Senam (Lengkap), Pengertian, Sejarah, Jenis -Jenis, Manfaat Senam, Gymnastics | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

7 Juli 2018

Senam (Lengkap), Pengertian, Sejarah, Jenis -Jenis, Manfaat Senam, Gymnastics

| 7 Juli 2018
macam - macam senam


Pengertian Senam.

Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus.

Senam adalah suatu latihan tubuh yang terpilih dan dikonstruk dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana disusun secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan, dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual

Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanya ada yang melakukannya di rumah, di tempat fitness, di gymnasium maupun di sekolah. Sekarang, sejak kecil banyak anak sudah terbiasa diajarkan senam, baik oleh orang tua, maupun oleh pengajar olahraga di sekolah.

Senam sangat penting untuk pembentukan kelenturan tubuh, yang menjadi arti penting bagi kelangsungan hidup manusia. Senam ada berbagai macam, diantaranya senam lantai, senam hamil, senam aerobik, senam pramuka, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dll. Biasanya di sekolah dasar, guru-guru mengajarkan senam-senam yang mudah dicerna oleh murid, seperti SKJ dan senam pramuka. Namun ketika beranjak remaja, banyak orang melakukan senam aerobik, ataupun senam lain termasuk meditasi untuk menenangkan diri.

Pengertian Senam Menurut Para Ahli.

Peter H. Werner dalam Muhajir (2006:70).

Pengertian senam menurut Peter H. Werner adalah latihan tubuh pada lantai atau pada alat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan kelenturan, kelincahan, koordinasi, sertra kontro diri.

Mahendra (2000:14).

Pengertian senam menurut Mahendra adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motorability).

Madijono (2010:1).

Pengertian senam menurut Madijono adalah suatu bentuk latihan jasmani yang sistematis, teratur dan terencana dengan melakukan gerakan-gerakan yang spesifik untuk memperoleh manfaat dalam tubuh.

Sutrisno dan Khafadi (2010:60).

Pengertian senam menurut Sutrisno dan Khafadi adalah setiap betnuk latihan fisik yang disuusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

Margono (2009:19).

Pengertian senam menurut Margono adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.

Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009:9).

Pengertian senam menurut Imam Hidayat adalah suatu latihan tubuh yang terpilih dan dikonstruk dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana disusun secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan, dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual.

Muhajir (2006:71).

Pengertian senam menurut Muhajir adalah kegiatan utama paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan komponen gerak.

Sejarah Senam.

senam


Senam pertama kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Senam berasal dari kata Gymnastics, Gymnas berarti telanjang, sebab pada waktu itu orang-orang berlatih tanpa memakai pakaian. Sedangkan Gymnasium adalah suatu tempat yang dipergunakan untuk mengadakan latihan senam. Pada zaman itu Gymnastik dilakukan dalam rangka upacara - upacara kepercayaan yaitu guna menyembah dewa Zeus.

Ketika itu kata gymnos atau gymnastics, memiliki makna yang luas, tidak terbatas dengan pengertian seperti sekarang ini. Kata ini menggambarkan pada kegiatan olahraga seperti gulat, atletik dan bertinju. Dengan berkembangnya zaman, arti yang terkandung pada kata gymnastics semakin menyempit dan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Pada awal permulaaan abad ke-20, senam telah menjadi rencana pendidikan di sekolah-sekolah Amerika. Hal ini berkat usaha dari Dr.J.F.Williams, Dr.Dubly sorgen dan Thomas D.Wood.

Frederik Jahn adalah bapak Gymnastik, dia memkombinasikan latihan-latihan gimnastik dengan pertunjukan-pertunjukan patriotik. Dia juga menemukan beberapa perelatan senam, diantaranya adalah palang horizontal, palang sejajar, kuda-kuda melintang, dan bak lompat.

Senam di Negara Indonesia sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Pada waktu itu namanya “Gymnastiek”, zaman jepang dinamakan “Taiso”. Pemakaian istilah “senam” sendiri kemungkinkan bersamaan dengan pemakaian kata olahraga sebagai pengganti kata sport.

Jenis - Jenis Senam.

Berdasarkan Federation Internationale de Gymnastique (FIG), senam dibagi menjadi 6 kelompok, yaitu :

Senam artistik.

Senam artistik adalah jenis senam yang biasa ada di perlombaan, senam ini gerakannya disusun dari masing-masing alat dan telah ditetapkan sesuai pertandingan berlaku. Contoh dari senam artistik antara lain senam lantai, kuda pelana, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat, dan lain-lain.

Selengkapnya, Senam Artistik silahkan click  http://www.berbagaireviews.com/2018/07/senam-artistik-pengertian-sejarah.html


Senam ritmik sportif.

Senam ritmik sportif adalah jenis senam yang berasal dari pengembangan senam irama yang diiringi oleh irama musik yang menghasilkan gerak-gerak tubuh dan alat-alat yang indah.

Selengkapnya, Senam ritmik (Senam Irama) silahkan click  http://www.berbagaireviews.com/2016/05/senam-irama-senam-ritmik-rhythmic.html


Senam akrobatik.

Senam akrobatik adalah jenis senam yang mengendalikan gerak akrobatik menjadikan latihannya sering memakai salto sementara para pesenamnya harus mendarat di atas tangan dan di atas bahu pasangannya.
 
Selengkapnya, Pengertian senam akrobatik silahkan click


Senam aerobik sport.

Senam aerobik sport adalah jenis senam yang berasal dari pengembangan senam aerobik berbentuk tarian atau kalestenik tertentu, kemudian digabung dengan akrobatik yang sulit.

Selengkapnya, Pengertian Senam Aerobik 
silahakn click  http://www.berbagaireviews.com/2018/07/senam-aerobik-senam-aerobik-sport.html


Senam trampolin.

Senam trampolin adalah jenis senam yang berasal dari pengembangan senam yang dilakukan di atas trampolin.

Senam umum.

Senam umum adalah jenis senam selain kelima senam diatas. Contohnya adalah senam aerobik, senam pagi, senam kesegaran jasmani dan lain-lain.

Menurut Restianti (2010:10-24), terdapat beberapa jenis senam, antara lain:

Senam lantai: Seperti gerakan berguling, gerakan kayang, sikap lilin, gerakan guling lenting, gerakan berguling ke depan, dan gerakan berdiri tangan atau hands stand
Kuda-kuda lompat: seperti kuda-kuda pelana, gelang-gelang, palang sejajar, palang bertingkat, palang tunggal, balok keseimbangan.

Manfaat Senam.

Semua senam dan aktivitas olahraga ringan tersebut sangat bermanfaat untuk menghambat proses degeneratif/penuaan. Orang melakukan senam secara teratur akan mendapatkan kesegaran jasmani yang baik yang terdiri dari unsur kekuatan otot, kelenturan persendian, kelincahan gerak, keluwesan, cardiovascular fitness dan neuromuscular fitness.

Manfaat senam yaitu seseorang dapat memiliki bentuk tubuh yang ideal, diantaranya indah, bugar, dan kuat (Sutrisno dan Khafadi, 2010:145). Sedangkan menurut Agus Mahendra (2000:14), menyatakan manfaat senam meliputi manfaat fisik dan mental serta sosial.

Manfaat senam lainnya yaitu terjadi keseimbangan antara osteoblast dan osteoclast. Apabila senam terhenti maka pembentukan osteoblast berkurang sehingga pembentukan tulang berkurang dan dapat berakibat pada pengeroposan tulang. Senam yang diiringi dengan latihan stretching dapat memberi efek otot yang tetap kenyal karena di tengah-tengah serabut otot ada impuls saraf yang dinamakan muscle spindle, bila otot diulur (recking) maka muscle spindle akan bertahan atau mengatur sehingga terjadi tarik-menarik, akibatnya otot menjadi kenyal. Orang yang melakukan stretching akan menambah cairan sinoval sehingga persendian akan licin dan mencegah cedera (Suroto, 2004).

Apabila orang melakukan senam, peredaran darah akan lancar dan meningkatkan jumlah volume darah. Selain itu 20% darah terdapat di otak, sehingga akan terjadi proses indorfin hingga terbentuk hormon norepinefrin yang dapat menimbulkan rasa gembira, rasa sakit hilang, adiksi (kecanduan gerak) dan menghilangkan depresi.

Selain itu, melalui senam akan memberikan sumbangan yang sangat besar dari program senam dalam meningkatkan self-concept (konsep diri). Ini biasa terjadi karena kegiatan senam menyediakan banyak pengalaman dimana akan mampu mengontrol tubuhnya dengan keyakinan dan tingkat keberhasilan yang tinggi, sehingga memungkinkan membantu membentuk konsep yang positif.

Demikianlah informasi dari artikel yang berjudul Senam (Lengkap), Pengertian, Sejarah, Jenis -Jenis, Manfaat Senam, Gymnastics. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan pada penulisan artikel ini, Berbagai Reviews mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainya silahkan klik Pustaka Pengetahuan

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm 

Untuk belajar budidaya, silahkan klik Baraja Farm Channel

Media sosial silahkan klik facebook

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar