Negara Republik Demokratik Timor Leste (Lengkap), Profil, Sejarah, Letak Astronomis, Sistem Pemerintahan, Pembagian Wilayah dan Wisata Timor Leste. | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

24 Juli 2018

Negara Republik Demokratik Timor Leste (Lengkap), Profil, Sejarah, Letak Astronomis, Sistem Pemerintahan, Pembagian Wilayah dan Wisata Timor Leste.

| 24 Juli 2018
Republik Demokratik Timor Leste - berbagaireviews.com


Republik Demokratik Timor Leste (juga disebut Timor Lorosa'e), yang sebelum merdeka bernama Timor Timur, adalah sebuah negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Selain itu wilayah negara ini juga meliputi pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan enklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat.

Sejarah Timor Leste.

Sejarah Timor Leste - berbagaireviews.com


Timor Timur dijajah oleh Portugal pada abad ke-16, dan dikenal sebagai Timor Portugis sampai 28 November 1975, ketika Front Revolusi untuk Timor Leste Merdeka (FRETILIN) mengumumkan kemerdekaan wilayah tersebut. Sembilan hari kemudian, Indonesia melakukan invasi dan aneksasi terhadap Timor Timur dan Timor Timur dinyatakan sebagai provinsi ke-27 oleh Indonesia pada tahun berikutnya. Pendudukan Indonesia di Timor Timur ditandai oleh konflik yang sangat keras selama beberapa dasawarsa antara kelompok separatis (khususnya FRETILIN) dan militer Indonesia.

Pada tanggal 30 Agustus 1999, dalam sebuah referendum yang disponsori PBB, mayoritas rakyat Timor Timur memilih untuk lepas merdeka dari Indonesia. Segera setelah referendum, milisi anti-kemerdekaan Timor-Leste - yang diorganisir dan didukung oleh militer Indonesia - memulai kampanye militer bumi hangus. Milisi membunuh sekitar 1.400 rakyat Timor Timur dan dengan paksa mendorong 300.000 rakyat mengungsi ke Timor Barat. Mayoritas infrastruktur hancur dalam gerakan militer ini. Pada tanggal 20 September 1999, Angkatan Udara Internasional untuk Timor Timur (INTERFET) dikirim ke Timor Timur untuk mengakhiri kekerasan. Setelah masa transisi yang diorganisasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, Timor Timur diakui secara internasional sebagai negara dan secara resmi merdeka dari Indonesia pada tanggal 20 Mei 2002. Sebelumnya bernama Provinsi Timor Timur, ketika menjadi anggota PBB, mereka memutuskan untuk memakai nama Portugis "Timor Leste" sebagai nama resmi.

Pada tahun 2011, Timor Leste mengumumkan niatnya untuk mendapatkan status keanggotaan dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dengan mengajukan diri menjadi anggota kesebelas. Ini adalah satu dari dua negara yang sebagian besar rakyatnya beragama Kristen di Asia Tenggara, yang satunya adalah Filipina.

Di lihat dari Sejarah Negara Timor Leste dan hubungannya dengan Indonesia, Negara ini sebelumnya merupakan wilayah jajahan Portugis pada abab ke 16 hingga bergabung dengan Indonesia sebagai salah satu provinsi di Indonesia pada tahun 1976. Pada tahun 1999, Presiden Republik Indonesia yang menjabat saat itu yaitu B.J. Habibie memberikan izin referendum pemisahan diri kepada Timor Timur yang akhirnya menghasilkan keputusan untuk berpisah dari Indonesia dan membentuk negara sendiri. Pada tanggal 20 Mei 2002, Negara Timor Leste secara resmi terbentuk. Beberapa bulan kemudian yaitu pada tanggal 27 September 2002, Timor Leste diterima sebagai anggota PBB.


Letak Astronomi

Secara Astronomis, Timor Leste berada di antara 8°LS -10°LS dan 124°BT – 127°30’BT. Timor Leste  berbatasan darat dengan Indonesia di sebelah baratnya. Sedangkan sebelah utara adalah laut Wetar, sebelah timur dan selatannya adalah laut Timor. Wilayah Timor Leste juga meliputi Pulau Kambing atau Autoro, Jaco dan Enklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat.


Bentang Alam dan Letak Astronomi Timor Leste, silahkan click http://www.berbagaireviews.com/2017/10/letak-astronomis-geografis-dan-bentang.html


Catatan : Enklave disebut juga daerah kantong yaitu bagian dari suatu negara yang dikelilingi oleh negara lain. Pada Timor Leste, Enklave Oecussi-Ambeno ini dikelilingi oleh wilayah Republik Indonesia yaitu provinsi Nusa Tenggara Timur di Pulau Timor.


Sistem Pemerintahan Timor Leste.

Sistem pemerintahan Timor Leste adalah Republik semi-Presidensil. Dikatakan semi-presidensil karena kepala negaranya adalah seorang Presiden yang dipilih oleh rakyat setiap 5 tahun. Namun Presiden Timor Leste tidak memiliki kekuasaan penuh terhadap pemerintahan. Meskipun fungsinya hanya seremonial, Presiden Timor Leste  ini juga memilki Hak Veto terhadap undang-undang dan juga sebagai Pemimpin Tertinggi Militer. Di Pemerintahaan, Timor Leste dipimpin oleh seorang Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahannya yang dipilih dari pemilihan multi partai dan diangkat atau ditunjuk dari partai mayoritas sebuah koalisi mayoritas.

Di hubungan luar negari, Timor Leste adalah anggota PBB dan lembaga-lembaga yang berada dibawah PBB seperti UNESCO, ICAO, FAO, ILO, WHO dan ITU.


Profil Negara Timor Leste.


Profil Negara Timor Leste - berbagaireviews.com

Berikut ini adalah Profil Negara Turki (Turkey) :
  • Nama Lengkap : Republik Demokratik Timor Leste (Democratic Republic of Timor-Leste)
  • Nama Lokal : Republika Demokratika Timor Lorosa’e (bahasa Tetum)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik semi - Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Taur Matan RUAK, aka Jose Maria de VASCONCELOS (sejak 20 Mei 2012)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Kay Rala Xanana GUSMAO (sejak 8 Agustus 2007)
  • Ibukota : Dili
  • Luas Wilayah : 14.874km2
  • Jumlah Penduduk : 1.261.072 jiwa.
  • Pertumbuhan Penduduk : 2,39% (2016)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Tetum dan Bahasa Portugis
  • Agama : Katolik Roma 96,9%,
  • Suku Bangsa : Austronesian (Malayo-Polynesian) dan Papua
  • Mata Uang : Dolar Amerika Serikat (USD)
  • Hari Nasional : 20 Mei 2002
  • Lagu Kebangsaan : “Patria” (Fatherland)
  • Kode Domain Internet : .tl
  • Kode Telepon : 670
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$ 2,501 miliar (2015)
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 4.200,-

Pembagian Wilayah Administratif Timor Leste.


Pembagian Wilayah Administratif Timor Leste - berbagaireviews.com


Secara administratif, Timor Leste terbagi atas 13 Distrik. Berikut ini adalah daftar 13 distrik di Timor Leste :

No.  Nama Distrik          Ibukota

1    Aileu                                 Aileu
2    Ainaro                               Ainaro
3    Baucau                              Baucau
4    Bobonaro                         Bobonaro
5    Cova-Lima                       Suai
6    Dili                                   Dili
7    Ermera                             Ermera
8    Lautem                             Lospalos
9    Liquica                             Liquica
10  Manatuto                         Manatuto
11  Manufahi                         Same
12  Oecussi-Ambeno            Pante Makasar
13  Viqueque                         Cabira-Oan


Demografi Luas Wilayah dan Penduduk Timor Leste.
 

Demografi Luas Wilayah dan Penduduk Timor Leste - berbagaireviews.com


Timor Leste memiliki luas wilayah sebesar 14.874km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 1.261.072 jiwa. Mayoritas penduduk Timor Leste adalah etnik Austronesian (Malayo-Polynesian) dan beragama Katolik Roma (sekitar 96,9%).  Bahasa Resmi Timor Leste adalah bahasa Tetum dan Portugis.

Pada tahun 2005 penduduk Timor Leste diperkirakan berjumlah 1.040.880 jiwa. Penduduk Timor Leste merupakan orang keturunan Austronesia (Melayu-Polinesia), Papua, sejumlah minoritas Tionghoa (Hakka) dan beberapa keturunan Portugis Eropa yang biasa disebut Mestiços. Mayoritas penduduk Timor Leste beragama Katolik (93%), diikuti Protestan (3%), Islam (1%), dan sisanya Buddha, Hindu (1%, masing-masing 0,5%), dan aliran kepercayaan (2%). Karena mayoritas penduduk beragama Katolik, maka kini terdapat tiga keuskupan (diosis) yaitu: Diosis Dili, Diosis Baucau dan Diosis Maliana yang baru didirikan pada tanggal 30 Januari 2010 oleh Paus Benediktus XVI.


Bahasa Timor Leste.

Sejak kemerdekaan Timor Leste pada tahun 2002, setelah sejak tahun 1999 di bawah pemerintahan transisi PBB, berdasarkan konstitusi Timor Leste memiliki 2 bahasa resmi yaitu Bahasa Tetun dan Bahasa Portugis. Selain itu dalam konstitusi disebutkan pula bahwa Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dijadikan bahasa kerja. Dalam praktik keseharian, masyarakat banyak menggunakan bahasa Tetun Portugis sebagai bahasa ucap. Sementara bahasa Indonesia banyak dipakai untuk menulis. Misalnya anak sekolah di tingkat SMA masih menggunakan bahasa Indonesia untuk ujian akhir. Banyak mahasiswa dan dosen lebih memilih menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dan menulis karangan ilmiah. Selain itu terdapat pula belasan bahasa daerah, diantaranya: Bekais, Bunak, Dawan, Fataluku, Galoli, Habun, Idalaka, Kawaimina, Kemak, Lovaia, Makalero, Makasai, Mambai, Tokodede, dan Wetarese.

Di bawah pemerintahan Presiden Suharto, penggunaan bahasa Portugis dilarang. Saat ini bahasa Portugis di Timor Leste diajarkan dan dipromosikan secara luas dengan bantuan dari Brasil dan Portugal, meskipun terdapat keengganan dari beberapa kalangan muda berpendidikan.

Menurut Laporan Pembangunan PBB 2006, hanya kurang dari 5% dari penduduk Timor berbicara bahasa Portugis secara fasih. Meskipun demikian, validitas laporan ini dipertanyakan oleh para anggota institut linguistik nasional Timor, yang mempertahankan pendapat bahwa bahasa Portugis diucapkan hingga 25% dari penduduk Timor. Seiring dengan bahasa lokal lainnya, bahasa Tetum merupakan bahasa yang paling umum digunakan untuk berkomunikasi, sementara itu bahasa Indonesia masih banyak digunakan di media dan sekolah dari SMA hingga perguruan tinggi. Sebagian besar kata dalam bahasa Tetum berasal dari bahasa Portugis, tetapi juga terdapat kata-kata serapan dari bahasa Indonesia, contohnya adalah notasi bilangan.


Ekonomi Negara Timor Leste.


 Ekonomi negara Timor Leste - berbagaireviews.com


Perekonomian Timor Leste diklasifikasi sebagai ekonomi dengan pendapatan menengah ke bawah oleh Bank Dunia. Berada di peringkat 158 dalam daftar HDI, ini menunjukkan rendahnya tingkat perkembangan manusia. 20% penduduk menganggur, dan 52,9% hidup dengan kurang dari US $ 1,25 per hari. Sekitar setengah dari penduduk buta huruf. Negara ini terus menderita akibat dampak setelah perjuangan kemerdekaan selama puluhan tahun melawan Indonesia, yang mengakibatkan rusaknya infrastruktur dan banyaknya ribuan pengungsi warga sipil. Walaupun telah merdeka, Timor Leste masih sangat tergantung dengan pasokan barang-barang dari Indonesia mulai dari sembako sampai bahan bakar minyak (BBM) terutama melalui provinsi Nusa Tenggara Timur.

Selain amat tergantung secara politik kepada mantan penjajah Portugal, Timor Leste mengadopsi mata uang Dolar Amerika Serikat sebagai mata uang yang mengakibatkan daya beli rakyat jauh menurun dibandingkan ketika masih menjadi provinsi Indonesia. Pada November 2007, terdapat sebelas kecamatan di mana kebutuhan makanan harus dipasok oleh bantuan internasional. Tidak ada hukum perlindungan hak cipta di Timor Leste.

Salah satu proyek jangka panjang menjanjikan yang pernah ada adalah pengembangan dan exploitasi minyak bumi dan gas alam bersama dengan Australia di sebelah tenggara perairan Timor. Setelah revolusi Anyelir, pemerintahan kolonial Portugis memberikan konsesi pada Oceanic Exploration Corporation untuk pengembangan dan exploitasi tersebut. Namun, hal ini gagal terlaksana dikarenakan oleh Operasi Seroja pada tahun 1976. Kemudian setelahnya, sumber daya dibagi antara Indonesia dan Australia dengan Perjanjian Celah Timor pada tahun 1989.

Saat ini tiga bank asing memiliki cabang di Dili: 
  • ANZ National Bank, 
  • Banco Nacional Ultramarino yang merupakan anak perusahaan dari bank terbesar Portugal Caixa Geral de Depósitos,
  • Bank Mandiri.

Wisata Timor Leste.

Negara ini menawarkan sensai menyelam, menonton ikan paus, trekking, bersepeda, menikmati pemandangan yang asri, dan menikmati pantai pasir putih dan emas yang masih asli. Timor Leste adalah salah satu tujuan pariwisata saat ini. Iklim setempat adalah tropis dan umumnya panas dan cukup lembab.



Taman Nasional Nino Konis Santana Park Timor Leste - berbagaireviews.com


Taman Nasional Nino Konis Santana adalah taman nasional pertama dan hanya Timor Leste. Taman yang didirikan pada 3 Agustus 2007, mencakup 1.236 kilometer persegi.Taman ini juga mencakup 556 kilometer persegi. Pulau Atauro, perjalanan perahu singkat dari ibukota Timor Leste, Dili, tampaknya memiliki perairan yang paling beragam di mana pun di dunia. Pulau ini terletak hanya 24 kilometer arah utara Dili, panjangnya 23 kilometer dan merupakan rumah bagi sekitar 8.000 orang. Menurut survei biologis baru, perairan itu memiliki lebih banyak spesies ikan daripada tempat lain.



Cristo Rei Dili Patung Kristus Raja Timor Leste - berbagaireviews.com


Patung itu dirancang oleh Mochamad Syailillah, yang lebih dikenal sebagai Bolil. Patung ini diresmikan oleh Presiden Suharto pada tahun 1996 sebagai hadiah dari pemerintah Indonesia kepada rakyat Timor Timur, yang pada saat itu masih merupakan provinsi dari Indonesia.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar