Home » » Teknik Dasar Bermain Baseball, Technique of Playing Baseball

Teknik Dasar Bermain Baseball, Technique of Playing Baseball

Posted by berbagaireviews.com on 1 November 2014

Sekilas Cara Dasar Bermain Baseball.


berbagaireviews.com

Baseball atau bisbol dimainkan oleh dua tim di lapangan. Setiap tim memiliki 9 pemain. Wasit mengawasi jalannya permainan dengan cermat untuk menentukan peristiwa yang sebenarnya terjadi dan menjaga agar pemain mematuhi peraturan. Dalam pertandingan bisbol di Liga Baseball Amerika terdapat 4 orang wasit, walaupun kadang-kadang ada 6 orang wasit. Mengenai sejarah baseball dapat dilihat dari artikel sebelumnya http://www.berbagaireviews.com/2014/10/baseball-sejarah-baseball-history-of.html

      Dalam permainan baseball, setidaknya kita tahu teknik dasar dalam permainan ini. Dasar dasar bisbol adalah membangun blok dari permainan. Seorang pemain yang sukses harus mampu memukul bola, lapangan bola, melemparnya dan menjalankan basis. Memukul dengan kekuatan adalah bonus, tapi banyak dari pemain berkekuatan tidak memiliki kemampuan untuk mengarahkan bola melewati pagar secara konsisten.

Menekan (Hitting).

berbagaireviews.com

         Aspek bisbol yang menarik banyak pemain muda untuk permainan ini adalah ide memukul bola bisbol dengan tepat. Apakah mereka telah melihat seorang pemain profesional melakukannya di televisi atau menonton pemain lain secara pribadi, memukul bola adalah inti dari bisbol bagi banyak orang. Untuk memukul bola secara konsisten, batter harus mengambil sikap yang kuat dalam kotak batter's  dengan bahu kirinya - untuk pemukul kidal - akan menghadap pitcher. (Ini adalah kebalikan untuk pemukul kidal).

      Bat ini letakkan di atas bahu kanan, lutut ditekuk dan sebagian besar berat badan pemain di kaki belakang. Sebagai lapangan tiba, batter harus siap waktu ayunannya sehingga bat melewati piring pada waktu yang sama seperti bola dan masuk kontak. Berat batter dan momentum bergerak maju pada saat yang sama, dan ayunan berlanjut dengan tindak lanjut setelah kontak.

Cara memegang stick.
       Anda harus memegang stick dengan kedua tangan hingga batas tempat bagian pegangan. Usahakan agar jari-jari tangan Anda rapat melingkari batas pemukul, hal ini bertujuan untuk mendapatkan kekuatan yang penuh dalam melakukan pemukulan. Pegangan tangan Anda harus kuat dan benar agar saat Anda mengayun, stick yang Anda pegang tidak terlepas.
Anda dapat memperhatikan gambar berikut ini, sebagai cara memegang stick. 
  • Saat posisi menunggu lemparan Pitcher.
  • Buka kedua kaki selebar bahu pada lututnya dan sedikit ditekuk.
  • Pusatkan Pandangan pada bola yang meluncur kearah Anda.
  • Posisikan badan Anda agak condong ke depan bersamaan menjaga keseimbangan.
  • Pegangan agak ke belakang, siku bengkok, sejajar bahu sedikit agak ke bawah.
  • Saat mau memukul posisi Anda tegak lurus di depan bahu kanan.
Fielding.

berbagaireviews.com

     Kunci untuk menangkap bola bisbol, semakin tubuh Anda tepat di depan bola. Ketika menangkap bola yang datang di bawah tingkat pinggang, jari-jari sarung tangan harus berada di atau dekat tanah. Fielder kemudian harus bereaksi terhadap pergerakan bola, yang tidak dapat diprediksi. Ketika bola datang pada tingkat pinggang atau lebih tinggi, jari-jari sarung tangan harus menunjuk ke atas dan sarung tangan harus diposisikan dalam mengantisipasi mana bola akan ketika itu dalam jangkauan. Gunakan lempar tangan Anda untuk membantu mengamankan bola setelah hits pada sarung tangan.

Melontar (Throwing).

berbagaireviews.com

      Melontor bola merupakan tugas pelempar (pitcher) yang dapat melempar dengan baik merupakan aset paling berharga bagi tim bisbol. Tim lawan bisa mencetak angka demi angka dengan mudah jika pitcher melempar bola yang sangat gampang dipukul. Tugas pitcher sangat berat karena dalam satu pertandingan seorang pitcher bisa melempar bola hingga di atas 100 kali. Sebagian besar pitcher sudah kehabisan tenaga sebelum permainan berakhir sehingga perlu digantikan oleh pitcher pengganti.

     Tempatkan bola di tangan dominan Anda dan memperpanjang jari telunjuk dan jari tengah di atas bola, dengan ibu jari Anda di bawah. Membawa bola sampai tingkat telinga, langkahkan kaki berlawanan Anda dan membawa lengan Anda ke depan dan snap pergelangan tangan Anda untuk mendorong bola ke arah sasaran. Bawa kaki dominan Anda ke depan untuk menindaklanjuti dengan gerakan melempar.

Baserunning. 

berbagaireviews.com
  
    Sebuah baserunner yang baik tidak harus bergantung pada kecepatan untuk menjadi efektif. Kecepatan akan membantu baserunner, tetapi hanya jika ia mengerti bagaimana menjalankan basis. Baserunners harus bertujuan untuk menyentuh sudut dalam basis dan membuat berbelok tajam ke arah dasar berikutnya, yang menjamin jarak terpendek diambil antara dasar. Kemampuan Baserunning juga berasal dari pemahaman keadaan permainan, seperti apakah tim Anda berada di depan atau di belakang, tingkat keterampilan batter yang akan datang dan kekuatan lengan outfielders lawan.

Multifungsi (Versatility).

    Seorang pemain bisbol yang menguasai dasar-dasar adalah bagian berharga dari tim mana pun. Seorang pemain yang bisa memukul, bidang, melempar dan menjalankan memiliki kesempatan untuk mempengaruhi hasil pertandingan dalam berbagai cara, jauh lebih daripada pemain yang memiliki keterampilan yang kuat dalam satu dasar tetapi lemah dalam lainnya.

Bagaimana dasar - dasar permainan Baseball http://www.berbagaireviews.com/2014/11/pengaturan-baseball-dan-dasar-dasar.html

Cara bermain baseball  http://www.berbagaireviews.com/2014/11/gameplay-baseball-permainan-game.html

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. makasih ya gan atas infonya
    menambah wawasan saya
    dan jangan lupa ya untuk datang ke totokita

    BalasHapus

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS