Sejarah Dan Profil Negara Arab Saudi | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

14 Maret 2024

Sejarah Dan Profil Negara Arab Saudi

| 14 Maret 2024
profil negara arab saudi

Sahabat berbagai reviews, perlu kita ketahui sebagai destinasi untuk ibadah haji bagi umat Islam. Arab Saudi atau dikenal juga dengan nama Saudi Arabia merupakan negara negara Arab di Asia Barat yang mencakup hampir keseluruhan wilayah Semenanjung Arab.

Kerajaan Arab Saudi didirikan pada 1932 oleh Ibnu Saud. Dia mempersatukan empat wilayah dalam serangkaian penaklukan yang dimulai pada 1902 dengan ibu kotanya di Riyadh. Arab Saudi dikenal sebagai negara produsen dan pengekspor minyak terbesar di dunia.

Negara Arab Saudi

Arab Saudi atau Saudi Arabia adalah salah satu negara penghasil dan pengekspor minyak terbesar di Dunia yang berada di kawasan Asia Barat Daya (kawasan Timur Tengah). Negara yang mencakup hampir seluruh semenanjung Arabia dan memiliki nama lengkap Kingdom of Saudi Arabia (Kerajaan Arab Saudi) ini memiliki luas wilayah sebesar 2.149.690 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 28.571.770 jiwa (data 2017). Mayoritas penduduknya adalah etnis Arab yang beragama Islam. Bahasa resmi Arab Saudi adalah bahasa Arab.

Secara geografis,  Arab Saudi terletak di antara 15°LU – 32°LU dan antara 34°BT – 57°BT dan berbatasan dengan Irak, Kuwait dan Yordania di sebelah Utaranya. Disebelah Selatan, Arab Saudi berbatasan dengan Republik Yaman dan Kesultanan Oman sedangkan di sebelah Timurnya adalah Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain dan Teluk Persia. Sebelah Barat Arab Saudia adalah Laut Merah.

Profil Negara Arab Saudi (Saudi Arabia)

Berikut ini adalah Profil Negara Arab Saudi :

  • Nama Lengkap : Kerajaan Arab Saudi (Kingdom of Saudi Arabia)
  • Nama Lokal : Al Mamlakah al Arabiyah as Suudiyah
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Absolut (Kerajaan)
  • Kepala Negara : Raja SALMAN bin Abd al-Aziz Al Saud
  • Kepala Pemerintahan : Raja SALMAN bin Abd al-Aziz Al Saud
  • Ibukota : Riyadh
  • Luas Wilayah : 2.149.690 km2
  • Jumlah Penduduk : 28.571.770 jiwa (data 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1,45% (data 2017)
  • Bahasa : Arab
  • Suku Bangsa : Arab (90%), Afro-Asian (10%)
  • Agama : Islam
  • Mata Uang : Saudi Riyal
  • Hari Nasional : 23 September 1932 (Hari Bersatunya Kerajaan Arab Saudi)
  • Lagu Kebangsaan : Aash Al Maleek (Long Live Our Beloved King)
  • Kode Domain Internet :  .sa
  • Kode Telepon : 966
  • Waktu : GMT +3
  • Pendapatan Domestik Bruto (PDB) : US$1.789 triliun (data 2017)
  • Pendapatan Per Kapita : USD. 55.300,- (data 2017)
  • Lokasi : Benua Asia (Kawasan Timur Tengah)

Sejarah Negara Arab Saudi

Arab Saudi merupakan bagian dari Timur Tengah yang dikenal dengan tempat lahirnya peradaban. Wilayah Arab Saudi merupakan bukti sejarah perkembangan agama Islam. Penyebaran agama Islam dimulai dari tanah Arab Saudi dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW di Mekkah. Kerajaan Arab Saudi modern terbentuk pada tahun 1932 yang ditandai dengan proklamasi dan pengakuan Kerajaan Arab Saudi. Sejarah pembentukan Arab Saudi dimulai pada 1744. Dilansir dari laman Department of Foreign Affairs and Trade, pada tahun 1744 negara Saudi pertama berdiri. Pada tahun 1902, pembentukan kerajaan Arab Saudi dimulai, yakni ketika Abdulaziz bin Saud merebut rumah leluhur Al-Saud di Riyadh. Kemudian memuncak pada tahun 1932 dengan proklamasi dan pengakuan Kerajaan Arab Saudi. Pembentukan negara ini dipimpin oleh Ibn Saud. Ia telah menyatukan empat wilayah hingga menjadi satu negara. Empat wilayah tersebut mencakup Hijaz, Najd, sebagian Arab Timur (Al-Ahsa), dan Arab Selatan (‘Asir). Arab Saudi menganut sistem pemerintahan monarki absolut dengan syariat Islam.

Iklim Negara Arab Saudi

Iklim Arab Saudi cukup bervariasi di setiap daerahnya. Di wilayah pesisir seperti Jeddah, umumnya beriklim panas dan lebih lembap sepanjang tahun (23°C – 35°C). Sementara itu, iklim wilayah pedalaman seperti Riyadh lebih panas dan kering (Mei – September, 25°C – 45°C), tetapi dingin pada musim dingin (November – Februari, 1°C – 15°C).

Letak Negara Arab Saudi

Peta Arab Saudi menunjukkan bahwa Arab Saudi terletak di antara 15°LU - 32°LU dan antara 34°BT - 57°BT. Luas kawasan peta Arab Saudi mencakup empat per lima kawasan Semenanjung Arab. Peta Arab Saudi juga secara geografis merupakan negara terbesar kelima di Asia dan kedua terbesar di Dunia Arab, setelah Aljazair.

Wilayah Arab Saudi terbentang luasnya mencapai 2.240.350 km2 (4/5 Semenanjung Arab) (17 kali luas pulau Jawa yang seluas 132.107 km2). Arab Saudi berbatasan dengan Yordania (Barat Laut); Irak dan Kuwait (Utara); Bahrain, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Oman (Timur); dan Yaman (Selatan).

Kondisi Alam Negara Arab Saudi

Kondisi daratan Arab Saudi terbilang gersang, terdiri dari deretan padang berbatuan dan berpasir, dataran tinggi, pegunungan, dan tidak ada aliran sungai permanen.

Topografi Alam Negara Arab Saudi

Berdasarkan topografinya, wilayah barat Arab Saudi, yakni Hijaz terdiri dari rangkaian pegunungan, kota pelabuhan Jeddah, dan kota industri Yanbu. Pada wilayah barat daya berupa pegunungan subur dengan puncak tertinggi 3.000 meter dan kondisinya banyak hujan serta sejuk. Pada wilayah selatannya, terdapat Rub'Al-Khali/ Empty Quarter yang merupakan salah satu padang pasir terluas di dunia tak berpenghuni. Kawasan tengah Arab Saudi terdiri dari dataran tinggi, yakni kota Riyadh. Sementara itu, wilayah timurnya kaya dengan sumber daya minyak (Al-Khobar, Dhahran, Dammam, dan kota industri Jubail). Pada wilayah utara Arab Saudi terdapat padang pasir Nafud.

Perekonomian Negara Arab Saudi

Di bidang perekonomian, Arab Saudi yang terbukti memiliki sekitar 16% cadangan minyak bumi di dunia ini menduduki peringkat sebagai negara pengekspor minyak terbesar di dunia. Sektor minyak menyumbang sekitar 87% anggaran belanja dan 47% Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Arab Saudi. Pada tahun 2017, Pendapatan Domestik Bruto Arab Saudi adalah US$1.789 triliun sedangkan Pendapatan Perkapitanya adalah sebesar US$55.300,-.

Sumber daya alam Arab Saudi didominasi oleh gas disusul dengan minyak. Sumber daya alam Arab Saudi berupa minyak (25% cadangan minyak dunia), gas (40% cadangan gas dunia), mineral (emas, perak, tembaga), mineral non-metal, dan air (84% air bawah tanah, 10% air permukaan, 5% air desalinasi air laut, 1% air daur ulang).

Sementara itu, wilayah timurnya kaya dengan sumber daya minyak (Al-Khobar, Dhahran, Dammam, dan kota industri Jubail). Pada wilayah utara Arab Saudi terdapat padang pasir Nafud.

Sistem Pemerintahan Negara Arab Saudi

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Arab Saudi adalah sistem pemerintahan Monarki Absolut yaitu sistem pemerintahan yang kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah seorang Raja. Ibukota Arab Saudi adalah Riyadh. Kerajaan Arab Saudi merupakan negara anggota PBB, Organisasi Kerjasama Islam (OKI), G-20 dan OPEC.


Demikianlah informasi dari artikel Sejarah Dan Profil Negara Arab Saudi. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan pada penulisan artikel ini, Berbagai Reviews mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainya silahkan klik Pustaka Pengetahuan

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm 

Untuk belajar budidaya, silahkan klik Baraja Farm Channel

Media sosial silahkan klik facebook


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar