Safety Warehouse Dalam Operasi Pergudangan. | berbagaireviews.com

4 Januari 2022

Safety Warehouse Dalam Operasi Pergudangan.

| 4 Januari 2022

 

safety warehouse


Hampir semua perusahaan memiliki fasilitas dan aktivitas pergudangan yang skalanya bervariasi mulai dari operasi pergudangan yang sangat kecil yang hanya memanfaatkan salah satu ruangan dalam bangunan sampai pada skala yang sangat besar yang memerlukan puluhan hektar. 

Karena gudang ini dijadikan sebagai tempat penyimpanan bahan-bahan penting. Penyimpanan dan penanganan barang yang efektif dan efisien perlu dipahami agar fungsi gudang bisa lebih ditingkatkan. Dalam pergudangan terdapat operasi pergudangan yang merupakan salah satu kegiatan pendukung usaha perusahaan yang memegang peranan cukup penting.


Pengertian Operasi Pergudangan

Operasi pergudangan merupakan salah satu kegiatan pendukung usaha perusahaan yang memegang oeranan cukup penting. Hampir semua perusahaan memiliki fasilitas dan aktivitas pergudangan yang skalanya bervariasi mulai dari operasi pergudangan yang sangat kecil yang hanya memanfaatkan salag sat ruangan dalam bangunan sampai pada skala yang sangat besar yang memerlukkan lahan puluhan hektar. Dari segi operasionalnya juga demikian yakni dari operasi pergudangan yang sangat sederhana sampai pada operasi yang cukup kompleks yang menggunakan berbagai peralatan dan mesin-mesin pendukung. 

Pergudangan memiliki potensi resiko yang dapat merugikan perusahaan akibat kecelakaan yang menyebabkan cidera pada pekerjanya, kerusakan pada barang yang disiman sampai pada kerusakan pada keseluruhan bangunan dan isinya. Bila haal ini terjadi, kerugian yang diderita bisa sangat berarti bahkan dapat mengganggu kelangsungan keseluruhan operasi erusahaan dan keuntungan perusahaan dalam jangka panjang.  

Potensi  resiko kerugian tersebut dimungkinkan kaerena adanya beberapa proses dan aktivitas kerja sebagai berikut :

  • Penanganan material termasuk bahan kimia berbahaya
  • Angkat angut dengan forkloft dan operassi bongkar muat
  • Pengisian bartei dan bahan bakar
  • Permesinan seperti konveyor
  • Pekerjaan di ketinggian
  • Jaringan listrik dan kelistrikan

Penanganan yang baik dan efektif terhadap aspek keselamatan dan kesehatan kerja dalam operasi pergudangan sangat bermanfaat untuk meminimalkan potensi resiko kerugian sebagaimana disebutkan atas. Manfaaat yang lainnya yanng didapatkan adalah  perbaikan moral.


Definisi Safety Warehouse


pergudangan


  Warehouse adalah sebuah tempat untuk menyimpan berbagai macam aset perusahaan, baik material, barang setengah jadi  (work in process), barang jadi (finished good), sparepart, bahan-bahan kimia dsb. Tempat ini dikatakan sebagai salag satu elemen yang sangat vital bagi sebuah perusahaan, karena gudang ini dijadikan sebagai tempat penyimpanan bahan-bahan penting. Penyimpanan dan penanganan barang yang efektif dan efisien perlu dipahami agar fungsi gudang bisa lebih meningkat.


Jenis - Jenis Safety Warehouse

  • Storage and Building Safety: Pengaman gudang dari bahaya kebakaran,bahaya listrik, penumpukan yang aman safety, warehouse layout, aisles,maksimum tumpukan, cara penyimpanan yang benar, pengamanan. 
  • Packaging Safety: Bentuk-bentuk pengepakan,labeling,tanda-tanda material handling dan label barang berbahaya,syarat-syarat pengepakan barang-barang berbahaya. 
  • Dangerous Good Storage: Material Safety data sheet (MSDS),syarat-syarat gudang dan alat bantu untuk menyimpan barang-barang berbahaya,cara penyimpanan dan penumpukan yang benar. 
  • Mobile Crane and Bridge Crane Operation and Safety pemahaman tentang beban kerja aman,proseduroperasi, cara pengikatan barang,penyebab kecelakaan dan cara menghindarinya. 
  • Forklift Truck Operation and Safety pemahaman tentang beban kerja aman,produsen operasi penyebab kecelakaan dan cara menghindarinya Poster, Effective Safety Communication. 


Tujuan Safety Warehouse

  • Membentuk pelatihan untuk memanage gudang dalam bingkai kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.
  • Daapat mengetahui potensi dari kecelakaan kerja yang dapat muncul di pergudangan (warehouse). 
  • Membuat strategi teknis dalam menghindari setiap potensi kecelakaan yang mungkin terjadi di pergudangan. 
  • Mampu merancang pergudangan yang aman, ergonomis dan nyaman untuk dapat meningkatkan keselamatan kerja di pergudangan. 


Dampak dari Safety Waarehouse

  1. Material Berbahaya Hanya karena perusahaan tidak menyimpan produk yang diketahui memiliki bahan berbahaya di gudang, bukan berarti karyawan gudang dapat mengabaikan keamanan material handling. Sejumlah kecil cairan yang mudah terbakar perlu disimpan dengan benar sehingga tidak menimbulkan kebakaran akibat bocor ataupun retak. Disinilah peran tim inspeksi dan pemeliharaan diperkukan secara rutin untuk mengecek kualitas rak, material penyangga, material kemasan, dan lainnya yang termasuk dalam kategori ini.
  2. Bahaya Lalu Lintas Forklift Operator forklift yang sudah bersertifikat dan terlatih dengan baik tentunya sudah mengetahui praktik terbaik untuk menghindari bahaya tabrakan dengan forklift ataupun pejalan kaki di area gudang. Praktik keselamatan umum dalam menggunakan forklift meliputi tetap melaju di bagian tengah gang, selalu berhenti terlebih dahulu di persimpangan, menggunakan kaca spion yang tersedia, menjaga jarak aman dari forklift lain, menjalankan forklift dengan kecepatan yang tepat, dan memastikan setiap tumpahan di lantai segera dibersihkan. Hal-hal tersebut dapat membantu mencegah kecelakaan kerja akibat benturan langsung, tetapi ingatlah bahwa selalu ada ruang untuk kesalahan manusia (human error). Oleh karena itu, dibutuhkan pengamanan tertentu yang dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya faktor human error ini, serta mengurangi resiko cedera akibat kontak tidak langsung (misalnya, forklift menabrak rak barang yang kemudian menimpa pekerja di sekitarnya).
  3. Bahaya Jatuh Dikarenakan sebagian besar pekerjaan di fasilitas gudang dilakukan di permukaan lantai, maka perlindungan terhadap bahaya jatuh terkadang masih belum menjadi pertimbangan. Sebagai contoh, penggunaan forklift mungkin memang lebih aman dalam menempatkan produk di tempat rak yang tinggi 4 dan lebih mudah untuk mengambilnya kembali. Tetapi di beberapa fasilitas gudang yang belum memiliki forklift, pengambilan barang secara manual menggunakan tangga dan palet tangan menimbulkan tantangan tersendiri. Bahkan di beberapa operasional gudang, penempataan pekerja diatas rak menjadi hal umum untuk mengambil, meletakkan, ataupun merapikan barang. Aktivitas di ketinggian ini berpotensi menimbulkan bahaya jatuh. Oleh karena itu, alat pelindung jatuh (fall protection) sangat dibutuhkan oleh pekerja yang bersangkutan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



Demikianlah artikel tentang Safety warehouse dalam operasi pergudangan. Jika ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini. berbagaireviews.com menguccapkan mohon maaf dan silahkan tinggalkan komentar untuk perbaikan yang akan datang. Terima kasih sudah mampir di berbagaireviews.com, semoga bermanfaat.

Related Posts

1 komentar:

  1. This class will cowl Geometric Dimensioning and Tolerance, applied math expertise including geometry and trigonometry, and CNC Machine programming, set-up, and operation. Employers recruit from South’sGeorgetown Campusevery quarter, in search of candidates desperate to work and learn. Our weekend program conveniently dovetails with work shifts, permitting college students to complete their certificates whereas working full-time. Machining expertise are offered aspect by aspect with store math in a hands-on, supportive setting that encourages critical pondering and problem-solving. "They are in good faith training people on the proper approach to program, Sweater Dresses setup, and operate CNC machines."

    BalasHapus