Home » » Contoh - Contoh Karangan Ilmiah (Lengkap), Karangan Ilmiah, Scientific Paper.

Contoh - Contoh Karangan Ilmiah (Lengkap), Karangan Ilmiah, Scientific Paper.

Posted by berbagaireviews.com on 19 Juni 2018




Berikut Contoh - Contoh Karangan Ilmiah

Contoh I 
 
Judul
Karangan Ilmiah

Kebersihan Lingkungan di sekitar Kita

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan Karya Ilmiah ini yang Alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI SEKITAR KITA”
Karya Ilmiah ini berisikan tentang informasi Pengertian Kebersihan Lingkungan Di Sekitar Kita atau yang lebih khususnya membahas penerapan kebersihan lingkungan di sekitar kita. Diharapkan Karya Ilmiah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang kebersihan lingkungan di sekitar kita.
Saya menyadari bahwa Karya Ilmiah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan Karya Ilmiah ini.
Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan Karya Ilmiah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Jakarta Barat, 1 April 2013


Penyusun

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL …………………………………………………….
KATA PENGANTAR …………………………………………………...
DAFTAR ISI …………………………………………………………….
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar belakang ……………………………………………
B. Perumusan Masalah ………………………………………
C. Tujuan Penelitian …………………………………………
D. Metode dan Teknik Penelitian ……………………………
E. Sistematika Penulisan …………………………………….
BAB II PEMBAHASAN
A. Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan  ……………………………………………….
B. Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan …………………..
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ……………………………………………….
B. Saran ……………………………………………………...
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar belakang
Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat.
Problem tentang kebersihan lingkungan yang tidak kondusif dikarenakan masyarakat selalu tidak sadar akan hal kebersihan lingkungan. Tempat pembuangan kotoran tidak dipergunakan dan dirawat dengan baik. Akibatnya masalah diare, penyakit kulit, penyakit usus, penyakit pernafasan dan penyakit lain yang disebabkan air dan udara sering menyerang golongan keluarga ekonomi lemah. Berbagai upaya pengembangan kesehatan anak secara umum pun menjadi terhambat.

B.   Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, penulis merumuskan beberapa masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ilmiah, yaitu:
Bagaimana kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan?
Bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita?

C.   Tujuan Penelitian
Supaya kebersihan lingkungan di sekitar kita tetap terjaga.
Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan.

D.   Metode dan Teknik Penelitian
Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, penulis menggunakan metode observasi dan kepustakaan. Adapun teknik-teknik yang dipergunakan pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
Teknik Pengamatan Langsung, Pada teknik ini penulis terjun langsung meneliti ke lapangan untuk mengetahui bagaimana kebersihan lingkungan dan bagaimana peranan pelajar terhadap masalah kebersihan lingkungan.
Teknik Wawancara, Tujuan dari teknik wawancara ini adalah agar diperoleh gambaran yang lebih mengenai kasus yang dibahas. Responden meliputi para pelajar, para pengajar, masyarakat sekitar, dan ahli kebersihan lingkungan hidup sebagai sumber informasi mengenai studi kasus masalah kebersihan lingkungan.
Studi Pustaka, Pada metode ini, penulis membaca buku-buku dan tulisan yang berhubungan dengan penulisan karya ilmiah serta yang berkaitan dengan masalah lingkungan hidup dan perilaku rem aja.

E.   Sistematika Penulisan
Pada karya ilmiah ini, penulis akan menjelaskan hasil penelitian di lapangan dimulai dengan bab pendahuluan. Bab ini meliputi latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian serta sistematika penulisan. Bab selanjutnya, penulis melakukan penelitian lapangan.


BAB II
PEMBAHASAN

A.   Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Kebersihan sebuah cerminan bagi setiap individu dalam menjaga kesehatan yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari.  Dan seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan merupakan suatu keadaan yang bebas dari segala kotoran, penyakit, dan lain lain, yang dapat merugikan segala aspek  yang menyangkut setiap kegiatan dan perilaku lingkungan masyarakat. Dan sebagaimana di ketahui bahwa kehidupan manusia sendiri tidak bisa dipisahkan baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Maka sebagai individu harusnya segala aspek  yang ada dalam masyarakat harus dapat menjaga kebersihan lingkungan. Karena tanpa lingkungan yang bersih setiap individu maupun masyarakat akan menderita sebab sebuah faktor yang merugikan seperti kesehatan. Kesehatan itu begitu mahal harganya. Sehingga semuanya harus di olah dengan baik . Lingkungan yang kotor berarti penganggu kesehatan yang juga berarti membuat bibit penyakit. Namun segala sesuatu ada kata perubahan hanya saja dalam segala persoalan-persoalan, semua ini tidak dapat dijalankan tanpa sebuah kesadaran dari setiap individu masyarakat maupun kelompok masyarakat untuk menjaga kebersihan, Maka Kebersihan itu tidak akan berguna dan menimbulkan banyak kerugian. Sebagaimana kita ketahui bahwa pandangan masyarakat tentang sadar lingkungan sangatlah minim/kurang.

B.   Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan.

Berikut Tips dan trik menjaga kebersihan lingkungan:
Dimulai dari diri sendiri dengan cara memberi contoh kepada masyarakat bagaimana menjaga kebersihan lingkungan.
Selalu Libatkan tokoh masyarakat yang berpengaruh untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
Sertkan para pemuda untuk ikut aktif menjaga kebersihan lingkungan.
Perbanyak tempat sampah di sekitar lingkungan anda;
Pekerjakan petugas kebersihan lingkungan dengan memberi imbalan yang sesuai setiap bulannya.
Sosialisakan kepada masyarakat untuk terbiasa memilah sampah rumah tangga menjadi sampah organik dan non organik.
Pelajari teknologi pembuatan kompos dari sampah organik agar dapat dimanfaatkan kembali untuk pupuk;
Kreatif, Dengan membuat souvenir atau kerajinan tangan dengan memanfaatkan sampah.
Atur jadwal untuk kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan.


BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan.

Dari hal tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa masyarakat masih belum peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya. Kebanyakan dari mereka berfikir secara parsial dan hanya ingin menguntungkan diri sendiri, seperti masalah pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya,  pembungan limbah pabrik, polusi udara, pencemaran air, dan lain-lain. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan setiap tahunnya selalu meningkat. Dan mengakibtakan keadaan yang merugikan kota medan contohnya : banjir yang baru-baru ini terjadi karena banyaknya sampah yang menumpuk di parit-parit rumah dan kanal air. Dengan sebuah perumpaan yang dapat di bandingkan dengan teknologi maka dapat di perhatikan bahwa secanggih-canggihnya teknologi tanpa didasari dengan kebersihan maka, teknologi itu akan hancur. Jadi, dari hal tersebutlah kita harus menyadari kebersihan itu penting. Marilah kita menjaga kebersihan secara bersama-sama.

B.   Saran.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis kebersihan lingkungan disekitar kita ini masih banyak terdapat kekurangan baik dari segi materi, isi materi, cara penulisan karya tulis ini, untuk itu penulis meminta saran dari pembaca semua untuk bisa makalah ini bisa lebih sempurna lagi untuk penulisan berikutnya. Atas perhatian pembaca penulis ucapkan terima kasih.


DAFTAR PUSTAKA

http://www.berbagaireviews.com/2018/06/karangan-ilmiah-lengkap-pengertianmacam.html


Contoh II.

 Judul
Karangan Ilmiah Tentang Bahaya Merokok

BAB I
Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah

Sebagian besar manusia pada jaman sekarang tidak bisa lepas dari merokok, mulai dari tua, muda bahkan anak kecil pun terjerumus dalam masalah ini. Seakan-akan merokok adalah salah satu kegiatan yang wajar dilakukan. Apabila dilihat dari manfaatnya, kegiatan ini sama sekali tidak memberikan manfaat bagi siapapun. Bahkan merokok berpotensi menimbulkan berbagai penyakit di dalam tubuh si perokok tersebut. Dan parahnya para perokok aktif ini dapat memberikan potensi penyakit kepada orang lain yang berada didekatnya. Jadi untuk penelitian untuk bahaya rokok bagi kehidupan manusia sangat penting dilakukan. Untuk menyadarkan para perokok aktif dan mengurangi jumlah perokok yang ada.

B. Rumusan Masalah
Apa dampak merokok bagi tubuh manusia?

C. Tujuan Penelitian
Menyadarkan perokok aktif tentang bahaya merokok

BAB II
Pembahasan

A. Dampak Merokok Bagi Tubuh

Memang kabanyakan orang menganggap merokok adalah suatu yang wajar dilakukan. Bahkan merokok telah menjadi kebiasaan sebagian orang di Indonesia (khususnya untuk golongan laki-laki). Entah faktor apa yang membuat mereka yakin terhadap kegiatan ini. Pada semua bungkus rokok yang legal pasti bertuliskan”merokok membunuhmu” pada bungkus bagian belakang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli mereka menyebutkan bahaya merokok antara lain:
Meningkatkan resiko penyakit kanker.
Merusak paru-paru dan system pernafasan lainnya.
Pemicu utama penyakit leukemia.
Menyebabakan penyakit jantung
Kandungan zat tar pada rokok dapat menyebabka warna coklat pada gigi dan kuku.
Perempuan yang merokok, akan cenderung melahirkan seorang bayi dengan berat rendah serta ada peningkatan resiko kelahiran premature.
Merokok juga dapat meningkatkan potensi penyakit katarak.
Berpotensi memicu penyakit diabetes mellitus tipe 2 dan membuat si perokok kesulitan mengontrol kadar gula.
Merokok juga dapat menyebabkan penyakit stroke yang sangat mematikan.
Wajah perokok aktif biasanya terlihat lebih tua dari umurnya.

BAB III
Penutup

A. Kesimpulan

Walaupun merokok telah menjadi suatu kegiatan yang wajar, bahkan menjadi sebuah kebiasaan. Tetapi hal tersebut tidak bisa menampikkan bahaya yang terdapat dalam setiap batang rokok. Oleh karena itu untuk anda yang telah menjadi perokok aktif, usahakan untuk mulai meninggalkan kegiatan ini. Sebelum semuanya terlambat, sebelum penyakit yang saya sebutkan diatas bersarang pada tubuh anda. Selain dapat merusak tubuh anda merokok juga dapat merusak sistem keuangan anda. Jadi dapat disimpulkan merokok adalah salah satu hal yang berpotensi merusak tubuh kita entah dari luar maupun dari dalam.

Contoh III.

Judul
 
Karangan Ilmiah Bahaya Pergaulan Bebas Bagi Remaja


BAB I
Pendahuluan

A. Latar belakang Masalah

Manusia sebagai makhluk sosial pasti memerlukan interaksi dan bantuan terhadap manusia lainnya. Dengan berinteraksi dengan orang lain kita bisa mengungkapkan perasaan kita, keinginan kita dan lain-lain. Apabila kegiatan ini kita lakukan sesuai dengan kebutuhan kita maka hal ini akan berdampak positif pada fisik dan batin kita. Akan tetapi apabila kita terlalu banyak melakukan interaksi dengan orang lain, maka hal tersebut akan berpotensi buruk bagi diri kita. Apalagi untuk kalangan remaja yang biasa berbaur antara laki-laki dan perempuan akan memimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu penelitian tentang pergaulan bebas ini patut dilaksanakan agar masyarakat umum faham akan bahaya pergaulan bebas.

B. Rumusan Masalah
Bahaya pergaulan bebas bagi remaja.

C. Tujuan Penelitian
Memahamkan dan menghindarkan masyarakat dari pergaulan bebas khususnya para remaja.

BAB II.

Pembahasan

Pada jaman sekarang pergaulan remaja putra dan remaja putri tidak lagi dapat dihindarkan. Yang menjadi masalah adalah kebanyakn mereka tidak bisa membatasi pergaulan tersebut. Sehingga mereka biasa melakukan hal bersama-sama, tidak sedikit orang yang menyesal karena pergaulan saat remaja. Mereka mengaku pernah melakukan hal-hal yang melanggar norma asusila dan orma agama. Tetapi anehnya pada jaman kita ini kebanyakan remaja tidak lagi memperdulikan masalah ini. Hal ini akan berdampak pada masa depan mereka sendiri, mereka akan depresi, stress bahkan bisa gila. Berdasarkan fakta yang telah dirasakan oleh sebagian saudara kita seharusnya kita sadar akan bahaya pergaulan bebas. Memang pergaulan adalah sesuatu yang wajar dilakukan dan itu sudah menjadi fitrah manusia. Yang tidak wajar adalah apabila kita melakukan kegiatan ini terlalu berlebihan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, ada beberapa dampak yang disebabkan dari pergaulan bebas antara lain.
  • Dapat memicu terjadiunya seks bebas.
  • Dapat menyebabkan seseorang kecanduan terhadap narkoba.
  • Dapat menurunkan kesehatan dan daya tahan tubuh.
  • Dapat menyebabkan seseorang melakukan tindak criminal.
  • Merusak hubungan baik dengan keluarga, tetangga dan masyarakat.
  • Menurunkan prestasi di sekolah.
  • Berdosa dimata Allah.

BAB III
Penutup

A. Kesimpulan

Bergaul merupakan hal yang dibutuhkan oleh seseorang, yang akan membuat mereka lebih akrab dan mengenal dengan sesama. Tetapi terlalu banyak bergaul juga tidak baik untuk masa depat seseorang. Apalagi pergaulan yang dilakukan adalah sebuah pergaulan tanpa mengenal batas antara satu sama lain. Hal itu akan merusak diri dan masa depan mereka. Dan parahnya hal itu juga akan merusak moral bangsa ini.

Contoh IV.

Judul

Karangan Ilmiah Tentang Manfaat Olahraga

BAB I
Pendahuluan

A. Latar belakang Masalah

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Akan tetapi sebagian orang merasa malas atau enggan melakukan kegiatan ini. Dengan berbagai macam alasan, entah capek lah, gak ada waktu lah dan lain-lain. Dan seorang yang jarang berolahraga atau bergerak akan besar kemungkinan terkena suatu penyakit. Berdasarkan hal itu, perlu dilakukan peneliltian tentang manfaat olahraga agar orang yang tidak pernah berolahraga mau mencoba kegiatan ini.

B. Rumusan Masalah
Cara menjaga tubuh dengan olahraga.

C. Tujuan Penelitian
Memahamkan sebagian orang tentang manfaat olahraga.

BAB II
Pembahasan

A. Manfaat Olahraga bagi tubuh manusia

Sebagian orang mungkin menganggap olahraga adalah sebuah pekerjaan yang sangat berat. Karena mereka dipaksa untuk bergerak yang akan membuat mereka capek dan keluar keringat. Akan tetapi saat mereka mengetahui manfaat olahraga mereka tidak akan mengeluh saat melakukan kegiatan ini.
Olahraga secara rutin bisa meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.
Olahraga juga dapat meningkatkan fungsi otak.
Jika anda merasa sters saya sarankan untuk berolahraga, karena salah satu manfaat olahraga adalah mengurangi stress.
Olahraga dapat menurunkan berat badan dan menurunkan kolesterol.
Meningkatkan kinerja jantung.

BAB III
Penutup

A. Kesimpulan

Menjaga kesehatan tubuh adalah suatu kewajiban dari masing-masing individu. Dan salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga. Walaupun kegiatan ini terlihat remeh tetapi manfaat dari kegiatan itu tidaklah sedikit. Dengan adanya tulisan ini diharapkan bisa menambah antusias kalian terhadap kegiatan ini. 


Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.