Home » » Struktur Analog dan Contoh - Contoh Struktur Analog, Structure of Analog

Struktur Analog dan Contoh - Contoh Struktur Analog, Structure of Analog

Posted by berbagaireviews.com on 9 Januari 2017

Jika kita melihat beberapa species yang terlihat berhubungan antara satu species dengan species yang lain, sekilas terlihat jika species tersebut memiliki bentuk dan struktur yang sama bahkan tidak jarang yang mengatakan kalau species tersebut tidak ada bedanya. Akan tetapi, jika Kita melihat lebih teliti, kita akan melihat perbedaan dari species itu. Pemahaman mengenai struktur analog akan dapat memberikan informasi tentang seleksi alam yang dapat menyebabkan berbagai macam adaptasi di lingkungan yang sama.
Jangan bingung analogi dengan homologi. Analogi sangat berbeda dari homologi mana struktur yang serupa karena mereka memiliki asal embrio umum. Sekarang Anda harus memiliki jawaban untuk pertanyaan Kita, apa struktur analog? Mari kita ambil contoh lagi struktur analog untuk memahaminya dengan cara yang lebih baik.

berbagaireviews.com

Ada banyak alasan binatang di alam yang mirip satu sama lain. Dua serangga dari spesies yang sama mungkin terlihat sama karena warna yang sama bintik-bintik diwarisi dari nenek moyang. Bahkan kelelawar dan burung juga muncul serupa karena sayap mereka. Manusia, kadal dan ikan paus memiliki struktur kerangka yang sama meskipun mereka memiliki habitat yang berbeda dan gaya hidup. Anda dapat melihat kesamaan dalam struktur rangka tubuh mereka, masih manusia menggunakan kaki mereka untuk melempar bola, paus sirip gunakan untuk berenang dan kadal menggunakan anggota badan mereka untuk memanjat dinding. Setiap salah satu dari mereka adalah serupa dalam struktur, tetapi berbeda dalam rincian. Ahli biologi evolusi menyebut struktur analog.

Struktur Analog.

Analogi yaitu organ- organ tubuh yang mempunyai struktur yang berbeda tetapi memiliki fungsi- fungsi yang sama. 


berbagaireviews.com
Contoh: sayap pinguin dan sayap burung.

Struktur yang melakukan fungsi yang sama, tetapi memiliki sejarah evolusi yang berbeda yang disebut struktur analog dan juga dikenal sebagai struktur konvergen.
Misalnya, sayap memiliki fungsi yang sama untuk serangga dan burung, tetapi tidak ada kesamaan evolusi antara sayap. 

Banyak species atau jenis mahkluk hidup yang mempunyai ciri-ciri yang sama yang dikarenakan keturunan dari 1 nenek moyang tunggal. Species tersebut memiliki perkembangan dan perkembangan tersebut berhubungan dengan tingkat tertentu sehingga menimbulkan perbedaan yang dapat dilihat hingga saat ini. Ciri-ciri yang sama dari species tersebut, baik struktur ataupun fungsi, karena berasal dari nenek moyang yang sama dikenal dengan struktur homolog.

Beberapa species memiliki kemungkinan memiliki sifat yang sama walaupun berbeda dalam artian tidak memiliki hubungan atau kaitannya satu sama lain. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor dan salah satunya adalah karena hidup di lingkungan yang sama dan memiliki peran dalam ekologi yang sama.
Persamaan atau struktur tersebut disebut dengan struktur analog. Sehingga, struktur analog adalah struktur atau bagian yang sama dari species yang berbeda karena pengaruh lingkungan yang sama. Struktur tersebut memiliki fungsi yang mirip atau sama.

Dalam proses perubahan sifat dari setiap species tersebut disebut juga dengan evolusi konvergen. Evolusi konvergen merupakan suatu seleksi alam yang mendukung suatu jenis yang sama namun dengan struktur nenek moyang yang berbeda. Adanya kesamaan dari evolusi antar species yang mengalami konvergen disebut dengan homeplasy yang jika diartikan secara harfiah, memiliki arti dari cetakan yang sama atau bentuk.

berbagaireviews.com


Contoh Struktur Analog.
  • Anggota badan dari tetrapoda dan arthropoda analog satu sama lain. Anggota badan arthropoda berkembang setelah ledakan Kambrium, lebih dari satu miliar tahun lalu. Tetrapoda berevolusi dari ikan di suatu tempat sekitar 370 juta tahun lalu. Dengan demikian, anggota badan arthropoda dan tetrapoda berevolusi secara independen dan begitu, mereka struktur analog.
  • Kaki vertebrata dan serangga melayani tujuan yang sama, tetapi mereka memiliki struktur yang berbeda dan sejarah evolusi. Mereka datang dari dua asal yang berbeda.
  • Contoh lain untuk struktur analog tanaman daun dan cladodes Ruscus itu. Keduanya digunakan untuk melakukan proses fotosintesis, tetapi memiliki asal yang berbeda.
  • Ubi jalar dan kentang memiliki fungsi yang sama yaitu, modifikasi untuk penyimpanan makanan, meskipun ubi jalar adalah root tuberous bawah tanah dan kentang batang bawah tanah. Mereka memiliki struktur yang berbeda dan asal, tapi melayani tujuan yang sama.
  • Sayap yang dimiliki oleh hewan yang dapat terbang misalnya oleh berbagi jenis burung, serangga, beberapa jenis ikan.
  • Sirip yang dimiliki oleh ikan dan beberapa jenis hewan misalnya penguin untuk digunakan untuk bergerak dalam air atau berenang walaupun bentuknya berbeda. Akan tetapi, perbedaan yang ada antara penguin dan ikan dikarenakan terjadinya evolusi sirip yang diakibatkan karena lingkungan yang berbeda dan bukan dari nenek moyang yang sama.
  • Lagu atau suara yang dikeluarkan oleh burung. Berdasarkan penelitian, burung dapat memiliki karakteristik lagu yang sama walaupun berasal dari species berbeda.
Mengidentifikasi Struktur Analog.

Para ahli biologi evolusi membangun dan mengembangkan filogeni atau sejarah evolusi kelompok species yang berguna untuk mengkaji species yang terkait. Filogeni dilakukan berdasarkan pada struktur homoloh dan juga penggambaran species yang berasal dari 1 nenek moyang. Akan tetapi ciri-ciri analog yang sangat mirip dapat menyulitkan pembedaan dari homologi.

Semakin banyak persamaan akan semakin besar kemungkinan ciri dari sumber yang sama. Untuk pemeriksaan struktur analog yang menjadi bukti dari seleksi alam dapat dilihat dan diteliti langsung namun untuk hasil lebih, harus dilakukan pengidentifikasian lebih lanjut.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS