Home » , » Pengertian Ideologi Negara (Lengkap), Fungsi dan Manfaat Ideologi Negara, Country Ideology.

Pengertian Ideologi Negara (Lengkap), Fungsi dan Manfaat Ideologi Negara, Country Ideology.

Posted by berbagaireviews.com on 5 Juli 2018

Pengertian ideologi negara dan fungsi serta manfaat ideologi negara - berbagaireviews.com

Pengertian Ideologi Negara.

Ideologi adalah suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis dengan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.

Istilah ideologi berasal dari kata 'idea' (inggris) yang berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita; dan kata 'logi' yang dalam bahasa Yunani logos artinya ilmu atau pengetahuan. Secara Harfiah, Pengertian Ideologi adalah pengetahuan tentang gagasan-gagasan, pengetahuan tentang ide-ide, science of ideas atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar.

Ideology Negara merupakan consensus (mayoritas) warga Negara tentang nilai-nilai dasar Negara yang ingin di wujudkan melalui kehidupan Negara itu

Dalam pengertian sehari-hari "idea" yang berarti 'cita-cita'. Cita-cita yang dimaksud adalah cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai sehingga cita-cita yang bersifat tetap itu sekaligus merupakan dasar, pandangan atau paham. Ideologi mencakup pengertian tentang ide-ide, pengertian dasar, gagasan dan cita-cita. Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang luas, sebagai cara memandang segala sesuatu. Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga pembuat konsep ini menjadi intisari politik.

Pengertian Ideologi Menurut Definisi Para Ahli.

Dalam arti luas Ideologi Negara adalah pedoman hidup dalam berfikir baik dalam segi kehidupan pribadi ataupun umum. Dalam arti sempit ideologi adalah pedoman hidup baik dalam berfikir ataupun bertindak dalam bidang tertentu. Hakikat ideologi Negara adalah nilai-nilai dasar yang disepakati oleh mayoritas warga Negara dan yang ingin diwujudnyatakan dalam kehidupan bernegara.

Berikut beberapa pengertian ideologi yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh kenegaraan.

Alfian

Menurut definisi Alfian, pengertian ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

C.C. Rodee

Menurut pendapat C.C. Rodee yang menyatakan bahwa pengertian ideologi adalah sekumpulan yang secara logis berkaitan dan mengindentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya.

Ali Syariati

Menurut Ali Syariati mengenai pendapat tentang pengertian ideologi yang mengatakan bahwa ideologi adalah sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau suatu ras tertentu.

Dari hasil pendapat para ahli mengenai pengertian ideologi, yang disimpulkan bahwa pengertian ideologi adalah kumpulan gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan, yang menyeluruh dan sistematis, yang menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia.

Fungsi ideologi bagi suatu bangsa dan negara.


Ideologi dimaknai sebagai  keseluruhan pandangan, citap-cita, nilai, dan keyakinan yang ingin diwujudkan dalam kenyataan hidup nyata. Ideologi dalam artian ini sangat diperlukan, karena dianggap mampu membangkitkan kesadaran akan kemerdekaan, memberikan arahan mengenai dunia beserta isinya, serta menanamkan semangat dalam perjuangan masyarakat untuk bergerak melawan penjajahan, yang selanjutnya mewujudkan dalam kehidupan penyelenggara negara.

Adapaun fungsi idelogi adalah sebagai berikut:
  • Membentuk identitas atau ciri kelompok atau bangsa
  • Mempersatukan sesama
  • Mempersatukan orang dari berbagai agama
  • Mengatasi berbagai pertentangan / konflik / ketegangan sosial
  • Pembentukan solidariatas
Manfaat Ideologi.
  • Menjadi pedoman bagaimana bangsa itu membangun dirinya.
  • Memberi arah dan cita-cita bangsa yang bersangkutan.
  • Memiliki pegangan dan pedoman bagaimana memecahkan masalah-masalah politik, ekonomi, social budaya, dan pertahanan keamanan.
  • Mampu memandang persoalan-persoalan yang dihadapinnya dan menentukan     arah serta bagaimana bangsa itu  memecahkan persoalan yang di hadapi.

Ideologi yang berkembang di dunia.



Ideologi yang berkembang di dunia - berbagaireviews.com

Ada beberapa ideology yang berkembang di dunia antara lain :
  • liberalisme,
  • Marxisme,
  • Sosialisme,
  • Anarkisme,
  • Konservatisme dan
  • Totalitarianisme.

Pengertian Ideologi Pancasila, silahkan click  http://www.berbagaireviews.com/2018/07/pengertian-ideologi-pancasila-lengkap.html

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS