Home » » Letak Astronomi, Geografis dan Bentang Alam negara Timor Leste, Location of East Timor Astronomy.

Letak Astronomi, Geografis dan Bentang Alam negara Timor Leste, Location of East Timor Astronomy.

Posted by berbagaireviews.com on 6 Oktober 2017

Informasi umum Timor Leste.

Republik Demokratik Timor Leste (juga disebut Timor Lorosa'e), yang sebelum merdeka bernama Timor Timur, adalah sebuah negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Selain itu wilayah negara ini juga meliputi pulau Kambing atau Atauro Jaco dan enklave Oecussi Ambeno di Timor Barat. Timor leste adalah sebuah negara Asia Selatan maritim yang sebagian besar terdiri dari setengah bagian kanan dari pulau Timor. Negara ini merupakan pecahan dari negara Indonesia setelah sebelumnya bernama provinsi Timor Timur.


Sejarah dan Profi Negara Timor Leste, silahkan click  http://www.berbagaireviews.com/2018/07/negara-republik-demokratik-timor-leste.html



Letak astronomis dan geografis Timor Leste - berbagaireviews.com

Nama Asli : Republik Demokratik Timor Leste
Ibu Kota : Dili
Bentuk Negara : Republik
Kepala Negara : Presiden
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
Sebelum merdeka pada tanggal 20 Mei 2002, Timor Leste merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Timor Leste disebut juga Timor Lorosae yang artinya tanah matahari terbit.

Letak Astronomis dan Geografis Timor Leste.

Secara geografis, Timor Leste terletak di bagian timur Pulau Timor. Daerah
Negara ini memiliki batas wilayah sebagai berikut:
1) Sebelah utara: Pulau Alor dan Pulau Wetar.
2) Sebelah timur: Kepulauan Leti.
3) Sebelah selatan: Laut Timor.
4) Sebelah barat: Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Luas wilayah Timor Leste.
Timor Leste juga mencakup Pulau Kambing dan Kantong Ambeno dengan luas wilayah 14.874 km2.

Keadaan alam Timor Leste.


Bentang alam Timor Leste - berbagaireviews.com

Sebagian besar wilayah Timor Leste berupa pegunungan. Daerah pegunungan terutama terdapat di daerah utara. Puncak tertinggi dari rangkaian pegunungan di Timor Leste adalah di bagian pedalaman. Daerah sebelah selatan berupa delta sungai dan rawa. Timor Leste juga memiliki daerah perbukitan. Daerah ini ditumbuhi semak dan pohon ekaliptus. Timor Leste beriklim tropis. Bagian sebelah selatan memiliki curah hujan yang lebih tinggi daripada daerah lain. Namun demikian, daerah selatan memiliki musim kemarau yang lebih panjang daripada daerah lain.

Keadaan penduduk Timor Leste.

Jumlah penduduk Timor Leste sekitar 885.000 jiwa. Mereka terdiri dari berbagai bangsa. Terdapat sekitar 15 kelompok suku bangsa di negara ini, termasuk Indonesia dan Cina. Kegiatan ekonomi utama penduduk Timor Leste adalah pertanian. Hasil utamanya adalah jagung, beras, singkong, millet, dan ubi. Jagung merupakan hasil pertanian utama. Penduduk Timor Leste juga melakukan usaha di bidang perkebunan. Hasilnya antara lain kopi, kelapa, cengkeh, dan kayu cendana. Penduduk Timor Leste masih mengenal sistem barter. Sistem ini terutama dilakukan penduduk yang tinggal di daerah pelosok. 

Iklim Negara Timor Leste.

Sebagian besar wilayah negara ini mengalami iklim tropis dengan curah hujan yang kecil. Akibatnya, di wilayah Timor Leste juga banyak dijumpai sabana karena wilayahnya relatif kering.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.