Teks Laporan Hasil Pengamatan | Berbagai Reviews

21 Agustus 2023

Teks Laporan Hasil Pengamatan

| 21 Agustus 2023

 Sebuah teks laporan hasil pengamatan merupakan teks yang berisi informasi dari hasil aktivitas pengamatan terhadap suatu objek. Adapun hal - hal yang bisa menjadi objek yang diangkat untuk ditulis menjadi teks laporan pengamatan antara lain adalah keadaan alam, keadaan lingkungan, hewan, tumbuhan, sosial, sebuah peristiwa, kesenian, dan kebudayaan.

Karenakan berisi informasi berdasarkan hasil pengamatan, teks laporan hasil pengamatan biasanya bersifat informatif, komunikatif, dan objektif. Hal itu berarti isi teks laporan hasil observasi harus memberikan sebuah informasi yang mudah dipahami oleh pembaca.

Berbeda dengan laporan biasa, laporan hasil observasi memiliki struktur tersendiri agar hasil pengamatan mudah dipahami, seperti yang di bawah ini.


Pengertian Teks Laporan Hasil Pengamatan.

Pengertian teks laporan hasil pengamatan adalah suatu karya tulis yang berisi informasi yang didasarkan dari hasil pengamatan terhadap suatu objek. Adapun jenis objek yang bisa diamati untuk diangkat menjadi teks hasil laporan pengamatan antara lain adalah keadaan alam, keadaan lingkungan, hewan, tumbuhan, sosial, sebuah peristiwa, kesenian, dan kebudayaan.

Setiap informasi yang didapat juga harus disajikan atau ditulis secara objektif dan sesuai fakta yang sebenarnya, tidak dibuat-buat atau tidak menurut opini sang penulis, serta dapat dibuktikan kebenarannya. Sifat informasi yang sesuai fakta atau tidak dibuat-buat sebenarnya tidak hanya ada pada teks laporan hasil pengamatan saja. 


Ciri - Ciri Teks Laporan Hasil Pengamatan

Berikut ini merupakan ciri teks laporan hasil pengamatan , antara lain :

  • Penulisannya dilakukan secara sempurna dan lengkap
  • Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan pengamatan yang dilakukan
  • Sifatnya universal, global, dan objektif
  • Disajikan secara menarik, baik kata, bahasa, isinya berbobot maupun susunannya logis.
  • Sumber pembahasan berupa objek tunggal
  • Informasi yang dibuat berdasarkan keadaan sekarang dan sudah teruji kebenarannya
  • Teks bukan merupakan dugaan atau prasangka yang mengalami penyimpangan
  • Antara kelas dan subkelas memiliki ikatan yang saling berkaitan
  • Penulis tidak menuliskan penutup. 
  • Di akhir tulisan penulis hanya memberikan laporan mengenai apa yang dia lihat serta apa yang diketahuinya pada akhir pengamatan


Struktur Teks Laporan Hasil Pengamatan

1. Pernyataan Umum atau Klasifikasi

Pernyataan umum berisi tentang informasi atau pengertian mengenai sesuatu yang dibahas atau hasil pengamatan yang telah dilakukan. Bagian ini juga dapat diartikan sebagai pembuka karangan secara umum. Pernyataan umum akan menjelaskan klasifikasi tentang objek yang hendak dilaporkan, seperti: benda, tumbuhan, lingkungan, dan lain sebagainya. Pada bagian ini, objek akan diklasifikasikan berdasarkan atas persamaan dan atau perbedaannya. Kemudian kriteria tersebut digunakan untuk membedakan kelas, subkelas dan rincian yang lebih mendetail lagi.

2. Aspek Yang Dilaporkan

Bagian ini berisi penjelasan secara rinci mengenai informasi yang akan disampaikan berdasarkan hasil pengamatan. Klasifikasi atau penggolongan objek akan dijelaskan secara runtut dari kelas yang besar hingga menjadi yang kecil (subkelas). Misalnya penggolongan diikuti rincian dari aspek perilaku, genetik, lingkungan, fungsi, peran, fisik, atau kepribadiannya.


Tujuan Teks Laporan Hasil Pengamatan

Tujuan dari pembuatan teks laporan hasil pengamatan itu sendiri untuk menyampaikan hasil pengamatan yang sudah dilakukan sebelumnya, antara lain :

  • Sebagai media yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi secara akurat tentang objek atau fenomena yang diamati.
  • Sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan dan temuan dengan orang lain, baik dalam lingkup akademis maupun masyarakat umum.
  • Sebagai sarana yang sering digunakan sebagai sumber data atau referensi bagi penelitian atau studi lanjutan yang terkait dengan objek atau fenomena yang sama atau serupa.
  • Sebagai sarana yang dapat digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan atau perencanaan tindakan selanjutnya.
  • Sebagai sarana yang bisa dimanfaatkan untuk mengevaluasi proses atau keadaan tertentu. Sehingga keadaan yang semula kurang baik diharapkan  bisa menjadi lebih baik.


Cara Membuat Teks Laporan Hasil Pengamatan

Di bawah ini adalah cara membuat teks laporan hasil pengamatan

  1. Tentukan terlebih dahulu objek yang akan diamati
  2. Lakukanlah pengamatan objek yang telah ditentukan
  3. Catatlah data-data apa saja terkait yang ditemukan
  4. Buatkah kerangka atau struktur laporan
  5. Segera buat laporan berdasarkan data yang telah ditemukan
  6. Lakukanlah pengecekan dari sebuah laporan pengamatan yang telah kamu lakukan


Contoh Teks Laporan Hasil Pengamatan

Pohon Kelapa

pohon kelapa


Pernyataan umum

Pohon kelapa (Cocos nucifera) atau disebut juga pohon nyiur termasuk salah satu tumbuhan palem yang hidup di daerah beriklim tropis yang memiliki batang tinggi menjulang.

Kelapa dapat hidup mulai dari dataran rendah seperti di dekat pantai sampai dengan dataran sedang seperti perbukitan. Pohon kelapa bisa memiliki batang dengan tinggi lebih dari 4 meter.

Semua bagian kelapa dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan manusia. Hal inilah yang menjadi alasan kelapa banyak dibudidayakan.

Buah kelapa tertutup serabut dan tempurung kelapa yang keras. Daging kelapa yang sudah tua mengandung santan. 

Daging , dengan tinggi bisa mencapai tiga meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air.

Deskripsi bagian

Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah, dan akar. Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa, dan lembaga. Pohon kelapa atau pohon nyiur banyak terdapat di bagian tepi pantai.

Kesimpulan

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, air kelapa memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat digunakan sebagai obat penetral racun, dapat melancarkan aliran darah dan bermanfaat untuk menjaga imun tubuh.

Selain itu, buah kelapa dapat diolah menjadi minyak kelapa yang kaya akan manfaat. Batang pohonnya sangat bermanfaat untuk konstruksi bangunan. Sementara daunnya bisa digunakan untuk pembuatan atap rumah, membuat pembungkus ketupat, dan lain-lain. 

Demikian penjelasan mengenai teks laporan hasil pengamatan yang lengkap dengan cara pembuatan dan contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.


Demikianlah artikel yang berjudul "Teks Laporan Hasil Pengamatan Beserta Contohnya". Jika ada kesalahan ataupun kekurangan artikel ini, berbagaireviews.com mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan komentar yang sifatnya membuat artikel ini menjadi lebih baik. Terima kasih sudah mengunjungi dan semoga bermanfaat. Untuk mencari artikel lainnya silahkan kunjungi pustakapengetahuan.com 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar