Home » » Capoeira, Pengertian, Sejarah, Masuknya Capoeira, Gerakan, Manfaat Capoeira.

Capoeira, Pengertian, Sejarah, Masuknya Capoeira, Gerakan, Manfaat Capoeira.

Posted by berbagaireviews.com on 12 Juli 2018

Pengertian capoeira - berbagaireviews.com


Pengertian Capoeira.

Capoeira meru­pakan se­buah olah raga bela diri yang dikem­bangkan oleh para bu­dak Afrika di Brasil pada sek­i­tar tahun 1500-an. Ger­akan dalam capoeira menyeru­pai tar­ian dan berti­tik be­rat pada ten­dan­gan. Per­tarun­gan dalam capoeira bi­asanya di­iringi oleh musik dan dise­but Jogo. Capoeira ser­ing dikri­tik karena banyak orang mer­agukan keam­puhan­nya dalam per­tarun­gan sung­guhan, diband­ing seni bela diri lain­nya seperti Karate atau Taek­wondo.

Capoeira adalah se­buah sis­tem bela diri tra­di­sional yang didirikan di Brazil oleh bu­dak-bu­dak Afrika yang dibawa oleh orang-orang Por­tugis ke Brazil un­tuk bek­erja di perke­bunan-perke­bunan be­sar.

Se­jarah Perkembangan Capoeira.
Se­jarah Perkembangan Capoeira - berbagaireviews.com


Pada za­man dahulu mereka melalukan lati­han den­gan di­iringi oleh alat-alat musik tra­di­sional, seperti berim­bau (se­buah lengkun­gan kayu den­gan tali senar yang dipukul den­gan se­buah kayu ke­cil un­tuk mengge­tarkan­nya) dan atabaque (gen­dang be­sar), dan ini juga lebih mu­dah bagi mereka un­tuk menyem­bun­yikan lati­han mereka dalam berba­gai macam ak­tiv­i­tas seperti ke­se­nan­gan dalam pesta yang di­lakukan oleh para bu­dak di tem­pat ting­gal mereka yang bernama sen­zala. Ketika se­o­rang bu­dak melarikan diri ia akan dike­jar oleh “pem­buru” pro­fe­sional bersen­jata yang bernama capitães-do-mato (kapten hutan).

Capoeira san­gat erat den­gan per­jalanan se­jarah bangsa Brasil, se­jarah per­bu­dakan. Pada abad ke 15 dan 16 bu­dak-bu­dak di­datangkan dari Afrika bagian barat. Bu­dak-bu­dak berkulit legam ini men­jadi salah satu kom­po­nen pro­duksi pro­duk perke­bunan negeri Brasil yang saat itu di­ja­jah bangsa Por­tugis. Mereka diper­lakukan tidak manu­si­awi oleh orang-orang Por­tugis itu. Seperti hewan ter­nak, badan mereka diberi tanda den­gan cap besi panas. Pada masa itu mereka meru­pakan “ko­mod­i­tas yang berharga” serupa den­gan kopi, gula, vanila.

Kekan­gan be­lenggu menum­buhkan has­rat un­tuk be­bas. Mereka ke­mu­dian mengem­bangkan teknik bela diri un­tuk ke­pentin­gan mem­be­baskan diri. Lati­han di­lakukan sem­bunyi-sem­bunyi, dan sarana penya­ma­ran yang pal­ing baik adalah tar­ian. Karena di Afrika tar­ian adalah ben­tuk ek­spresi yang pal­ing pop­u­lar, maka para bu­dak berlatih teknik seran­gan dan elakan Capoeira di­iringi den­gan musik, nyanyian, dan tar­ian.

In­vasi Be­landa pada 1624-1630 sem­pat men­ga­caukan perke­bunan dan in­dus­tri gula di Brasil. Pelu­ang itu di­man­faatkan un­tuk melarikan diri ke dalam hutan dan mem­ben­tuk perkam­pun­gan. Perkam­pun­gan ini dike­nal den­gan nama Quilom­bos. Be­gitu Be­landa hengkang dari Brasil, para pemi­lik bu­dak men­gir­imkan pa­sukan bersen­jata ke hutan-hutan un­tuk menangkapi bu­dak-bu­dak dan meng­han­curkan perkam­pun­gan mereka. Para bu­dak menyadari mereka kalah dalam persen­jataan, mereka pun mengem­bangkan sis­tem bela diri yang mampu melawan sen­jata. Sis­tem bela diri ini dise­but Capoeira de An­gola.

Capoeira sendiri adalah nama tana­man se­mak belukar di sek­i­tar mereka dan An­gola adalah nama ne­gara yang diyakini se­ba­gai asal kelom­pok bu­dak per­tama yang datang ke Brasil. Hingga kini Capoeira terbagi kedalam dua ali­ran be­sar, Capoeira de An­gola dan Capoeira Re­gional. Mas­ing-mas­ing memi­liki karak­ter­is­tik sendiri. Pada tahun 1890 Capoeira di­la­rang oleh pe­mer­in­tah. Hingga akhirnya pada tahun 1928 Ma­noel dos Reis Machado (Mas­ter Bimba) mem­perke­nalkan Eo­Luta Re­gional Ba­iana. Se­buah cam­pu­ran an­tara Capoeira de An­gola den­gan Batuque (Capoeira jalanan). Be­lakan­gan ali­ran ini terus berkem­bang dan dike­nal den­gan Capoeira Re­gional. Kini Capoeira tak lagi dike­nal sekedar se­ba­gai sis­tem bela diri. Capoeirake­mu­dian di­akui se­ba­gai aset na­sional berupa tar­ian, olahraga, per­mainan sekali­gus se­buah ek­spresi seni akan ke­merdekaan.

Apa­bila kita per­hatikan Ger­akan Capoeira, maka teknik yang di­pakai Capoeira san­gat sedikit memakai ger­akan tan­gan. Ke­napa demi­akian? menu­rut sum­ber hal ini dise­babkan pada ja­man dulu dikare­nakan tan­gan para bu­dak di­be­lenggu den­gan meng­gu­nakan rantai. Oleh karena it­u­lah ger­akan Capoeira banyak memakai teknik ger­akan kaki. Capoeira kem­bali boom­ing karena dipop­ulerkan oleh Manuel dos Reis Machado (Mestre Bimba) melalui se­buah per­tun­jukan un­tuk pres­i­den Brazil saat itu. Seni be­ladiri ini ke­mu­dian mu­lai men­jalar ke ne­gara-ne­gara lain ter­ma­suk In­done­sia.

Ma­suknya Capoeira Ke In­done­sia

Ma­suknya Capoeira Ke In­done­sia - berbagaireviews.com


Pada awal­nya, Capoeira ma­suk In­done­sia melalui film Only The Strong pada dekade 90-an. Ke­mu­dian muncul berba­gai klub dan ko­mu­ni­tas yg mem­pela­jari Capoeira se­cara oto­di­dak, melalui in­ter­net, film, buku, diskusi, dan in­for­masi yg diper­oleh dari Capoeirista yg berkun­jung ke In­done­sia. Atas dasar keing­i­nan un­tuk mem­pela­jari Capoeira se­cara be­nar dan lang­sung dari sum­bernya, be­ber­apa orang dari klub Capoeira di Jakarta dan Surabaya men­jalin kon­tak den­gan Con­tra Mestre Papa Léguas dari Cordão De Ouro Not­ting­ham, Ing­gris.

Ke­mu­dian pada Mei 2008, Con­tra Mestre Papa Léguas un­tuk per­tama kalinya berkun­jung dan mem­berikan work­shop di In­done­sia, sekali­gus meresmikan berdirinya Capoeira Va­diar In­done­sia. Pada Ok­to­ber 2009, atas per­se­tu­juan Mestre Suas­suna, Con­tra Mestre Papa Léguas men­gubah nama Capoeira Va­diar In­done­sia dan meresmikan berdirinya Cordão De Ouro In­done­sia, sekali­gus pelak­sanaan up­acara Ba­ti­zado Cordão De Ouro In­done­sia yg per­tama. Saat ini, Cordão De Ouro In­done­sia telah berdiri di Jakarta, Tangerang Se­la­tan, Bo­gor, Bekasi, Se­marang, Solo, Yo­gyakarta, Kediri, Ngawi, La­m­on­gan, dan Surabaya.

Gerakan dalam Capoeira.


Gerakan dalam Capoeira - berbagaireviews.com


Beberapa gerakan dalam Capoeira:
  • Ginga
  • Handstand
  • Backflip
  • Headspin
  • Handstand Whirling

Selengkapnya Teknik Dasar Gerakan Capoeira, silahkan click  http://www.berbagaireviews.com/2018/07/capoeira-teknik-dasar-gerakan-capoeira.html


Manfaat Olahraga Capoeira Mengoptimalkan Kekuatan Fisik.

Capoeira adalah olahraga yang sangat baik untuk mempertahankan bentuk fisik tubuh. Secara umum capoeira akan membuat otot tubuh pada bagian perut, tubuh bagian atas dan bawah untuk bekerja secara terkoordinasi. Berikut ini adalah manfaat penting capoeira untuk membentuk kekuatan fisik tubuh.

Kekuatan fisik bagian perut.

Berbagai jenis gerakan dalam capoeira akan membentuk koordinasi penting saat melakukan tendangan dan gerakan pertahanan.

Kestabilan tubuh bagian atas dan bagian bawah.

Berbagai jenis gerakan untuk bertahan dengan tangan dan kaki membentuk otot trisep dan bisep bekerja dengan penuh tenaga. Hal ini membuat tangan dan kaki menjadi lebih seimbang.

Pembentukan otot bagian bawah.

Ada beberapa jenis gerakan keseimbangan capoeira yang menuntut tubuh untuk menunduk dalam waktu lama. Hal ini membuat tumpuan tubuh berada pada bagian bawah tubuh. Semua gerakan dasar capoeira ini akan membentuk fisik yang kuat pada bagian bawah tubuh. Hal ini juga bisa dioptimalkan dengan manfaat lari pagi, untuk mengencangkan otot kaki.

Mendorong sistem metabolisme dalam tubuh agar berjalan dengan cepat dan stabil.

Berbagai jenis gerakan seperti tarian, dorongan, badan yang menggulung atau tampak seperti terbang ternyata bisa meningkatkan sistem kerja otot. Manfaat olahraga ini akan membuat sistem tubuh melakukan metabolisme dengan cepat sehingga pembakaran kalori dalam tubuh juga berjalan lancar.

Meningkatkan mobilitas gerakan tubuh dan otot.

Salah satu peran penting yang dibutuhkan oleh capoeira adalah gerakan tubuh. Bahkan selama tidak ada serangan maka capoeira selalu membuat orang bergerak. Latihan capoeira ternyata juga bisa membuat gerakan tubuh menjadi lebih fleksibel. Otot yang dipakai untuk bergerak secara terus menerus, juga meningkatkan daya gerak dan mobilitas sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Memperkuat otot jantung.

Jantung sehat bukan hanya dari mengkonsumsi manfaat sayur-sayuran saja namun didukung dengan olahraga. Capoeira menjadi olahraga yang menuntut kekuatan tubuh dan otot. Kelompok otot yang bekerja untuk berbagai jenis gerakan capoeira ternyata sangat berperan untuk membentuk otot kerja jantung yang lebih kuat. Berbagai jenis gerakan yang diulang secara terus menerus membutuhkan stamina yang tinggi. Gerakan-gerakan inilah yang membentuk kekuatan pada stabilitas otot pada organ jantung.

Tubuh tetap bugar sepanjang waktu.

Latihan capoeoira yang dilakukan secara terus menerus akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu berbagai peningkatkan kekuatan otot tubuh, jantung, dan sistem metabolisme bisa menjadi cara yang sangat tepat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Koordinasi gerakan yang tepat dan indah.

Semua gerakan dilakukan seperti tarian yang diiringi oleh musik. Perubahan setiap gerakan harus dilakukan sesuai dengan kemampuan tubuh. Hampir semua gerakan capoeira tidak terlihat seperti serangan untuk melukai musuh tapi, membentuk gerakan untuk melemahkan musuh dengan cara yang indah.

Manfaat Olahraga Capoeira untuk Pengembangan Kepribadian.

Kepribadian adalah kunci utama dalam semua hal termasuk dalam menjalani kehidupan. Ada berbagai macam hal penting dalam kehidupan sosial dan itu termasuk pengembangan kepribadian. Banyak orang yang mengalami masalah kepribadian dan akibatnya selalu memiliki masalah yang kompleks dalam kehidupan.

Untuk mengatasi semua masalah ini, ternyata bisa dilakukan dengan mengikuti latihan capoeira secara rutin. Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga capoeira untuk mengembangkan sifat dan kepribadian :

Mengembangkan sifat pribadi.

Orang yang merasa tidak percaya diri cenderung memiliki kepribadian yang tertutup dan sulit untuk bergaul. Dalam capoeira dituntut untuk maju dan menunjukkan kemampuan. Tidak ada kritikan atau cemooh dalam capoeira dan ini membuat seseorang bisa merasa percaya diri dan berkembang dengan baik.

Jiwa yang lebih kuat.

Kekuatan yang diperoleh dengan capoeira memang tidak digunakan untuk melemahkan musuh. Namun kekuatan yang didapatkan secara rutin dari latihan capoeira bisa membuat sifat menjadi lebih kuat dan unik.

Keunikan ekspresi.

Bahkan keunikan ini harus ditunjukkan dengan ekpresi kepada semua orang. Orang yang sudah memiliki kemampuan capoeira biasanya akan menerapkan hal penting ini dalam kehidupan sehari-hari. Capoeira akan membuat seseorang merasa harus bergerak dengan seimbang, membaca pikiran dan tubuh tanpa emosi dan memiliki kemampuan untuk menahan kendali emosi.

Menghindari Stress.

Hal ini akan mendorong orang yang menyukai atau sering melakukan capoeira, lebih bisa menentukan emosi dan mengurangi tingkat stress.

Manfaat Capoeira Mempengaruhi Hubungan Sosial.

Capoeira adalah olahraga yang tidak bisa dilakukan secara mandiri. Para pemain tergabung dalam satu kelompok tertentu sehingga kemampuan capoeira bisa terus meningkat. Capoeira membuat kita harus terus berhubungan hubungan dengan orang lain, mengembangkan kemampuan interaksi sosial.

Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga capoeira terhadap hubungan sosial :

Sifat Kekeluargaan.

Kelompok yang terbentuk dengan olahraga capoeira biasanya memiliki sifat kekeluargaan yang sangat tinggi. Jika memasuki kelompok kebiatan tertentu maka tidak ada istilah junior dan senior. Perbedaan antara pemain lama dan pemain baru adalah keunikan gaya capoeira setiap orang yang tidak sama. Tergabung dalam kelompok capoeira akan membuat jiwa sosial dan kemampuan adaptasi dengan berbagai sifat orang menjadi lebih baik.

Mengenal budaya baru.

Capoeira akan membuat kita bisa mengenal budaya baru yang sangat menyenangkan. Capoeira adalah olahraga yang berasal dari Brasil. Berbagai jenis istilah gerakan juga memakai istilah dari bahasa Brasil. Hal inilah yang akan membuat semua orang merasa memiliki kehidupan baru dan mempelajari kebudayaan baru dalam hubungan sosial dengan orang lain.

Meningkatkan hubungan hingga ke seluruh dunia.

Jika Anda masuk dalam satu kelompok capoeira maka akan ada interaksi sosial yang bersifat internasional. Anda bisa mengenal kelompok lain capoeira yang berasal dari negara lain. Dengan cara ini maka Anda bisa membentuk ikatan sosial dengan kebudayaan yang berbeda.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.