Home » , » Pengertian Kesimpulan, Cara Menentukan Kesimpulan dan Contoh Kesimpulan, Conclusion.

Pengertian Kesimpulan, Cara Menentukan Kesimpulan dan Contoh Kesimpulan, Conclusion.

Posted by berbagaireviews.com on 4 Agustus 2018

 
Teknik menentukan kesimpulan - berbagaireviews.com
 
 
Pengertian Kesimpulan.

Simpulan adalah sesuatu hal yang disimpulkan ; hasil dari menyimpulkan ; kesimpulan. Simpulan juga bisa memiliki arti kesudahan pendapat (pendapat yang terakhir dari sebuah uraian sebelumnya) ataupun kesimpulan yang didapat dari cara berfikir induktif dan deduktif.

Kesimpulan adalah suatu proposisi (kalimat yang disampaikan) yang diambil dari beberapa premis (ide pemikiran) dengan aturan-aturan inferensi (yang berlaku). Kesimpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan. Dengan kata lain, kesimpulan adalah hasil dari suatu pembicaraan.

Pola penalaran dalam mengambil simpulan.
Unutk mengambil sebuah kesimpulan harus menggunakan pola penalaran induktif dan deduktif. Penalaran deduktif terdiri atas silogisme, akibat- sebab-sebab dan sebab-akibat-akibat.

Pertama dari pengungkapan hal-hal yang bersifat khusus, lalu kemidian diambil sebuah simpulan yang umum. yang merupakan  sebuah pola penalaran induktif adalah generalisasi, anologi, akibat-akibat-sebab dan sebab-sebab-akibat.


Cara Menentukan Kesimpulan
Dalam soal-soal Bahasa Indonesia, terdapat beberapa soal wacana yang memiliki serangkaian pertanyaan salah satunya ialah menemukan kesimpulan. Perlu strategi dalam mengerjakan soal-soal tersebut, pasalnya teks cukup panjang dan waktu pengerjaan soal amat terbatas. Oleh karena itu, tidak tepat jika harus membaca keseluruhan teks untuk menentukan kesimpulan dari wacana tersebut. Lantas, bagaimanakah kiat-kiat  menentukan kesimpulan? Berikut ulasannya.

1.  Scanning wacana

Tak perlu membaca secara keseluruhan wacana yang ada. Carilah kata kunci atau ide pokok pada tiap tiap paragraf.


2.  Cara Merangkai Kesimpulan

Beberapa macam cara yang dapat digunakan dalam menyimpulkan, yaitu:

a. Teknik generalisasi.

Kesimpulan diperoleh melalui proses penarikan pernyataan secara umum dari kalimat-kalimat fakta sebelumnya. Ciri khas teknik ini mengunakan kata dengan demikian. Perhatikan contoh berikut:

Hasil belajar siswa kelas X SMA Sumber Ilmu kurang memenuhi kriteria kelulusan minimum (KKM). Oleh karena itu banyak siswa yang mengikuti program remedial untuk mencukupi nilainya. Diketahui bahwa selama ini guru memberikan tugas diskusi kepada siswa tanpa arahan dan pengawasan guru. Selain itu, interaksi yang terjadi selama pembelajaran hanya satu arah.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari paragraf ialah “Dengan demikian, peran guru sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa, meski pembelajaran kini berbasis pada siswa yang aktif namun membutuhkan bimbingan dan arahan guru”.

b. Teknik analogi


Yang dimaksud dengan analogi ialah membandingkan dua hal yang berbeda namun diperlihatkan kesamaan pada sisi tertentu. Perhatikan contoh berikut:

Hidup itu ibarat sebuah perjalanan yang memiliki tujuan. Ketika ingin memutuskan untuk pergi ke suatu tempat maka untuk meraihnya kita harus bergerak. Akan ada orang lain yang memiliki tujuan yang sama dalam menuju tempat tersebut. Namun, pada akhirnya masing-masing akan sampai pada waktu yang berbeda-beda. Hal ini karena dipengaruhi oleh bayak hal seperti, pemilihan angkutan yang akan mempengaruhi waktu kita untuk sampai pada tujuan tersebut. Angkutan umum relatif lebih lama dibanding mengendarai angkutan pribadi. Selain itu, perbedaan jarak antara rumah dengan tujuan kita juga akan mempengaruhi hal tersebut, rute perjalanan dan lainnya. Semua itu tergantung pada pilihan yang kita ambil.


Contoh kesimpulan

Pengguna jasa angkutan udara dan laut di Balikpapan,Kalimanta Timur menuju Ujung Pandang dan Surabaya pada musim liburan sekolah juni – juli 1996 mencapai puluhan ribu orang . Seluruh penerbangan dan pelayaran menuju Surabaya penuh dan pesanan tiket melonjak dari hari biasanya.
 
Kesimpulan dari bacaan di atas adalah :

Pesanan tiket jasa angkutan melonjak pada musim liburan.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.