Home » » Pengertian Analisis SWOT, Cara Membuat SWOT, Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT, Contoh - Contoh Analisi SWOT dan Manfaat SWOT.

Pengertian Analisis SWOT, Cara Membuat SWOT, Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT, Contoh - Contoh Analisi SWOT dan Manfaat SWOT.

Posted by berbagaireviews.com on 7 Agustus 2018





Pengertian Analisis SWOT.

SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.

Terdiri dari 4 karater alphabet yang sebenarnya adalah sebuah singkatan dari kalimat berbahasa Inggris yaitu:
  • Strengths yang berarti kekuatan
  • Weakness adalah kelemahan
  • Opportunities bermakna kesempatan
  • Threats yaitu ancaman

Jadi pengertian analisis SWOT adalah sebuah teknik strategi dalam mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang hal ini dapat diterapkan untuk kegiatan meliputi bisnis dan usaha, pendidikan, proyek atau bahkan pada diri sendiri.

Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Cara Membuat Analisis SWOT.


Secara umum, analisa SWOT dapat dibagi ke dalam dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal tersebut meliputi Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan), sedangkan faktor eksternal meliputi Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman).

Berikut penjelasan dan panduan dasar dalam pembuatan keempat komponen tersebut:

Strength (Kelebihan).

Strength merupakan situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan pengaruh positif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organsiasi kita?
Apa yang membuat perusahaan atau organisasi kita lebih baik dari perusahaan atau organisasi lainnya?
Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi kita?
Apa yang menyebabkan perusahaan kita mendapatkan penjualan?
Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan?
Baca juga: Contoh Company Profile dan Pitch Deck ala Startup

Weakness (Kelemahan).

Weakness merupakan situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan pengaruh negatif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
Apa yang dapat kita tingkatkan dalam perusahaan atau organisasi?
Apa saja yang harus dihindari oleh perusahaan atau organisasi kita?
Faktor apa saja yang menyebabkan kehilangan penjualan?
Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan perusahaan atau organisasi kita?
Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari perusahaan atau organisasi kita?

Opportunities (Peluang).

opportunities merupakan situasi atau kondisi yang merupakan peluang atau kesempatan di luar perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan peluang untuk berkembang di kemudian hari. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
Kesempatan apa yang dapat kita lihat?
Perkembangan tren apa yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi kita?

Threats (Ancaman).

Threats merupakan ancaman-ancaman apa saja yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan atau organisasi yang bisa menghambat laju perkembangan dari perusahaan atau organisasi tersebut. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
Hambatan apa yang sedang kita hadapi sekarang?
Apa saja hal yang dilakukan oleh pesaing perusahaan atau organisasi kita?
Perkembangan Teknologi apa yang menyebabkan ancaman bagi perusahaan atau organisasi kita?
Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan atau organisasi kita?

Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT.

Terdapat 2 faktor pokok yang akan mempengaruhi ke-empat dari komponen dasar yang ada pada analisis SWOT yaitu:

Faktor internal (Strength dan Weakness).

Untuk faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam terdiri dari dua poin yaitu kekuatan dan kelemahan. Yang mana keduanya akan berdampak lebih baik dalam sebuah penelitian ketika kekuatan lebih besar dibandingkan kelemahan. Dengan demikian kekuatan internal yang maksimum jelas akan memberikan hasil penelitian yang jauh lebih baik. Adapun bagian bagian dari faktor internal itu sendiri ialah:
  • Sumber daya yang dimiliki
  • Keuangan atau Finansial
  • Kelebihan atau kelemahan internal organisasi
  • Pengalaman-pengalaman organisasi sebelumnya (baik yang berhasil maupun yang gagal).

Faktor eksternal (Opportunities dan Threats).

Ini merupakan faktor dari luar entitas yang notabene tidak secara langsung terlibat pada apa yang sedang di teliti dan terdiri dari 2 poin yaitu ancaman dan peluang. Adanya peluang serta ancaman ini tentu saja akan memberikan data yang harus dimasukkan dalam jurnal penelitian sehingga akan menghasilkan strategi untuk menghadapinya. Beberapa poin yang termasuk pada faktor eksternal ialah:

  • Tren
  • Budaya, Sosial Politik, Ideologi, perekonomian
  • Sumber-sumber permodalan
  • Peraturan Pemerintah
  • Perkembangan Teknologi
  • Peristiwa-peristiwa yang terjadi
  • Lingkungan

Mengapa Analisis SWOT Dibutuhkan.

Dalam konteks organisasi, bisnis, usaha, ataupun kepribadian diri, kita memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Otomatis kita membutuhkan strategi yang baik dalam mewujudkan tercapainya semua tujuan tersebut.

Jika kita berbicara bisnis misalnya, maka diantara tujuannya ialah mengakuisisi market lewat produk dan jasa yang kita tawarkan. Dalam konteks personal, maka SWOT dapat kita gunakan untuk pengembangan diri ataupun karir dalam jangka panjang.

Manfaat Analisis SWOT.

Tujuan dan manfaat analisis SWOT adalah untuk memadukan 4 faktor atau komposisi secara tepat tentang bagaimana mempersiapkan kekuatan (strengths), mengatasi kelemahan (weaknesess), menemukan peluang (opportunities) dan strategi menghadapi beragam ancaman.

Ketika teknik ini dapat dijalankan secara tepat dengan menggabungan ke empat elemen tersebut maka kesempurnaan dalam meraih visi dan misi program yang direncanakan tentunya akan berjalan lebih baik dengan hasil yang optimal.

Contoh - Contoh Analisis SWOT.


Contoh analisis SWOT pada perusahaan untuk memberikan gambaran serta pemahaman yang lebih jelas, tentang bagaimana praktek atau penerapan yang sesungguhnya.

Analisa SWOT PT. Astra Honda Motor(AHM).

Sebuah perusahaan dalam bidang industry manufacturing yang bermula dari nama PT Federal Motor ini telah berkembang cukup pesat sehingga menjadi salah satu perusahaan terbesar dalam skala nasional.

Hampir selama setengah abad, PT Astra Honda Motor begitu mendominasi pasar otomotif tanah air meskipun tidak luput dari pasang surut yang berhasil dilalui selama perjalanannya.

Untuk mengetahui bagaimana perusahaan ini dapat tetap berdiri tegak serta tentang berbagai hal yang pernah dialami oleh PT AHM, maka berikut ini adalah contoh analisis SWOT yang kita dapatkan.

Strength.

Adalah kekuatan yang dijadikan modal dasar PT AHM dalam mengembangkan perusahannya dan bentuk kekuatan untuk mampu bersaing dengan perusahaan lain di pasar:

Kualitas. Produk yang dihasilkan oleh PT AHM memilii standart International sehingga cukup dipercaya oleh masyarakat.
Kuantitas. Dengan memiliki beberapa pabrik yang beroperasi, maka produksi yang dihasilkan sangat maksimal.

Branch Mark. Produk Honda telah menjadi legenda bagi masyarakat Indonesia.
Prestasi. Telah banyak penghargaan yang disabet oleh PT AHM sebagai bukti bahwa ini adalah perusahaan yang sudah ternama dan cukup banyak memiliki keunggulan.
Spare Part. Hampir diseluruh tanah air dapat dengan mudah memperoleh suku cadang aslinya.
Dealer. Telah tersebar bahkan hingga ke pelosok untuk memudahkan konsumen menjangkaunya.
Teknologi. Selalu mengikuti perkembangan teknologi otomotif sehingga kualitas yang dihasilkan oleh PT AHM tetap terjaga.
Harga Produk. Tidak hanya merilis produk untuk kelas atas, PT AHM juga kerap kali meluncurkan produk dengan harga rendah untuk dapat menjangkau segala sektor ekonomi berbagai lapisan masyarakat.

Weakness.

Tidak mutlak dengan segala kekuatannya, PT ASTRA HONDA MOTOR juga memiliki sisi kelemahan. Berikut ini adalah analisis SWOT pada PT AHM untuk memperoleh data mengenai sisi kekurangannya sehingga dapat dijadikan motivasi untuk upaya perbaikannya.

Model dan Design. Jika dibandingkan dengan produk otomotif dari perusahaan lain, motor Honda masih banyak tertinggal pada poin desainnya. Hal ini berdampak pada rasa ketertarikan masyarakat yang mulai melirik produk atau merek lain.
Produk Premium. Ada beberapa varian yang dikeluarkan oleh PT AHM memiliki harga yang cukup mahal khususnya type premium seperti motor sport yang di produksinya.
Tiruan. Saat ini banyak sekali produk asing yang meniru spesifikasi dari produk produk PT AHM dengan harga jual yang jauh lebih murah seperti produk motor china.
Suku cadang KW. Begitu pula dengan pembajakan spare part yang mana jika konsumen tidak jeli maka akan mendapatkan suku cadang yang berkualitas buruk karena banyaknya barang emitasi beredar dipasaran.

Opportunities

Berikutnya adalah kesempataan atau peluang yang dapat dibidik oleh PT AHM dalam persaingan pasar tanah air ketika perkembangan otomotif semakin pesat.

Jumlah Penduduk. Tingkat populasi penduduk yang cukup besar merupakan pasar potensial yang dapat dijadikan sebagai target penjualan produk. Semakin banyak penduduk kemungkinan untuk menjual produk lebih banyak sangat terbuka lebar.
Ekspansi ekspor. PT Astra Honda Motor telah melakukan eksport produknya ke negara yang sedang berkembang. Ekspansi ini perlu dilakukan untuk mengembangkan pangsa pasar dan peningkatan penjualan serta perluasan jaringan terhadap produk yang hendak di pasarkan.
Kepercayaan Honda Japan Corp. Kepercayaan pemilik brand Honda dari jepang terhadap PT Astra Honda Motor merupakan sebuah peluang untuk terus mengembangkan potensi yang ada pada PT Astra Honda Motor. PT Astra Honda Motor terus berkoordinasi guna menjaga stabilitas hubungan dan perkembangan teknologi terbaru.

Threat.

Melengkapi contoh analisis SWOT pada poin terakhir yaitu melakukan analisa terhadap beragam ancaman yang mungkin akan selalu dihadapi oleh PT AHM ketika menempuh perjalannya dalam industri bidang otomotif.
Produsen lain. Melihat perkembangan dari produsen lain, seperti YAMAHA adalah salah satu pesaing terberat dalam sektor industri otomotif nasional yang selalu berbenah dan menghadirkan desain serta teknologi terbaru.
Krisis Global. Ini adalah kenyataan yang harus siap dihadapi kapan saja ketika krisis ekonomi sedang melanda maka daya beli pasar tentu saja akan melemah.
Suku cadang import. Sampai saat ini belum sepenuhnya spare part diproduksi didalam negeri sehingga masih tergantung dari distribusi oleh Honda Jepang.
Kebijakan Pemerintah. Mungkin seringkali luput dari perhatian bahwasannya ketentuan yang dibuat oleh pemerintah kadang cukup besar pengaruhnya terhadap kelangsungan sebuah industry seperti kenaikan harga BBM.
Uang muka kredit. Melihat beberapa produk otomotif lainnya, Honda masih mematok uang muka kredit yang cukup tinggi sehingga menyulitkan konsumen untuk menjangkaunya.

Kesimpulan:

Menarik kesimpulan pada contoh analisis SWOT terhadap PT Astra Honda Motor kali ini adalah bahwa peluang pasar yang cukup besar dengan tingkat kepercayaan masyarakat yang sudah tumbuh hampir setengah abad, maka segala bentuk ancaman serta kelemahan yang ada pada PT AHM masih dapat terkendali dengan baik.

Contoh Analisa SWOT dalam Proposal Bisnis Kreatif.

Berikut contoh analisa SWOT dan penggunaannya dalam sebuah bisnis plan BamBoo Speaker. Produk kreatif aksesoris gadget ramah lingkungan, pengeras suara smartphone berbahan dasar bambu.

Analisa SWOT bisnis Plan Bamboo Speaker.


Deskripsi Bisnis: Bamboo speaker dock merupakan produk aksesoris pengeras suara alami untuk smartphone yang terbuat dari bahan bambu yang didesain untuk dapat mengeraskan suara (amplifier) tanpa menggunakan listrik.

Strength
  • Praktis digunakan dan mudah dibawa
  • Unik dan belum ada di pasaran
  • Green Product – ramah lingkungan tanpa baterai
  • Handmade – nilai seni dengan buatan tangan
Weakness
  • Spesifik untuk merk smartphone tertentu
  • Suara tidak sekeras speaker listrik
Opportunity
  • Belum banyak saingan
  • Meningkatknya pengguna smartphone di Indonesia
  • Tren Eco-lifestyle anak muda masa kini
Threat
  • Ancaman imitasi produk dari pihak luar
  • Persaingan dari merk yang sudah terkenal sebelumnya
  • Model speaker smartphone yang sering berubah
  • Contoh Analisa SWOT Untuk Produk Bisnis Makanan
  • Berikut contoh analisa SWOT dalam proposal usaha makanan berbahan dasar singkong yang diinovasikan dengan varian rasa serta pemasaran kekinian.
Analisis SWOT produk Cassava Castle

Deskripsi Bisnis: Cassava castle berasal dari kata Cassava yang berarti singkong dan castle yang berarti istana. Cassava castle merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan berbahan dasar singkong yang disajikan dalam cita rasa yang bermacam-macam.

Strength
  • Produk memiliki nilai gizi tinggi
  • Bahan baku produk berpotensi untuk dihidangkan bersama seluruh jenis makanan, baik makanan ringan maupun berat, baik rasanya asin ataupu manis
  • Harga terjangkau bagi semua kalangan
  • Desain kedai yang unik dan menyediakan fasilitas bermain bagi keluarga
Weakness
  • Pada awal pendirian kedai, pekerja kedai masih terbatas
  • Desain kedai yangBahan baku belum dapat diproduksi di lahan sendiri
  • Harga terjangkau bagi semua kalangan
  • Desain kedai yang unik dan menyediakan fasilitas bermain bagi keluarga
Opportunity
  • Gaya hidup masyarakat yang senang makan di luar rumah
  • Kaum sosialita cenderung mencari kuliner unik
  • Bahan baku mudah didapat karena banyak diproduksi di Indonesia
  • Harga bahan baku murah (harga beli rendah) Lokasi kedai mudah ditemukan
Threat
  • Terdapat pesaing makanan yang beraneka rasa walaupun berbahan dasar selain singkong
  • Tantangan dalam menemukan tenaga ahli di bidang tata boga dan kuliner
  • Tantangan untuk menemukan arsitek yang dapat mendesain interior kedai
  • Bahan baku belum dapat ditanam di lahan milik sendiri

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS