22 Juli 2020

Profil Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

| 22 Juli 2020

profil negara indonesia


Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, di mana hanya sekitar 7.000 pulau yang berpenghuni. Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Sumatra dan Papua merupakan pulau utama di Indonesia. Selain itu Indonesia juga memiliki pulau-pulau kecil seperti Bali, Karimunjawa, Gili dan Lombok yang merupakan tujuan wisata lokal maupun internasional. Ibukota negara Indonesia adalah Jakarta, yang terletak di Pulau Jawa.

Dilihat dari segi geografis, kepulauan Indonesia terletak antara 5° 54′ 08″ bujur utara hingga 11° 08′ 20″ bujur selatan dan 95°00’38“ sampai 141°01’12“ bujur timur. Beberapa pulau terletak di garis ekuator. Karena itu, siang dan malam memiliki waktu yang hampir sama, yaitu 12 jam. Atas dasar letak geografis yang luas, wilayah Indonesia dibagi menjadi 3 zona waktu yaitu WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah) dan WIT (Waktu Indonesia Timur). Dari satu pulau ke pulau lainnya dapat terjadi perbedaan waktu hingga 8 jam.

Republik Indonesia

Republik Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Asia Tenggara. Melintang di katulistiwa antara benua Asia dan Australia serta antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Indonesia berbatasan dengan Malaysia di utara pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di timur pulau Papua dan dengan Timor Timur di utara pulau Timor.

Indonesia memiliki 18.000 lebih pulau (sekitar 6000 tidak berpenghuni) yang menyebar sekitar katulistiwa, memberikan cuaca tropis. Pulau terpadat penduduknya adalah pulau Jawa, di mana setengah populasi Indonesia hidup. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar, yaitu: Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian Jaya.

Lokasi Indonesia juga terletak di lempeng tektonik yang berarti Indonesia sering terkena gempa bumi dan juga menimbulkan tsunami. Indonesia juga banyak memiliki gunung berapi, salah satu yang sangat terkenal adalah gunung Krakatau, terletak antara pulau Sumatra dan Jawa.

Secara astronomis, Indonesia yang berada diantara Benua Asia dan Benua Australia ini terletak di antara 6°LU – 11°08’LS dan dari 95°’BT – 141°45’BT. Selain diapit oleh dua benua, Indonesia juga berada diantara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia serta dilintasi oleh garis khatulistiwa. Indonesia berbatasan darat dengan negara Papua Nugini di Pulau Papua, Malaysia di pulau Kalimantan dan Timor Leste di Pulau Timor. Sedangkan Negara yang berbatasan laut dengan Indonesia adalah Singapura, Filipina, Australia dan India (Kepulauan Andaman dan Nikobar).


Profil Negara Indonesia.

Berikut ini adalah Profil Negara Indonesia :
  • Nama Lengkap : Republik Indonesia
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla (sejak 20 Oktober 2014)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla (sejak 20 Oktober 2014)
  • Ibukota : Jakarta
  • Luas Wilayah :  1.904.569 km2
  • Jumlah Penduduk : 260.580.739 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,86%
  • Bahasa Resmi : Bahasa Indonesia
  • Agama : Islam 87.2%, Kristen 7%, Katolik 2.9%, Hindu 1.7%, agama lainnya 0.9% (Termasuk Buddha dan Kong Hu Cu), (estimasi tahun 2010)
  • Suku Bangsa : Jawa 40.1%, Sunda 15.5%, Melayu 3.7%, Batak 3.6%, Madura 3%, Betawi 2.9%, Minangkabau 2.7%, Bugis 2.7%, Banten 2%, Banjar 1.7%, Bali 1.7%, Aceh 1.4%, Dayak 1.4%, Sasak 1.3%, Tionghoa 1.2%, suku bangsa lainnya 15% (estimasi tahun 2010)
  • Mata Uang : Rupiah (IDR)
  • Hari Nasional : 17 Agustus 1945
  • Lagu Kebangsaan : Indonesia Raya
  • Kode Domain Internet : .id
  • Kode Telepon : 62
  • Waktu : GMT +7
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 11.700,- (2016)
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$ 3,031 triliun (2016).

Lambang Negara Indonesia.


lambang negara indonesia


Bendera Indonesia.


bendera merah putih


Provinsi di Indonesia.


provinsi terbaru indonesia


Daftar provinsi di Indonesia, dilansir situs Kemendagri, berikut daftar provinsi di Indonesia beserta ibu kotanya. Daftar provinsi di Indonesia ini merujuk Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan:

1. Provinsi Aceh; ibukota Banda Aceh
2. Provinsi Sumatera Utara; ibukota Medan
3. Provinsi Sumatera Barat; ibukota Padang
4. Provinsi Riau; ibukota Pekanbaru
5. Provinsi Jambi; ibukota Jambi
6. Provinsi Sumatera Selatan; ibukota Palembang
7. Provinsi Bengkulu; ibukota Bengkulu
8. Provinsi Lampung; ibukota Bandar Lampung
9. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung; ibukota Pangkal Pinang
10. Provinsi Kepulauan Riau; ibukota Tanjung Pinang
11. Provinsi DKI Jakarta; ibukota Jakarta
12. Provinsi Jawa Barat; ibukota Bandung
13. Provinsi Jawa Tengah; ibukota Semarang
14. Provinsi D.I. Yogyakarta; ibukota Yogyakarta
15. Provinsi Jawa Timur; ibukota Surabaya
16. Provinsi Banten; ibukota Serang
17. Provinsi Bali; ibukota Denpasar
18. Provinsi Nusa Tenggara Barat; ibukota Mataram
19. Provinsi Nusa Tenggara Timur; ibukota Kupang
20. Provinsi Kalimantan Barat; ibukota Pontianak
21. Provinsi Kalimantan Tengah; ibukota Palangkaraya
22. Provinsi Kalimantan Selatan; ibukota Banjarmasin
23. Provinsi Kalimantan Timur; ibukota Samarinda
24. Provinsi Kalimantan Utara; ibukota Bulungan
25. Provinsi Sulawesi Utara; ibukota Manado
26. Provinsi Sulawesi Tengah; ibukota Palu
27. Provinsi Sulawesi Selatan; ibukota Makassar
28. Provinsi Sulawesi Tenggara; ibukota Kendari
29. Provinsi Gorontalo; ibukota Gorontalo
30. Provinsi Sulawesi Barat; ibukota Mamuju
31. Provinsi Maluku; ibukota Ambon
32. Provinsi Maluku Utara; ibukota Ternate
33. Provinsi Papua; ibukota Jayapura
34. Provinsi Papua Barat; ibukota Manokwari


Negara Kesatuan Republik Indonesia.


profil negara indonesia


Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Asia Tenggara. Jumlah pulau yang dimiliki oleh Indonesia adalah sebanyak 17.508 pulau dengan keseluruhan luas wilayahnya adalah sebesar 1,904,569 km2. Pulau-pulau utama Indonesia adalah Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi dan Pulau Papua. Sebagai Negara Kepulauan Terbesar di dunia, Indonesia juga merupakan salah satu negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia.

1. Asal usul nama negara Indonesia.

Kata “Indonesia” berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu kata Indus yang merujuk kepada sungai Indus yang berada di India dan kata “Nesos” yang memiliki makna pulau. Jadi kata Indonesia berarti suatu wilayah Kepulauan India. Di tahun 1850 yang bernama George Windsor Earl, yang merupakan seorang etnolog yang berasal dari Inggris, yang awalnya mengusulkan atau berendapat istilah Indunesia dan Melayunesia. Namun pada penulisan akademik Belanda, media India menulis negara Indonesia dengan istilah Kepulauan Melayu Timur, Hindia, atau Hindia Timur. Namun sejak tahun 1900, nama Indonesia menjadi lebih familiar di lingkungan akademik di luar Belanda, dan golongan nasionalis Indonesia menggunakannya sebagai bentuk ekspresi politik.

2. Wilayah Indonesia.

Profil negara Indonesia selanjutnya yang dibahas adalah mengenai letak geografis Indonesia. Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di Asia tenggara. Memiliki 17.504 pulau yang berpenghuni maupun tidak yang tersebar di sekitar garis Khatulistiwa yang memberikan cuaca tropis pada negara Indonesia. Indonesia terletak pada koordinat 6 derajat lintang utara hingga 11 derajat lintang selatan, serta 95 sampai 141derajat bujur timur. Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudera. Indonesia terbentang sepanjang 3977 mil diantara 2 samudera yaitu Pasifik dan Hindia. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km persegi dan luas lautannya adalah 3.257.483 km persegi.

3. Politik dan pemerintahan.

Negara Indonesia menjalankan sistem presidensial multipartai yang demokratis. Sama halnya dengan negara-negara demokrasi lainnya yang ada di dunia, sistem politik Indonesia berdasarkan pada asas Trias politika, yaitu eksekutif, legislative, dan yudikatif.

Dalam bentuk pemerintahannya, Indonesia menganut sistem pemerintahaan Republik Presidensil yang Kepala Negara dan Kepala Pemerintahannya dipegang oleh seorang Presiden. Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dipilih langsung oleh Rakyat Indonesia melalui Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) diselenggarakan 5 Tahun sekali. Nama lengkap Indonesia adalah Republik Indonesia dengan Ibukotanya adalah Kota Jakarta.

4. Hubungan luar negeri.

Di hubungan Luar Negeri, Indonesia merupakan negara anggota PBB dan negara anggota lembaga-lembaga yang berada dibawah PBB. Republik Indonesia juga merupakan negara anggota APEC, ASEAN, G-20, ADB, OKI, IORA dan organisasi-organisasi Internasional lainnya. Indonesia adalah salah satu negara pendiri ASEAN.

Berlawanan dengan sikap Presiden Soekarno yang anti imperialisme dan bersitegang dengan negara tetangga Malaysia. Hubungan luar negeri Indonesia pada zaman orde baru didasarkan pada ekonomi dan kerja sama politik dengan negara barat. Indonesia menjaga hubungan baik dengan negara tetangganya dari wilayah benua Asia, bahkan negara Indonesia menjalin hubungan kembali dengan negara Tiongkok pada tahun 1990. Padahal sebelumnya Indonesia melakukan pembekuan hubungan diplomatik sehubungan dengan gejolak politik anti komunis pada awal pemerintahan Soeharto.


5. Penduduk Indonesia.

Kepercayaan mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama Islam. Agama Islam adalah yang paling besar dianut oleh penduduk Indonesia, penganut agama islam di Indonesia mencapai 85,2 % dari total jumlah penduduk seluruhnya. Sementara itu, penganut agama lain yang ada di Indonesia adalah Kristen Protestan sebanyak 8,9%, Hindu 1,8%, Budha 0,8% dan lain-lain sebanyak 0,3%. Selain agama tersebut juga terdapat Konghucu.

Penduduk Indonesia dapat dibagi secara kasar kepada dua kelompok. Di bagian barat Indonesia penduduknya kebanyakan adalah suku bangsa Austronesia sementara di timur adalah suku bangsa Melanesia. Sebagian penduduk Indonesia adalah bangsa Austronesia dan terdapat juga bangsa Melanesia, Polinesia, maupun Mikronesia

Menurut sensus pada tahun 2016, jumlah penduduk Indonesia mencapai 263 juta jiwa. Lebih dari 150 juta penduduk Indonesia mendiami pulau Jawa, sehingga menjadikan pulai ini sebagai pulau terpadat di dunia. Indonesia memiliki populasi sebanyak 260.580.739 jiwa (estimasi Juli 2017) dengan mayoritas penduduknya adalah  penganut agama Islam (sekitar 87,2%). Jumlah penduduk sebanyak 260 juta jiwa tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia sekaligus juga merupakan negara yang berpenduduk muslim terbesar di dunia (sekitar 227 juta jiwa penduduk Indonesia adalah beragama Islam)..

Banyak penduduk Indonesia yang menyatakan dirinya dengan lebih spesifik dari suatu suku daerah, seperti suku Jawa, Sunda, Batak, Minang, Bali, Madura dan lain sebagainya. Selain itu juga ada penduduk minoritas pendatang dari etnis Asia lainnya, seperti etnis tionghoa, India, maupun Arab. Mereka sudah lama datang ke Indonesia sejak abad ke 8 melalui jalur perdagangan, hingga akhirnya menetap di Indonesia.


6. Ekonomi Indonesia

Negara Indonesia menganut sistem koperasi, saat ini ekonomi Indonesia cukup stabil bila dibanding dengan beberapa dekade yang lalu, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2004 dan 2005 melebihi 5% dan diperkirakan akan tetap berlanjut. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup stabil tersebut belum dapat dirasakan sepenuhnya secara merata karena masih banyak penduduk Indonesia yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.



Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang "Profil Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih dan semoga bermanfaat. 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar