Home » » Perkembangan dan Sejarah Olahraga di Indonesia, The history of Sports in Indonesia

Perkembangan dan Sejarah Olahraga di Indonesia, The history of Sports in Indonesia

Posted by berbagaireviews.com on 23 Oktober 2014

Perkembangan Olahraga Di Indonesia.

          Mengenal olahraga sepertinya tidak asing bagi kita, malah sering terbiasa melakukan hal ini, namun kita tidak pernah melakukannya secara teratur atau belum melakukan secara kompetisi. Dan juga belum memberi nama dari sebuah gerakan tersebut. Dalam sejarah dan perkembangan olahraga di Indonesia kita akan dapat menarik suatu garis yang kian lama kian menanjak. Masyarakat Indonesia yang dinamis akan mengakui bahwa persekutuan hidup itu hidup dan tidak hanya mengalami pengaruh pikiran dan kemampuan manusia individu saja bahkan juga mengalami pengaruh zaman dalam perkembangan ilmu pengetahuan modern seperti sekarang ini.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) saat pembangunan.
     
       Olahraga memberi kesempatan yang sangat baik untuk menyalurkan tenaga dengan jalan yang baik di dalam lingkungan persaudaraan dan persahabatan untuk persatuan yang sehat dan suasana yang akrab dan gembira. Olahraga di Indonesia yang populer baik dari partisipasi dan aspek spectating. Beberapa olahraga yang populer di Indonesia adalah bulu tangkis , sepak bola , dan seni bela diri asli Indonesia Pencak Silat . Badminton ini bisa dibilang olahraga paling sukses di Indonesia. Indonesia telah memenangkan medali emas di bulutangkis di setiap Olimpiade sejak olahraga pertama kali diperkenalkan ke Olimpiade pada tahun 1992 . Indonesia secara teratur berpartisipasi dalam Piala Thomas , Piala Uber , dan Sudirman Cup Badminton kejuaraan. Indonesia secara teratur berpartisipasi dalam daerah multi-event olahraga, seperti SEA Games , Asian Games , dan Olimpiade . 

    Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

          Di Asia Tenggara, Indonesia merupakan salah satu powerhouses olahraga utama di kawasan itu dengan memenangkan Asian Games Tenggara 10 kali sejak tahun 1977. Acara olahraga di Indonesia diselenggarakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia ( Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI). Organisasi, bersama dengan pemerintah Indonesia telah menetapkan Hari Olahraga Nasional pada 9 September. Indonesia menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional multi-olahraga acara setiap empat tahun. Peserta acara ini adalah para atlet dari seluruh provinsi di Indonesia dengan penghitungan hosting didistribusikan di antara provinsi di Indonesia.

Sekilas Sejarah Perkembangan Olahraga di Indonesia.

    Kerapan Sapi yang menyerupai olahraga.

       Dalam tradisional budaya Indonesia , tidak ada konsep yang sebenarnya untuk latihan fisik sebagai mitra modern olahraga . asli Indonesia biasanya terkait kegiatan fisik untuk praktek suku; terutama untuk ritual, seni, kebugaran fisik dan keperluan bela diri. Tarian perang dan pertempuran ritual antara suku-suku Indonesia adalah contoh paling awal dari latihan fisik ritual di Indonesia. Beberapa ritual asli Indonesia yang menyerupai olahraga, seperti Lompat batu (melompat batu) tradisi di kalangan Nias laki-laki muda sebagai bagian dari kedatangan ritual usia, yang menyerupai lari gawang dan lompat jauh di atletik. Juga Madura karapan sapi dan Minang pacu jawi (bull racing) yang mirip dengan kereta ras . Naga perahu , kano dan kayak ras adalah kegiatan sehari-hari masyarakat Indonesia hampir yang hidup di tepi sungai besar atau di pulau-pulau yang jauh.

                                                    Lompat Batu dari Nias.

        Pada abad ke-9 gambar dari panahan , digambarkan sebagai kegiatan pengadilan pangeran kalangan bangsawan di Jawa kuno, dapat ditemukan di relief Jawa candis . Panahan disarankan sebagai salah satu olahraga klasik Indonesia, dan salah satu render terkenal berasal dari Prambanan Candi sebagai bagian dari cerita Ramayana dan kemudian diberikan sebagai salah satu ikon dari Jakarta 1962 Asian Games , juga sebagai simbol dari Stadion Gelora Bung Karno.

      Pencak Silat adalah contoh asli Indonesia seni bela diri yang berubah menjadi olahraga tempur yang kompetitif. Beberapa tarian Indonesia menunjukkan gerakan berulang yang mirip dengan latihan fisik. Tarian sosial tradisional Indonesia seperti tari poco-poco dari Sulawesi Utara dan Sajojo dari Papua yang diadopsi sebagai Senam kesegaran Jasmani (musik senam ) hari ini populer di seluruh Indonesia.

     Konsep modern olahraga diperkenalkan selama kolonial Hindia Belanda periode. Selama masa ini sepak bola dan bulu tangkis telah mencapai Indonesia dan menjadi olahraga populer di kalangan eversince masyarakat Indonesia. Setelah Indonesia merdeka, Komite Olahraga Nasional Indonesia didirikan pada tahun 1946 untuk menyatukan berbagai asosiasi olahraga satelit yang telah dibuat dalam kabupaten, maka fasilitas olahraga dibangun di Indonesia, seperti Lapangan Ikada (1951-1962). Selama Sukarno pemerintahan, ada keinginan untuk memanfaatkan olahraga sebagai sarana untuk menyatukan masyarakat Indonesia, membangun kebanggaan nasional serta mempromosikan olahraga di Indonesia. Akibatnya para Stadion Gelora Bung Karno dikelilingi oleh olahraga fasilitas kompleks dibangun pada tahun 1962 untuk menjadi tuan rumah Asian Games keempat yang diadakan di Jakarta. Hari ini di panggung internasional, Indonesia berhasil dalam bulutangkis dan juga telah menjadi salah satu utama pembangkit tenaga listrik olahraga multi-event di Asia Tenggara.

Beberapa Olahraga Populer di Indonesia.

Badminton (Bulutangkis).
       Bulutangkis adalah olahraga yang paling sukses di Indonesia. Indonesia telah memenangkan medali emas di bulutangkis di setiap Olimpiade sejak olahraga pertama kali diperkenalkan ke Olimpiade pada tahun 1992, kecuali pada tahun 2012. Pada tahun 1992 , itu datang dari Alan Budikusuma di tunggal putra, dan Susi Susanti di tunggal putri. Pada 1996 , Ricky Subagja dan Rexy Mainaky mendapat medali emas di ganda putra. Pada 2000 , Candra Wijaya dan Tony Gunawan memenangkan medali emas di ganda putra. Pada 2004 , Taufik Hidayat memenangkan medali emas di tunggal putra. Pada 2008 , Indonesia meraih medali emas melalui ganda putra, Markis Kido dan Hendra Setiawan .
         
       Atlet bulutangkis Indonesia telah bermain di berbagai turnamen internasional bulutangkis di Indonesia , China , Korea , Denmark , Malaysia , Jepang , Inggris dan banyak acara internasional, termasuk Olimpiade Musim Panas sejak bulutangkis dimainkan lagi di Olimpiade 1992 . Rudy Hartono adalah legendaris Indonesia pemain bulutangkis, yang telah berhasil memenangkan gelar All England tujuh kali berturut-turut.
Dari semua negara yang berpartisipasi, Indonesia memenangkan permainan yang paling di Piala Thomas (Men Nations Kejuaraan Bulutangkis), memenangkan 13 dari 24. Selain itu, Indonesia memenangkan Piala Uber 3 kali. (Wanita Nations Badminton Championship). Indonesia juga menggelar turnamen bulu tangkis internasional sendiri, yang paling bergengsi adalah Indonesia Open yang telah diadakan setiap tahun sejak tahun 1982. 

Sepak Bola (Soccer).

   
    Sepak bola ini bisa dibilang olahraga paling populer di Indonesia . Hal ini dimainkan pada semua tingkatan, dari anak-anak laki-laki setengah baya. Indonesia Super League , liga domestik Indonesia populer. Beberapa tim utama termasuk: Persib Bandung , Persebaya Surabaya , PSM Makassar , PSMS Medan , Persija Jakarta , PSIS Semarang , Persik Kediri , Persipura Jayapura , Persiwa Wamena dan Arema Malang . Badan nasional adalah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

    Liga sepakbola Indonesia dimulai sekitar 1930 di kolonial Belanda era. Pada tahun 1993, PSSI menggabungkan 2 kompetisi amatir yang ada menjadi kompetisi profesional tunggal untuk klub sepak bola, yang dikenal sebagai Football League Indonesia ( Liga Indonesia ). Mulai dari musim 2008-09 dan seterusnya, format kompetisi berubah menjadi sistem yang lebih umum yang juga digunakan di sebagian besar liga sepak bola Eropa. Nama juga berubah menjadi Indonesia Super League.

     Di panggung internasional, Indonesia mengalami keberhasilan yang terbatas meskipun tim Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia FIFA di 1938 sebagai Hindia Belanda. Pada tahun 1956, tim sepak bola bermain di Olimpiade dan bermain imbang berjuang keras melawan Uni Soviet . Pada tingkat benua, Indonesia meraih medali perunggu sekali dalam sepak bola di Asian Games 1958 . Penampilan pertama Indonesia di Piala Asia adalah kembali 1996 . Tim nasional Indonesia selalu lolos ke Piala Asia pada 2000 , 2004 dan Piala AFC Asia 2007 , namun tidak dapat bergerak melalui tahap berikutnya.

Basket.


       Basket adalah salah satu olahraga paling populer terutama di kalangan pemuda Indonesia. Liga Bola Basket Nasional adalah liga bola basket pria unggulan di Indonesia, bersaing dengan 10 klub di seluruh negeri. Kompetisi dimulai sebagai Indonesian Basketball League (IBL) pada tahun 2003. Pada tahun 2010, Perbasi menunjuk DBL Indonesia untuk menangani kompetisi dan berubah nama liga ke National Basketball League (NBL). Hari ini, Indonesia dan Filipina adalah pembangkit tenaga listrik basket utama di Asia Tenggara. The tim basket nasional Indonesia 's sukses terbesar telah emas di 1996 Asia Tenggara Basketball Championship .

Pencak Silat.


Silat adalah seni bela diri asli Indonesia, dan Pencak Silat merupakan istilah umum untuk adat seni bela diri dibuat dalam Indonesia . The terkemuka organisasi dari pencak silat di Indonesia adalah IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia berarti Organisasi Pencak Silat Indonesia). Tubuh penghubung untuk pencak silat internasional adalah Asosiasi Internasional Pencak Silat atau PERSILAT (Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa). Ada banyak Perguruan (sekolah) dan gaya pencak silat di Indonesia.

     Pencak silat telah menjadi salah satu acara olahraga di Pekan Olahraga Nasional dan SEA Games dengan Indonesia sebagai muncul sebagai salah satu kekuatan utama dalam olahraga ini. Ini olahraga seni bela diri juga populer di Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Bersepeda.


Indonesia menjadi tuan rumah beberapa jalan internasional bersepeda wisata; seperti tahunan Tour d'Indonesia , Tour de Singkarak dan Tour de East Java . Terinspirasi oleh European Tour de France , wisata ini adalah salah satu acara bersepeda yang terhormat di kawasan Asia Tenggara dan telah menarik setempat serta tim bersepeda asing. Tour d'Indonesia biasanya dimulai di Jakarta, di pedalaman Jawa sepanjang jalan ke arah timur ke Bali , sementara Tour de Singkarak diadakan di Sumatera Barat mengadakan tur keliling Danau Singkarak . Dalam bersepeda track nomor, Indonesia juga merupakan salah satu yang terkuat di wilayah ini dan medali emas sering menang di Asia Tenggara Games. Indonesia memiliki dunia kelas velodromes di Rawamangun , Jakarta; dan Kutai Kartanegara , Kalimantan Timur , dipuji sebagai salah satu velodrome terbaik di Asia Tenggara.

      Untuk non-atlet umum Indonesia, naik sepeda dianggap sebagai moda transportasi serta olahraga rekreasi dan olahraga. Hal ini sangat populer di Indonesia, terutama selama Hari bebas kendaraan bermotor di beberapa kota. Selama akhir pekan, terutama di sekitar hari Sabtu dan Minggu pagi, pengendara sepeda berkelompok jalan utama Jakarta seperti Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman yang ditutup dari mobil, pemerintah kota mengundang penduduk setempat untuk memiliki olahraga dan kegiatan mereka di jalan. Komunitas Sepeda-to-Work didirikan di Indonesia pada tahun 2005 untuk mempromosikan cyling sebagai modus ramah murah, sehat, dan lingkungan transportasi ke tempat kerja.
Bersepeda ekstrim, seperti bersepeda gunung dan perkotaan Freestyle BMX juga populer di kalangan anak muda di kota-kota utama Indonesia.

Sepak takraw.


    Sepak takraw tersebar dari dekat Malaka seberang selat ke Kepulauan Riau dan Riau daerah di Sumatera pada awal abad ke-16, di mana ia juga disebut sebagai Sepak Raga dalam bahasa Melayu lokal, pada saat itu beberapa Sumatera daerah adalah bagian dari Kesultanan Malaka. Dari sana orang-orang Melayu yang tersebar di nusantara dan memperkenalkan permainan untuk Bugis orang di Sulawesi. Maka permainan ini dikembangkan sebagai permainan tradisional Bugis yang disebut "Raga" (para pemain disebut "Pa'Raga"). The "Raga" bisa melacak asal-usulnya dari Kesultanan Malaka, dan populer di Sulawesi Selatan sejak abad ke-19.Beberapa laki-laki bermain "Raga" dalam suatu kelompok, bola diteruskan dari satu ke yang lain dan orang yang menendang bola tertinggi adalah pemenangnya. 
      Setelah sepak takraw dikembangkan menjadi olahraga kompetitif modern di tahun 1940-an withs aturan yang tepat dan sistem penilaian, Indonesia telah menjadi salah satu kekuatan sepak takraw utama di wilayah ini, bersaing melawan Thailand dan tim Malaysia.

Australian Rules Football.


    Sepak bola Australia juga bermain di Indonesia, yang pertama kali dimainkan di Indonesia oleh tentara Australia pada tahun 1945 di Morotai dan juga Ngada. Hal ini sedang diputar di Indonesia oleh asing Australia klub di Jakarta , Bali dan klub di bawah formasi (seperti tahun 2006) di Banda Aceh , serta liga yang terdiri dari warga desa di sekitar wilayah Pancawati di Jawa Barat . Jakarta Bintangs dan Bali Geckoes teratur bersaing di Jawa-Bali Cup dan berpartisipasi dalam Sepak Bola Australia Kejuaraan Asia .
     
      Didirikan pada tahun 2003, Australian Football League Jawa Barat (WeJAFL) memiliki lebih dari 500 junior dan senior pemain lokal di kompetisi lokal. Banyaknya pemain lokal membuat negara Asia dengan tingkat partisipasi tertinggi di antara penduduk setempat, meskipun sebuah Tim Indonesia belum muncul di Football Cup International Australia .

Rugby union.


    Rugby union adalah olahraga kecil tapi tumbuh di Indonesia. Apakah terutama didirikan di Papua Barat , trailing hanya sepak bola dalam popularitas. Polo dan lainnya berkuda olahraga memiliki sejarah yang mendalam di Indonesia, dating kembali ke tahun 1930-an di era pemukiman Belanda. Setelah efek dari 1998 krisis ekonomi memudar, olahraga berkuda ini, terutama polo mendapat pengakuan dan kegembiraan di kalangan penggemar polo, berkuda dan olahraga Indonesia.

Polo.


Di Indonesia, polo diatur oleh Asosiasi Polo Indonesia yang berdiri bersama-sama dengan PP. Pordasi di bawah KONI. Tim Polo Indonesia mewakili Indonesia di 2007 South East Asian Games di Thailand dan memiliki hasil yang baik di kompetisi regional Asia Tenggara. Indonesia hanya memiliki satu lapangan polo di Nusantara Polo Club.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.