Home » » Baseball, Sejarah Baseball, History of Baseball, Perkembangan Baseball

Baseball, Sejarah Baseball, History of Baseball, Perkembangan Baseball

Posted by berbagaireviews.com on 29 Oktober 2014

Sekilas Tentang Baseball atau Bisboll.

berbagaireviews.com

Mungkin, sudah banyak yang bertanya mengenai baseball atau yang lebih kita kenal dengan bisboll. Pertanyaan tentang asal-usul bisbol ini, telah menjadi subyek perdebatan dan kontroversi selama lebih dari satu abad. Sangat sedikit yang diketahui tentang asal-usul bisbol. Pertanyaan ini telah menjadi subyek perdebatan dan kontroversi selama lebih dari 100 tahun. Baseball (dan softball), serta olahraga modern lainnya, Banyak dari pertandingan sebelumnya mirip satu sama lain, tapi pasti ada yang lokal, regional dan nasional variasi, baik dalam bagaimana mereka bermain dan apa yang mereka disebut: nama termasuk “stoolball”, “racun bola”, dan “tujuan bola”.

      Beberapa rincian tentang bagaimana permainan modern berkembang dari permainan rakyat sebelumnya diketahui. Sebagian orang berpendapat bahwa berbagai permainan rakyat menghasilkan sebuah kota yang disebut permainan bola, dari yang bisbol akhirnya lahir. Baseball, bola, kriket dan kasti , dikembangkan dari permainan rakyat sebelumnya di Inggris. Aturan pertama diterbitkan bisbol ditulis pada 1845 untuk New York City "base ball" klub yang disebut " Knickerbockers" .

Beberapa Permainan yang mirip Baseball
  • Cricket

     Inggris telah memainkan Cricket selama beberapa abad. Yang pertama tercatat pertandingan kriket berlangsung di Sussex, Inggris pada tahun 1697. Cricket dimainkan di sebuah lapangan melingkar besar terbuka dan memiliki dua sisi dari sebelas pemain yang mencoba untuk "mengeluarkan" a "batsman" yang mencoba untuk mencegah bola dilemparkan oleh "bowler" dari menjatuhkan "menalangi" ditempatkan pada "wickets," atau tiga batang tegak. Jika batsman membuat kontak dengan bola, ia berjalan ke sisi berlawanan dari "lapangan" dan terus berjalan bolak-balik sampai bola diambil oleh tim lawan.
  • Rounders
berbagaireviews.com

     Permainan Rounders, yang ada kesamaan secara lebih teknis untuk Baseball, tanggal kembali ke zaman Tudor di Inggris. Game ini terdiri dari dua tim, 6-15 pemain, termasuk kendi, adonan, "bowling persegi," "memukul persegi" dan empat pos, mirip dengan basis yang digunakan dalam Baseball. Setiap pemain harus kelelawar di setiap "inning" dan permainan berlangsung dua babak. Pitcher melemparkan bola ke adonan yang berusaha memukulnya. Jika kontak dibuat adonan berlari ke pos pertama. Poin diberikan tergantung pada apa posting dicapai oleh adonan dan cara di mana pos itu dicapai.

      Bentuk awal bisbol memiliki sejumlah nama, termasuk "Basis Ball", "Goal Ball", "Bola Bundar", "Fletch-catch", "bangku bola", dan, sederhana, "Base". Dalam setidaknya masih satu versi dari permainan, tim bernada untuk mereka sendiri, pelari dasarnya akan berkeliling  dalam arah yang berlawanan dari pertandingan ini, dan pemain bisa dikeluarkan oleh karena dipukul dengan bola. Kemudian seperti sekarang, pemukul akan dipanggil setelah tiga serangan.
 
Perkembangan Baseball di Amerika.

          Lebih dari sekedar permainan, baseball tetap merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari warisan Amerika dan merupakan bagian intrinsik dari jiwa nasional kami. Bisbol atau dikenal dengan baseball adalah olahraga yang dimainkan dua tim. Pelempar (pitcher) dari tim yang melempar berusaha melempar bola yang disebut bola bisbol, sedangkan pemain (batter) dari tim yang memukul berusaha memukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Tim yang melempar berusaha menangkap bola yang dipukul oleh tim yang memukul agar tim yang memukul berubah menjadi tim yang melempar. Tim yang memukul mendapat angka dengan cara berlari berlawanan arah dengan jarum jam untuk pulang ke home plate setelah menyentuh marka di permukaan lapangan bisbol yang disebut base. Bisbol juga disebut sebagai hardball untuk membedakannya dengan sofbol.

berbagaireviews.com

          Permainan Softball tepatnya lahir di Amerika Serikat, yang diciptakan oleh George Hancoc di kota Chicago tahun 1887. Awalnya sofball dimainkan hanya untuk kegiatan rekreasi semata dan dilakukan di lapangan tertutup. Namun ternyata dalam waktu singkat softball justru menjadi permainan yang banyak digemari masyarakat disana waktu itu. Daya tarik yang utama mengapa permainan ini cepat dicintai masyarakat, karena permainannya berbeda-beda dengan baseball (bisbol). Softabll dapat dimainkan oleh setiap orang dengan tidak memandang usia, baik pria ataupun wanita, dan tak memerlukan lapangan yang luas dan yang terutama dapat dimainkan di gelanggang tertutup. Dari Amerika Serikat, olahraga ini berkembang ke Kanada dan dari sanalah softball makin berkembang ke seluruh penjuru dunia.
Kemudian lahirlah Federasi Softball Internasional (International Softball Federation). Badan inilah yang akhirnya membuat perturan-peraturan yang menyangkut permainan olahraga softball yang berlaku di seluruh dunia, termasuk Indonesia pada saat ini. Terbentuknya Federasi Softball Internasional itu, maka memungkinkan diadakannya pertandingan antar negara yang bersifat internasoinal. Kemudian diselenggarakan kejuaraan-kejuaraan tingkat nasional, regional dan dunia.

berbagaireviews.com

           Diterimanya Federasi Softball Internasional menjadi anggota Komite Internasional, maka peluang softball untuk dipertandingkan di Olympiade di  masa-masa mendatang menjadi lebih terbuka. Usaha ke arah itupun telah dirintis, ketika Olympiade Meksiko, Softball menjadi   cabang olahraga yang didemonstrasikan, untuk lebih dikenal lagi.

Lahirnya permainan yang mirip Baseball dari Jerman.

berbagaireviews.com
    Town Ball.

    Jerman memainkan sebuah permainan yang disebut Schlagball, yang mirip dengan Rounders. Bola dilempar oleh "bowler" ke "striker," yang memukul dengan klub dan mencoba untuk menyelesaikan rangkaian basa tanpa terkena bola. Amerika memainkan versi Rounders disebut "Kota Ball," yang tanggal kembali ke awal 1800-an. Dalam permainan ini, tim pertama yang mencetak seratus "talleys" memenangkan pertandingan. Pada 1858 aturan yang diformalkan sebagai "Rules of the Massachusetts Permainan Kota Ball."

Fakta Lain tentang Baseball.
  • Beberapa sumber sejarah menunjukkan bahwa pada tahun 1700, Thomas Wilson yang dianggap sebagai pemimpin konvensional di Inggris mengutuk permainan bisbol dan beberapa olahraga lain yang berlangsung setiap hari Minggu.
  • David blok yang mengatakan bahwa stoolball adalah versi primitif dari bisbol, tanggal bahkan tahun jadi kembali ke masa 1672.
  • Pada 1888, klub Chicago Baseball memperkenalkan permainan ke Australia, Selandia Baru, Hawaii, Afrika Utara dan Mesir dengan memainkan game untuk audiens yang besar. Legendaris, meskipun tidak umumnya percaya, tanggal kodifikasi aturan pertama bisbol oleh Abner (1839)
  • Sebuah mitos yang populer percaya bahwa Abner Doubleday mengatur aturan dasar bisbol jalan kembali pada 1839. Alexander Cartwright dikatakan mengkodifikasi aturan bisbol dengan nya New York Knickerbockers. Sebuah buku berjudul Baseball oleh Alexander dan sebuah film dokumenter yang didasarkan pada itu oleh pembuat film Ken Burns menunjukkan bahwa itu adalah Alexander yang pertama kali dikodifikasi aturan permainan.
  • 1845, Awal permainan sistematis dengan buku diterbitkan Alexander Cartwright pada seperangkat aturan bisbol untuk Knickerbocker Club of New York. Hal ini menyatakan bahwa aturan bisbol yang diterima secara luas di Amerika Serikat.
  • 1869, tim profesional Pertama, Cincinnati Red Stockings secara eksplisit dibayar untuk pertama kalinya
  • 1871, The National Association of Professional Basis Pemain Ball didirikan sebagai pertama liga bisbol profesional
  • 1876, Lebih dari 3000 penggemar menyaksikan kelahiran Philadelphia Atletik kalah Boston Red dalam permainan Liga Nasional pertama yang pernah dimainkan
  • 1878, Kapten Harvard University Baseball Klub Frederick Thayer menerima paten untuk bisbol penangkap mask
Perkembangan Softball di Asia.

      Muncul pertama di Amerika Serikat, kemudian Kanada dan negara-negara Barat lainnya, lalu berkembang di Asia. Terutama setelah Perang Dunia II usai, softball semakin menyebar untuk dikenal dan digemari. Di Jepang, Philipina, Korea Selatan, Taiwan, Softball telah menjadi permainan rakyat. Mingingat pesatnya perkembangan olahraga ini di Asia, dibentuklah Ameteur Softball of Asia, yang disingkat ASA-ASIA (Persatuan Softball Amatir se-Asia). Anggotanya antara lain : Philipina, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hongkong, Pakistan, India, Muangthai, Singapura dan Indonesia.

berbagaireviews.com
    Salah satu team baseball Indonesia.

     Kejuaraan Softball wanita se-Asia diselenggarakan di Manila, pada Februari 1967, pesertanya baru 5 negara : Philipina, Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan Hongkong. Demikianlah selanjutnya direncanakan kejuaraan Asia ini setiap tahun sekali, dengan penyelenggaraan setahun sekali bergantian antara putera dan puteri. Misalnya tahun ini kejuaraan softball putera, maka tahun depan untuk bagian puterinya. Softball juga sedang berjuang untuk dipertandingkan di Asian Games. Dalam Asian Games Bangkok tahun 1966, Softball juga ikut demonstrasi.

Untuk artikel lebih lanjutnya mengenai teknik dasar baseball http://www.berbagaireviews.com/2014/11/teknik-dasar-bermain-baseball-technique.html



References

"Civil War Vets Help Popularize Baseball". Thisweekinthecivilwar.com. May 2, 2012. Retrieved August 3, 2013.
David Block, Tim Wiles (2006) Baseball Before We Knew It: A Search for the Roots of the Game p.156. University of Nebraska Press
"Major League Baseball told: Your sport is British, not American". The Daily Telegraph (London). September 11, 2008. Retrieved May 20, 2010.
"Rounders". Britannica.com. Retrieved August 3, 2013.


Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS