Takson Manusia, Klasifikasi Ilmiah dan Penjelasannya, Human taxon.+ | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

10 September 2019

Takson Manusia, Klasifikasi Ilmiah dan Penjelasannya, Human taxon.+

| 10 September 2019

Takson Manusia (Human taxon) - berbagaireviews.com


Manusia atau orang dapat diartikan berbeda - beda dari segi biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin yang berarti "manusia yang tahu"), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi.

Klasifikasi Ilmiah Manusia

Kingdom   :Animalia
Filum         :Chordata
Kelas         :Mammalia
Ordo          :Primates
Subordo    :Haplorhini
Famili       :Hominidae
Subfamili :Homininae
Bangsa      :Hominini
Genus       :Homo
Spesies     :H. sapiens
Nama binomial
Homo sapiens

Domain. 

Domain manusia adalah Eukariota. Artinya mahluk banyak sel yang tiap selnya memiliki nukleus. Ada juga mahluk Prokariota, yang selnya tidak punya nukleus.

Kingdom. 

Manusia termasuk kingdom animalia (metazoa). Karena manusia bisa bergerak dan memiliki organ indera.

Subkingdom. 

Sub kingdom artinya dibawah kingdom. Sub kingdom manusia adalah Eumetazoa. Artinya manusia punya jaringan sejati. Bunga karang itu bukan eumetazoa, karena jaringan tubuhnya tidak jelas.

Branch. 

Manusia termasuk pada branch bilateria. Bilateria artinya manusia itu bisa dibelah dua di tengah, lalu kirinya sebenarnya cerminan dari kanannya.

Grade. 

Grade manusia adalah coelomata. Coelomata itu artinya tubuhnya ada bolongan. Rongga tubuh manusia ada, isinya jantung, paru-paru, usus. Itu kenapa manusia disebut coelomata. Memiliki rongga badan sejati.

Superfilum. 

Diatas filum sebelum grade, itu namanya superfilum. Superfilum manusia adalah Chordata. Chordata itu segala jenis hewan yang punya lengkungan saat masih janin. Lengkungan ini ntar lama-lama jadi bagian tubuh lainnya yang mendukung tubuh. Biar gak lemes gemulai gitu.

Filum. 

Filum manusia adalah Craniata. Kraniata adalah hewan chordata yang punya tengkorak. Kepalanya didukung oleh tulang gitu. Ada hewan chordata yang tidak mempunyai tengkorak, seperti tunicata, sama urochordata. Kepalanya tidak bisa tegak.

Sub filum. 

Subfilum manusia adalah Vertebrata, alias hewan bertulang belakang, artinya manusia punya tulang di belakang. Tulang ini pendukung tubuh utama dan merupakan hasil perkembangan dari chord yang mencirikan chordata tadi.

Infra filum. 

Ada lagi dibawah subfilum, namanya infrafilum. Infrafilum manusia adalah euteleostomi. Artinya selain manusia punya tulang belakang, manusia  juga punya tulang lainnya.

Pervfilum. 

Pervfilum manusia adalah Gnathostomata. Yaitu hewan vertebrata yang punya rahang. Buat menggigit gitu.

Superklas. 

Superklas manusia adalah Tetrapoda. Jadi hewan berkaki empat. Ada juga yang punya kaki enam atau heksapoda, yaitu serangga. Ada juga kaki delapan alias oktapoda, yaitu laba-laba. Ada juga yang kaki sepuluh alias dekapoda, yaitu kepiting.

Kelas. 

Kelas manusia adalah kelas mamalia. Mamalia itu punya rambut, dan punya susu.

Subkelas. 

Subkelas manusia adalah theria. Theria dicirikan oleh kelahiran hidup. Itu cirinya theria. Ada mamalia yang bertelur. Namanya platipus. Mamalia itu hanya perlu punya rambut dan punya susu.

Infraklas. 

Infraklas manusia adalah eutheria. Hewan eutheria itu waktu dalam kandungan disimpan dalam rahim atau uterus.

Super ordo.

Superordo manusia adalah Euarchontoglires. Euarchontoglires adalah eutheria yang punya tampilan modern tapi kerangkanya masih umum.

Ordo. 

Ordonya manusia adalah primata. Primata itu cirinya pandangan matanya ke depan, primata adalah punya ibu jari.

Subordo. 

Subordo manusia adalah Haplorrhini. Sejenis primata yang hidungnya kering.

Infraordo. 

Infra ordo manusia adalah Catarrhini. Hidungnya sempit. Hidungnya sempit dan lobang hidungnya ngadep ke bawah.

Superfamili. 

Superfamili manusia adalah Hominoidea. Artinya tidak mempunyai ekor, gigi gerahamnya bulat dan manusia bisa melihat warna. Manusia juga tidak mempunyai ekor tapi memiliki tulang ekor.

Famili. 

Manusia suku primata, tapi keluarga manusia adalah Hominidae. Hominidae artinya kera besar. Hominidae itu perilaku sosialnya kompleks, kerangkanya punya postur semi tegak dan punya 32 gigi saat dewasa.

Subfamili. 

Subfamili manusia adalah Hominin. Cuma ada tiga loh hominin itu yaitu Gorilla, simpanse dan Manusia. Hominin memisahkan ketiganya dari Orang utan.

Tribe. 

Tribe manusia adalah Hominini. Hominini menyatukan manusia sama simpanse, karena kedua spesies ini punya gigi taring yang seperti pengiris, beda ama gorilla yang taringnya lebih tebel. Selain itu, hominini punya tulang jari kaki yang berkembang untuk berjalan tegak. Gorila ga bisa berjalan tegak. Tapi manusia ama simpanse bisa, walaupun simpanse ga bila tahan lama.

Genus. 

Genus manusia adalah Homo. Homo ini bahasa latin yang artinya manusia. Homo yang itu bahasa yunani, yang artinya sama. Bedanya homo dengan simpanse adalah otak. Otak homo itu jauh lebih besar dari simpanse, walaupun jauh di masa lalu, ukurannya kurang lebih sama.

Spesies. 

Spesies manusia adalah Homo sapiens. Artinya manusia yang bijaksana. Homo sapiens beda ama homo erectus dan homo heidelbergensis, homo sapiens memiliki bahasa dan alat-alat yang lebih canggih.

Subspesies. 

Subspesies manusia tidak ada karena pencampuran. Orang Jawa kawin sama orang jerman. Orang Sunda kawin ama orang Argentina.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar