Home » » Facilities Soccer, Sarana Dan Prasarana Sepak Bola

Facilities Soccer, Sarana Dan Prasarana Sepak Bola

Posted by berbagaireviews.com on 23 Oktober 2014

Sekilas Reviews Tentang Sarana dan Prasarana Sepak Bola.


Setiap tim terdiri dari maksimal sebelas pemain (termasuk pengganti ), yang salah satunya harus menjadi kiper . Peraturan persaingan mungkin menyatakan jumlah minimum pemain yang dibutuhkan untuk membentuk sebuah tim, yang biasanya tujuh. Kiper adalah satu-satunya pemain yang diizinkan untuk bermain bola dengan tangan atau lengan mereka, asalkan mereka melakukannya dalam area penalti di depan gawang mereka sendiri. Meskipun ada berbagai posisi di mana outfield (non-kiper) pemain secara strategis ditempatkan oleh pelatih, posisi ini tidak ditentukan atau diperlukan oleh Undang-Undang.

       Peralatan atau dasar kit pemain diharuskan untuk memakai termasuk kemeja, celana pendek, kaus kaki, alas kaki dan memadai pelindung tulang kering . Sebuah pendukung atletik dan cangkir pelindung sangat dianjurkan untuk pemain laki-laki oleh para ahli medis dan profesional. Tutup kepala tidak sepotong diperlukan peralatan dasar, tapi pemain saat ini dapat memilih untuk memakainya untuk melindungi diri dari cedera kepala. Pemain dilarang memakai atau menggunakan apa-apa yang membahayakan diri sendiri atau pemain lain, seperti perhiasan atau jam tangan. Kiper harus memakai pakaian yang mudah dibedakan dari yang dipakai oleh pemain lain dan ofisial pertandingan.

        Sejumlah pemain dapat diganti dengan pengganti selama pertandingan. Jumlah maksimum substitusi diizinkan dalam pertandingan liga internasional dan domestik paling kompetitif adalah tiga, meskipun jumlah yang diizinkan dapat bervariasi dalam kompetisi lain atau dalam pertandingan persahabatan . Alasan umum untuk substitusi termasuk cedera, kelelahan, ketidakefektifan, switch taktis, atau timewasting di akhir permainan halus siap. Dalam pertandingan dewasa standar, pemain yang telah diganti mungkin tidak mengambil bagian lebih lanjut dalam sebuah pertandingan. [56] IFAB merekomendasikan "bahwa pertandingan tidak harus terus jika ada kurang dari tujuh pemain di kedua tim." Setiap keputusan mengenai poin diberikan untuk game ditinggalkan diserahkan kepada asosiasi sepak bola masing-masing.

      Sebuah permainan yang diresmikan oleh wasit , yang memiliki "otoritas penuh untuk menegakkan Hukum Permainan sehubungan dengan pertandingan yang ia telah ditunjuk" (UU 5), dan yang keputusannya bersifat final. Wasit dibantu oleh officials yang membantu wasit dan dapat menggantikan officials lain.

Sarana Dan Prasarana Sepak Bola.
a. Lapangan sepak bola.


Secara detail ukuran lapangan sepak bola sebagai berikut dan ukuran lapangan ini sudah dipergunakan dalam tingkat internasional :
  •     panjang garis samping  : 90-120 m
  •     Lebar  : 45-90 m
  •     Jari-jari lingkaran tengah : 9.15 m
  •     Daerah Gawang  : 18.3 x 5.5 m
  •     Daerah Pinalti   : 40.3 x 16.5 m
  •     Jarak titik tendangan hukuman penalti dengan garis gawang : 11 m
b. Gawang.



Gawang yang digunakan disepak bola memiliki ketentuan sebagai berikut :
gawang sepak bola dibuat dari kayu atau besi dengan ukuran sebagai berikut,
Tinggi gawang berukuran : 7,32  m
Lebar Lapangan berukuran : 2,44 m

c. Garis (Line).
1. Daerah gawang.


Dua garis ditarik tegak lurus dari garis gawang masing-masing antara tiang gawang dan sudut lapangan pada jarak 5,5 meter dari tiang masing-masing garis itu panjangnya 5,5 meter
Ujung kedua garis dihubungkan oleh suatu garis lurus sejajar dengan gawang. Empat persegi panjang yang dibatasi oleh garis-garis itu disebut gawang.

2. Daerah tendangan hukuman.


Dua garis ditarik tegak lurus dari garis gawang antara tiang gawang dengan sudut lapangan pada jarak 16,5 meter dari tiang gawang. Ujung garis itu dihubungkan dengan garis lurus sejajar dengan garis gawang. Empat persegi panjang yang dibentuk oleh garis-garis itu dengan garis gawang disebut daerah tendangan hukuman.

     Titik tendangan hukuman diukur dari titik tengah gawang tegak lurus dengan garis gawang dengan jarak 11 meter. Dengan titik tendangan hukuman sebagai pusat dan dengan jari-jari 9,15 meter, ditarik suatu busur di luar masing-masing daerah tendangan hukuman. Hanya di dalam daerah hukuman penjaga gawang boleh memainkan bola dengan tangan.

3. Daerah sudut.


Pada setiap sudut lapangan, dengan tiang bendera sudut sebagai titik pusat dibuat sebuah busur seperempat lingkaran dengan jari-jari 1 meter. Tinggi tiang bendera sudut tidak boleh kurang dari 1,5 meter.

d. Bola (Ball).


Bola bola dengan keliling antara 68 dan 70 cm (27 dan 28 in), berat di kisaran 410-450 gram (14 sampai 16 oz), dan tekanan antara 0,6 dan 1,1 bar (8,5 dan 15,6 psi) di permukaan laut. Di masa lalu bola terdiri dari panel kulit dijahit bersama-sama, dengan kandung kemih lateks untuk tekanan udara, tapi bola modern pada semua tingkat permainan sekarang sintetis.
Bola yang dipergunakan dalam bermain sepak bola memiliki ketentuan sebagai berikut :
Detailnya bola berbentuk bulat dari bahan kulit atau bahan lain yang dapat dipergunakan,
keliling bola     : 68-71 cm
Tekanan udara : 0,60-0,70 atm
Berat Bola       : 396-453 Gram
Sekilas tentang Pitch

d. Perlengkapan pemain.


Setiap regu harus berseragam dan bernomor kecuali penjaga gawang harus memakai pakaian yang berlainan dari regunya sendiri atau regu lain. Jika terjadi persamaan dalam seragam dalam satu pertandingan, maka tim tamu harus mengganti pakaiannya.
Berikut perlengkapan pemain yang diperlukan :
  • Baju dengan lengan pendek atau panjang dibuat dari bahan yang mudah menyerap keringat
  • Celana olahraga
  • Kaos kaki
  • Sepatu bola
  • Pelindung tulang kering (shin guard)
  • Pengikat pergelangan kaki (ankle supportes).
Sekilas tentang Pitch pada Sepak Bola.
      Sebagai Hukum yang dirumuskan di Inggris, dan pada awalnya dikelola sendiri oleh empat asosiasi sepakbola Inggris dalam IFAB , dimensi standar lapangan sepakbola awalnya dinyatakan dalam satuan imperial . Hukum sekarang mengekspresikan dimensi dengan perkiraan metrik setara (diikuti oleh unit-unit tradisional dalam kurung), meskipun penggunaan populer cenderung untuk terus menggunakan unit tradisional di negara berbahasa Inggris dengan sejarah yang relatif baru dari metrikasi (atau hanya metrikasi parsial), seperti Inggris .
          Panjang lapangan untuk pertandingan dewasa internasional di kisaran 100-110 m (110-120 yd) dan lebarnya adalah dalam kisaran 64-75 m (70-80 yd). Fields untuk pertandingan non-internasional mungkin 90-120 m (100-130 yd) panjang dan 45-90 m (50-100 yd) lebar, asalkan lapangan tidak menjadi persegi. Pada tahun 2008, IFAB awalnya disetujui ukuran tetap dari 105 m (344 kaki) dan 68 m (223 kaki) lebar sebagai dimensi lapangan standar untuk pertandingan internasional, Namun, keputusan ini kemudian ditunda dan tidak pernah benar-benar dilaksanakan.

Garis batas lagi adalah touchlines, sedangkan batas-batas yang lebih pendek (di mana tujuan ditempatkan) adalah garis gawang. Tujuan persegi panjang diposisikan di tengah-tengah setiap garis gawang. Tepi bagian dalam tiang gawang vertikal harus 7.32 m (8 yd) terpisah, dan tepi bawah mistar gawang horisontal didukung oleh tiang gawang harus 2.44 m (8 kaki) di atas tanah. Nets biasanya ditempatkan di belakang gawang, tetapi tidak diperlukan oleh Undang-Undang.

    Di depan gawang adalah area penalti. Daerah ini ditandai dengan garis gawang, dua baris yang dimulai di garis gawang 16,5 m (18 yd) dari tiang gawang dan memperluas 16,5 m (18 yd) ke lapangan tegak lurus terhadap garis gawang, dan garis bergabung dengan mereka. Daerah ini memiliki sejumlah fungsi, yang paling menonjol untuk menandai di mana kiper dapat menangani bola dan di mana hukuman pelanggaran oleh anggota dari tim yang bertahan menjadi diancam dengan tendangan penalti. Tanda-tanda lain menentukan posisi bola atau pemain di kick-off , tendangan gawang, tendangan penalti dan tendangan sudut

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS