31 Maret 2020

Negara - Negara Yang Masih Aman Dari Penyebaran Virus Corona (COVID-19).

| 31 Maret 2020
Negara yang tidak terpapar penyebaran virus corona


Penyebaran infeksi virus corona (Covid-19) semakin mengkhawatirkan dunia. Virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, Provinsi Hubei, China itu sudah menyebar luas sampai ke Eropa, Amerika, hingga wilayah Afrika bagian utara. Terhitung Sabtu, (28/3), terdapat 28.367 angka kematian dan lebih dari 130 ribu orang pulih, dari 617.288 kasus yang sudah terkonfirmasi Covid-19. Meski penyebaran wabah corona makin masif, ada beberapa negara justru belum melaporkan ada masyarakatnya yang positif terkena virus mematikan itu.

    Diketahui, virus corona telah menjadi wabah di berbagai negara di dunia yang berawal dari China hingga negara lain seperti Indonesia, Korea Selatan, Inggris, Italia, dll. Namun, di sela-sela kabar gentingnya dunia yang tengah menghadapi virus corona, masih ada kabar gembira. Pasalnya beberapa negara ada yang masih belum terdampak kasus terjangkit penyakit Covid-19.

Menurut situs WHO, virus corona adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Pada manusia corona diketahui menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrme (SARS).

Terutama salah satu diantaranya pernah bertanding melawan timnas Indonesia dalam laga persahabatan. Berikut deretan negara yang, sampai sejauh ini,  masih selamat dari pandemi virus corona. Meskipun demikian, dari data milik WHO, terdapat sejumlah negara yang dilaporkan belum terpapar virus corona. Seperti di wilayah Asia, beberapa negara belum ada laporan terjangkit virus tersebut.

Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang belum melaporkan ada pasien positif terkena virus corona sampai saat ini. Meskipun terdapat sejumlah pasien suspect yang telah menjalani perawatan, dan hasilnya negatif terinfeksi virus corona.


Namibia

Pada 1 Februari, seorang wanita berusia 30 tahun yang baru mengunjungi Sydney, Australia dan tiba di Bandara Internasional Hosea Kutako dikabarkan memiliki gejala yang mirip dengan virus corona.Namun, Kementerian Kesehatan Namibia mengkonfirmasi berita tentang kasus yang diduga terjadi itu, dengan mengatakan jika kasus yang dicurigai dinyatakan negatif pada 3 Februari.


Kepulauan Cook, Kepulauan Marshall, Mikronesia Nauru, Palau, Samoa, Kepulauan Solomon, Tuvalu dan Vanuatu.
Vanuatu bersama beberapa negara di area Pasifik Selatan dilaporkan selamat dari wabah Covid-19. Vanuatu, yang pernah melakukan pertandingan persahabatan dengan Indonesia, beberapa waktu silam itu dilaporkan nol kasus. Selain Vanuatu beberapa negara lain seperti Samoa, Kepulauan Solomon, Palau, Kepulauan Marshall, Mikronesia Naru, Tuvalu dan Kepulauan Cook juga bersih dari wabah virus corona. Negara-negara tersebut kabarnya melakukan penguncian demi mencegah penyebaran virus corona. 


Burundi, Malawi, Sierra Leone, Komoro

Beberapa negara di Afrika Timur seperti Brundi dan Malawi juga dilaporkan tak memiliki kasus Covid-19. Selain itu, Sierra Leone dan Komoro yang ada di Afrika Barat juga dinyatakan bersih dari wabah tersebut. 


Bostwana dan Lesotho

Meski berbatasan dengan Afrika Selatan yang memiliki kasus cukup parah, Bostwana dan Lesotho belum melaporkan satupun kasus virus corona di negaranya. Sudan Selatan Sudan Selatan juga belum sama sekali melaporkan kasus positif covid-19 di negaranya. Namun, Sudan Selatan memiliki risiko penyebaran karena adanya perang Sub-Sahara yang menyebabkan para pengungsi menetap di kamp-kamp padat penduduk.

Sebanyak lima kasus dugaan infeksi coronavirus dilaporkan di Botswana. Namun semua kasus dinyatakan negatif pada 05 Februari. Kasus corona pertama yang dicurigai di Botswana diketahui pada 30 Januari, dan diumumkan Kementerian Kesehatan dan Kebugaran pada 31 Januari. Suspect corona tersebut tiba dengan penerbangan Ethiopian Airways dari China dan langsung mendapatkan isolasi dan diselidiki.


Yaman

Yaman secara resmi belum menyatakan adanya penyakit Covid-19 di negaranya. Sayangnya, Yaman justru memiliki masalah lain karena dilanda krisis kemanusiaan akibat perang saudara, kelaparan dan penyakit. Sementara itu, bantuan dari Departemen Luar Negeri AS pada daerah-daerah yang dikuasai pemberontak mengakibatkan Yaman mengalami kesulitan pendeteksian terkait kasus covid-19. 


Tajikistan

Tajikiskan juga belum melaporkan kasus positif Covid-19. Meski masih negatif, pihak berwenang di Tajikista melakukan pembatasan pada perjalanan dan pertemuan publik selama pandemi wabah virus corona. 


 Turkmenistan

Turkmenistan juga dinyatakan masih belum terpapar virus corona. Negara tersebut melakukan pencegahan dengan membatasi perjalanan, pembersihan massal dan kampanye penyadaran mengatasi virus corona pada warganya. Selain itu, Turkmenistan juga berusaha memulangkan warganya dari luar negeri karena situasi yang genting akibat virus corona. Negatif virus corona, Turkmenistan diketahui membantu mengirim pasokan makanan ke Iran yang memiliki 32.000 lebih kasus. 


Korea Utara
Meski secara langsung berbatasan dengan Korea Selatan dan China, Korea Utara dilaporkan tak memiliki satupun kasus positif virus corona. Korea Utara memang menjadi salah satu negara yang langsung menutup perbatasan dan membangun langkah-langkah demi mencegah pandemi menyerang negaranya. Pejabat kesehatan Pyongyang pekan lalu memerintahkan pembebasan ribuan pasien yang sebelumnya dikarantina. Mereka dinyatakan bebas dari Covid-19, meski begitu beberapa dari mereka tetap dalam pengawasan. Selain itu, para pejabat di Korea Utara juga melakukan kontrol ketat terkait tangki air dan reservoir, disinfeksi menyeluruh mata uang dan pembuangan dari kapal yang berlabuh di daerah teritorial mereka. (Ananda Lathifah Rozalina).


Eswatini

Eswatini melaporkan dugaan kasus infeksi virus corona dari seorang wanita yang kembali dari Tiongkok. Sampel yang diambil dari wanita itu diuji di Afrika Selatan dan diumumkan negatif pada 17 Februari.


Barbados

Barbados telah mengumumkan bahwa semua kasus yang dicurigai di negara itu dilaporkan negatif, meskipun jumlah pasti dari kasus yang dicurigai belum terungkap Tiga kasus terakhir yang dicurigai dilaporkan berada di kapal pesiar Costa Magica, yang merapat di Barbados setelah ditolak masuk oleh Tobago. Ketiga kasus dilaporkan negatif. Barbados adalah salah satu negara pertama yang dilengkapi dengan kit pengujian virus corona oleh Pan American Health Organization.


Suriah

Dua dugaan kasus infeksi virus corona setelah berkontak dengan orang Iran, diumumkan di Suriah dan kemudian dinyatakan negatif, membuat Suriah menjadi negara bebas penyebaran corona. Sayangnya, Suriah tidak bisa menutup gerbang penyebaran begitu saja, sebab hingga kini masih berperang dengan Turki yang memiliki 1 kasus terkonfirmasi.
 
 
 
Demikianlah artikel yang menjelaskan secara lengkap mengenai "Negara yang tidak yang aman dari virus corona". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar