Home » » Teknik Dasar Gerakan Capoeira dan Tips Latihan Capoeira, Capoeira.

Teknik Dasar Gerakan Capoeira dan Tips Latihan Capoeira, Capoeira.

Posted by berbagaireviews.com on 13 Juli 2018

Teknik dasar gerakan capoeira - berbagaireviews.com


Meski menyerupai tarian, perlu diketahui bahwa tendangan adalah titik berat dari capoeira ini dan biasanya akan ada iringan musik yang kita bisa sebut dengan istilah Jogo. Bicara tentang teknik capoeira ini, maka tak akan jauh beda dari teknik dasar Taekwondo atau Karate. 

Penggunaan dari instrumen musik yang telah disebutkan akan ditentukan juga oleh filosofi setiap grup capoeira sehingga tak bisa sembarangan memilih instrumen musik apapun. Demikianlah sedikit informasi mengenai apa saja teknik capoeira yang mendasar dan akan menjadi pondasi bagi gerakan-gerakan lainnya. Karena capoeira masih termasuk sedikit di Indonesia, kiranya makin berkembang dan bertambah peminatnya.


Pengertian Capoeira dan Sejarah Capoeira, silahkan click  http://www.berbagaireviews.com/2018/07/capoeira-pengertian-sejarah-masuknya.html

Teknik Gerakan Dasar Capoeira.
Berikut di bawah ini merupakan sejumlah teknik gerakan dasar untuk bisa diperhatikan.

Ginga atau (Jin-gah).


Ginga atau (Jin-gah) teknik dasar gerakan capoeira - berbagaireviews.com


GingaTeknik ini adalah yang paling dasar di Capoeira dan gerakannya termasuk bebas di mana kita bisa menyebutnya sebagai gerakan individualistis. Ginga merupakan teknik bebas yang dilakukan oleh aliran Capoeira Angola, sementara teknik ini dilakukan secara lebih terstruktur sambil juga memperbolehkan gaya sendiri pada Capoeira Regional.

Teknik atau gerakan dasar yang kita sebut dengan Ginga ini diketahui juga sebagai persiapan atau kuda-kuda sebelum masuk pada gerakan menyerang, mengelak dan menghindar hingga gerakan lainnya. Jadi jika Anda ingin mempelajari atau menguasai capoeira dan ingin menjadi capoeirista, gerakan ginga inilah yang harus dipelajari pertama kali.

Passape (Pah-sah-pay).


Passape (Pah-sah-pay) teknik gerakan dasar capoeira - berbagaireviews.com


PassapeAda sebutan lain yang lebih sering digunakan untuk teknik capoeira satu ini, yaiu meia lua de frente di mana teknik ini berfokus pada gerakan tendangan setengah putaran depan yang dilakukan dari arah luar menuju dalam. Sasaran dari tipe tendangan ini adalah area wajah lawan dan biasanya memang digunakan sebagai serangan langsung.

Namun tak hanya bisa dipakai untuk menyerang langsung, teknik gerakan ini juga dapat dikombinasikan dengan gerakan armana atau Au. Karena dalam setiap teknik capoeira membutuhkan kelenturan dan harus dalam kondisi tubuh stabil, sangat perlu untuk menguasai lebih dulu akan teknik Ginga agar teknik ini bisa dijalankan dengan sempurna.

Armada (Ar-ma-dah).


Armada teknik dasar gerakan capoeira - berbagaireviews.com


Armada merupakan suatu teknik gerakan yang juga penting untuk dikuasai oleh Capoeirista. Fokus gerakan adalah pada tendangan memutar. Untuk menciptakan gerakan yang sempurna untuk teknik ini, manfaatkan kekuatan otot berikut juga momentum perputaran badan sebelum tangan di saat yang sama.

Ketika melakukan teknik ini, putar tubuh dan usahakan untuk kemudian melihat ke arah lawan lebih dulu. Setelah benar-benar siap dan mantap, barulah tendangan dapat dilakukan supaya eksekusinya benar-benar tepat dan tak terjadi kesalahan. Otot juga harus benar-benar berkekuatan penuh ketika mulai menendang sehingga alangkah baiknya jika seorang capoeirista bisa melatih kekuatan otot kaki.

Queixada (Kay-sha-da).


Queixada latiha teknik gerakan dasar capoeira - berbagaireviews.com


Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang gerakan passape, maka teknik queixada ini tak jauh beda dengan passape. Tendangan yang perlu dilakukan bisa dibilang cukup mirip dan bisa dilakukan seperti kebalikan passape. Itu artinya, arah putaran hanya tinggal dibalik saja, yakni dari dalam ke arah luar.

Sasaran dari gerakan ini juga sama seperti passape di mana area wajah serta kepala lawan yang perlu diserang. Momentum dari tubuh yang memutarlah yang akan menghasilkan perputaran kaki paling baik. Teknik ini tak begitu sulit sehingga menjadi teknik yang paling kerap dipakai dan bahkan kekuatannya termasuk tinggi serta gampang bila ingin mengombinasikannya dengan teknik gerakan lainnya.

Au.


Au gerakan teknik dasar capoeira - berbagaireviews.com


Teknik ini merupakan sebuah serangan yang juga sekaligus pertahanan. Para capoeirista perlu menguasai juga teknik satu ini karena akan menjadi pondasi sejumlah potensi kombinasi gerakan. Pada teknik ini, gerakan berfokus pada lengan dan juga kaki yang membungkuk di mana bagian belakangnya ditekuk.

Teknik Au inilah yang kita bisa belajar untuk mengenali sekitar kita terutama lingkungan ketika ada lawan. Ketika teknik gerakan ini dilakukan secara benar dan sempurna, maka ada kemungkinan lawan akan kehilangan keseimbangannya dan bahkan bisa berpotensi mundur. Ada berbagai variasi juga dari gerakan Au, maka sebaiknya atlet capoeira dapat mempelajari kesemuanya.

Esquiva.


Esquiva teknik gerakan dasar capoeira - berbagaireviews.com


Tak banyak yang begitu tahu tentang esquiva atau escapie atau menghindar. Menghindar adalah kebalikan dari menyerang di mana artinya kita berada dalam posisi bertahan ketika lawan mencoba menyerang. Bentuk pertahanan dengan teknik ini adalah menggerakkan badan dan kepala untuk menghindari serangan lawan dalam bentuk apapun.

Mirip dengan Ginga memang, namun kaki belakang lebih dibentangkan dan posisi lebih rendah dengan membawa tubuh lebih dekat pada permukaan tanah. Ketika kaki kanan kembali, posisi tangan kanan melindungi bagian muka sedangkan tangan kiri perlu berada di lantai. Langkah ini biasanya adalah langkah mengelak paling baik dan tanganlah yang dipergunakan untuk menamengi bagian wajah supaya tak terkena tendangan lawan.

Capoeira ini sangat menarik karena merupakan olahraga bela diri yang kelihatan indah namun juga tetap berkekuatan penuh ketika menyerang maupun bertahan. Hanya saja, teknik gerakannya tak secara mudah dapat diingat dan oleh karena itulah, siapapun yang hendak mempelajarinya harus memperbanyak latihan dan sangat bersabar.

Gerakan-gerakan dasar tersebut adalah yang paling umum dan harus dikuasai lebih dulu sebelum mencoba variasi macam-macam gerakan lainnya. Jika teknik dasar telah dapat dilakukan secara sempurna, maka akan jauh lebih mudah pula mempelajari dan menguasai teknik gerakan lainnya, terutama gerakan-gerakan variasi.

Teknik dasar selalu meliputi teknik tendangan, bertahan melindungi diri, menyapu dan menjatuhkan lawan di mana teknik-teknik tersebut pun pasti juga dapat kita temui pada teknik dasar judo, teknik gulat, atau teknik bela diri lainnya. Yang membedakan capoeira dengan bela diri lainnya adalah ritme, gaya serta tenaga kita ketika bermain perlu diiringi oleh musik khusus dan inilah yang menjadi khas dari capoeira. Perlu diketahui bahwa di bawah inilah instrumen musik pada capoeira Angola:
  • Satu berimbau gunga
  • Satu berimbau viola
  • Satu berimbau berra-boi
  • Satu reco-reco
  • Satu agogo
  • Satu atabaque
  • Satu atau dua pandeiros

Tips Latihan Capoeira.

Buat kamu yang antusias dengan dunia bela diri dan seni tari, pernah kepikiran buat mendalami Capoeira?
Buat ningkatin keahlian kamu dalam seni bela diri dan dance asal Brazil ini, banyak hal yang harus perhatikan, lho. Selain menjaga kondisi fisik diri biar selalu oke setiap latihan Capoeira, kamu juga harus memperhatikan apa yang kamu konsumsi.

Nah, apa aja yang harus kamu lakukan di proses latihan Capoeira biar lebih cepet jago? Tenang, HAHO punya kumpulan tipsnya buat kamu!

Latihan pemanasan capoeira.


Pemanasan capoeira - berbagaireviews.com


Latihan seni bela diri yang lagi hits ini akan mendorong kamu untuk bergerak dinamis, akurat, dan sesuai dengan irama. Dengan melakukan pemanasan yang cukup, tentunya akan mengurangi resiko cedera ketika latihan gerakan yang fleksibel dan menggunakan kekuatan otot, misalnya seperti hand stand. Pemanasan bakal bikin kamu lebih fleksibel tiap latihan.

Jangan Sampai Dehidrasi.

Latihan yang intens bisa dengan cepat mengurangi cairan tubuhmu. Pastikan kamu mengonsumsi air yang cukup saat latihan Capoeira, begitu pun dalam keseharianmu.

Tidur dan Istirahat yang Cukup.

Kamu sebaiknya menyempatkan diri untuk istirahat setelah tiap sesi latihan. Kalau kamu latihan setiap hari, pastikan setiap sesi latihan memiliki panjang waktu yang sama. Selain itu, tidur malam selama 6 hingga 8 jam akan sangat membantu menjaga kebugaran dalam latihan. Latihan Capoeira emang seru, tapi jangan sampai kamu nggak istirahat.

Latih Otot Tangan dan Kaki.

Biar lebih gampang melakukan gerakan yang akrobatis, kamu harus punya otot tangan dan kaki yang kuat. Dengan weight training, kamu akan memperkuat otot tangan dan kaki sehingga kamu bakal bisa lebih cepat dalam melakukan improvisasi teknik Capoeira.

Jangan Lupakan Latihan Otot Dada, Perut, dan Punggung.

Kalau kamu punya otot dada, perut, dan punggung yang kuat, kamu bisa jadi lebih fleksibel menyempurnakan gerakan di mana kamu harus melakukan hand stand atau flip. Latihan sit up dan weight training sangat membantu tahap ini.

Cermin dan Rekaman Bakal Membantu.

Dengan berlatih di depan cermin atau menonton video sesi latihan kamu sendiri, kamu bisa lihat di bagian mana dan kapan gerakanmu membutuhkan improvisasi. Kalau perlu, catat bagian gerakan mana saja yang kamu pikir butuh perbaikan.

Cari Teman Latihan.

Cari Teman Latihan - berbagaireviews.com


Karena membutuhkan dua orang atau lebih dalam setiap aksi Capoeira, kamu disarankan untuk mencari teman latihan. Dengan begitu, kamu bisa saling memotivasi dan mendapatkan feedback langsung dari teman latihan kamu.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.