Home » » Pengertian Struktur Homolog dan Contoh - Contoh Struktur Homolog, Structure of Homolog.

Pengertian Struktur Homolog dan Contoh - Contoh Struktur Homolog, Structure of Homolog.

Posted by berbagaireviews.com on 9 Januari 2017

Mungkin saat Kita mengamati struktur organ dari berbagai jenis hewan, Kita bisa menemukan hal yang begitu menarik, namun memiliki bentuk dasar yang sama. Peristiwa inilah yang sering di sebut dengan Homologi.

Pengertian Struktur Homolog. 

berbagaireviews.com

Struktur homolog merupakan contoh dari sebuah organ maupun tulang yang muncul di hewan berbeda, yang sebenarnya menjadi sebuah penekanan ialah kesamaan anatomi yang dimiliki menunjukkan keturunan dari adanya satu nenek moyang. Dengan begini saat hewan yang berbeda mempunyai tulang yang muncul sepertinya hal ini begitu mirip di bentuk maupun fungsi yang berkaitan. Homologi yaitu organ - organ tubuh yang mempunyai fungsi berbeda, tetapi mempunyai bentuk dasar yang sama.

berbagaireviews.com

Contoh: sayap kupu-kupu dan tangan manusia; sayap burung dan tangan manusia.

Struktur homolog adalah bagian tubuh yang mirip dengan struktur bagian komparatif spesies lain. Kesamaan ini adalah bukti bahwa kehidupan di Bumi memiliki nenek moyang yang sama dengan keragaman spesies telah berkembang dari waktu ke waktu. Leluhur umum dari spesies dapat dilihat dalam struktur dan pengembangan struktur-struktur homolog, bahkan jika fungsi mereka berbeda.

Semakin erat organisme terkait, akan lebih mirip dengan struktur homolog antara organisme. Sebagian contoh struktur homolog berkisar pada anggota badan dari spesies yang dibandingkan. Struktur tulang dalam mereka anggota badan yang mirip antara spesies yang terkait erat.

Salah satu contoh dari homologi ini ialah anggota tubuh yang berada di bagian depan yang dimiliki oleh manusia dipergunakan untuk memegang, namun untuk burung ataupun kelelawar anggota tubuh ini mereka gunakan untuk terbang.

Berbeda lagi dengan kaki depan buaya maupun salamander, mereka gunakan kaki tersebut untuk berjalan. Namun karena adanya evolusi orang tersebut sekarang kian berbeda akibatnya terjadilah perubahan adaptasi yang jauh berbeda pula.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari struktur homolog.
  • Sirip lumba-lumba, sayap burung, kaki kucing, dan lengan manusia dianggap struktur homolog. Sedangkan manusia memiliki tulang seperti humerus, ulna, radius, tulang pergelangan tangan, dan jari-jari, fitur ini muncul sebagai bentuk mirip tulang pada hewan lainnya. Kelelawar, paus, dan hewan lainnya memiliki struktur homolog sangat mirip, menunjukkan bahwa makhluk-makhluk ini semua memiliki nenek moyang yang sama.
  • Tulang ekor pada manusia yang dinamakan demikian karena itu adalah struktur homolog ke bagian awal ekor kebanyakan hewan, seperti monyet. Hal ini dikenal sebagai “vestigial” karena itu adalah sisa-sisa terakhir yang dulunya memiliki ekor.
  • Semua moluska memiliki “kaki” yang mereka gunakan untuk melakukan perjalanan. Kaki ini homolog meskipun mungkin tidak tampak langsung – pemeriksaan yang dekat menunjukkan bahwa dari segi bentuk dan fungsi, gastropoda, cumi, dan kerang berbagi struktur kesamaan homolog ini.
  • Mamalia berbagi struktur homolog dari vertebra yang sama. Misalnya, meskipun tinggi, jerapah memiliki jumlah yang sama dari tulang leher (tujuh) bersama paus raksasa dan manusia kecil.
  • Manusia, anjing, dan kucing semua memiliki tulang panggul yang sama, yang merupakan struktur homolog ke sepasang vestigial tulang yang dimiliki ular. Tulang-tulang ini merupakan sisa terakhir pelvis, tanpa kaki untuk menempelkan.
  • Semua organisme mengandung membran plasma homolog dengan apa yang disebut fosfolipid bi-layer.
  • Pergelangan tangan tulang manusia adalah homolog dengan struktur kebanyakan hewan lain, termasuk lumba-lumba dan burung. Struktur homolog pada panda tampak seperti embel-embel keenam, tetapi sebenarnya tulang pergelangan yang dimodifikasi membantu beruang panda memilih daun dari pohon-pohon yang lebih cekatan.
  • Sebuah tulang pendengaran yang ada di dalam telinga mamalia adalah struktur homolog dengan tulang rahang reptil (termasuk dinosaurus) serta tulang rahang spesies ikan yang masih ada saat ini.
  • Karpal, metakarpal, dan falang tangan manusia memiliki struktur homolog dalam berbagai hewan, dan mereka tidak semua mamalia. Misalnya, fitur ini terlihat pada penguin dan reptil serta mamalia dimana manusia yang lebih dekat kekerabatannya.
  • Kode genetik di antara semua makhluk hidup adalah homolog – sangat mirip meskipun ada kode genetik lainnya. Hal ini menunjukkan nenek moyang yang sama.
  • Tawon dan lebah memiliki sengatan yang dapat mereka gunakan ketika mereka merasa bahwa mereka berada dalam bahaya. Namun, ini adalah struktur homolog dengan ovipositor organisme lainnya – fitur yang memungkinkan organisme ini untuk bertelur.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.