Ratatouille Masakan Prancis | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

15 Mei 2022

Ratatouille Masakan Prancis

| 15 Mei 2022
cara membuat masakan ratatouille


Ratatouille merupakan jenis makanan yang bisa dikonsumsi dalam kondisi panas, dingin maupun dalam suhu ruangan. Keunikan dari ratatouille sendiri adalah kesederhanaannya. Seluruh bahan-bahan yang segar dijadikan menjadi satu bagian dan di tumis hingga masak dan menjadikannya makanan yang sangat mudah untuk disiapkan. Memasak ratatouille dengan resep tradisional yang tak sulit, masing-masing sayuran bahan pelengkap ratatouille direbus secara terpisah hingga berwarna sedikit kecoklatan. Pertama masukan bawang, tomat, bubuk lada dan bubuk bawang putih setelah itu terong bisa dimasukan dan terakhir adalah timun jepang. Apabila kamu menyukai rasa yang lebih pedas maka bubuk lada pedas bisa ditambahkan.


Deskripsi Ratatouille

Ratatouille adalah jenis masakan Provence yang berasal dari daerah Nice. Dalam bahasa Perancis, makanan ini umum disebut sebagai ratatouille niçoise. Makanan ini adalah semacam semur yang terdiri dari berbagai macam sayuran dan biasanya dimakan dengan nasi, kentang atau roti Perancis.

Ratatouille berasal dari daerah Nice dan sekitarnya. Makanan ini aslinya adalah makanan para petani miskin yang dimasak pada musim panas dengan sayuran musim panas. Ratatouille yang asli tidak memuat terong (yang bukan sayuran musim panas seperi sayuran lainnya). Isinya adalah courgette atau zucchini (semacam ketimun), tomat, cabai merah dan hijau, bawang dan bawang putih. Seringkali ratatouille yang dikenal sekarang menambahkan terong.

Ratatouille merupakan hidangan semacam semur yang terdiri dari berbagai macam sayuran, khas Prancis. Biasanya hidangan yang menarik dan penuh warna ini disajikan bersama nasi, kentang atau pun roti Prancis. Ratatouille sendiri berasal dari Pronvence, yang berada di daerah Nice dan sekitarnya. Menurut sejarah, nama ratatouille dikenal di Prancis pada tahun 1778. Kata tersebut berasal dari kata slang yang berarti "chunky stew", sedangkan kata "tatouille" berarti diaduk.

Konon, santapan ini sebenarnya merupakan hidangan para petani miskin yang tak jarang dimasak pada musim panas dengan sayuran musim panas. Sayuran tersebut seperti ketimun, tomat, cabai merah atau hijau, bawang merah dan bawang putih. Namun, kini sajian tersebut kerap ditambahkan terong, meski terong bukan termasuk sayuran musim panas.

Ratatouille biasanya disajikan sebagai hidangan penutup, namun jika hendak disajikan sebagai menu utama, maka ratatouille ini disajikan bersama udang jumbo atau ikan sebagai penggantinya.

Menurut sejarahnya, nama ratatouille mulai dikenal di Perancis sekitar tahun 1778. Rata sendiri berasal dari kata slang yang berarti chunky stew sedangkan kata tatouiller atau ratouiller berarti diaduk. Ratatouille sendiri memang jenis makanan vegetarian yang menyajikan kelezatan lebih dari sekedar sayur mayur. Walaupun ratatouille terdiri dari jenis sayuran namun cita rasanya yang lezat membuatnya menjadi makanan utama yang tak kalah pamor dengan daging, ayam dan makanan laut.


Dengan warnanya yang meriah dan penyajiannya yang unik, ratatouille sering disebut sebagai ratunya makanan vegetarian. Ratatouille juga biasa disajikan sebagai makanan penutup dan apabila hendak dijadikan makanan utama maka biasanya ratatouille disajikan dengan udang berukuran jumbo atau ikan. Sungguh makanan yang sangat sehat dan bisa dijadikan pilihan untuk yang menghindari makanan dengan kolesterol tinggi.

Ratatouille  bisa disandingkan bersama berbagai daging, ikan yang digrill, dimasukkan kedalam gulungan ayam, bahkan bisa juga dengan tumisan daging yang dilumuri saus keju. maka tidak heran jika para chef biasanya menyajikan ratatouille sebagai makanan dan menu utama diberbagai negara, walaupun sejatinya ratatouille adalah makanan penutup. sungguh, ratatuoille adalah hidangan yang sangat menggugah selera dan tentunya juga merupakan hidangan yang sangat sehat karena adanya berbagai macam sayuran didalamnya. maka, tidak diragukan lagi jika ratatuoille adalah "ratunya makanan vegetarian khas perancis. 

Pada dasarnya cara memasak makanan tradisional Perancis ini sama saja namun penyajiannya yang beragam. Ratatouille bisa disajikan dingin bersama salad, dengan keju parut sebagai hiasan atau bisa disajikan bersama dengan sup.

Ratatouille masuk ke segala jenis makanan tambahan, bisa bersama dengan daging kambing bakar, ikan yang digrill setengah matang, digulung kedalam dada ayam bahkan bersama dengan tumis daging dlumuri dengan saus keju. Para chef biasanya menyajikan ratatouille sebagai makanan penutup namun di beberapa negara, menu ini menjadi makanan utama dan disajikan bersama dengan roti perancis dan anggur merah. Sungguh hidangan yang sangat menggugah selera dan tentunya juga menjaga tubuh kamu tetap sehat.


Cara Pembuatan Ratatouille

Bahan - bahan

Berikut ini bahan-bahan untuk membuat ratatouile.

a. 2 buah terung ungu, iris bulat setebal 1 1/2 cm

b. 1 buah bawang bombay, iris panjang

c. 2 siung bawang putih, cincang halus

d. 1 buah paprika merah, buang bijinya dan potong dadu

e. 1 buah paprika kuning, buang bijinya dan potong dadu

f. 1 buah zucchini, potong tebal 1 cm

g. 200 gram tomat merah, buang biji dan cincang kasar

h. 1 sendok teh mixed herbs

i. 1 sendok teh garam

j. 1/2 sendok teh merica hitam kasar

k. 1 sendok makan minyak zaitun, untuk olesan

l. 2 sendok makan minyak zaitun, untuk menumis 


Alat - alat dapur membuat resep ratatouille 

a. Pisau

b. Talenan

c. Wajan

d. Kompor

e. Spatula

f. Tisu Dapur

g. Pinggan Tahan Panas

h. Sendok

i. Garpu

j. Alumunium Foil

k. Oven

l. Piring


Cara Memasak Ratatouille 

  1. Pertama tentunya kamu harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti cabai merah, tomat, paprika, timun, lada hitam, saus tomat, zukini, bawang merah putih, bawang bombay dan terong 
  2. Kemudian potong tomat, zukini, dan terong secara tipis-tipis, sisihkan sebentar lalu tumis bawang putih dan bombay hingga mengeluarkan aroma harum. Kemudian, tambahkan paprika, masak hingga layu. Tambahkan saut tomat, gula, garam, dan lada, aduk sampai rata untuk digunakan sebagai olesan 
  3. Tata potongan bahan tadi secara melingkar atau agar lebih mudah bisa menggunakan tempat yang sudah berbentuk bundar. Lalu campurkan  bahan olesan dalam satu wadah. Oleskan juga di atas potongan sayuran yang sudah disusun, kemudian tutup dengan alumunium foil. 
  4. Setelah ditutup, masukkan ke dalam oven selama 40menit dengan suhu 190 derajat celcius dan tunggu hingga hidangan matang. 
  5. Setelah matang, angkat dan sajikan.  Ratatouille siap untuk dinikmati. 


Penutup

Ratatouille merupakan hidangan para petani miskin yang tak jarang dimasak pada musim panas dengan sayuran musim panas. Sayuran tersebut seperti ketimun, tomat, cabai merah atau hijau, bawang merah dan bawang putih. Namun, kini sajian tersebut kerap ditambahkan terong, meski terong bukan termasuk sayuran musim panas.

Ratatouille biasanya disajikan sebagai hidangan penutup, namun jika hendak disajikan sebagai menu utama, maka ratatouille ini disajikan bersama udang jumbo atau ikan sebagai penggantinya.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar