Biography Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud, King of Saudi Arabia. | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

3 Maret 2017

Biography Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud, King of Saudi Arabia.

| 3 Maret 2017
Maret tanggal 1 tahun 2017 akan menjadi hari bersejarah bagi hubungan Indonesia dan Arab Saudi. Raja Arab Saudi akan berkunjung laginsetelah 47 tahun lamanya sejak kunjungan Raja Faisal bin Abdul Aziz semasa Presiden Soeharto.

berbagaireviews.com

Salman bin Abdulaziz al-Saud (bahasa Arab: سلمان بن عبدالعزيز آل سعود, Salmān bin ʿAbd al-ʿAzīz ʾĀl Saʿūd [salˈmaːn bin ʕabdulʕaˈziːz ʔaːl saˈʕuːd]; lahir 31 Desember 1935; umur 81 tahun) adalah Raja Arab Saudi ketujuh, Penjaga Dua Kota Suci, dan pemimpin Wangsa Saud saat ini.

Riwayat hidup Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Salman lahir pada tanggal 31 Desember 1935, dan sebagai anak ke-25 dari Ibn Saud. Ia dibesarkan di Murabba Palace. Salman menerima pendidikan awal di Sekolah Pangeran di ibukota Riyadh, sebuah sekolah yang didirikan oleh Ibn Saud khusus untuk memberikan pendidikan bagi anak-anaknya. Ia belajar agama dan ilmu pengetahuan modern.

Ia menjabat sebagai wakil gubernur dan kemudian Gubernur Riyadh selama 48 tahun dari tahun 1963 sampai 2011. Dia diangkat sebagai Menteri Pertahanan pada tahun 2011. Ia juga terpilih sebagai Putra Mahkota pada tahun 2012 setelah kematian saudaranya Nayef bin Abdulaziz Al Saud. Salman diangkat sebagai Raja Arab Saudi pada 23 Januari 2015 setelah kematian saudara tirinya, Raja Abdullah.

Kali ini yang berkunjung adalah Raja Salman bin Abdulaziz al Saud, beliau lahir di Riyadh, Arab Saudi, pada 31 Desember 1935. Putra ke-25 dari raja sekaligus pendiri Arab Saudi, Abdulaziz al Saud. Ini sesuai dengan wasiat dari Raja Abdul Aziz bahwa tahta kerajaan akan diwarisi oleh anak-anaknya baru kemudian generasi para cucunya.

Salman mendapat didikan keras dan ketat bersama saudara -saudaranya di lingkungan Istana Kerajaan Arab Saudi, langsung dibawah pengawasan Raja Abdul Aziz. Secara formal, bersekolah di sekolah yang khusus disediakan bagi para bangsawan Arab Saudi.

Sejak kecil, Salman bin Abdulaziz al Saud terbiasa mendampingi ayahandanya saat menyambut raja- raja atau kepala negara lain di istana. Salman mempelajari ilmu pengetahuan, Salman berhasil menghapal Alquran pada usia 10 tahun. Salman diajari langsung oleh Syeikh Abdullah Khayat, Imam Besar Masjidil Haram.

Di usia remaja, tepatnya 19 tahun, Salman bin Abdulaziz al Saud ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riyadh pada 16 Maret 1954. Satu tahun kemudian, tepatnya 18 April 1955, Salman benar-benar diangkat sebagai Gubernur Riyadh. Selama lima dekade masa kepemimpinannya, Riyadh berubah dari kota berukuran menengah dengan jumlah populasi 200 ribu orang, menjadi salah satu ibu kota dengan pertumbuhan paling pesat di Dunia Arab. Jumlah populasi Riyadh kini diperkirakan mencapai lebih dari 5 juta orang.

Salman bin Abdulaziz al Saud menghadapi banyak tantangan dalam mendukung pembangunan dan pertumbuhan di Riyadh. Akan tetapi, ia mampu melawan berbekal kompentensi tinggi untuk mencapai prestasi dan sejumlah inisiatif. Ibu Kota Arab Saudi itu hari ini menjadi salah satu kota terkaya di kawasan sekaligus pusat wisata dan perdagangan.

Riyadh banyak menyaksikan pencapaian besar di bawah kepemimpinan Salman bin Abdulaziz al Saud, terutama dalam proyek infrastruktur. Jalan tol, sekolah, rumah sakit, universitas, museum, stadion olahraga, dan proyek kereta Metro Riyadh adalah bukti utama prestasinya.

Rentetan prestasi tersebut membawanya masuk ke dalam jajaran kabinet sebagai Menteri Pertahanan Arab Saudi pada 2011. Selama masa jabatannya, Kementerian Pertahanan melihat banyak perkembangan di berbagai sektor, terutama pelatihan tentara dan persenjataan. Salman bin Abdulaziz al Saud sukses memimpin salah satu latihan militer terbesar sepanjang sejarah Arab Saudi.

Ia kemudian diangkat sebagai Putra Mahkota Arab Saudi pada 18 Juni 2012 setelah kakaknya, Nayef bin Abdulaziz al Saud meninggal dunia. Mantan Menteri Dalam Negeri Arab Saudi itu menderita sejumlah komplikasi penyakit hingga wafat pada usia 78 tahun. Salman kemudian diangkat sebagai Raja Arab Saudi pada 23 Januari 2015 di usia 79 tahun. Raja Salman bin Abdulaziz al Saud naik takhta setelah kakak tirinya Abdullah bin Abdulaziz al Saud meninggal dunia akibat pneumonia di usia 90 tahun.

Keluarga Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

berbagaireviews.com

Salman memiliki tiga istri dengan 13 anak. Ia hanya memiliki seorang putri yang bernama Putri Hussa. Selebihnya merupakan para pangeran yang menjabat dalam pemerintahan Kerajaan Saudi. Salah seorang putra Salman yang bernama Sultan bin Salman merupakan seorang astronot. Putranya yang lain, Pangeran Muhammad bin Salman menjabat Wakil Putra Mahkota Saudi dan Wakil Kedua Perdana Menteri Saudi. Pangeran yang lahir pada tahun 1985 ini danggap sebagai Menteri Pertahanan termuda di dunia.

Putra Mahkota Arab Saudi.

Pada 18 Juni 2012, Salman diangkat sebagai Putra Mahkota Arab Saudi setelah kematian saudaranya, Putra Mahkota Nayef bin Abdul Aziz .

Raja Arab Saudi.

Mantan Presiden AS Barack Obama, bersama dengan Raja Salman, berjabat tangan dengan anggota keluarga kerajaan Saudi, Riyadh, Januari 2015. Pada tanggal 23 Januari 2015, Salman yang berusia 79 Tahun, diangkat sebagai Raja Arab Saudi setelah saudara tirinya Raja Abdullah meninggal karena pneumonia pada usia 90 Tahun. Raja Salman menunjuk Pangeran Muqrin Bin Abdul Aziz sebagai Putra Mahkota. Pada 29 April 2015, Salman mencopot Muqrin bin Abdul Aziz sebagai Putra Mahkota dan menunjuk keponakannya Muhammad bin Nayef.

Biodata Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Nama Lengkap: Salman bin Abdulaziz al Saud.
Tempat Tanggal Lahir: Riyadh, Arab Saudi, 31 Desember 1935.
Nama Istri: Fahda binti Falah bin Sultan al Hithalayn.

Nama Anak Salman bin Abdulaziz al-Saud.

1. Pangeran Fahd bin Salman bin Abdulaziz al Saud
2. Pangeran Ahmed bin Salman bin Abdulaziz al Saud
3. Pangeran Sultan bin Salman bin Abdulaziz al Saud
4. Pangeran Abdulaziz bin Salman bin Abdulaziz al Saud
5. Pangeran Faisal bin Salman bin Abdulaziz al Saud
6. Putri Hassa binti Salman bin Abdulaziz al Saud
7. Pangeran Saud bin Abdulaziz al Saud
8. Pangeran Mohammed bin Abdulaziz al Saud
9. Pangeran Turki bin Abdulaziz al Saud
10. Pangeran Khalid bin Abdulaziz al Saud
11. Pangeran Nayif bin Abdulaziz al Saud
12. Pangeran Bandar bin Abdulaziz al Saud
13. Pangeran Rakan bin Abdulaziz al Saud

Jenjang Pendidikan.

Sekolah untuk Pangeran Arab Saudi
Jabatan yang pernah dijabat:
Plt Gubernur Riyadh (16 Maret 1954 sampai 18 April 1955)
Gubernur Riyadh (18 April 1955 sampai 5 November 2011)
Menteri Pertahanan Arab Saudi (5 November 2011 sampai 23 Januari 2015)
Raja Arab Saudi (23 Januari 2015 sampai sekarang)

Penghargaan.

Doktor Honoris Causa dari Waseda University, Jepang
Medali Penghargaan dari Presiden Prancis Jacques Chirac (1985)
Medali Penghargaan dari Raja Maroko Hassan II (1989)
Medali Emas dari Bosnia dan Herzegovina
Doktor Honoris Causa dari Universitas Umm Al-Qura, Arab Saudi (2008)
Doktor Honoris Causa dari Jamia Millia Islamia, India (2010)
Doktor Honoris Causa dari Universitas Islam Madinah, Arab Saudi (2011)
Doktor Honoris Causa dari Institut Sains dan Teknologi Sarajevo, Bosnia Herzegovina (2013)
Doktor Honoris Causa dari Universitas Waseda, Jepang (2014)
Lencana PBB, dan lain-lain.

Karier Politik.

1954-1955 : Wakil gubernur kota Riyadh
1955-1960 : Gubernur kota Riyadh
1963-2011 : Gubernur kota Riyadh
2011-2012 : Menteri Pertahanan Kerajaan Saudi Arabia
2012-2015 : Putra Mahkota Kerajaan Saudi Arabia
2015-Sekarang : Raja Kerajaan Saudi Arabia

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar