Pengertian, Jenis - Jenis dan Manfaat Senam Aerobik, Aerobics | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

12 Juli 2018

Pengertian, Jenis - Jenis dan Manfaat Senam Aerobik, Aerobics

| 12 Juli 2018
Senam


Pengertian Senam Aerobik.

Senam aerobik merupakan salah satu jenis senam yang banyak digemari oleh masyarakat. Aerobic berasal dari kata “aero” yang artinya oksigen. Jadi senam aerobik diartikan sebagai senam yang menggunakan oksigen. Gerakan-gerakan dalam senam aerobik bertujuan untuk meningkatkan oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Oksigen berperan penting dalam proses pembakaran maupun proses metabolisme di dalam tubuh. Senam aerobik merupakan senam untuk meningkatkan kesegaran jasmani bukan senam untuk perlombaan atau prestasi. Aerobik juga termasuk olahraga preventif yang dapat dilakukan secara massal.

Aerobic sport adalah jenis olah raga aerobik yang bisa disebut dengan senam aerobik.

Senam aerobik adalah gerakan yang dapat membuat kosigen masuk lebih banyak ke dalam tubuh.

Pengertian Senam Aerobik Menurut Para Ahli.

Berdasarkan pengertiannya sendiri, banyak sekali menurut para ahli yang memberikan definisi dari senam aerobik ini sendiri yang berbeda – beda yaitu :

Federation International Gymnastique (PIG)
Menurut PIG (federation international gymnastique) senam aerobik ini sendiri merupakan kemampuan dalam melakukan gerakan secara kompleks dan berlanjut (continue) yang mengikuti pola gerakan dengan intensitas tinggi. Dengan gerakannya yang terus menerus, serta menunjukkan kekuatan, fleksibilitas, dan yang terakhir yaitu memanfaatkan tujuh langkah dasar dan memecahkan kesulitan unsur gerak yang dilakukan secara sempurna.

Dr. Kenneth Cooper.

Senam aerobik adalah suatu kegiatan menggerakkan suatu bagian tubuh yang memaksa tubuh untuk memperbaiki sistemnya dan menuntut lebih banyak oksigen yang berguna untuk memperjanjang waktu dalam senam. Senam aerobik ini sendiri dapat meningkatkan detak jantung dan memompa oksigen dikarenakan gerakannya yang teratur dengan menggunakan konsep ritme musik.

Marta Dinata (2007).

Pengertian senam aerobik adalah serangkaian gerak tubuh yang dilakukan secara sengaja dipilih dengan mengikuti sebuah irama musik yang dipilih untuk membuat ketentuan ritme, kontinuitas, serta durasi tertentu. Senam aerobik merupakan suatu susunan gabungan sebuah rangkaian gerak tubuh dengan irama musik yang sengaja dibuat yang gunanya untuk menampakkan keselarasan antara gerak tubuh dengan musik untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Jackie Sorensens.

Menurut Jackie Sorensens yang berasal dari Amerika Serikat, senam aerobik adalah senam kebugaran atau kesehatan jasmani yang sangatlah lengkap karena itu semua meliputi beberapa latihan dan juga kegembiraan yang dapat mengekspresikan semua perasaan dengan cara tertawa, bergoyang, melompat, meregangkan badan, dan dikombinasikan dengan tarian rakyat, tarian tradisional, dan juga tarian kontemporer.

Walaupun berbeda – beda dari beberapa ahli seperti pengertian diatas yang telah kita ulas, inti atau arti utama dari senam aerobik adalah serangkaian gerakan yang dipadukan dengan sebuah irama musik yang dipilih dengan durasi tertentu yang tujuannya meningkatkan efisiensi masuknya oksigen kedalam jaringan tubuh kita, menguatkan otot, dan tentunya untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Sejarah Senam Aerobik.


Perlu kita ketahui ternyata olahraga atau senam aerobik ini bukan berasal dari negara Indonesia tetapi berasal dari negara Amerika Serikat. Pada tahun 1970 – an, dimulailah sejarah dari senam aerobik di Amerika Serikat. Dan setelah berlalu selama sepuluh tahun (10 tahun), yang pada saat itu memasuki tahun 1980 – an barulah senam aerobik masuk ke negara Indonesia. Awalnya senam ini oleh masyarakat Indonesia dikenal dengan kegiatan kebugaran dan rekreasi, tetapi senam aerobik ini menarik banyak minat dari masyarakat Indonesia. Dengan berjalannya waktu, lama kelamaan senam aerobik ini mulai menunjukkan dirinya dihadapan masyarakat dengan sebuah event atau acara yaitu pertandingan individu putra dan putri yang diselenggarakan secara nasional maupun internasional. Dan pada saat itu senam aerobik masih bernamakan fitaerobics dan mulai berganti menjadi aerobik pada tahun 1990 – an karena ada perkembangan dalam jumlah organisasinya yang dari waktu ke waktu semakin pesat atau meningkat.

Dengan perkembangannya yang dari waktu – ke waktu semakin meningkat, bertambahlah kategorinya mulai dari trio dan berpasangan. Peraturan perlombaan senam aerobik terus menerus dibenahi atau diubah karena teknik dan tingkat kemajuan fisik dari para atlet yang semakin meningkat. Kemudian dibentuklah Ainternational Aerobics Federation (IAF) yang merupakan sebuah federasi yang menaungi semacam olahraga aerobik yang berada di Tokyo, Jepang.

Dan ada kabar gembira pada tahun 1995 karena senam aerobik sendiri telah diakui oleh Federation Internasional Gymnastique akan penyelenggaraan kejuaraan olahraga aerobik pertama yang diadakan di Paris. Sebelumnya olahraga yang dinaungi oleh FIG (federation international gymnastique) hanyalah senam ritmik sportif dan senam artistik.

Persatuan Senam Indonesia (PERSANI) langsung melakukan pembinaan otomatis terhadap atlet – atletnya yang ada di negara Indonesia untuk senam aerobik tersebut. Tentunya sebagai konsekuensinya, semua kegiatan yang dilakukan haruslah sesuai acuan yang telah diberikan oleh FIG (federation international gymnastique) sebagai pusat yang disebut dengan Code of points. Dalam empat tahun sekali (4 tahun) diadakan evaluasi oleh komisi teknik olahraga aerobik dari FIG. Jika ada hal – hal yang tidak mendukung dan sangat memungkinkan terjadi akan dilakukan revisi oleh pihak FIG.

Pada tahun 2000 olahraga ini semakin menampakkan wujudnya nya karena pada pertama kali pada PON (Pekan Olahraga Nasional) XV di kota Surabaya sebagai salah satu lomba. Karena dalam olahraga senam aerobik ini tidak memerlukan tinggi badan atau dipengaruhi oleh spesifikasi yang diperlukan maka para atlet dari Indonesia sangat memungkinkan untuk berpeluang memperoleh prestasi dan menjadi juara dunia. Kemudian pada tahun 2005 sports aerobics namanya berubah menjadi aerobics gymnastic dan peraturannya yang juga ikut berubah dengan beberapa kualifikasi nomor yang dipertandingkan yang terdiri dari single (solo), couple, trio, dan group.

Perkembangan dari aerobik sendiri dimulai dari tahun 2000 tersebut yang dimana telah kita ulas diatas pertama kalinya olahraga senam aerobik ini diikutkan kedalam event pekan olahraga nasional ke – XV di kota Surabaya dan mulai saat itu juga olahraga ini telah memiliki banyak peminat dari berbagai penjuru di negara Indonesia. Bukan hanya dari negara Indonesia tetapi di luar negeri olahrga semacam ini peminatnya juga banyak sekali apalagi gerakan yang dilakukan sangatlah mudah dan juga bermanfaat sekali dalam membuat tubuh menjadi bugar.

Jenis - Jenis Senam Aerobik.


Senam Aerobik


Adapun jenis-jenis dari senam aerobik, antara lain :
Senam aerobik memanfaatkan irama musik. Irama musik ini berfungsi sebagai panduan gerakan senam, pemberi motivasi dan semangat kepada peserta senam.

Berdasarkan jenis musik pengiringnya dan alat yang digunakan senam aerobik dibedakan menjadi :
  • High impact aerobics yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan aliran gerakan keras
  • Low impact aerobics yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan aliran gerakan ringan
  • Discorobic yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan kombinasi antara gerakan-gerakan aerobik aliran keras dan gerakan-gerakan aerobik aliran ringan
  • Rockrobic yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan kombinasi gerakan-gerakan aerobik ringan dan gerakan rock n roll
  • Aerobic sport yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan kombinasi gerakan-gerakan keras dan gerakan ringan serta gerakan-gerakan kelentukan
  • Aerobic dance yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan kombinasi bentuk tarian yang indah.
  • Aerobik dengan menggunakan alat yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan menggunakan peralatan, seperti bangku, kursi, tongkat, tali, pita, maupun bola. Penggunaan alat ini sebagai upaya untuk menambah variasi, intensitas, dan volume latihan.

Persiapan senam aerobik.

senam aerobik


Senam aerobik memerlukan beberapa persiapan, seperti :
  1. Pakaian yang digunakan untuk melakukan senam aerobik sebaiknya terbuat dari bahan yang mampu menyerap keringat dan panas dari dalam tubuh , tidak ketat. Sebaiknya menggunakan pakaian senam
  2. Bagi kaum wanita disarankan untuk memakai sport bra atau BH olahraga yang sengaja didesain khusus untuk aktivitas olahraga sehingga akan merasa lebih tenang dan nyaman ketika berolahraga.
  3. Sesuaikan sepatu olahraga dengan jenis olahraga yang akan dilakukan. Untuk melakukan senam sebaiknya gunakan jogging shoes atau sepatu tiperunning yang menggunakan alas kaki tebal dan memberi kenyamanan juga melindungi tulang kaki dari cedera
  4. Bagi kaum wanita dapat menggunakan hand decker atau wrist band yang berguna untuk mempercantik penampilan.
  5. Membawa handuk dan air minum secukupnya sebelum berangkat senam aerobik
  6. Mempersiapkan CD yang berisi lagu untuk mengiringi senam

Manfaat Senam Aerobik

Ada beberapa manfaat yang sangat besar dengan melakukan senam aerobik apabila dilakukan dengan sungguh – sungguh dan benar. Ternyata selain membuat tubuh tetap sehat dan bugar berikut beberapa manfaat lain yang bisa kita dapat dengan melakukan senam aerobik :

1. Menguatkan otot dalam tubuh

Sangatlah penting dalam menjaga otot pada tubuh kita agar tidak lemas dan tetap kuat dalam melakukan berbagai aktivitas. Untuk melatih otot sendiri kita harus melakukan intensitas yang tinggi serta dengan tenaga yang maksimal. Melatih otot kita harus kita lakukan secara berulang – ulang kali, terus – menerus, serta harus tetap menjaga intensitas yang tinggi tadi. Dengan aerobik ini kita bisa membuat otot kita menjadi lebih kuat lagi karena intensitas dalam melakukan senam aerobik yang tinggi serta variasi gerakannya ada yang tinggi dan rendah bisa kita gunakan sebagai pilihan anda dalam menguatkan otot pada tubuh kita.

2. Daya tahan tubuh dan Daya tahan jantung

Dengan menjaga rutinitas sehari – hari berolahraga dengan senam aerobik bisa membantu tubuh kita menjadi lebih kuat dan sehat serta membuat daya tahan jantung kita juga kuat. Senam aerobik sendiri bisa menstabilkan irama denyut jantung dan melancarkan aliran darah pada seluruh tubuh kita. Selain mudah ternyata manfaat yang sangat besar bisa kita dapatkan apabila kita teratur dan konsisten dalam berolahraga. Janganlah sampai anda kekurangan istirahat apabila anda telah rutin dan rajin dalam berolah raga karena dapat membuat tubuh anda menjadi lelah serta daya tahan tubuh terhadap penyakit semakin berkurang.

3. Menurunkan berat badan

Apabila anda melakukan senam aerobik secara teratur dan menerapkan pola hidup yang sehat, sangatlah bisa dijamin bisa membuat tubuh kita terhindar dari yang namanya kelebihan lemak berlebih, obesitas dan juga apabila tubuh anda ingin turun berat badannya lakukanlah pola hidup sehat dan berolahraga dengan senam aerobik. Kemudian tubuh anda secara bertahap akan turun berat badannya serta kesehatan anda menjadi lebih baik.

4. Kelenturan tubuh meningkat

Senam aerobik gerakannya yang meregangkan otot – otot pada tubuh dapat meningkatkan kelenturan pada tubuh anda dan juga bisa melancarkan peredaran pada tubuh. Otot manusia memiliki sifat seperti pita karet semakin kuat anda mengangkat suatu beban maka akan semakin elastis. Begitu pula dengan otot pada tubuh anda semakin kita sering dan rajin dalam berolahraga maka akan membuat otot – otot pada persendian semakin berkembang. Dengan berkembangnya otot yang semakin kuat, tentunya kekuatan pada tubuh anda semakin kuat juga.

5. Meningkatkan energi tubuh

Ternyata dengan melakukan senam aerobik tubuh anda bisa mendapatkan banyak manfaat yang sangat luar biasa diantaranya yaitu dengan meningkatkan energi pada tubuh anda. Dengan melakukan senam aerobik, bisa membuat tubuh kita meningkatkan suplai oksigen kedalam tubuh. Dan itu sudah dilakukan penelitian oleh University of Georgia bahwa senam aerobik sendiri apabila dilakukan selama kurang lebih dua pulih menit (20 menit) dapat meningkatkan energi sebanyak dua puluh persen (20%).

6. Membantu mengendalikan gula darah

Gula darah dalam tubuh manusia bisa diatur dengan baik dengan kolesterol yang baik bukan kolesterol buruk. Kolesterol baik juga dapat membantu tubuh anda terhindar dari resiko tekanan darah tinggi. Dan hanya dengan melakukan senam aerobik ini tubuh anda sudah bisa meningkatkan sebuah kolesterol baik apabila anda melakukannya dengan teratur setiap hari dan membuat pola hidup sehat dengan tidak memakan makanan yang dapat membuat resiko tubuh menjadi meningkat terserang penyakit yang berbahaya bagi kesehatan kita.

7. Kekebalan tubuh dapat meningkat

Semua macam olahraga memang dapat meningkatkan kesehatan dan juga kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit. Termasuk juga dengan melakukan senam aerobik anda dapat membantu tubuh anda menjadi lebih sehat dan kebal terhadap berbagai serangan penyakit. Tentunya dengan intensitas yang rutin serta konsisten dalam melakukan olahraga dan juga tidak salah dalam mengkonsumsi makanan dan minuman.

Memang olahraga senam aerobik ini sangatlah simpel dan mudah untuk kita lakukan dan kita bisa melakukannya dimana saja, kapanpun, dan dengan siapun. Dengan begitu hidup anda akan menjadi lebih sehat tentunya. Berbagai manfaat telah kita ketahui dengan melakukan gerakan sederhana dan mudah dilakukan seperti senam aerobik ini dan kalau begitu tinggal bagaimana usaha yang kita lakukan untuk mencapai sebuah puncak mendapatkan kehidupan yang sehat jasmani dan rohani.


Pengertian Senam, silahkan click  http://www.berbagaireviews.com/2018/07/senam-lengkap-pengertian-sejarah-jenis.html


Demikianlah informasi dari artikel yang berjudul Pengertian, Jenis - Jenis dan Manfaat Senam Aerobik, Aerobics. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan pada penulisan artikel ini, Berbagai Reviews mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainya silahkan klik Pustaka Pengetahuan

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm 

Untuk belajar budidaya, silahkan klik Baraja Farm Channel

Media sosial silahkan klik facebook

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar