Teks Laporan Hasil Percobaan | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

9 Januari 2022

Teks Laporan Hasil Percobaan

| 9 Januari 2022
laporan percobaan


Kesempatan kali ini berbagaireviews.com akan memaparkan seputar Teks Laporan  Hasil Percobaan. Teks laporan hasil percobaan merupakan suatu jenis teks yang menceritakan tentang percobaan. Percobaan tersebut bisa dilakukan oleh penulis atau orang yang melakukan percobaan.


Pengertian Teks Percobaan 

Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi paparan tentang tujuan, proses, dan hasil percobaan. Teks laporan percobaan merupakan teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh peneliti.

Secara umum, teks laporan percobaan digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum. Teks ini biasanya berisi paparan data secara terperinci, hasil praktik, pengamatan, dan penelitian.

Dalam penulisan hasil percobaan harus ditulis secara jelas, lengkap, dan tidak bertele-tele. Hal itu agar para pembaca tidak bingung dan dapat memahami isi teks dengan baik. Pemakaian bahasa, istilah, dan kata-kata dalam teks laporan hasil percobaan harus mudah dipahami, dicerna, dan dimengerti dengan jelas jelas.


Tujuan Teks Laporan Hasil Percobaan 

Teks laporan percobaan umumnya digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum. Adapun tujuan teks laporan hasil percobaan adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hasil percobaan yang telah dibuat. Teks laporan hasil percobaan bersifat umum atau universal. Teks laporan hasil percobaan juga menjadi satu di antara bentuk komunikasi ilmiah secara tidak langsung dengan orang lain. Disusun berdasarkan hasil percobaan, pengamatan, penelitian serta pemecahannya.


Ciri - Ciri Teks Laporan Hasil Percobaan

  • Pembahasan masalah teks laporan hasil percobaan dikemukakan secara objektif sesuai realitas atau fakta dan kebenarannya dapat diuji.
  • Disusun berdasarkan struktur isi teks secara runtut dan sistematis.
  • Menggunakan bahasa ilmiah baku, jelas, komunikatif, dan logis.
  • Ditulis dengan data lengkap sebagai pendukung laporan.
  • Dibuat menarik dan interaktif.
  • Menuntaskan masalah-masalah yang dimunculkan secara terperinci dan lengkap.


Struktur Teks Laporan Hasil Percobaan

Secara garis besar, struktur teks laporan hasil percobaan sama halnya sistematika penulisan karya ilmiah. Struktur teks laporan hasil percobaan terdiri dari lima bagian, yakni:

1. Pendahuluan

Pendahuluan bertujuan mengantarkan pembaca pada pokok bahasan dalam teks hasil percobaan. Bagian pendahuluan terdiri dari tiga unsur, yaitu latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan penulisan melakukan percobaan.

2. Kajian Pustaka

Landasan teori merupakan paparan teori-teori yang dipilih. Landasan teori harus mempunyai relevansi dengan alternatif penyelesaian masalah yang dipilih dan disusun secara sistematis.

3. Metode Percobaan

Metode percobaan adalah langkah dan prosedur yang dilakukan dalam pengumpulan data atau informasi guna memecahkan permasalahan serta menguji hipotesis. Dalam metode percobaan tersebut di dalamnya berisi: penentuan subjek percobaan, penentuan sampel yang akan digunakan, metode pengumpulan data, alat pengukuran, bahan-bahan yang dipakai, alat perlengkapan yang digunakan, dan metode analisis.

4. Paparan Data Hasil Percobaan

Paparan data dan hasil percobaan adalah hasil yang ditemukan dan terjadi dalam percobaan. Data yang telah diperoleh disusun sebagai laporan percobaan secara ringkas dan sistematis.Apabila data berupa data kuantitatif (angka) penyajian laporan hasil percobaan berbentuk tabel, diagram, atau grafik.

5. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan intisari dari hasil percobaan dan pembahasan. Kesimpulan yang dibuat harus menjawab rumusan masalah yang diajukan sebelum percobaan dilakukan.


Langkah - Langkah Menyusun Teks Laporan Hasil Percobaan

1. Judul percobaan

Tuliskan judul dari percobaan yang dilakukan, diawali dengan huruf kapital tiap awal kata, dengan letak di tengah baris.

2. Tujuan percobaan

Tuliskan tujuan percobaan yang dilakukan.

3. Kajian teori

Tuliskan landasan teori yang mendasari percobaan yang dilakukan, dengan mencari pada sumber belajar atau buku-buku pelajaran atau diakses di internet.

4. Alat dan bahan

Tuliskan alat-alat dan bahan yang memang benar digunakan pada saat percobaan.

5. Prosedur/cara kerja.

Sampaikan cara kerja dengan kalimat aktif, bukan kalimat perintah.

6. Hasil pengamatan

Tuliskan hasil pengamatan sesuai apa yang didapatkan saat percobaan. Data dapat ditulis secara deskriptif atau dalam bentuk tabel hasil pengamatan.

7. Analisis data dan pembahasan.

Pada saat melakukan analisis data diperlukan pikiran kritis dan penerapan teori yang telah ditulis dengan memadukan hasil pengamatan. Hasil dibahas secara deskriptif atau perhitungan (jika ada), dengan menerapkan konsep yang ada serta menggunakan teori dan tinjauan dari berbagai sudut pandang.

8. Kesimpulan dan saran.

Tuliskan kesimpulan dengan ringkas sesuai tujuan percobaan. Kesimpulan merupakan jawaban dari hipotesis yang diajukan.

9. Daftar pustaka.

Tuliskan pustaka (buku) yang telah dibaca sebagai sumber bacaan atau belajar. Penulisan daftar pustaka mengikuti pedoman yang telah diberikan.


Contoh Teks Laporan Hasil Percobaan 

Membuat Slime Tanpa Borax


teks laporan hasil percobaan


Tujuan

Slime adalah cairan kental yang menggumpal dan dapat dimainkan. Slime ini memiliki struktur dan bentuk yang lembut, elastis, kenyal, dan sangat asik untuk dimainkan. Tujuan pembuatan slime ini agar kita menjadi lebih kreatif dan bisa berinovasi dalam hal kreatifitas. Slime ini cara membuatnya sangat mudah sekali sehingga sangat menghemat uang Anda.

Alat dan Bahan :

  • Lem povinal secukupnya
  • Rinso bubuk secukupnya
  • Soklin lantai secukupnya
  • Alat pengaduk (bisa dengan mixer, sendok, atau tangan)
  • Air secukupnya
  • Rinso cair secukupnya
  • Wadah tempat slime (berupa baskom atau lainnya)


Langkah - Langkah :

  1. Campurkan terlebih dahulu lem povinal, soklin lantai, rinso cair, rinso bubuk, dan air secukupnya saja ke dalam wadah slime, campuran ini biasa disebut dengan activator.
  2. Berikutnya aduklah campuran tersebut sampai tercampur rata.

  1. Tambahkan lem povinal di tempat campuran aktivator.
  2. Kemudian aduk lagi sehingga struktur atau bentuknya akan menggumpal.
  3. Masukkan ke dalam freezer 5-10 menit.
  4. Kemudian keluarkan setelah 5-10 menit.
  5. Aduklah lagi sampai kira-kira bisa untuk dimainkan.
  6. Slime siap untuk kamu gunakan.


Hasil :

Kini kamu memiliki slime yang aman untuk dimainkan tanpa menggunakan borax. Slime ini sangat populer di kalangan anak-anak pada saat ini.

Kesimpulan :

Dengan membuat slime sendiri, pengetahuan dan kreativitas kamu akan bertambah. Disisi lain juga dapat menghemat uang dan mendapatkan slime yang lebih aman jika terkena kulit karena tidak mengandung borax.


Membuat Sabun Mandi


teks laporan percobaan


Tujuan 

Sabun merupakan kebutuhan manusia yang biasa digunakan untuk membersihkan diri (mandi). Banyak orang yang memilih membeli sabun yang ada dipasaran. Padahal kita bisa membuat sabun sendiri lho dengan menggunakan lidah buaya. Tujuan dari pembuatan sabun dengan menggunakan lidah buaya ini adalah untuk menambah wawasan kita tentang bagaimana cara membuat sabun. Kemudian kita juga belajar mengenai pentingnya keamanan dari sabun itu sendiri

Alat dan Bahan :

  • Lidah buaya
  • Pewangi
  • Pisau
  • Sendok sayur
  • Air
  • Saringan
  • Panci

Langkah-Langkah :

  • Cuci terlebih dahulu lidah buaya sampai benar-benar bersih.
  • Kemudian potong lidah buaya dengan potongan kecil-kecil.
  • Lalu peras lidah buaya yang sudah dipotong tersebut hingga seratnya keluar.
  • Tambahkan sedikit air dan pewangi secukupnya saja.
  • Aduklah sampai semua bahan tercampur rata.
  • Setalah campuran tersebut mengembang, tambahkan sabun cair. Cairan tersebut sudah bisa untuk digunakan (jika ingin sabun cair)
  • Jika kamu ingin membuat sabun batangan, maka simpanlah kedalam lemari pendingin.
  • Setelah membuka keluarkan sabun tersebut dari dalam lemari pendingin, dan sabun lidah buaya siap untuk digunakan.

Hasil :

Sabun mandi yang terbuat dari lidah buaya telah berhasil dibuat. Selain itu juga terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh dan kulit kita. Hal itu dikarenakan kandungan dan manfaat dari lidah buaya sangat banyak sekali. Salah satunya membuat kulit menjadi lebih segar.

Kesimpulan :

Sabun lidah buaya sangat ramah lingkungan dan sangat mudah untuk dibuat. Selain itu juga terbukti bermanfaat bagi tubuh karena membuat kulit menjadi lebih segar.


Demikianlah artikel yang berjudul "Teks Laporan Hasil Percobaan". Jika ada kesalahan ataupun kekurangannya silahkan ditambahkan pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah singgah di berbagaireviews.com, semoga bermanfaat.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar