Various Reviews Knowledge and Education

12 Juli 2019

Pengertian Pantai, Ciri - Ciri dan Jenis - Jenis Pantai, Manfaat dan Contoh Pantai.

| 12 Juli 2019
Pengertian Pantai - berbagaireviews.com


Pantai dan pesisir merupakan hal yang berbeda, hampir semua dari kita mengenal pantai namun sering juga tidak mengerti apa definisi pantai, karena itu dari pemahaman kita banyak kekliruan, misal dengan membuat persamaan pantai dengan pesisir dan pantainya berbeda.

 
Pengertian Pesisir

Pesisir adalah daerah pertemuan antar air laut dan tanah yang akhirnya terjadi yang dinamakan air pasang maupun air surut walau itu saat muncul badai. Sedangkan Pantai merupakan daerah yang dimulai dari daerah pesisir hingga jauh ke daratan. Tidak ada batas yang pasti atau jelas mengenai luas wilayah pesisir namun jelas daerah pesisir merupakan bagian dari wilayah pesisir.

Pengertian Pantai

Pantai atau pesisir (Inggris: beach) adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir, dan terdapat di daerah pesisir laut. Daerah pantai menjadi batas antara daratan dan perairan laut. Panjang garis pantai ini diukur mengeliling seluruh pantai yang merupakan daerah teritorial suatu negara.

Pantai terjadi karena adanya sebuah gelombang yang menghantam tepi daratan tanpa henti, sehingga mengalami pengikisan, gelombang penghancur tersebut yang dinamakan dengan gelombang destruktif.

Pantai adalah suatu wilayah perbatasan antara daratan dengan lautan. Batas pantai ini bisa ditemukan pengertiannya di dalam UU No. 27 Tahun 2007

Yang dimaksud dengan batas pantai adalah daratan sepanjang tepian yang lebarnya proporsional dengan bentuk serta kondisi fisik pantai, minimal 100 meter dari titik pasang tertinggi ke arah darat.

Pantai adalah daratan yang berada di tepi laut yang membanjir saat air pasang dan mengering saat surut. Daerah pesisir lebih besar dari pada daerah pesisir. Daerah pesisir yang luas bisa mencapai antara 50 – 100 m.

 
Ciri-Ciri Pantai

Berikut adalah Ciri-Ciri Pantai
  • Memiliki garis pantai yang permanen dan juga terjaga dengan baik.
  • Garis pantai yang dimaksud disini adalah wilayah ataupun batasan yang memisah antara daratan dan lautan.
  • Tanah yang berpasir. Akibat ekosistem pantai batu ini memiliki tanah yang berpasir, maka menyebabkan tanah tersebut memiliki kandungan unsur hara yang minim (karena tanag memiliki pori- pori besar) dan mempunyai permeabilitas tanah yag sangat baik.
  • Terdapat tumbuhan yang memiliki akar napas yang berfungsi untuk beradaptasi sebab didaerah pasang laut itu berlumpur.
  • Memiliki muara
  • Terdapat ekosistem mangrove di sekitar pantai yang mempunyai fungsi sebagai penahan ombak laut yang bisa mengikis pesisir dari pantai tersebut .

Penyebab Perubahan Bentuk Pantai.

Bentuk pantai bisa berubah dari waktu ke waktu. Perubahan bentuk ini disebabkan oleh :
  • Adanya pengaruh energi eksogen seperti ombak, arus laut, erosi pantai akibat pasang surut air laut.
  • Adanya pengaruh energi endogen seperti kenaikan atau penurunan lapisan bumi di pantai,
  • Adanya aktivitas manusia seperti menguras rawa, membuat pelabuhan dan pengerukan muara sungai.

Jenis - Jenis Pantai


Berdasarkan bentuknya pengertian pantai bisa dibagi menjadi empat yaitu:
  • Sebuah pantai landai adalah pantai yang topografinya hampir rata misalnya pantai parangtritis.
  • Pantai curam adalah topografi bergunung-gunung, seperti pantai barat pulau Sumatera.
  • Tebing pantai adalah pantai yang tebing terjal akibat proses abrasi dalam waktu lama. Jenis pantai ini juga dinamakan sebagai flown.
  • Pantai karang adalah pantai topografi yang ada karang atau pulau karang.
Secara umum

Pantai terdiri atas pantai landai dan pantai curam.
  • Pantai landai yaitu pesisir ataupun tepi laut yang daratannya menurun sedikit demi sedikit ke arah laut. Pantai landai umumnya ada di pantai-pantai utara Pulau Jawa seperti misalnya Pantai Ancol dan Binaria di Jakarta.
  • Pantai curam yaitu pesisir atau tepi laut yang terjal. Misalnya pantai curam pantai-pantai di selatan Pulau Jawa seperti Pantai Pacitan di Jawa Timur.

Garis Pantai.

 
Garis Pantai - berbagaireviews.com


Garis pantai adalah batas pertemuan antara bagian laut dan daratan pada saat terjadi air laut pasang tertinggi. Garis laut dapat berubah karena adanya abrasi, yaitu pengikisan pantai oleh hantaman gelombang laut yang menyebabkan berkurangnya areal daratan.

Ada beberapa langkah penting yang bisa dilakukan dalam mengamankan garis pantai seperti pemecah gelombang dan pengembangan vegetasi di pantai.

Untuk mengatasi abrasi/penggerusan garis pantai dari gelombang/ombak dapat digunakan pemecah gelombang yang berfungsi untuk memantulkan kembali energi gelombang. Berbagai cara yang ditempuh untuk memecahkan gelombang di antaranya dengan menggunakan tumpukan tetrapod yang terbuat dari beton pada jarak tertentu dari garis pantai.

Hutan bakau dapat membantu mengatasi gelombang serta sekaligus bermanfaat untuk kehidupan binatang serta tempat berkembang biak ikan-ikan tertentu. Hutan bakau disebagian besar pantai Utara sudah hilang karena ulah manusia, yang pada gilirannya akan menggerus pantai.

Terumbu karang juga merupakan pemecah gelombang alami, sehingga sangat perlu untuk dilestarikan dan dikembangkan dalam mempertahankan garis pantai.

Garis laut mampu berubah karena adanya abrasi, yaitu pengikisan pantai sebab hantaman gelombang laut yang menyebabkan berkurangnya areal daratan. Ada beberapa langkah penting yang bisa dilakukan dalam mengamankan garis pantai seperti misalnya pemecah gelombang dan pengembangan vegetasi di pantai.

Untuk mengatasi abrasi atau penggerusan garis pantai dari gelombang ombak dapat dipakai pemecah gelombang yang berfungsi untuk memantulkan kembali energi gelombang. Banyak cara yang dipakai guna memecahkan gelombang di antaranya yaitu dengan memakai tumpukan tetrapod yang terbuat dari beton pada jarak tertentu dari garis pantai.


Manfaat Pantai

Berikut adalah manfaat pantai yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber
  • Menjadi tempat areal tambak garam
  • Daerah pertanian pasang surut
  • Wilayah perkebunan kelapa dan pisang
  • Menjadi tempat objek pariwisata
  • Daerah pengembangan industri sebuah kerajinan rakyat yang bercorak khas daerah pantai

Contoh - Contoh  Pantai

Sebagai negara kepulauan, Indonesia sudah dianugerahi jutaan lautan dan pantai yang begitu sangat memesona. Kita sebagai orang Indonesia, seharusnya bisa menjelajahi keindahan bahari yang ada didalam negeri, sebelum ke luar negeri. Dari sekian banyak pulau yang indah, berikut adalah beberapa di antaranya

Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat, Papua Barat - berbagaireviews.com


Keindahan Raja Ampat sudah terkenal hingga level dunia. Pesonanya memang amat luar biasa. Kalau tadi adalah titik barat negara Indonesia, Papua menjadi titik timur negara Indonesia. Sepertinya tak perlu dijelaskan lagi keindahan tempat ini. karna jelas ini adalah anugrah terindah yang masih kita miliki.


Nihiwatu Beach, Sumba, Nusa Tenggara Timur


Nihiwatu Beach, Sumba, Nusa Tenggara Timur - berbagaireviews.com


Pantai ini berada pada nomor 17 untuk pantai terbaik di dunia menurut sebuah situs terkemuka ! Letaknya tersembunyi di balik sebuah hutan. Pantai sepanjang 2,5 kilometer ini dianggap surga yang belum terjamah.


Pink Beach, Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur


Pink Beach, Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur - berbagaireviews.com


Pantai berpasir warna pink ini amat jelas dan sangat unik juga spesial. Warnanya pink sebab pasir putih telah bercampur dengan pasir merah. Pantai dengan pasir yang romantis ini hanya ada tujuh di dunia, dan yang tercantik ada di negara Indonesia.


Pulau Weh, Aceh


Pulau Weh, Aceh - berbagaireviews.com


Pulau ini adalah titik paling barat Tanah Air kita, atau yang disebut Sabang. Pulau yang sangat kecil ini mempunyai tiga pantai yang luar biasa indahnya yaitu : Anoi Itam, Gapang, dan Iboih.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar