. Saya percaya pekerjaan sangat berarti bila memungkinkan kita untuk membentuk perubahan positif. Itu sebabnya saya melakukan apa yang saya lakukan.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar