Sarana dan Prasarana Bola Voli | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

18 Oktober 2014

Sarana dan Prasarana Bola Voli

| 18 Oktober 2014
Sarana dan Prasarana Bola Voli.

volley ball facilities

Seperti halnya halaman sebelumnya, permainan Bola Voli merupakan permainan yang banyak digemari oleh banyak orang, mungkin permainan bola voli tidak sepopuler seperti permainan Sepak Bola. Namun permainan ini juga merupakan olahraga yang yang banyak digemari dan salah satu cabang olahraga yang bergengsi di dunia.

Namun kita tidak membahas mengenai perkembangan bola voli, melainkan kita akan membahas tentang sarana dan prasarana olahraga bola voli ini. Sebagaimana yang akan dijelaskan di bawah ini :

1. Ukuran Lapangan Bola Voli (Volley Ball).

lapangan voli

volley ball court

Sebuah lapangan voli adalah 18 m (59 kaki) dan 9 m (29,5 kaki) lebar, dibagi menjadi 9 m × 9 m bagian dengan satu meter (40 inci) jaringan yang luas. Bagian atas net 2.43 m (8 ft 0 in) di atas pusat pengadilan untuk kompetisi pria, dan 2,24 m (7 ft 4 in) untuk kompetisi perempuan, bervariasi untuk veteran dan kompetisi junior.

Tetapi ukuran lapangan bola voli yang umum adalah 9 meter x 18 meter. Garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan adalah 5 cm.
Daerah serang yaitu daerah yang dibatasi oleh garis tengah lapangan dengan garis serang yang luasnya 9 x 3 meter.
a. Panjang garis samping: 18 Meter.
b. Lebar lapangan : 9 Meter.
c. Lebar garis serang : 3 Meter.

2. Pemain untuk pertandingan Voli

bola voli

Dalam pertandingan tentu memerlukan pemain, nah jumlah pemain dalam lapangan permainan sebanyak 6 orang setiap regu dan ditambah 5 orang sebagai pemain cadangan dan satu orang pemain libero. Satu tim maksimal terdiri dari 12 pemain, saru coach, satu sistem coach, satu trainer, dan satu dokter medis, kecuali libero, satu dari para pemain adalah kapten tim, dia harus diberi tanda dalam score sheet.Hanya pemain terdaftar dalam score sheet dapat memasuki lapangan dan bermain dalam pertandingan. Pada saat coach dan kapten tim menandatangani scoresheet pemain yang terdaftar tidak dapat diganti.

3. Bola untuk pertandingan Voli.

ballvolley ball


Tanpa alat yang satu ini, tentu pertandingan tak berjalan sebagaimana mestinya. Yaitu sebuah bola, nah bola ini harus bulat terbuat dari kulit yang lentur atau terbuat dari kulit sintetis yang bagian dalamnya dari karet atau bahan yang sejenis. Warna bola harus satu warna atau kombinasi dari beberapa warna. Bahan kulit sintetis dan kombinasi warna pada bola dipergunakan pada pertandingan resmi internasional harus sesuai dengan standar FIVB. Bola tersebut memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, dengan berat 260 hingga 280 gram. Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).

4. Jaring (Net) untuk pertandingan Bola Voli.

net

Inilah yang jadi pembatas antara team voli dalam sebuah lapangan yang mana disebut Jaring atau net. Net untuk permainan bola voli berukuran tidak lebih dari 9,50 meter dan lebar tidak lebih dari 1,00 meter dengan petak-petak atau mata jaring berukuran 10 x 10 cm, tinggi net untuk putra 2,43 meter dan untuk putri 2,24 meter, tepian atas terdapat pita putih selebar 5 cm.kg/cm2 (4,26 – 4,61 Psi) (294,3 – 318,82 mbar/hpa).

5. Daerah Servise pada pertandingan Bola Voli.

bola voli
Daerah service adalah daerah selebar 9 meter di belakang setiap garis akhir. Daerah ini dibatasi oleh dua garis pendek sepanjang 15 cm yang dibuat 20 cm di belakang garis akhir, sebagai kepanjangan dari garis samping. Kedua garis pendek tersebut sudah termasuk di dalam batas daerah service, perpanjangan daerah service adalah kebelakang sampai batas akhir daerah bebas.

6. Antene Rod dekat Net pertandingan Bola Voli.

bola voli

Di dalam pertandingan permainan bola voli yang sifatnya nasional maupun internasional, di atas batas samping jaring dipasang tongkat atau rod yang menonjol ke atas setinggi 80 cm dari tepi jaring atau bibir net. Tongkat itu terbuat dari bahan fibergelas dengan ukuran panjang 180 cm dengan diberi warna kontras.

7. Sarana Pakain atau seragam untuk pertandingan Bola Voli.

volley ball

bola voli














Seperti halnya dengan sarana lain, tentu sangat berguna seragam ini untuk membedakan pada team lawannya. Sehingga penonton pun tidak kebingungan dalam mensupport team volinya.


Demikianlah artikel yang berjudul Sarana dan Prasarana Bola Voli. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Berbagai Reviews mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, jika membantu tugas sekolah silahkan klik Pustaka Pengetahuan  

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm 






Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar