Home » » Pengertian Teks Deskripsi dan Struktur serta Kaidah Teks Deskripsi, Text description.

Pengertian Teks Deskripsi dan Struktur serta Kaidah Teks Deskripsi, Text description.

Posted by berbagaireviews.com on 9 November 2017

Pengertian teks deskripsi.
Sama seperti teks lain pada umumnya. Disamping pengertian dan contoh, teks deskripsi juga memiliki ciri-ciri khusus untuk membedakannya dengan jenis teks lainnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian teks deskripsi dan contoh teks deskripsi beserta ciri-cirinya.


Pengertian dan Ciri - ciri serta kaidah teks deskripsi - berbagaireviews.com

Kata deskripsi berasal dari bahasa latin discribere yang berarti gambaran, perincian, atau pembeberan. Deskripsi adalah karangan yang menggambarkan suatu objek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan dan pengalaman penulisnya.

Teks Deskripsi merupakan sebuah teks atau paragraph yang menjelaskan atau memaparkan sebuah objek tertentu melalui untaian kata dan susunan kalimat yang menarik dan merangsang panca indra sehingga pembaca seolah – olah merasakan atau menyaksikan sendiri objek yang di deskripsikan. Teks deskripsi biasa digunakan untuk menjelaskan suatu objek, tempat, kondisi ataupun suasana. Umumnya teks deskripsi yang beredar dalam bentuk cetak atau pun tertulis. Dalam teks deskripsi penulis akan memindahkan presepsi, kesan atau pandangan dari hasil observasinya kepada pembaca sesuai dengan kata hatinya dan imajinasinya. Dengan artian lain penulis akan menciptakan sensasi inra pembaca dalam menghasilkan kesan berdasarkan daya nalar dan imajinasi sang penulis.

Berdasarkan pengertian teks deskripsi diatas kita dapat menyimpulkan bahwa teks deskripsi digunakan untuk memberikan gambaran jelas tentang suatu hal, kejadian atau peristiwa. Tidak hanya itu teks deskripsi juga dapat digunakan untuk memberikan gambaran informasi tentang seseorang, seperti contoh teks deskripsi tentang artis, presiden, ayah, ibu, dan sebagainya.

Ciri - Ciri teks deskripsi.

Teks deskripsi memiliki ciri  yang dapat membantu kita dalam mengenali jenis dari sebuah teks merupakan teks dikripsi. Berikut di bawah ini terdapat beberapa ciri dari teks deskripsi :
  • Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
  • Berisikan penggambaran atau penjelasan suatu objek
  • Penggambaran atau penjelasan suatu objek yang menjadi topik di tuliskan secara detail, artinya penjelasan atau penggambaran di dalam teks deskripsi akan membuat pembacanya mengerti secara jelas dengan apa yang dijelaskan dalam teks tersebut.
  •  Ketika pembaca membaca teks deskripsi, pembaca seolah-olah merasakan, melihat, atau mengalami secara langsung  apa yang sedang dibicarakan pada teks tersebut.
  • Teks deskripsi berisikan paragraf yang menjelaskan suatu objek berdasarkan warna, bentuk, ukuran, dan ciri-ciri fisik maupun psikis objek tersebut dengan sangat detail.

Struktur teks deskripsi.

Teks deskripsi tersusun atas beberapa struktur yaitu:
  • Deskripsi umum Pada bagan deskripsi umum dijelaskan tentang definisi/identitas objek yang dideskrpsikan).
  • Identifikas, pada bagian ini berisikan penentuan dari identitas seseorang, benda, atau objek lainya.
  • Klasifikasi, ialah unsur penyusun yang bersisitem dalam kelompok menurut suatu kaidah atau standart yang sebelumnya telah ditetapkan.
  • Deskripsi bagian Pada bagian deskripsi bagian dijelaskan pengklasifikasian objek yang dideskripsikan. Pengklasifikasian dijelaskan secara lebih rinci dengang memberikan gambaran-gambaran yang jelas.
  • Penutup Kesimpulan atau penegasan hal-hal yang penting.

Pola pengembangan teks deskripsi.

Sedangkan pola pengembangan teks deskripsi adalah sebagai berikut:
  • Deskripsi Spasial ( Paragraf ini menggambarkan objek kasus ruangan, benda, atau tempat )
  • Paragraf deskripsi spatial adalah paragraf yang topiknya berupa ruang atau tempat. Paragraf ini mendeskripsikan suatu ruang atau tempat dengan sangat jelas kepada para pembacanya.
  • Paragraf Deskripsi Objektif
  • Objektif bermakna apa adanya atau sesuai dengan kenyataan. Oleh karena itu, paragraf ini menggambarkan suatu objek dengan sesuai kenyataan tanpa adanya opini atau kesan pribadi seorang penulis.
  • Deskripsi subjektif ( Menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis )
  • Paragraf Deskripsi Subjektif Berbeda dengan paragraf deskripsi objektif, paragraf ini menggambarkan suatu objek berdasarkan apa yang dirasakan, dilihat oleh penulis itu sendiri. Dengan kata lain, penulis menuangkan opini-opini pribadi tentang keadaan suatu benda atau objek tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi.
  • Menggunakan kata benda sesuai dengan topic yang dibicarakan dalam sebuah teks deskripsi seperti rumah, pohon sekolah, teman, baju, guru, dan lain sebagainya
  • Menggunakan frase yang mengandung kata benda seperti “ Ia adalah ketua OSIS yang sangat bertanggungjawab terhadap tugas nya”
  • Mengandung kata sifat yang menggambarkan sebuah objek seperti rajin, dua sepatu hitam dan lain sebagainya
  • Memiliki kata kerja untuk mengungkapkan pikiran dan pandangan penulis secara pribadi akan objek yang dijelaskan dalam teks deskripsi
  • Megandung kata keterangan yang memberikan informasi tambahan mengenai objek yang dijelaskan dalam teks deskripsi
  • Mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora untuk membuat teks deskripsi menjadi semakin nyata dan dapat dirasakan oleh para pembaca

Tujuan Teks Deskripsi.

Teks deskripsi yang dibuat oleh seorang penulis memiliki tujuan yang sama yakni :
  • Agar orang yang membaca teks ini seolah-olah sedang merasakan langsung apa yang sedang di jelaskan dalam teks tersebut.
  • untuk memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai suatu objek secara utuh agar mereka dapat dengan tepat memahami topic yang disajikan dalam teks deskripsi. Teks deskripsi yang dibuat merupakan hasil dari sebuah pengamatan atau observasi. Hal inilah yang menyebabkan teks deskripsi memiliki informasi yang jelas mengenai suatu benda atau objek sesuai dengan data dan fakta yang diperoleh oleh penulis.
  • Pembaca memperoleh kesan atau citraan sesuai dengan pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulis sehingga seolah-olah pembaca yang melihat, merasakan, dan mengalami sendiri obyek tersebut. Untuk mencapai kesan yang sempurna, penulis deskripsi merinci objek dengan kesan, fakta, dan citraan.


Untuk melihat Jenis - Jenis Teks Deskripsi, please click  http://www.berbagaireviews.com/2017/11/jenis-jenis-teks-deskripsi-dan-macam.html

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Tambahin contohnya gan, biar lebih lengkap lagi.

    BalasHapus

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.