20 September 2020

Masker Lidah Buaya, Cara Membuat, Bahan, Kandungan dan Manfaat Masker Lidah Buaya.

| 20 September 2020
masker lidah buaya asli


Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman berwarna hijau, memiliki duri pada sisi samping kulitnya dengan bercak kekuningan dan bentuknya agak meruncing di bagian ujung. Tumbuhan ini mempunyai daging tebal dan banyak mengandung gel atau getah. Lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Ada cara membuat masker lidah buaya yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit.

Daging dan getahnyalah yang biasa diolah sebagai obat herbal atau produk kecantikan. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa lidah buaya kaya akan senyawa dan nutrisi penting yang baik untuk tubuh. Beberapa daftar komponen aktif yang terkandung dalam lidah buaya adalah:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin B12
  • Asam folat
  • Kolin
  • Kalsium
  • Tembaga
  • Magnesium
  • Kalium
  • Mangan
  • Natrium
  • Seng
  • Tembaga

Lidah buaya juga mengandung delapan enzim yang semuanya membantu mengurangi peradangan di kulit dan pemecahan gula dan lemak di dalam tubuh. Bahkan, lidah buaya diketahui mengandung tujuh dari delapan asam amino esensial yang baik untuk tubuh. Tak berhenti di situ. Penelitian juga menemukan bahwa lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki sifat antiradang, antiseptik, antivirus, antibakteri, dan analgesik.


Cara Membuat Masker Lidah Buaya.

Lidah buaya mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, dan E pada lidah buaya, dapat menjadi bahan yang bagus untuk masker wajah buatan kamu sendiri. Lidah buaya bukan obat ajaib untuk semua kondisi kulit, lidah buaya dapat membantu membuat kulit kamu lebih fresh, mengurangi peradangan dan noda, melembabkan, mengurangi tanda-tanda penuaan, mengatasi jerawat, ruam, iritasi kulit, gatal akibat gigitan serangga dan reaksi alergi, bekas luka, hingga gejala psoriasis. 

1.Masker lidah buaya alami

Siapkan lidah buaya dan cuci sampai benar-benar bersih. Kupas lidah buaya dan ambil daging buahnya yang berwarna putih bening. Pastikan wajahmu sudah bersih. Oleskan daging lidah buaya tersebut secara merata di seluruh permukaan kulit wajah. Saat mengoleskan masker lidah buaya, gunakan kuas masker untuk menyebarkan lapisan merata ke dahi, pipi, dagu, dan hidung. Tunggu sekitar 15-20 menit agar gel lidah buaya meresap ke kulit. Bilas wajah kamu sampai bersih.

2. Masker glowing lidah buaya dan pepaya

Pepaya membuat kulit kamu terlihat bercahaya dan dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Sedangkan bubuk kokoa melembabkan kulit wajah kamu. Bahan-bahan untuk membuat masker ini adalah 1 sdm bubuk kakao, ¼ buah papaya, dan sekitar 1 sdt gel lidah buaya. Setelah semua bahan siap, ini cara membuat masker lidah buaya untuk bikin wajah glowing.

  • Potong pepaya menjadi empat bagian dan kupas lapisan luarnya.
  • Tambahkan buah ke dalam mangkuk kecil, bersama dengan 1 sendok makan bubuk kakao dan sejumlah gel lidah buaya.
  • Dengan menggunakan garpu atau sendok, tumbuk dan campur bahan-bahan sampai membentuk pasta yang halus.
  • Cuci muka kamu hingga bersih.
  • Oleskan masker ke wajah dan tunggu selama 15-20 menit.
  • Lalu, bilas wajah kamu hingga bersih.

3. Masker lidah buaya, kunyit, dan madu untuk mengurangi jerawat

Kunyit adalah obat yang bagus untuk kulit yang meradang, sementara madu dikenal dengan kualitas antibakteri dan antijamurnya. Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat masker yang bermanfaat untuk mengurangi jerawat 1 sendok makan gel lidah buaya, 1 sendok makan madu segar, 1 sendok teh bubuk kunyit. Ini cara membuat masker lidah buaya untuk mengurangi jerawat.

  • Campurkan lidah buaya dan madu cair ke dalam mangkuk kecil.
  • Setelah tercampur dengan baik, tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit.
  • Terus aduk sampai tidak ada benjolan bubuk yang terlihat di dalam campuran masker.
  • Masker siap digunakan.

4. Masker lidah buaya, kopi, dan gula untuk mencerahkan wajah

Cara membuat masker lidah buaya ini cukup mudah. Gunakan butir gula mengangkat sel kulit mati dari wajah dan bubuk kopi dapat menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata. Bahan yang kamu butuhkan untuk membuat masker ini adalah 2 sdm gel lidah buaya, 1 sdt bubuk kopi, 1 sdt gula pasir.

Campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya, 1 sendok teh bubuk kopi, dan 1 sendok teh gula putih ke dalam mangkuk kecil. Selanjutnya, aduk bahan-bahan tersebut sampai terbentuk campuran yang lembut dan memiliki konsisten seperti gel. Masker siap untuk digunakan.

5. Masker lidah buaya dan telur untuk mengencangkan kulit

Selain dapat mengencangkan kulit, masker Lidah Buaya dan Telur juga bisa mencegah keriput wajah dan menutrisi kulit. Untuk membuat masker ini kamu cukup membutuhkan dua bahan ini 1 butir telur dan 2 sendok makan gel lidah buaya. Selanjutnya, ikuti cara membuatnya di bawah ini.

  • Campurkan gel lidah buaya dengan telur.
  • Aduk hingga rata sampai adonan terasa kenyal.
  • Bilas wajah dan leher dengan air hangat sebelum mengaplikasikan masker.
  • Diamkan masker selama 15 menit.

6. Masker lidah buaya, susu dan madu untuk menutrisi kulit

Kombinasi lidah buaya, susu, dan bermanfaat untuk mengatasi inflamasi, menutrisi kulit wajah, dan mencegah jerawat. Bahan-bahan untuk membuat masker ini adalah 1 sendok makan madu, ½ sendok makan susu putih murni, 2 sendok makan gel lidah buaya. Ini cara membuat masker lidah buaya untuk menutrisi kulit.

  • Campurkan madu, susu, dan gel lidah buaya ke dalam wadah dan aduk hingga rata.
  • Bilas wajah dan leher dengan air hangat sebelum mengaplikasikan masker.
  • Diamkan selama masker selama 15 menit.
  • Lalu bilas wajah kamu hingga bersih.

7. Masker lidah buaya dan air mawar

Masker lidah buaya dan air mawar ini dapat meredakan iritasi kulit dan mengatasi hiperpigmentasi. Cukup sediakan bahan yaitu ½ buah mentimun, 1 sendok teh air mawar, dan 2 sendok makan gel lidah buaya. Lalu ikut langkah-langkah berikut ini :

  • Blender mentimun dan tuang di mangkuk.
  • Campur mentimun yang telah di blender dengan air mawar dan gel lidah buaya.
  • Bilas wajah dan leher dengan air hangat sebelum mengaplikasikan masker.
  • Diamkan masker selama 15 menit agar masker meresap.
  • Bilas wajah hingga bersih.

Manfaat Masker Lidah Buaya

Berbagai kandungan nutrisi dalam lidah buaya membuat tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai masker untuk merawat dan mengobati berbagai masalah kulit serta rambut. Masker lidah buaya dapat membantu menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit secara alami. Sejumlah penelitian juga menemukan bahwa lidah buaya dapat membantu mengatasi jerawat, ruam, iritasi kulit, gatal akibat gigitan serangga dan reaksi alergi, bekas luka, hingga gejala psoriasis. Lidah buaya bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Masker lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat masker lidah buaya:

1. Menjaga Kelembaban Kulit

Masker lidah buaya dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Kamu yang memiliki kulit kering, kandungan minyaknya akan melembapkan dan meningkatkan kadar minyak pada kulit wajah. Selain itu dapat menghidrasi kulit, meremajakan kulit, dan membuat kulit tampak segar selalu.

2. Mengobati Jerawat

Masker lidah buaya dipercaya dapat mengobati jerawat. Gunakan daun lidah buaya dan Madu sebagai bahan utamanya. Masak daun lidah buaya dan haluskan hingga berbentuk pasta, kemudian tambahkan 3-4 tetes sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut secara merata pada kulit wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Lalu, bilas hingga bersih dengan air dingin.

3. Obati Luka Bakar

Masker lidah buaya dapat dijadikan salep alami untuk mengobati luka bakar. Selain itu membantu mengatasi masalah kulit terkait sengatan matahari.

4. Atasi Rambut Rontok

Rambut kamu rontok bisa diatasi dengan mengoleskan masker lidah buaya pada kulit kepala. Kandungan enzim pada lidah buaya mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala dan menutrisi akar rambut.

5. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Masker lidah buaya dapat mengatasi bibir pecah-pecah dan mencerahkan warna merona di bibir. Caranya campurkan gel lidah buaya dengan vitamin E, dan oleskan pada bibir secara rutin untuk mengembalikan warna cerah bibir.


Untuk rambut Anda sedang kusut dan rontok, Anda bisa mengoleskan masker lidah buaya pada kulit kepala. Kandungan enzim pada lidah buaya mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala dan menutrisi akar rambut Anda. Dengan begitu, rambut pun tumbuh lebih kuat, halus, dan mudah diatur.

Penting untuk dipahami bahwa berbagai manfaat masker lidah buaya seperti yang sudah disebutkan di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Pasalnya, beberapa penelitian yang ada sampai saat ini masih tergolong skala kecil sehingga perlu lebih banyak bukti kuat dengan melibatkan peserta lebih banyak.


Risiko Menggunakan Masker Lidah Buaya

Mengaplikasikan masker lidah buaya pada umumnya aman dilakukan, namun sebagian orang mungkin bisa mengalami alergi. Tanda-tanda alergi yang muncul bisa berupa kemerahan, ruam atau pembengkakan.Jika reaksi alergi muncul ketika Anda menggunakan masker lidah buaya, segera hentikan penggunaan. Selain itu, lakukan pemeriksaan ke dokter jika gejala alergi tak kunjung hilang atau membaik.

Biasanya, orang yang alergi terhadap bawang merah, bawang putih, dan tulip cenderung akan alergi pula terhadap lidah buaya. Jangan menggunakan masker lidah buaya pada kulit yang terluka dalam atau memiliki luka bakar yang parah karena dapat memperparah kondisi.Bila Anda memiliki kondisi penyakit tertentu atau sedang dalam pengobatan, sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum menggunakan masker lidah buaya. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah Anda boleh menggunakannya atau tidak.


Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang "Masker Lidah Buaya, Cara Membuat dan Manfaat Masker Lidah Buaya". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar