Home » » Letak Astronomis, Gografis dan Bentang ALam Myanmar (Burma), The location astronomical of Myanmar.

Letak Astronomis, Gografis dan Bentang ALam Myanmar (Burma), The location astronomical of Myanmar.

Posted by berbagaireviews.com on 6 Oktober 2017

Informasi tentang Nyanmar.

Republik Persatuan Myanmar (juga dikenal sebagai Birma, disebut "Burma" di dunia barat adalah sebuah negara berdaulat di Asia Tenggara. Myanmar berbatasan dengan India dan Bangladesh di sebelah barat, Thailand dan Laos di sebelah timur dan China di sebelah utara dan timur laut. Negara seluas 676.578 km² ini telah diperintah oleh pemerintahan militer sejak kudeta tahun 1988. 


Letak astronomis dan geografis - berbagaireviews.com

Negara ini adalah negara berkembang dan memiliki populasi lebih dari 51 juta jiwa (sensus 2014). Ibu kota negara ini sebelumnya terletak di Yangon sebelum dipindahkan oleh pemerintahan junta militer ke Naypyidaw pada tanggal 7 November 2005. Myanmar telah bergabung sebagai Perhimpunan Bangsa - Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) sejak tahun 1997.


Nama Myanmar dikenal sejak tahun 1990. Sebelumnya, Myanmar bernama Burma atau Birma. Myanmar diperintah oleh pemerintahan militer, sebagai hasil suatu kudeta pada tahun 1988. Ibukota negara Yangon (Rangoon) lalu dipindahkan ke Naypyidaw sejak 7 November 2005.

Nama Asli : Pyi-daung-zu Myan-ma Naing-ngan-daw
Ibu Kota : Yangoon (Rangoon)
Bentuk Negara : Junta Militer
Kepala Negara : Panglima Militer

Semula Myanmar bernama Burma. Negara ini merupakan bekas jajahan Prancis. Myanmar berdiri menjadi negara merdeka pada tanggal 4 Januari 1948. Nama Burma kemudian dipakai hingga tahun 1989.

Letak Astronomis dan Geografis.

Secara geografis, Myanmar terletak di Teluk Benggala. Secara astronomis, negara ini terletak pada 10oLU–26oLU dan 94oBT–101oBT.

Batas-batas wilayah Myanmar yaitu:
1) Sebelah utara: Cina.
2) Sebelah timur: Thailand dan Laos.
3) Sebelah selatan: Teluk Benggala.
4) Sebelah barat: Bangladesh.

Luas wilayah Myanmar.
Luas wilayah Myanmar sekitar 676.577 km2.

Keadaan alam.


Bentang alam Myanmar - berbagaireviews.com

Wilayah Myanmar sebagian besar berupa gunung dan rangkaian pegunungan raksasa yang tidak dapat dilalui. Rangkaian pegunungan tersebut berbentuk tapal kuda, serta terbentang di sepanjang sisi bagian barat, utara, dan timur. Pegunungan tertinggi terdapat di bagian barat dengan puncaknya bernama Hkokado Razi. Hkokado Razi merupakan puncak gunung tertinggi di kawasan Asia Tenggara dengan ketinggian 5.881 m. Di sela-sela pegunungan terdapat dataran rendah yang dialiri Sungai Chindwin dan Sungai Irawadi. Lereng-lereng pegunungan juga ditumbuhi hutan yang cukup lebat.

Keadaan penduduk

Myanmar berpenduduk sekitar 45.611.200 juta jiwa. Penduduk Myanmar terdiri dari berbagai suku bangsa, seperti Burma, Shan, Karen, Rokhin, Mon, dan Kachin. Agama utama yang dianut oleh penduduk Myanmar adalah agama Buddha.
Agama lain yang juga berkembang di negara ini adalah Islam, Hindu, Kristen, dan kepercayaan. Dalam percakapan sehari-hari, penduduk menggunakan bahasa Myanmar, Inggris, Mandarin, dan India. Bahasa nasionalnya adalah bahasa Myanmar.
Kegiatan ekonomi utama penduduk Myanmar adalah pertanian, perkebunan, dan pertambangan. Myanmar merupakan salah satu negara penghasil padi terbesar di Asia Tenggara. Hasil pertanian lainnya adalah kapas, kacang tanah, dan tembakau. Hasil perkebunannya antara lain tebu dan kayu jati. Hasil pertambangannya antara lain seng, tembaga, emas, perak, timah, dan minyak bumi. Lebih dari setengah nilai ekspor berasal dari ekspor pakaian. Myanmar juga memiliki hutan yang cukup luas. Terdapat lebih dari 100 jenis pohon menjadi komoditas ekspor utama.

Myanmar disebut juga benteng Buddha. Hal ini karena negara tersebut menjadi negara pertama yang menjadi tempat penyebaran agama Buddha. Agama tersebut memberi pengaruh besar terhadap kehidupan penduduk Myanmar.
Iklim dan Cuaca.

Karna letak lintangnya ,Myanmar beriklim tropis ,subtropis dan angin musim(karna di pengaruhi angin musim) musim di Myanmar terbagi atas tiga macam yaitu,musim hujan,terjadi pada bulan mei-oktober,yang mendapat pegaruh angin musim barat daya basah dan sejuk ,musim kemarau sejuk terjadi bulan November –bulan februari dan musim kemarau panas terjadi bulan maret-april dan suhu udara rata-rata 27 derajat celcius dan semakin ke utara semakin dingin.

Wilayah dataran rendah Mandalay merupakan daerah bayangan hujan karna hanya mendapat curah hujan rata-rata 700mm setiap tahu

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS