29 Juli 2020

Pengertian Teks Beserta Tujuan, Ciri - Ciri, Struktur, Kaidah Dan Jenis - Jenis Teks Deskripsi.

| 29 Juli 2020
ciri - ciri, struktur, langkah, jenis - jenis teks deskripsi


Teks deskripsi merupakan sebuah paragraf yang memaparkan atau menggambarkan gagasan utamanya (objek atau peristiwa) secara jelas dan terperinci. Dengan penjelasan tersebut maka pembaca seolah - olah dapat merasakan apa yang dijelaskan dalam teks tersebut.


Pengertian Teks Deskripsi.

Teks deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya itu disampaikan dengan cara menggambarkan dengan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik atau tema kepada pembaca. Sehingga si pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan didalam teks tersebut.

Paragraf deskripsi merupakan salah satu bagian dari teks non-fiksi dimana tujuannya adalah untuk menjelaskan suatu objek atau peristiwa secara utuh. Jenis teks ini dibuat berdasarkan observasi yang dilakukan oleh penulis sehingga terdapat kesan, fakta, dan citraan yang sesuai dengan pengalaman penulisnya.


Tujuan Teks Deskripsi.

Tujuan teks dekripsi berbeda dengan teks negosiasi, yang mana tujuan dari teks deskripsi sangat jelas yaitu agar orang yang membaca teks ini dapat seolah-olah merasakan apa yang sedang di jelaskan didalam teks tersebut. secara rinci tujuan Teks deskripsi yang dibuat oleh seorang penulis antara lain ialah sebagai berikut :
  • Supaya orang yang membaca teks tersebut seolah-olah sedang merasakan apa yang sedang di jelaskan didalam teks tersebut.
  • untuk dapat memberikan penjelasan kepada tiap-tiap pembaca mengenai/tentang suatu objek dengan secara utuh, hal ini dalam upaya agar mereka dapat dengan tepat dan cepat memahami tema yang disajikan didalam sebuah teks deskripsi.
  • Teks deskripsi merupakan teks yang dibuat dari hasil dari sebuah pengamatan (observasi). Hal tersebutlah yang menyebabkan bahwa teks deskripsi mempunyai informasi yang jelas mengenai suatu benda atau juga objek sesuai dengan data serta fakta yang diperoleh oleh si penulis teks.
  • Tiap-tiap akan memperoleh kesan atau citraan sesuai dengan pengamatan, perasaan, serta juga pengalaman penulis sehingga akan terkesan seolah-olah pembaca yang melihat, merasakan, dan juga mengalami sendiri tema/topic yang ada tersebut. Dalam mencapai kesan yang sempurna itu, penulis deskripsi akan merinci objek dengan kesan, fakta, serta juga citraan.


Ciri - Ciri Teks Deskripsi.

Ciri-ciri dari teks deskripsi ini sangat jelas sehingga akan dapat sangat mudah untuk membedakan teks deskripsi ini dengan yang teks lainnya.

Berikut ini ciri-cirinya:
  • Paragraf deskripsi tersebut mengilustrasikan / menggambarkan sesuatu.
  • Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
  • Pada saat si pembaca membaca teks deskripsi, maka si pembaca itu seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.
  • Teks deskripsi tersebut menjelaskan ciri-ciri fisik dari sebuah objek, seperti ukuran, warna, bentuk, atau ciri-ciri psikis/keadaan pada suatu objek dengan rinci.


Struktur Teks Deskripsi.

Terdapat 4 struktur yang menyusun teks deskripsi sehingga menjadi satu keutuhan. Nah dibawah ini merupakan 4 struktur tersebut antara lain sebagai berikut:

a. Identifikasi
Penentu identitas seseorang, benda, dan sebagainya.

b. Klasifikasi
Penyusunan secara ber-sistem dalam sebuah kelompok dengan menurut kaidah atau standar yang sudah ditetapkan.

c. Deskripsi bagian
Bagian teks yang berisi mengenai gambaran-gambaran bagian didalam teks tersebut atau lebih mudahnya, Deskripsi bagian ini adalah Pengklasifikasian yang dijelaskan secara lebih rinci dengan memberikan suatu gambaran-gambaran yang jelas.

d. Penutup
Kesimpulan atau penegasan hal-hal yang penting.


Jenis - Jenis Teks Deskripsi.

Dibawah ini merupakan jenis teks deskripsi yang dibedakan menjadi 3 macam yaitu:
  • Teks paragraf deskripsi subjektif yaitu suatu paragraf deskripsi yang penggambaran objek nya menurut kesan yang dimiliki oleh si penulis teks.
  • Teks paragraf spatial yakni didalam teks ini objek yang digambarkan hanya berupa tempat, benda, ruang serta lainnya.
  • Teks paragraf objektif ialah objek digambarkan apa adanya dengan menurut keadaan objek yang sebenarnya tanpa rekayasa atau penambahan opini dari penulis itu sendiri.


Langkah-langkah Membuat Teks / Paragraf Deskripsi
  • Menentukan tema (objek yang akan dibahas).
  • Menentukan tujuan.
  • Kumpulkan fakta atau data-data serta  lakukan observasi atau pengamatan dengan secara langsung mengenai objek yang akan dibahas.
  • Setelah data-data terkumpul, susunlah data tersebut menjadi kerangka karangan.
  • Kemudian Uraikanlah kerangka karangan tersebut menjadi teks deskripsi yang disesuaikan data dan fakta dengan topik.


Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Berikut merupakan kaidah kebahasaan mengenai teks deskripsi antara lain sebagai berikut :
  • Menggunakan kata benda sesuai dengan topik yang dideskripsikan. Seperti: Rumah sakit, rumah, Mobilku, dll.
  • Menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Contohnya yaitu beliau ialah seorang Kepala Lab yang baik hati, dll.
  • Mengandung kata sifat yang Sifatnya itu menggambarkan sesuatu. Seperti: Dua siswa rajin, Tiga kaos kaki putih, dll.
  • Mengandung kata kerja Transitif untuk dapat memberikan informasi subjek. Seperti: Siswi itu mengenakan seragam Coklat, dll.
  • Mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) dengan tujuan ialah mengungkapkan sebuah pandangan pribadi si penulis mengenai/tentang sebuah subjek. Seperti: saya pikir itu adalah Ayam cerdas, saya yakin Baju itu murah, dll.
  • Mengandung kata keterangan dalam memberikan sebuah informasi tambahan mengenai suatu objek. Seperti: dengan cepat atau lambat, di kopi shop, di rumah sakit, dll.
  • Mengandung bahasa kiasan berupakan sebuah perumpamaan atau metafora. Seperti: kulitnya putih bersih seperti kapas putih, dll.


Contoh Teks Deskripsi

Contoh teks deskripsi dalam Bahasa Indonesia

Untuk lebih mudah dalam memahami teks deskripsi, berikut adalah contoh dari teks deskripsi.


contoh teks deskripsi


Judul

Burung Sekretaris

struktur tesk deskripsi

Identifikasi

Di dunia ini ternyata banyak sekali jenis burung yang unik, baik itu dari namanya maupun dari ciri khas yang dimilikinya. Salah satu jenis burung yang unik yang harus anda ketahui yaitu burung sekretaris.

Klasifikasi

Burung sekretaris adalah sejenis burung pemangsa berukuran besar yang hidup terestrial. Burung ini merupakan unggas endemik dari Afrika, sering dijumpai di padang rumput terbuka dan savannah di wilayah sub-Sahara Afrika. Meskipun termasuk ordo Accipitriformes, yang juga mencakup banyak burung pemangsa diurnal lainnya seperti burung layang-layang, elang, burung bangkai, dan harrier, jenis ini digolongkan ke dalam familia tersendiri, yaitu Sagittariidae.

Deskripsi

Pada bagian tubuh burung sekretaris diselimuti dengan bulu bulu yang di dominasi dengan warna putih, hitam dan juga warna abu-abu muda. Perlu anda ketahui, jika burung sekretaris ini bisa tumbuh sampai dengan mencapai tinggi 1 meter. Burung yang mempunyai warna orange di bagian wajahnya ini termasuk salah satu jenis burung pemangsa ular. Pada saat membunuh ular, pada umumnya burung ini akan menendangnya dengan kuat. Hal yang dilakukan ini tentu saja juga didukung oleh kakinya yang panjang dan kuat.

Salah satu keunikan dari ciri burung sekretaris yaitu pada bagian kakinya yang cukup panjang seperti ciri burung bangau. Padahal untuk jenis burung ini juga tidaklah spesies burung yang sering hidup di air seperti halnya beberapa burung air yang memiliki bagian kaki yang panjang. Keunikan lain yang dimiliki oleh burung sekretaris yaitu sosoknya yang sangat di takuti oleh ular. Burung sekretaris ini juga bisa membunuh seekor ular dengan cara menendang dengan sangat keras ular dengan menggunakan kakinya yang panjang.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar