Home » , » Pengertian Ideologi Pancasila (Lengkap), Fungsi, Implementasi, Menghayati, Nilai - Nilai Ideologi Pancasila, Ideology of Pancasila.

Pengertian Ideologi Pancasila (Lengkap), Fungsi, Implementasi, Menghayati, Nilai - Nilai Ideologi Pancasila, Ideology of Pancasila.

Posted by berbagaireviews.com on 5 Juli 2018

Ideologi pancasila pada hakikatnya bukan hanya merupakan suatu hasil perenungan atau pemikiran seseorang atau kelompok seperti ideologi-ideologi lain di dunia. Pancasila diambil dari nilai-nilai luhur budaya dan nilai religius bangsa Indonesia. Pancasila berkedudukan sebagai ideologi bangsa dan negara. Dengan demikian, pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia berakar pada pandangan hidup dan budaya bangsa dan bukannya mengangkat atau mengambil ideologi dari negara lain.



Pengertian ideologi pancasila - berbagaireviews.com

Pancasila merupakan suatu dasar atau ideologi yang dianut oleh negara Republik Indonesia. Tak hanya harus dihafal, ideologi pancasila sebagai dasar negara juga harus dimengerti, dan dipahami maknanya oleh seluruh warga negara Indonesia, termasuk anda. Dengan demikian makna positif yang terkandung dalam ideologi pancasila bisa benar-benar kita rasakan manfaatnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Pengertian Ideologi Pancasila.

Ideologi berasal dari kata “idea” yang berarti cara berpikir dan “logos” yang berarti ilmu. Secara sederhana, ideologi bisa diartikan sebagai cara berpikir yang dijadikan pedoman hidup. Sementara pancasila adalah lima sila yang dijadikan dasar hidup bangsa Indonesia. Lima sila tersebut tertuang dalam pembukaan UUD 1945.


Pengertian Ideologi Negara , silahkan click  http://www.berbagaireviews.com/2018/07/pengertian-ideologi-negara-lengkap.html

Pengertian ideologi secara umum adalah seperangkat pemikiran, ide atau gagasan yang memiliki orientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur. Umumnya ideologi berkaitan erat dengan dunia politik. Selain itu ideologi juga berkaitan erat dengan bangsa dan negara sehingga anda mungkin sering kali mendengar istilah ideologi negara dan ideologi bangsa

Ideologi Pancasila merupakan nilai-nilai luhur budaya dan religius bangsa Indonesia. Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara dan ideologi negara. Jadi, Ideologi pancasila adalah kumpulan nilai-nilai atau norma yang berdasarkan sila-sila pancasila.

Pancasila sebagai Ideologi Terbuka.

Ideologi Pancasila adalah Ideologi terbuka. Artinya, ideologi Pancasila dapat mengikuti perkembangan yang terjadi pada negara lain yang memiliki ideologi yang berbeda dengan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Hal ini disebabkan karen ideologi Pancasila memiliki nilai-nilai yang meliputi; nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis. Selain itu, Pancasila bukan merupakan ide baru atau perenungan suatu kelompok atau golongan tertentu, melainkan Pancasila berasal dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa. Dengan demikian, Pancasila pada hakikatnya berlaku untuk seluruh lapisan serta unsur-unsur bangsa secara keseluruhan. Oleh karena itu, ciri khas Pancasila memiliki kesesuaian dengan bangsa Indonesia. 

Sebagai suatu ideologi bangsa dan negara, Pancasila diangkat dari nilai-nilai adat istiadat, nilai-nilai kebudayaan serta nilai religius yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia sebelum membentuk negara. Dengan kata lain, unsur-unsur yang merupakan materi Pancasila diangkat dari pandangan hidup masyarakat Indonesia sendiri. Sebagai contoh, kebiasayaan gotong royong dan bermusyawarah adalah nilai-nilai luhur budaya bangsa yang terdapat dalam Pancasila. Pancasila sebagai Ideologi berarti Pancasila dijadikan sebagai pandangan hidup bagi bangsa Indonesia.

Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Negara.

Pancasila sebagai ideologi negara merupakan nilai ynag terkandung atau terdapat di dalam Pancasila yang dijadikan cita-cita normatif untuk penyelenggaraan negara. Secara luas, Pancasila sebagai ideologi negara juga diartikan sebagai visi penyelenggaraan untuk kehidunpan berbangsa dan bernegara di Republik Indonesia. Hal tersebut tercantum pada ketetapan MPR No 18 Tahun 1998 yang berisi tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, serta Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara. Disebutkan dalam pasal 1 bahwa Pancasila memiliki kedudukan sebagai ideologi nasional, di samping kedudukannya sebagai dasar negara.

Pancasila sebagai ideologi negara berarti cita-cita untuk bernegara serta sarana yang dapat menyatukan masyrakat melalui wujud aksi ynag nyata dan operasional aplikatif, sehinnga hal ini tidak akan dijadikan slogan saja. Pancasila sebagai ideologi negara berfungsi sebagai alat penyatu masyarakat, sehingga dapat dijadikan pedoman dan prosedur untuk penyelesaian masalah.

Berikut fungsi ideologi pancasila, sebagai berikut :
  • Menyatukan bangsa Indonesia, memperkokoh dan memelihara kesatuan dan persatuan.
  • Membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia unutk mencapai tujuannya.
  • Memberikan kemauan untuk memelihara dan mengembangkan identitas bangsa Indonesia
  • Menerangi dan mengawasi keadaan, serta kritis kepada adanya upaya untuk mewujudkan cita-cita yang terkandung di dalam pancasila.
  • Sebagai pedoman bagi kehidupan bangsa Indonesia dalam upaya menjaga keutuhan negara dan memperbaiki kehidupan dari bangsa Indonesia.

Implementasi Pancasila Sebagai Ideologi Nasional.

Berikut adalah implementasi dari Pancasila sebagai ideologi negara:

1. Pancasila yang Diwujudkan sebagai Cita-Cita Negara.

Artinya Pancasila diimplementasikan sebagai bentuk cita-cita penyelenggaraan untuk bernegara yang tertulis di ketetapan MPR No. 7 tahun 2001 tentang Visi Indonesia di Masa Depan. Di dalam ketetapan tersebut juga disebutkan tentang visi Indonesia Masa Depan yang terdiri dari 3 hal yaitu visi ideal (cita-cita bangsa sesuai dengan pembukaan UUD 1945 alinea kedua dan keempat), visi antara (visi negara yang berlaku sampai tahun 2020), dan visi lima tahunan (sesuai dengan yang disebutkan dalam GBHN).

2. Pancasila yang Diwujudkan sebagai Nilai Integratif Bangsa.

Pancasila dibuat sebagai sarana sekaligus prosedur untuk menyatukan perbedaan dan penyelesaian masalah di dalam kehidupan bernegara. Dalam hal ini Pancasila dijadikan sebagai social ethics yang terkandung di dalam masyarakat majemuk.

Menghayati Pengertian Ideologi Pancasila.

Jika kita memberikan pengertian yang sederhana, ideologi pancasila bisa diartikan sebagai sekumpulan nilai atau norma yang berdasarkan sila-sila pancasila. Pancasila dirumuskan dalam lima sila yang menjadi landasan hidup bangsa Indonesia, yaitu sebagai berikut.
  • Ketuhanan yang Maha Esa
  • Kemanusiaan yang adil dan beradab
  • Persatuan Indonesia
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  • Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia
Untuk mewujudkan bangsa yang dinamis dengan landasan berpikir yang sama, masyarakat Indonesia dituntut mampu menghayati nilai-nilai dalam pengertian ideologi Pancasila. Dalam hal ini, diperlukan langkah pembinaan yang objektif demi meningkatkan ketahanan ideologi bangsa. Langkah pembinaan tersebut bisa dilakukan dengan menanamkan pengalaman Pancasila baik secara objektif maupun subjektif. Selanjutnya, Pancasila sebagai ideologi yang terbuka harus selalu direlevansikan sekaligus diaktualisasikan sehingga mampu membimbing dan juga mengarahkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selain Pancasila, warga Indonesia harus ingat bahwa bangsa kita memiliki semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti bersatu dalam segala keberagaman budaya. Semboyan ini harus terus dikembangkan menjadi karakter masyarakat di tengah bangsa yang majemuk. Semboyan ini termasuk perwujudan dari Pancasila. Pengertian konsep ideologi pancasila dan pemahamannya secara menyeluruh adalah modal utama dalam mewujudkan bangsa yang berkarakter.

Ideologi Pancasila dirumuskan oleh para pendiri bangsa yang telah memahami kondisi Indonesia. Mereka telah memutuskan ideologi seperti apa yang dapat membangun negara menjadi lebih baik. Dalam pengertian ideologi pancasila, kita harus memahami nilai-nilai yang luhur dan budaya religius yang ada pada bangsa kita. Lima sila yang telah disebutkan di atas harus benar-benar dipahami sebagai seorang warga negara yang baik dan mencintai negerinya.

Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Negara.

Nilai-nilai Pancasila merupakan nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan Keadilan. Inilah nilai dasar untuk kehidupan kenegaraan, kebangsaan dan kemasyarakatan.

Nilai Pancasila tergolong nilai kerohanian yang didalamnya terselip nilai lainnya secara lengkap dan harmonis, baik nilai nilai vital, material, nilai kebenaran(kenyataan) , nilai etis, nilai estetis, maupun nilai religius.

Nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi sendiri bersifat objektif dan subjektif.

Nilai-nilai Pancasila yang bersifat objektif maksudnya:
  • Rumusan dari sila-sila Pancasila itu sendiri mempunyai makna yang ter-dalam.
  • Pancasila yang tersimpan dalam Pembukaan UUD 1945 sebagai pokok kaidah negara yang mendasar.
  • Inti dari nilai Pancasila akan terus ada sepanjang masa dalam kehidupan bangsa Indonesia.
    Sedangkan nilai-nilai Pancasila yang bersifat subjektif menjelaskan bahwa keberadaan nilai-nilai Pancasila bergantung pada bangsa Indonesia sendiri. 
Dapat dijelaskan sebab:
  • Nilai-nilai Pancasila itu timbul dari bangsa Indonesia.
  • Nilai-nilai Pancasila di dalamnya memuat nilai- nilai kerohanian.
  • Nilai-nilai Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia.
  • Nilai-nilai Pancasila di dalamnya merupakan nilai yang digali , tumbuh dan berkembang dari budaya bangsa Indonesia
Pancasila sebagai sumber nilai mengharuskan UUD memuat isi yang mewajibkan pemerintah, penyelenggara Negara termasuk juga pengurus partai dan golongan fungsional untuk menjaga budi pekerti kemanusiaan yang luhur dan memegang cita-cita moral rakyat yang luhur.

Dimensi Ideologi Pancasila.
  • Dimensi Realita, artinya nilai-nilai dasar yang tercamtum di ideologi tersebut mencerminkan kenyataan hidup yang ada di dalam masyarakat dimana ideologi itu ada untuk pertama kalinya.
  • Dimensi Idealisme, artinya kualitas ideologi yang tercamtum dalam nilai dasar tersebut bisa memberikan harapan kepada berbagai kelompok dan masyarakat mengenai masa depan yang lebih baik.
  • Dimensi Fleksibilitas, artinya kemampuan ideologi dalam mempengaruhi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakatnya.

Makna Ideologi Pancasila.

Adapun makna ideologi pancasila adalah bahwa pancasila sebagai keseluruhan pandangan, keyakinan, cita-cita dan nilai bangsa Indonesia yang secara normatif perlu diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, serta berbangsa dan bernegara.

Secara umum makna ideologi pancasila adalah sebagai berikut:
  • Nilai-nilai yang tercantum dalam pancasila menjadi cita-cita bersifat normatif dalam penyelenggaraan negara.
  • Nilai-nilai yang tercantum dalam pancasila merupakan nilai yang telah disepakati bersama sehingga dapat menjadi salah satu pemersatu masyarakat dan bangsa Indonesia.
Makna ideologi pancasila dijadikan suatu dasar negara memiliki tujuan bahwa segala seuatu dalam bidang pemerintahan maupun semua yang berhubungan dengan kenegaraan harus didasari dengan titik tolaknya, dibatasi gerakan pelaksanaanya dan diarahkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan menggunakan pancasila.

Pada awalnya, makna ideologi pancasila ini harus dipahami sebagai konsep yang meliputi pemahaman seluruh elemen masyarakat dan bangsa Indonesia agar bersemangat dalam pergerakan melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan dan mewujudkan kehidupan penyelenggaraan negara.

Lebih jauh, sebagai sebuah ideologi pancasila juga memiliki beberapa fungsi penting yaitu:
  • Menyatukan bangsa Indonesia dan memperkokoh serta memelihara persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
  • Mengarahkan serta membimbing bangsa Indonesa dalam meraih tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia
  • Memberikan bangsa Indonesia suatu kemauan dan kesadaran untuk menjaga dan memelihara identitas bangsa Indonesia
  • Menerangi dan mengawasi keadaan serta kritis terhadap adanya upaya untuk meraih cita-cta yang terkandung dalam pancasila
  • Sebagai pedoman dalam kehidupan bangsa Indonesia dalam upaya menjaga keutuhan negara dan memperbaiki kehidupan bangsa Indonesia

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS