8 Februari 2020

Orang Indonesia Berprestasi Terkenal Mendunia.

| 8 Februari 2020
Indonesia tidak hanya dikenal karena memiliki kekayaan alam yang berlimpah, garis pantai yang panjangnya bukan main atau pemandangan alam yang selalu bikin setiap orang berdecak kagum saja. Tidak, anugerah Tuhan terhadap bumi pertiwi ini tak cukup disitu saja. Tuhan juga mengultuskan banyak sekali orang - orang Indonesia yang terkenal mendunia di kancah Internasional. Dan tentunya membuat orang-orang luar negeri itu mesti angkat topi untuk sekedar menghormati setiap karya dan juga dedikasi yang telah orang-orang Indonesia ini perbuat. Siapa sajakah mereka itu? Berikut penjelasannya.


Agung Etty Hendrawati.


Atlet wanita panjat tebing mendunia asal Indonesia

Wanita berhijab Indonesia yang mendunia sebagai atlet panjat tebing.
.

Namanya mungkin masih asing ditelinga kita. Dia adalah Agung Etty Hendrawati, sang wanita berhijab yang tak pernah membatasinya bergerak sebagai atlet panjang dinding. Dia berhasil menerima penghargaan Kartini Award 2011 karena telah membawa nama Indonesia pada pertandingan panjat dinding internasional. Beberapa prestasi yangtelah diukirnya adalah medali emasi Speed Climbing Indonesia pada PON XV, Speed Climbing ESPN X sebagai juara dunia, dan Speed Climbing UIAA Asian Cup di China sebagai juara pertama. 


Joey Alexander Sila.


Pianis cilik mendunia dari Indonesia

Pianis cilik yang prestasinya dikenal di kancah Internasioal


Joey Alexander Sila adalah pianis cilik berbakat yang telah berhasil menorehkan prestasi Internasional. Meskipun masih berusia 10 tahun, bocah cilik ini sudah mahir memainkan tuts piano dengan indah hingga menarik perhatian mata dunia. Prestasi yang berhasil dia dapatkan juga tak tanggung-tanggung, dia berhasil meraih “Grand Prix 1st International Festival – Contest of Jazz Improvisation Skill” yang diselenggarakan pada 5-8 Juni 2013 di Odessa, Ukraina. Pada festival musik Jazz itu, Joey adalah peserta termuda, dan dia berhasil mengalahkan 43 peserta dari berbagai dunia.


Bayu Santoso.


Pemenang desain cover album Maroon 5

Pemenang desain cover album Maroon 5 yang karyanya mendunia.



Mahasiswa ISI Jogja jurusan Desain Komunikasi Visual ini memenangkan lomba desain cover album yang diadakan oleh band ternama asal California, Maroon 5. Desain karyanya berupa gambar wajah harimau putih dengan guratan berbentuk V pada bagian hidung. Hasil karyanya mampu memenangkan lomba desain yang diikuti oleh banyak orang dan berhak menjadi cover album Ke 5 dari Maroon 5. Bayu yang saat ini masih menekuni dunia kuliah memang sering mengikuti lomba desain. Sebelum memenangkan kontes kali ini, dia sudah pernah juga memenangkan kontes artwork yang diadakan oleh musisi legendaris Billie Joel. Nah, bisa dilihat ‘kan sekarang, apapun profesimu kamu tetap bisa berkarya, bahkan hingga diakui oleh dunia.


Pierre Coffin.


Arsitek utama Minions

Arsitek utamanya Minions.


Hayo, siapa yang nggak kenal Minions? Karakter kuning menggemaskan yang filmnya booming di tahun 2010 dan 2013 silam ini. Bahkan karena kesuksesan filmnya, hingga saat ini kita masih bisa menemukan figur karakter ini dimanapun ; boneka, gantungan kunci, tas, dan masih banyak lagi. Yang mungkin kalian belum tahu adalah fakta bahwa arsitek di balik kelahiran Minions merupakan seorang pria berdarah Indonesia, Pierre Coffin. Dia merupakan putra dari penulis ternama Indonesia, N.H Dini. Karena kesuksesannya ini dia akan bekerja sama dengan selebriti Hollywood papan atas di proyek film yang selanjutnya. Apakah kalian tahu bahwa karakter Minions menggunakan campuran berbagai bahasa termasuk Indonesia? Coba deh tonton filmnya lagi dan cari tahu di adegan mana karakter Minions ini mengucapkan kata “Terima kasih”.


Andre Surya.


Animator Transformer 3D mendunia dari Indonesia

Sang animator Transformer 3D yang sebagian besar ketrampilannya didapatkan secara otodidak


Cowok kelahiran Jakarta tahun 1984 ini dulunya sempat mengenyam pendidikan di Untar dengan jurusan Desain Komunikasi Visual selama 1 tahun. Pendidikannya ini tidak dilanjutkan karena dia lebih memilih bekerja sebagai digital artist.  Kemudian dia mengambil diploma di Kanada di bidang Film dan Special Effects. Namun, ilmu dan ketrampilannya dipelajari sendiri karena dia sudah tekun mendalaminya sejak duduk di bangku SMA. Banyak karyanya yang telah memenangkan berbagai penghargaan. Bahkan, kemampuannya yang mumpuni menjadikannya satu-satunya orang Indonesia yang bisa bergabung dengan proyek film besar, Transformer 3D. Dia sangat bersyukur karena berkat ketekunannya, sekarang dia mampu bekerja di tempat yang diimpikannya. Apakah kamu juga mau mengikuti jejak keberhasilannya?


Christiawan Lie.


Ilustrator komik Indonesia mendunia
 
Ilustrator komik yang karyanya berhasil menembus pasar Amerika


Komikus yang berasal dari Indonesia, Chistiawan Lie atau lebih sering dikenal dengan nama Chris Lie ini merupakan komikus kelas dunia. Siapa sangka pemuda lulusan ITB ini adalah salah satu ilustrator komik yang berhasil membuahkan komik-komik terkenal seperti GI Joe dan Transformers. Selain itu, Chris Lie juga telah menciptakan komik hasil karyanya sendiri, yang berjudul “Return of The Labyrinth” dan diterbitkan oleh Tokyopop. Komik itu adalah komik beraliran manga Jepang yang diproduksi di Amerika. Pada edisi awal terbit, “Return of the Labyrinth” sudah menduduki posisi keempat komik terlaris di Amerika, bersaing dengan komik Naruto.


Griselda Sastrawinata


Animator animasi The Sherk asal Indonesia
 
Animator perempuan yang karyanya bisa kita saksikan di film animasi The Sherk.


Tidak hanya pria yang bisa sukses sebagai animator. Wanita asal Indonesia bernama Griselda Sastrawinata ini juga merupakan animator film The Sherk. Griselda juga terlibat dalam penciptaan beberapa tokoh karakter di film animasi ini. Karena ketekunan dan kedisiplinannya dalam mencipta karya membuatnya masih bekerja di studio film bergengsi Dreamworks hingga sekarang ini.


Rini Sugianto.


Animator film Box Office Amerika mendunia asal Indonesia
 
Animator asal Indonesia yang bergabung dalam proyek film-film Box Office Amerika.


Satu lagi animator wanita Indonesia yang berprestasi di kancah Internasional, Rini Sugianto. Salah satu film karyanya adalah “Hobbit 2: The Desolation of Smaug”. Selain Hobbit 2, Rini juga pernah tergabung dalam tim animator film “The Advantures of  Tintin”, “The Avengers”, “Iron Man 3”, “Hunger Games: Catching Fire”, “Hobbit 1”, dan “the Dawn of the Planet of the Apes”. Tidak menyangka ‘kan kalau ternyata ada anak negeri di balik film-film Internasional yang selama ini kita gemari?


Dede Suryana

 
Peselancar surfing mendunia dari Indonesia Cimaja sukabumi
 
Pencinta surfing yang sukses kalahkan juara dunia berturut-turut sembilan kali.
 

Dede Suryana adalah atlet surfing asal Cimaja Sukabumi yang namanya sudah sangat terkenal di dunia internasional. Ini nggak lepas dari prestasinya yang pernah mengalahkan Kelly Slater (juara dunia sembilan kali) pada kejuaraan Todd Chesser Memorial Contest tahun 2003 di Hawaii. Prestasi lain dari Dede misalnya pada tahun 2008 Dede berhasil menjuarai Indonesian Championship Kuta Festival Surfing dan sekaligus menyabet peringkat pertama sebagai surfer terbaik ISC (Indonesia Surfing Championship). 



Demikianlah artikel yang menjelaskan secara lengkap mengenai "Orang Indonesia Berprestasi Mendunia". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar