Home » » Senam Akrobatik, Pengertian dan Olahraga Akrobatik, Acrobatic Gymnastics.

Senam Akrobatik, Pengertian dan Olahraga Akrobatik, Acrobatic Gymnastics.

Posted by berbagaireviews.com on 12 Juli 2018

Gerakan dalam senam yang satu ini cukup esktrem bagi pemula, seperti salto, putaran, dan gerakan lain yang membutuhkan kelenturan dan keseimbangan. Untuk melakukan olahraga senam akrobatik ini, kita perlu melakukan latihan khusus yang harus dipandu dengan pelatih profesional di bidang senam akrobatik.


Pengertian senam akrobatik - berbagaireviews.com


Pengertian Senam Akrobatik.

Akrobatik (dari Bahasa Yunani ἀκροβατέω akrobateō, "berjalan berjinjit, menopang") adalah penampilan luar biasa yang melibatkan keseimbangan, ketangkasan, dan koordinasi motorik. Hal ini dapat ditemukan pada banyak seni pertunjukan, acara olahraga, dan seni bela diri. Akrobat paling sering dikaitkan dengan aktivitas yang secara ekstensif menggunakan elemen senam, seperti acro dance, sirkus, dan senam, tetapi banyak kegiatan atletik lainnya - seperti balet dan menyelam - juga dapat menggunakan akrobat. Meskipun akrobat paling sering dikaitkan dengan kinerja tubuh manusia, hal itu mungkin juga berlaku untuk jenis pertunjukan lain, seperti aerobatik.

Senam akrobatik ini merupakan jenis senam yang sangat mengandalkan kelentukan dan keseimbangan dan memiliki gerakan yang cepat dan eksplosif, senam ini banyak biasanya memiliki gerakan-gerakan yang berbahaya seperti salto dan putaran sehingga untuk melakukan senam akrobatik ini sangat dianjurkan didampingi oleh Instruktur senam akrobatik.

Macam - Macam Olahraga Akrobatik

Olahraga akrobatik adalah olahraga gabungan atau perpaduan antara dua cabang olahraga atau pelengkap dari satu cabang olahraga, misalnya saja loncat indah. Loncat indah merupakan gabungan dari gerakan akrobatik dan loncatan yang dilakukan di udara. Selain loncat indah ada juga macam olahraga akrobatik lainnya, seperti misalnya capoeira, senam akrobatik, senam artistik dan kungfu. Berikut adalah macam-macam olahraga akrobatik dan penjelasannya secara lebih detail.

1. Loncat Indah.

Loncat Indah akrobatik - berbagaireviews.com


Loncat indah adalah olahraga yang dilakukan dengan meloncat ke kolam renang dari sebuah papan loncat, di mana tinggi papan loncat tersebut bervariasi. Tinggi papan terendah adalah 1 hingga 4 meter sedangkan tinggi papan tertinggi adalah 5 hingga 10 meter. Jika Anda ingin berlatih loncat indah, maka untuk pemula Anda dapat berlatih melompat dari tepi kolam. Dalam melakukan lompatan terjun ke dalam air ada dua macam teknik yang dapat digunakan. Teknik tersebut adalah terjun ke depan dari posisi berdiri dan terjun menggunakan hulahop.

Untuk melakukan terjun ke depan dari posisi berdiri syarat utamanya adalah tinggi atau kedalaman air dalam kolam minimal harus 10 kaki. Teknik terjun ke depan dari posisi berdiri adalah teknik dasar loncat indah. Anda harus dapat menguasai teknik ini sebelum mempelajari teknik lain yang lebih rumit. Untuk melakukan teknik terjun ke depan dari posisi berdiri ini langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Cengkeram tepian kolam menggunakan jari kaki lalu gerakkan tangan melingkar dan tekuk lutut.
  • Kemudian loncat ke atas serta iringi dengan mengangkat paha dan mengarahkan lompatan pada titik sejauh 4 kaki dan tekuk tubuh dan mengarahkan dagu ke bawah dan angkat kaki.
  • Posisikan tubuh lurus dan masuk ke air secara vertikal.
  • Lengkungkan tubuh Anda, angkat kepala dan tangan Anda lalu meluncur. Lakukan semua gerakan dengan fokus dan konsentrasi
  • Sedangkan untuk melakukan terjun dengan hulahop, maka teknik penguasaan dasar harus sudah bisa. Hal ini disebabkan teknik ini adalah salah satu teknik terjun yang lebih tinggi tingkatannya. Untuk meningkatkan tingkat kesulitan Anda, maka naikan hulahop lebih tinggi dari posisi awal, tingginya bisa setinggi paha. Ayunan tangan juga dapat lebih tinggi lagi agar membantu mengangkat tubuh kita. Agar Anda dapat memasuki air secara vertikal dan tak menimbulkan semburan air maka tentu diperlukan banyak sekali latihan terjun.
Berikut ini adalah beberapa step untuk melakukan teknik terjun menggunakan hulahop.
  • Anda dapat berdiri di dalam hulahop yang telah disiapkan.
  • Bersiaplah untuk terjun ke depan, mintalah bantuan teman untuk mengangkat hulahop setinggi tulang kering atau lutut dengan jarak antar lingkaran hulahop dan sekitar kaki adalah 1 kaki.
  • Pemegang hulahop harus berada di samping kanan atau samping kiri agar ketika Anda melompat teman Anda tidak tertendang.
  • Untuk titik masuk air, jaraknya jangan terlalu jauh dengan kolam.
  • Naikkan hulahop sedikit demi sedikit ketika berlatih. Hal ini bertujuan agar kita tahu seberapa tinggi dapat terjun melewatinnya.

2. Capoeira.

Olahraga capoeira - berbagaireviews.com


Istilah capoeira memang agak asing bagi masyarakat. Ada yang pernah mendengar, bahkan ada yang tidak pernah mendengar istilah capoeira. Capoeira memang baru-baru ini dikenal di Indonesia. Capoeira adalah bentuk seni bela diri yang berasal dari Afrika dan Brazil. Capoeira adalah seni bela diri yang menawarkan manfaat besar bagi tubuh. Capoeira dapat membantu untuk mengencangkan dan memperkuat paha saat melakukan rutinitas sebagai tarian. Capoeira memiliki gerakan seperti jungkir balik, berputar dan menendang. Semuanya dilakukan sebagai urutan tari. Beberapa gerakan dari Capoeira antara lain adalah Ginga, Handstand, Backflip, Headspin dan Handstand Whirling.

Ada beberapa manfaat yang Anda dapatkan ketika melakukan capoeira secara rutin. Latihan rutin ini tidak hanya bermanfaat bagi tubuh namun juga untuk perawatan sosial. Jika Anda melakukan capoeira secara teratur setiap harinya, maka manfaat yang Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

Kekuatan – Ketika Anda melakukan capoeira secara rutin , maka Anda pasti melakukan gerakan yang lebih banyak pada tubuh di bagian atas. Seperti bergerak pada bagian tangan ketika headstands, pose, gulungan, dan gerakan lainnya. Gerakan ini melibatkan gerakan inti yang menghasilkan tubuh bagian atas yang baik dan fantastis.
Fleksibilitas – Capoeira dalam segi fleksibilitas gerakan hampir setara dengan yoga. Bahkan jika Anda tidak ahli dalam melakukan Capoeira, Anda masih akan merasakan peningkatan fleksibilitas pada tubuh.

Capoeira memerlukan gerakan yang lincah, gesit, dan intens. Sehingga jika melakukan olahraga ini,  maka Anda harus konsentrasi dan fokus secara penuh. Bagi para pemula tidak harus memaksakan diri dan kekuatan tubuh mereka agar dapat bisa beradaptasi dengan langsung. Latihan teratur adalah kunci keberhasilan manfaat. Jika Anda melakukan latihan secara teratur maka dengan sendirinya akan memberikan kekuatan dan kelenturan pada tubuh Anda. Selanjutnya adalah menghindari pakaian yang longgar ketika berlatih capoeira. Capoeira adalah salah satu pilihan olahraga akrobatik yang menyenangkan dan tentu dapat membuat tubuh Anda menjadi sehat dan bugar. Jika Anda ingin dapat menguasai olahraga ini, maka Anda butuh seorang isntruktur capoeira.

3. Senam Akrobatik.

Senam akrobatik - berbagaireviews.com


Senam akrobatik adalah salah satu senam yang membutuhkan keseimbangan dan kelentukan dari pesenam yang melakukannya. Senam akrobatik ini memiliki beberapa variasi gerakan yang cepat dan eksplosif. Dalam senam akrobatik ada beberapa gerakan yang berbahaya sepeti salto dan putaran. Bila Anda ingin mahir dalam melakukan senam akrobatik maka Anda membutuhkan instruktur untuk membantu melakukan gerakan-gerakan senam yang sedikit berbahaya agar Anda terhindar dari cidera yang dapat mengganggu berbagai macam aktivitas Anda sehari-hari.

4. Kungfu.

Senam akrobatik Kunfu - berbagaireviews.com


Kungfu adalah salah satu seni bela diri yang berasal dari China. Jika dilihat dari asal kata kungfu sendiri memiliki arti energy-time. Disini berarti kungfu memiliki arti energi atau skill yang diperoleh dalam proses yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika diihat dari makna energy-time sendiri, maka seorang tukang kayu, penjahit, koki dan bahkan seorang pembalap adalah mereka yang memiliki kungfu. Karena mereka memperoleh skill atau keahlian yang diperoleh dalam proses yang cukup lama. Jika kungfu merupakan bela diri maka tentu bela diri apapun bisa dikategorikan menjadi kungfu. Misalnya saja karate adalah kungfu jepang, silat adalah kungfu Indonesia dan sebagainya. Jadi kungfu adalah aliran dalam bela diri itu sendiri.

Dalam setiap bela diri memiliki ujung dan pangkal masing-masing. Pangkalnya dalam sebuah bela diri adalah latihan fisik dan filosofi, ujungnya dalam bela diri adalah energi atau skill tertentu dan juga sikap moral yang semakin lama semakin menjadi baik. Kungfu identik dengan skill tertentu yang setiap perguruan memiliki standarnya masing-masing, tidak bedasarkan atau berkaitan dengan perguruan atau etnis tertentu. Selain melakukan standarisasi teknik di sebuah perguruan atau tempat pembelajaran, biasanya juga akan dilakukan standarisasi moral. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa yang dianggap skill atau keahlian adalah bukan hanya teknik berkelahi atau teknik tenaga, tetapi juga skill dalam moralitas atau sikap individu yang baik.


Pengertian Senam, silahkan click  http://www.berbagaireviews.com/2018/07/senam-lengkap-pengertian-sejarah-jenis.html

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.