Pengertian Karya Tulis dan Jenis - jenis karya tulis beserta bagiannya, Scientific paper. | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

26 April 2018

Pengertian Karya Tulis dan Jenis - jenis karya tulis beserta bagiannya, Scientific paper.

| 26 April 2018
Pengertian Karya Tulis

Karya tulis adalah sebuah hasil karangan dalam bentuk tulisan. Yang merupakan hasil dari sebuha penelitian, pengamatan, tinjauan dalam bidang tertentu yang disusun secara sistematis.


Karya tulis dan jenis - jenis karya tulis - berbagaireviews.com

Secara bahasa karya tulis disusun dari dua kata yang berbeda yaitu karya dan tulis. Kata karya dalam KBBI memiliki arti pekerjaan, buatan, ciptaan dan hasil perbuatan (terutama untuk hasil karangan). Sedangkan tulis berarti sebuah huruf atau angka yang dibuat dengan pena atau alat tulis lainnya.

Bahwa karya tulis adalah sebuah karangan yang kita tuliskan dalam suatu bidang. Atau sebuah karangan hasil dari sebuah pemikiran, pengamatan dalam bidang tertentu yang ditulis secara terarah.

Ada juga yang mengatakan bahwa karya tulis adalah gagasan seseorang yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Perlu kalian ketahui bahasa Indonesia bukanlah  ilmu pasti seperti halnya matematika. Wajar saja apabila terjadi sebuah perbedaan dalam menjelaskan, namun pada dasarnya maknanya tetap sama.

Jenis - jenis Karya Tulis.

Karya tulis dibagi menjadi 3 jenis, yaitu karya tulis ilmiah, karya tulis non ilmiah dan karya tulis populer. Setiap jenis karya tulis memiliki perbedaan antara satu dengan yang lain. Entah dari ciri-ciri karangannya atau dari fungsi dan kegunaan karya tulis itu sendiri.

1. Karya Tulis Ilmiah.

Karya Tulis ilmiah atau biasa disingkat dengan karya ilmiah ( Scientific paper). Adalah sebuah karangan atau laporan yang ditulis berdasarkan pemikiran atau penelitian dalam masalah tertentu. Atau pengkajian suatu masalah oleh seseorang dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan.


Karya tulis ilmiah beserta jenis - jenis karya tulis ilmiah - berbagaireviews.com


Karya ilmiah sering juga disebut dengan sebutan tulisan akademis (academis writing). Karena karya ilmiah sering ditulis dan dibuat oleh kalangan kampus, mahasiswa maupun dosen. Karangan ini berfungsi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berupa pengawasan, penjelasan dan prediksi.

a. Makalah

Secara umum makalah adalah salah bentuk karya tulis yang bersifat ilmiah dengan pembahasan masalah tertentu. Berdasarkan hasil dari penelitian, pengamatan, peninjauan dan hasil kajian teori. Pada umumnya tujuan pembuatan makalah untuk memenuhi tugas tertentu seperti tugas akademik atau tugas non akademik.

b. Tesis

Tesis adalah sebuah penyataan atau teori yang disertai oleh argument yang dikemukakan dalam bentuk karya ilmiah. Tujuan pembuatan tesis adalah untuk mendapatkan gelar sarjana pada sebuah perguruan tinggi tertentu. Tesis juga dapat diartikan sebagai karya ilmiah resmi akhir seorang pelajar.

c. Surat Pembaca

Surat pembaca adalah sebuah karangan yang berbentuk surat yang ditulis oleh pembaca yang dimuat ke dalam koran, surat kabar, majalah. Biasanya isi surat pembaca berbentuk saran, kritik, keluhan, ajakan, himbauan atau bahkan ucapan terima kasih. Yang diberikan pembaca kepada pihak tertentu.

d. Skripsi

Skripsi adalah sebuah kata yang sering kita dengar dari para mahasiswa yang akan selesai menyelesaikan masa belajarnya. Atau bisa dikatakan sebagai tugas akhir yang diberikan dosen kepada mahasiswa. Sebagai bukti tentang keilmuan yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa.

e. Proposal Penelitian.

Proposal penelitian adalah sebuah jenis proposal yang banyak digunakan dalam bidang akademik, khususnya untuk karya ilmiah. Karangan ini juga bisa diartikan suatu bentuk pedoman kerja yang memiliki unsur-unsur pokok dalam proses pembuatan. Karangan harus ini memiliki informasi yang cukup bagi pembacanya.

f. Resensi

Pada dasarnya resensi adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa belada yang memiliki arti mengulang kembali. Resensi adalah sebuah karangan dengan tujuan untuk memberikan penilaian terhadap karya tulis lain. Karya yang dinilai bisa berupa sebuah buku, dan karya seni seperti drama dan film.

2. Karya tulis non ilmiah.

Setelah selesai membahas tentang karya ilmiah, kita akan melanjutkan pembahasan dengan mengenal karya tulis non ilmiah. Mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya dan juga jenis-jenisnya. Langsung saja pembahasan tentang karya tulis non ilmiah sebagai berikut.


Karya tulis non ilmiah berupa dongeng, cerpen, novel dan drama - berbagaireviews.com


Karya tulis non ilmiah adalah sebuah karya tulis yang menyajikan fakta pribadi tentang ilmu pengetahuan. Yang ditulis dengan menggunakan bahasa sehari-hari, asalkan mudah difahami. Ciri-ciri karya tulis non ilmiah. dan tidak begantung pada fakta umum.

a. Dongeng

Dongeng adalah sebuah sastra lama yang menceritakan sebuah tentang sebuah kejadian berdasarkan khayalan penciptanya. Tetapi karangan ini kadang-kadang dianggap benar-benar terjadi oleh sabagian orang. Dongeng adalah sebuah cerita tradisional atau cerita yang diceritakan secara turun-temurun, mulai dari nenek moyang.

b. Novel

Novel adalah sebuah karangan prosa yang panjang dan mengandung unsur, memiliki unsur intrinsik dan unsur ektriksik. Secara bahasa, kata novel berasal dari bahasa italia yakni novella atau sebuah kisah atau cerita. Dan seorang yang menulis atau membuat karangan ini disebut dengan novelis.

c. Cerpen

Cerpen atau bisa disebut dengan cerita pendek merupakan sebuah karangan yang berbentuk prosa naratif fiktif. Cerita pada sebuah cerpen cenderung lebih singkat dan langsung menuju ke topik pembahasan, jika dibandingkan dengan karya tulis lainnya seperti novel.

d. Drama

Drama merupakan salah satu cabang karya sastra berupa sebuah pertunjukkan yang dimainkan oleh para tokoh. Pertunjukkan drama menggambarkan tentang kehidupan, watak tokoh dan tingkah laku. Melalui skenario dan dialog yang dilakukan antar tokoh dalam sebuah pertunjukkan drama.

e. Roman

Roman merupakan semacam karya sastra yang berbentuk prosa atau gancaran yang mengisahkan tentang perilaku dan watak seorang tokoh. Pada umumnya roman juga dikenal masyarakat umum dengan sebutan kisah percintaan.

3. Karya tulis populer

Karya tulis populer adalah sejenis karangan ilmiah yang menyampaikan sebuah fakta dengan jujur, cermat netral dan setematis. Sementara dalam cara penyampaiannya jelas, ringkas dan tepat. Tidak berbelit- belit dan langsung kepada topik pembahasan.


Karya tulis populer berupa sinopsis dan artikel - berbagaireviews.com


Karya tulis populer adalah karya ilmiah yang bentuk, isi dan bahasanya menggunakan metode yang telah ditentukan. Dan cara penyampaiaanya menggunakan bahasa santai tetapi mudah dipahami oleh masyarakat pada umumnya.

a. Artikel

Artikel merupakan sebuah karangan faktual yang disajikan secara lengkap dengan panjang tertentu. Dengan tujuan pembuataan untuk dipublikasikan melalui Koran, majalah, buletin bahkan dimedia sosial. Untuk menyampaikan gagasan dan fakta penulis untuk meyakinkan, menghibur, mendidik para pembaca.

b. Sinopsis
Sinopsis yaitu sebuah ikhtisar karangan yang diterbitkan bersamaan dengan karangan asli yang menjadi sumber pengambilan sinopsis. Jadi bisa disimpulkan bahwa sinopsis adalah rangkuman dari sebuah karya tulis lainnya.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar