Home » » Pengertian Menyublim dan Contoh - Contoh Peristiwa Menyublim, sublimate.

Pengertian Menyublim dan Contoh - Contoh Peristiwa Menyublim, sublimate.

Posted by berbagaireviews.com on 7 November 2017

Pengertian Menyublim.

Peristiwa perubahan wujud dari padat menjadi gas. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contoh menyublim yaitu pada kapur barus (kamper) yang disimpan pada lemari pakaian lama-lama akan habis. Menyublim adalah perubahan wujud benda yang awalnya bersifat padat berubah menjadi Gas, perubahan wujud ini disebabkan oleh peningkatan suhu yang dialami benda tersebut.


Pengertian menyublim dan peristiwa menyublim - berbagaireviews.com

Menyublim merupakan perubahan benda/zat dari padat menjadi gas. Menyublim sering disebut juga dengan istilah penyubliman atau sublim. Sedangkan pengertian menghablur atau penghabluran atau hablur adalah kebalikan dari menyublim, yaitu perubahan suatu benda/zat dari gas menjadi benda padat.

Banyak sekali yang sudah menyebutkan contoh menyublim yaitu kapur barus, kali ini aku paparkan beberapa contoh menyublim selain kapur barus. 

Contoh-contoh peristiwa menyublim.

1. Es Kering (Dry Ice)


Es Kering merupakan gas CO2 yang dibekukan sehingga menjadi padatan es. Pada temperatur ruang, es ini akan menguap membentuk gas CO2 yang sering digunakan sebagai efek dalam panggung pertunjukan dan film-film.

2. Kapur Barus

Kapur barus dibuat dari senyawa Naftalena dan Para-dichloro benzena yang dapat berwujud gas pada tekanan normal dan temperatur ruang. Seperti yang sering kita lihat, jika kita mengeluarkan kapur barus dan membiarkannya pada di tekanan dan temperatur ruang, maka kapur barus akan berkurang massanya dan mengecil, ini dikarenakan terjadi perubahan dari padatan menjadi gas tanpa melalui cairan.

3. Salju

Kristal salju merupakan wujud kristal padatan pada air. Kristal ini memiliki permukaan yang sangat tipis, karena tipisnya itu maka ketika terkena udara, kristal akan menjadi uap air tanpa melalui proses mencair.

4. Es

Ketika kamu mengeluarkan es dari dalam kulkas kemudian mendiamkannya di luar selama beberapa saat, kamu pasti pernah melihat adanya uap air (dalam bentuk asap putih) yang keluar. Itu merupakan peristiwa menyublim

5. Padatan Arsenik

Padatan Arsenik dapat menyublim ketika dipanaskan. Dari wujud padatannya, Arsenik akan langsung membentuk gas arsenik berwarna hitam yang beracun tanpa membentuk cairan (meleleh).

6. Padatan Iodine

Ketika dipanaskan, padatan iodine akan langsung menyublim menjadi gas iodine yang berwarna ungu.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS