Home » » Fenomena "OM TELOLET OM" yang Mendunia.

Fenomena "OM TELOLET OM" yang Mendunia.

Posted by berbagaireviews.com on 22 Desember 2016

Banyak yang bertanya "apa sich Om Telolet Om", mungkin kebanyakan orang belum tahu "apa itu Om Telolet Om". Karena kebanyakan orang Indonesia " apa yang menjadi hangat atau booming, baru itu yang dicari". Saya sendiri sudah lama sich melihat video Om Telolet Om, di youtube sekitar beberapa tahun yang lalu, cuma saja belum begitu booming.

berbagaireviews.com

Anehnya, Indonesia menjadi sorotan dunia saat ini. Fenomena ‘Om Telolet Om’ menjadi perbincangan hangat di media sosial dan di beberapa media luar negeri. Awal mula fenomena ini berawal dari aksi bocah-bocah tanggung di daerah Jawa Timur dalam memburu bunyi klakson bus yang terdengar 'telolet' dan merekamnya dengan telepon seluler. Kegiatan anak-anak tersebut murni hobi untuk mencari kepuasan bathin. Apalagi mendapat suara telolet yang unik dan sudah dimodifikasi.


berbagaireviews.com

Dalam memburu telolet, mereka bergerombol dan rela menunggu lama. Ketika bus tiba, bocah-bocah tersebut akan mengacungkan jempol sambil berteriak ‘Pak Telolet Pak’ ada juga yang teriak ‘Om telolet Om’. Sebagian mereka juga ada yang sengaja menulis tulisan besar ‘Om Telolet’ agar dibaca oleh supir bus.
Para supir pun banyak membawakan nada-nada lagu di hadapan anak - anak di pinggir jalan. Tidak sedikit pula orang dewasa dan orang tua ikut menyaksikan kegiatan request telolet tersebut. Mereka memadati sisi kiri dan kanan sambil menunggu bus antar kota lewat. Ada juga yang sengaja menulis tulisan besar Om Telolet agar dibaca oleh supir bus. 

Om Telolet Om adalah viral hiburan yang muncul dari kebiasaan anak-anak di sekitar jalan lintas Jepara-Kudus. Dalam video yang beredar di media sosial, tampak anak-anak meminta supir bus dengan sebutan om untuk membunyikan klakson mobil. Klakson bus itu bukan hanya sekadar berbunyi "tin-tin" tapi terdengar seperti bunyi telolet. 

Fenomena Om Telolet Om juga menjadi pembahasan dan sorotan di beberapa media luar negeri. Seperti artikel yang ditulis Billboard.com. Laman tersebut menulis banyaknya musisi dunia yang memperbincangkan Om Telolet Om.

berbagaireviews.com

Sejumlah nama disk jockey (DJ) ternama dunia seperti dj Snake, Martin Garrix, The Chainsmokers, Marshmello ikut membuat lagu remix.

Setelah mendapat suara telolet, mereka lalu memamerkan hasil buruan mereka dengan mengunggah rekamannya ke media sosial, mulai dari Facebook, YouTube dan lainnya.
"Dance Music World Completely Confounded By Trending Indonesian Meme 'Om Telolet Om'," tulis laman Billboard.com, 

Dalam pembahasan itu terdapat beberapa cuitan musisi dunia soal Om Telolet Om. Seperti yang diungkapkan DJ Snake, Martin Garrix, Marshmello, dan lainnya.

Mengutip Sejarah Klakson Telolet.

Sebagai catatan, klakson elektrik pertama kali ditemukan Miller Reese Hutchison yang diterapkan pada kendaraan umum dan mobil pribadi sejak 1908 silam. Namun, seiring perkembangan teknologi, klakson ini memiliki beragam bunyi.

berbagaireviews.com

Seperti halnya klakson dengan bunyi ‘telolet’ yang dipopulerkan bus malam, atau truk pengangkut barang di Indonesia. Menurut beberapa sumber penjual klakson kendaraan, asal mula klason ‘telolet’ ini sistem kerjanya bukan elektrik tapi masih menggunakan udara (air horn) dengan bentuk klakson terompet, bukan keong. Jadi tidak heran kalau suara ‘telolet’ yang dihasilkan besar.

Tapi seiring perkembangan zaman, sistem kerja ‘telolet’ ini bukan lagi mengandalkan udara, tapi secara elektrik yang mengadopsi modul, relay, dan tiga unit klakson keong sebagai sumber suaranya.

Awal mula fenomena "Om Telolet Om" mendunia.


berbagaireviews.com

Asal muasal klakson ‘telolet’ ini jadi populer, berawal dari kutipan dari tulisan beberapa anak kecil di daerah Jawa khususnya jalur Jepara-Kudus yang ingin mendengarkan klakson bus malam dengan membawa kertas bertuliskan ‘Om Telolet Om’.

Nah, kemudian perkataan ‘Om Telolet Om’ ini digunakan oleh beberapa anak muda Jakarta sebagai bahan lelucon mereka di media sosial. Nah, dari situlah awalnya klakson bus ini kemudian menjadi populer
Mengutip dari acara Rupa Indonesia di tvOne, beberapa anak kecil di Semarang Jawa Tengah ini kerap meminta supir bus membunyikan klaksonnya. Mereka berbondong-bondong merekam bus berikut suara klaksonnya dengan gadget atau handphonenya.

“Awalnya saya suka dari bentuknya lalu lama-lama tahu itu telolet, ternyata suaranya bagus. Terus saya coba merekam (video) dan mendapatkan hasilnya sangat bagus. Saya dari kecil memang sudah suka bus,” katanya salah satu anak yang ditemui.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.