Home » » Skills in Volleyball, Teknik atau Skill dalam Bola Voli

Skills in Volleyball, Teknik atau Skill dalam Bola Voli

Posted by berbagaireviews.com on 20 Oktober 2014

Skill (Keterampilan) dalam Bola Voli.

Untuk sebuah tim dalam hal pertandingan setidaknya menguasai enam keterampilan dasar seperti : serve, pass, set, attack, block and dig. Masing-masing keterampilan terdiri dari sejumlah teknik-teknik khusus yang telah diperkenalkan selama bertahun-tahun dan sekarang dianggap praktek standar dalam tingkat tinggi voli.

Serving.


        Seorang pemain berdiri di belakang inline dan menservis bola, dalam upaya untuk mendorong ke court lawan. Tujuan utama nya adalah untuk mendarat di dalam cout lawan, juga diinginkan untuk mengatur arah, kecepatan dan percepatan bola sehingga menjadi sulit bagi penerima untuk menanganinya dengan benar. Seorang servis disebut "ace" ketika bola mendarat langsung ke court atau perjalanan di luar court setelah disentuh oleh lawan.

Teknik voli dasar untuk servis adalah :
  • Aduk bola di depan bahu lalu kita servis
  • Jaga siku Anda tetap tinggi dan kembali.
  • Hubungi tengah bola dengan tengah tangan Anda.
  • Menindaklanjuti armswing Anda.
Dalam voli kontemporer, banyak jenis servis yang dapat dilakukan, seperti di bawah ini :
  1. Underhand, yaitu sebuah servis yang di mana pemain menyerang bola di bawah pinggang bukan melemparkannya ke atas dan mencolok dengan gerakan tinju melempar. Underhand servis dianggap sangat mudah untuk menerima dan jarang digunakan dalam kompetisi tingkat tinggi.
  2. Sky ball serve, adalah jenis tertentu curang servis kadang-kadang digunakan dalam voli pantai, di mana bola dipukul begitu tinggi turun hampir dalam garis lurus. Ini servisnya ditemukan dan digunakan hampir secara eksklusif oleh tim Brasil pada awal tahun 1980 dan sekarang dianggap ketinggalan jaman. Di Brasil, ini melayani disebut Jornada nas Estrelas ( Star Trek ).
  3. Topspin, merupakan sebuah servis menggunakan tinju dimana pemain melempar bola tinggi dan hits itu dengan rentang pergelangan tangan, memberikan topspin yang menyebabkan bola untuk jatuh lebih cepat dan membantu menjaga jalur straight flight path. Servis topspin umumnya memukul keras dan ditujukan pada pengembalian lagi tertentu atau bagian dari court. Berdiri servis topspin jarang digunakan di atas tingkat sekolah tinggi bermain.
  4.  Float an overhand serve, dimana bola dipukul tanpa berputar sehingga jalurnya menjadi tak terduga, mirip dengan knuckleball dalam bisbol.
  5. Jump serve an overhand serve, dimana bola pertama dilemparkan tinggi di udara, maka pemain membuat pendekatan waktunya dan melompat untuk melakukan kontak dengan bola, memukul dengan banyak kecepatan dan topspin. Ini adalah yang paling populer di antara perguruan tinggi dan servis tim profesional.
  6. Jump float an overhand serve, dimana bola dilempar cukup tinggi bahwa pemain dapat melompat sebelum memukul mirip dengan mengambang berdiri lalu servis. Bola dilempar rendah dari lompatan servis topspin, tapi kontak masih dibuat saat di udara. Ini servis menjadi lebih populer di kalangan perguruan tinggi dan profesional pemain karena memiliki ketidakpastian tertentu dalam pola penerbangannya.
Passing.


Passing juga disebut penerimaan, Passing adalah upaya tim untuk benar menangani servis lawan, atau segala bentuk serangan. Penanganan yang tepat meliputi tidak hanya mencegah bola dari menyentuh court, tetapi juga membuatnya mencapai posisi di mana setter berdiri dengan cepat dan tepat. Lewat keterampilan melibatkan dua teknik fundamental tertentu yaitu : underarm pass, atau benjolan, di mana bola menyentuh bagian dalam bagian dari lengan atau platform bergabung, pada garis pinggang; dan overhand pass, di mana ia ditangani dengan ujung jari, seperti set, di atas kepala. Entah dapat diterima dalam profesional dan voli pantai, namun ada peraturan lebih ketat pada overhand pass di voli pantai.

Hal umum teknik voli untuk passing ini adalah :
  • Menjaga pusat tubuh Anda dari tingkat gravitasi saat bergerak. Pada dasarnya, Anda ingin menjadi siap pada kaki, ketika mendapatkan dalam posisi untuk passing.
  • Mampu mengambil langkah-langkah tanpa memantul dari tanah ini penting karena lebih sulit untuk fokus pada bola ketika Anda melompat-lompat.
  • Kuat, kekuatan quadriceps eksentrik mengarah ke kemampuan yang lebih baik untuk menyerap tenaga dari tanah saat mengambil langkah-langkah.
  • Bentuk landasan yang kokoh dengan lengan Anda. Memperpanjang lengan Anda saat mengunci siku dan memutar tangan Anda turun di pergelangan tangan. Anda ingin membentuk landasan yang kokoh yang memberikan stabilitas.
  • Gunakan pinggul dan kaki untuk lulus, bukan lengan. Mampu bergerak cepat ke posisi sangat penting.
  • Berkonsentrasi pada masuk ke posisi yang stabil dengan cepat, setiap kali Anda lulus. Jika Anda menggunakan teknik ini setiap kali Anda melewati, dengan pengulangan Anda akan melatih diri untuk menjadi pelintas baik.
  • Jika Anda tidak memiliki keterampilan gerakan yang sangat baik atau hanya malas ketika pindah ke lulus, Anda harus menyesuaikan teknik Anda on the fly yang akan menyebabkan melewati konsisten lebih sedikit.
Set.


Set biasanya kontak kedua yang membuat tim dengan bola. Tujuan utama dari pengaturan adalah untuk menempatkan bola di udara sedemikian rupa sehingga dapat didorong oleh serangan ke court lawan. Setter Koordinasi gerakan ofensif tim, dan pemain yang akhirnya memutuskan mana pemain benar-benar akan menyerang bola.

Untuk set terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Get to the target. Bola kedua selalu setter. Melihat seolah-olah mereka tahu ini sebelumnya, setter harus berbaris dengan benar dan siap untuk pindah ke target.
  2. Be ready to move from the target. Jika mungkin, mengambil langkah pertama Anda langsung ke tempat bola sedang passed.The penilaian yang lebih baik setter memiliki, semakin baik mereka akan dilakukan di bergerak langsung ke tempat bola adalah going.If mereka meninggalkan terlalu dini atau mereka membuat penilaian yang buruk , mereka akan melangkah ke arah yang salah dan tidak membuat di sana dengan cepat.
  3. Beat the ball to the spot. Setter harus mencoba mengantisipasi di mana bola akan dilalui. Dengan memperhatikan betapa sulitnya serve adalah dan menonton cara pelintas mereka memegang bola, mereka mungkin mendapatkan membaca yang baik pada lulus.
  4. Stop and set. Semuanya dilakukan sampai sekarang menentukan seberapa baik setter mampu menghentikan dan mengatur.
Attack atau Serangan.

  
            Serangan, yang juga dikenal sebagai spike, biasanya merupakan kontak pihak tim membuat dengan bola. Objek menyerang adalah untuk menangani bola sehingga mendarat di lapangan lawan dan tidak dapat dipertahankan. Seorang pemain membuat serangkaian langkah ("pendekatan"), melompat, dan ayunan di bola. Idealnya kontak dengan bola dibuat di puncak melompat pemukul itu. Pada saat kontak, lengan pemukul adalah sepenuhnya diperpanjang di atas kepalanya dan sedikit ke depan, membuat kontak tertinggi mungkin dengan tetap menjaga kemampuan untuk memberikan hit kuat. Pemukul menggunakan lengan ayun, pergelangan snap, dan kontraksi maju cepat dari seluruh tubuh untuk mendorong bola. A 'bouncing' adalah istilah slang untuk sangat keras / keras lonjakan yang mengikuti lintasan hampir lurus tajam ke bawah ke pengadilan lawan dan memantul sangat tinggi ke udara. A "kill" adalah istilah slang untuk serangan yang tidak dikembalikan oleh tim lain sehingga mengakibatkan point.

Voli kontemporer terdiri dari sejumlah teknik menyerang yaitu :
  • Backcourt (atau backrow) / serangan pipa: serangan yang dilakukan oleh pemain barisan belakang. Pemain harus melompat dari belakang garis 3 meter sebelum membuat kontak dengan bola, tapi mungkin mendarat di depan garis 3 meter.
  • Line dan Cross-cross Shot, merujuk pada apakah bola terbang di lintasan paralel langsung ke garis samping, atau melintasi melalui pengadilan di sudut. Sebuah salib-pengadilan ditembak dengan sudut yang sangat menonjol, sehingga bola mendarat dekat garis 3 meter, disebut cut ditembak.
  • Dip / Dink / Tip / cheat / Dump, pemain tidak mencoba membuat hit, tapi menyentuh bola ringan, sehingga mendarat di area pengadilan lawan yang tidak tercakup oleh pertahanan.
  • Alat / Lap / Block-pelanggaran, pemain tidak mencoba untuk membuat lonjakan keras, tapi memukul bola sehingga menyentuh blok lawan dan kemudian memantul di luar lapangan.
  • Off-speed hit, pemain tidak memukul bola keras, mengurangi kecepatan dan dengan demikian membingungkan pertahanan lawan.
  • Hit Cepat / "Satu", serangan (biasanya oleh blocker tengah) di mana pendekatan dan melompat dimulai sebelum kontak setter bola. Set (disebut "pengaturan cepat") ditempatkan hanya sedikit di atas net dan bola dipukul oleh pemukul hampir segera setelah meninggalkan tangan setter itu. Serangan cepat sering efektif karena mereka mengisolasi blocker tengah menjadi satu-satunya blocker pada memukul.
  • Slide variasi dari hit cepat yang menggunakan satu set punggung bawah. Langkah-langkah hitter tengah sekitar setter dan hits dari belakang dia.
  • Ganda hit cepat / "Stack" / "Tandem": variasi dari hit cepat di mana dua hitter, satu di depan dan satu di belakang setter atau keduanya di depan setter, melompat untuk melakukan hit cepat pada waktu yang sama. Hal ini dapat digunakan untuk menipu blocker berlawanan dan membebaskan menyerang hitter keempat dari backcourt, mungkin tanpa blok sama sekali.

Blok.

         
        Pemblokiran mengacu pada tindakan yang diambil oleh pemain berdiri di depan net untuk menghentikan atau mengubah serangan lawan. Blok yang bertujuan sepenuhnya menghentikan serangan, sehingga membuat bola tetap di pengadilan lawan, disebut ofensif. Sebuah blok ofensif dilaksanakan dengan baik dilakukan dengan melompat dan mencapai untuk menembus dengan tangan satu dan tangan melewati net dan masuk ke daerah lawan. Hal ini membutuhkan mengantisipasi arah bola akan pergi setelah serangan itu berlangsung. Hal ini juga mungkin memerlukan perhitungan kaki karya terbaik untuk mengeksekusi blok "sempurna". 

Teknik voli untuk memblokir melibatkan diantaranya,
  • Belajar untuk melihat court dan membuat keputusan yang cepat di depan net ketika mempersiapkan untuk memblokir.
  • Having good court vision, melibatkan membuat penilaian yang baik sambil menonton setter, bola, dan hitter.
  • Good court vision, Anda sering dapat memprediksi di mana setter akan mengatur bola dengan menonton bola setelah itu berlalu.
  • Semakin baik Anda dapat menilai mana bola sedang berlalu, semakin baik Anda dapat memprediksi apa setter yang akan dilakukan dengan itu.
  • Menonton setter dan hitter sangat penting untuk mendapatkan dalam posisi terbaik untuk memblokir.
  • Mengidentifikasi para pemain barisan depan. Semua blocker harus tahu siapa pemain barisan depan di hadapan layani.
  • Juga, mengidentifikasi setter sebagai barisan depan atau barisan belakang untuk mengetahui apakah setter secara hukum dapat menyerang bola kedua.
  • Teknik voli mengocok dan crossover step yang digunakan untuk pindah ke posisi blocking optimal.
  • Shuffle step, teknik shuffle mungkin paling mudah karena pinggul tetap persegi ke net.
  • Crossover step, crossover lebih sulit karena Anda mengubah pinggul Anda selama gerakan dan Anda perlu untuk mendapatkan squared kembali ke net sebelum Anda melompat.
  • Crossover lebih baik ketika Anda harus melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan dalam posisi untuk memblokir karena Anda bisa sampai di sana lebih cepat daripada menyeret.
Dig atau Penggalian.


        Menggali adalah kemampuan untuk mencegah bola dari menyentuh pengadilan seseorang setelah lonjakan atau serangan, terutama bola yang hampir menyentuh tanah. Dalam banyak aspek, keterampilan ini mirip dengan melewati, atau menabrak, menggali overhand dan benjolan juga digunakan untuk membedakan antara tindakan defensif diambil dengan ujung jari atau dengan tangan bergabung. Ini bervariasi dari lewat namun dalam yang itu refleks berbasis keterampilan banyak lagi, terutama di tingkat yang lebih tinggi. Hal ini terutama penting saat menggali untuk pemain untuk tetap pada kaki mereka, beberapa pemain memilih untuk mempekerjakan langkah pemecahan untuk memastikan mereka siap untuk bergerak ke segala arah. Beberapa teknik tertentu lebih sering terjadi, mulai dalam posisi defensif berbaris di sekitar blok, tahu apa daerah blocker Anda yang akan mengambil (line atau sudut).

Dasar-dasar voli teknik untuk dig (menggali) yaitu :
  • Sampai pada jari-jari kaki dan bola kaki Anda, bukan pada tumit Anda.
  • Bersiaplah untuk mendapatkan dalam posisi stabil untuk menggali bola didorong keras.
  •  Siap untuk pindah ke lari ke bawah tembakan atau tip.
  • Lengan yang bengkok dan di depan Anda siap untuk bereaksi terhadap menggali bola dengan lengan Anda atau bermain overhead bola.
  • Mata terfokus pada pemukul menonton untuk setiap petunjuk untuk apa yang mereka akan lakukan.
  • Cushion hard driven balls, Anda harus mencoba untuk menyerap hit dengan lengan untuk menjaga bola di sisi Anda gawang.
  • Jika Anda dapat menjaga bola di sisi Anda, tim Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk memenangkan reli dengan setter Anda menetapkan penyerang.
  • Volleyball techniques for going to the floor, pemain didorong untuk tinggal di kaki mereka ketika membuat drama pada bola.
Pemain spesialisasi
Masing-masing posisi ini memainkan peran kunci tertentu dalam memenangkan pertandingan voli, seperti di bawah ini :
  1. Setter, memiliki tugas untuk mendalangi pelanggaran tim. Mereka bertujuan untuk sentuhan kedua dan tanggung jawab utama mereka adalah untuk menempatkan bola di udara di mana para penyerang dapat menempatkan bola ke pengadilan lawan 'untuk titik. Mereka harus dapat beroperasi dengan hitter, mengelola tempo pihak mereka pengadilan dan memilih penyerang yang tepat untuk mengatur. Setter perlu memiliki penilaian cepat dan terampil dan akurasi taktis, dan harus cepat di bergerak di sekitar pengadilan.
  2. Liberos, adalah pemain defensif yang bertanggung jawab untuk menerima serangan atau melayani. Mereka biasanya para pemain di lapangan dengan waktu reaksi tercepat dan keterampilan lewat terbaik. Libero berarti 'bebas' di Italia -mereka menerima nama ini karena mereka memiliki kemampuan untuk menggantikan pemain lain di lapangan selama setiap bermain. Mereka tidak perlu menjadi tinggi, karena mereka tidak pernah bermain di net, yang memungkinkan pemain lebih pendek dengan melewati kuat dan keterampilan defensif untuk unggul dalam posisi dan memainkan peran penting dalam keberhasilan tim. Seorang pemain yang ditunjuk sebagai libero untuk pertandingan mungkin tidak memainkan peran lain selama pertandingan itu. Liberos memakai jersey warna yang berbeda dari rekan satu tim mereka.
  3. Blocker tengah atau hitter Tengah, adalah pemain yang dapat melakukan serangan yang sangat cepat yang biasanya terjadi di dekat setter. Mereka mengkhususkan diri dalam pemblokiran, karena mereka harus berusaha untuk menghentikan memainkan sama cepat dari lawan-lawan mereka dan kemudian cepat membuat blok ganda di sisi pengadilan. Dalam non-pemula bermain, setiap tim akan memiliki dua hitter tengah.
  4. Hitter luar atau hitter sisi kiri menyerang dari dekat antena kiri. Luar hitter biasanya pemukul paling konsisten di tim dan mendapatkan yang paling set. Akurat pertama melewati biasanya menghasilkan satu set dengan pemukul luar daripada tengah atau sebaliknya. Karena kebanyakan set ke luar tinggi, luar pemukul dapat mengambil pendekatan yang lebih panjang, selalu dimulai dari luar sampingan pengadilan. Dalam non-pemula bermain, ada lagi dua hitter luar pada setiap tim dalam setiap pertandingan.
  5. Hitter berlawanan atau hitter sisi kanan membawa beban kerja defensif untuk tim voli di barisan depan. Tanggung jawab utama mereka adalah untuk memasang blok terbentuk dengan baik terhadap Hitters luar lawan 'dan berfungsi sebagai setter cadangan. Set untuk sebaliknya biasanya pergi ke sisi kanan antena.
Untuk membuat memainkan darurat, ada lima teknik umum yang bisa dilakukan yaitu :
1. Collapse.
Dari posisi defensif yang rendah, pemain mungkin runtuh ke tanah untuk membuat langkah detik terakhir untuk bermain bola. Keruntuhan digunakan paling sering ketika bola jatuh pendek daripada yang diantisipasi.

2. Sprawl.
Mengantisipasi bola jatuh di depan mereka, bek mungkin menggunakan teknik luas untuk mengambil terjang ke depan dan mencapai untuk membuat drama.
Luas teknik voli sama seperti runtuhnya kecuali bek memiliki waktu untuk mengambil langkah dan mencapai.

3. Menyelam.
Hal ini mirip dengan gepeng kecuali tubuh lebih dalam posisi udara ketika membuat drama itu.

4. Pancake.
Pemain Defensive dapat melakukan pancake untuk menyelamatkan bola dari memukul lantai. Pancake ini mirip dengan gepeng kecuali jari tersebar tegas dan ditempatkan di tanah untuk memenuhi bola.
Pancaking dapat menjadi salah satu teknik voli baik bermain bola karena jika Anda melakukan pancake yang baik, Anda akan sering mendapatkan bouncing yang baik yang akan memungkinkan rekan tim Anda untuk menjaga bola dalam bermain.

5. Bahu atau roll barel. Pembela dapat sering menggunakan teknik bergulir dengan memperluas ke kanan, kiri, atau maju dalam mencoba untuk mendapatkan bola dengan bermain bola dekat dengan lantai.  
 
Substitus Pertandingan   

            Pada beberapa tingkat di mana substitusi tidak terbatas, tim akan menggunakan sebuah Spesialis Defensive di tempat atau di samping Libero. Posisi ini tidak memiliki aturan yang unik seperti posisi libero, sebaliknya, pemain ini digunakan untuk menggantikan keluar bek barisan belakang miskin menggunakan aturan substitusi biasa. Seorang spesialis defensif sering digunakan jika Anda memiliki bek pengadilan kembali sangat miskin di sisi kanan atau kiri, tapi tim Anda sudah menggunakan libero untuk mengambil Pertengahan Anda. Paling sering, situasi melibatkan tim menggunakan sisi pemain yang tepat dengan blok besar yang harus subbed keluar di barisan belakang karena mereka tidak dapat secara efektif memutar pertahanan pengadilan. Demikian pula, tim mungkin menggunakan Spesialis Melayani untuk sub keluar server miskin secara situasional. 

Formasi
Tiga formasi voli standar yang dikenal sebagai "4-2", "6-2" dan "5-1", yang mengacu pada jumlah hitter dan setter masing-masing. 4-2 adalah formasi dasar yang digunakan hanya dalam bermain pemula ', sementara 5-1 adalah jauh pembentukan yang paling umum di tingkat tinggi bermain. 

Coaching
Pelatihan untuk voli dapat diklasifikasikan dalam dua kategori utama yaitu : 
  • Pembinaan pertandingan, tujuan pembinaan pertandingan adalah untuk memenangkan pertandingan dengan mengelola strategi tim.
  • Pembinaan perkembangan, pembinaan perkembangan menekankan pengembangan pemain melalui penguatan keterampilan dasar selama latihan dikenal sebagai "latihan".
      Latihan mempromosikan pengulangan dan penyempurnaan dari gerakan bola voli, khususnya dalam pola gerak kaki, tubuh posisi relatif terhadap orang lain, dan kontak bola. Sebuah pelatih akan membangun latihan yang mensimulasikan situasi pertandingan dengan demikian kecepatan mendorong gerakan, antisipasi, waktu, komunikasi, dan kerja tim. Pada berbagai tahap karir pemain, pelatih akan menyesuaikan latihan untuk memenuhi persyaratan strategis tim. The Amerika Pelatih Voli Association adalah organisasi terbesar di dunia yang didedikasikan khusus untuk pembinaan voli. 

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS